ROGRAM TAHUNAN (PROTA) FASE D (KELAS VIII) SMP/MTs MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
FASE D (KELAS VIII)
SMP/MTs
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Satuan Pendidikan : SMPN
01 Merangin
Mata Pelajaran : ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : VIII / 1 & 2
Tahun Penyusunan : 2024
/ 2025
No |
Alur Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar
Pancasila |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
SEMESTER I ( GANJIL ) |
||||
TEMA 01 : KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA |
||||
1.
Peserta didik mampu menjelaskan luas dan
letak wilayah Indonesia 2.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
letak geologis Indonesia 3.
Peserta didik menganalisis cuaca dan
iklim Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Proses Geografis dan Keragaman Alam |
4 JP |
|
4.
Peserta didik mampu menjelaskan
keragaman sosial budaya di masyarakat. 5. Peserta didik mampu
menganalisis pengaruh faktor geografis yang mempengaruhi keragaman sosial
budaya. 6.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
jenis keragaman sosial budaya. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; dan ·
Kreatif. |
Proses Geografis dan Keragaman Sosial
Budaya |
4 JP |
|
7.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
sumber daya hutan di Indonesia. 8.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
sumber daya tambang di Indonesia. 9. Peserta didik mampu
mengidentifikasi sumber daya kemaritiman di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; dan ·
Kreatif. |
Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia |
4 JP |
|
10.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Bernalar Kritis; |
Pemanfaatan Sumber Daya Alam |
4 JP |
|
11.
Peserta didik mampu menganalisis
kualitas sumber daya manusia di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia |
2 JP |
|
12. Peserta didik mampu
menganalisis cara meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Meningkatkan Sumber Daya Manusia
Indonesia |
4 JP |
|
13.
Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga
sosial. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; |
Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan
Sumber Daya Alam dan Manusia |
2 JP |
|
14. Peserta didik mampu
menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Bernalar Kritis; |
Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan
Sumber Daya Alam |
4 JP |
|
15.
Peserta didik mampu menganalisis peranan
lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan
Sumber Daya Manusia |
2 JP |
|
16. Peserta didik mampu
mengidentifikasi perdagangan Nusantara pada awal Masehi. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; |
Perdagangan Nusantara pada Awal Masehi |
4 JP |
|
17.
Peserta didik mampu menjelaskan masuknya
Hindu-Buddha ke Indonesia 18.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Perkembangan Kehidupan pada Masa
Kerajaan Hindu Buddha |
6 JP |
|
TEMA 02 :
KEMAJEMUKAN MASYARAKAT INDONESIA |
||||
1.
Peserta didik mampu menganalisis proses
geografis terhadap bentuk muka bumi. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; |
Proses Geografis dan Keragaman Aktivitas
ekonomi |
4 JP |
|
2.
Peserta didik mampu menganalisis
pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Pemanfaatan Lingkungan sekitar |
2 JP |
|
3.
Peserta didik mampu mendeskripiskan
proses terjadinya perdagangan antarpulau. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Perdagangan antarpulau |
4 JP |
|
4.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk 5.
Peserta didik mampu menganalisis
perkembangan kependudukan di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Dinamika kependudukan |
6 JP |
|
6.
Peserta didik mampu mendeskripsikan
keragaman masyarakat Indonesia. 7.
Peserta didik mampu menganalisis manfaat
dari keragaman masyarakat. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Keragaman Masyarakat |
4 JP |
|
8. Peserta didik mampu
mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat. 9.
Peserta didik mampu menganalisis proses
mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Mobilitas Sosial |
6 JP |
|
10.
Peserta didik mampu perkembangan agama
dan kebudayaan Islam di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Bernalar Kritis; |
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam
Indonesia |
2 JP |
|
11.
Peserta didik mampu mendeskripsikan cara
penyebaran agama Islam ke Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Cara Penyebaran agama Islam di Indonesia |
2 JP |
|
12.
Peserta didik mampu Interaksi budaya
pengaruh Islam di Indonesia. |
·
Berkebhinekaan Global; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; |
Interaksi budaya pengaruh Islam di
Indonesia |
2 JP |
|
13.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia. 14.
Peserta didik mampu mendeskripsikan
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; |
Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia |
6 JP |
|
SEMESTER II (GENAP) |
||||
TEMA 03 :
NASIONALISME DAN JATI DIRI BANGSA |
||||
1.
Peserta didik dapat menjelaskan kondisi geografis
Indonesia. 2.
Peserta didik dapat menganalisis faktor
penyebab penjelajahan samudra di Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Kondisi geografis dan penjelajahan
samudera |
2 JP |
|
3. Peserta didik mampu
mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat di Indonesia 4.
Peserta didik mampu menganalisis
berbagai perlawanan terhadap persekutuan dagang di Indonesia. 5.
Peserta didik mampu menghubungkan
kolonialisme dan imperialisme dengan perubahan kondisi masyarakat. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; dan ·
Kreatif. |
Kehidupan Masa Kolonialisme dan
Imperialisme |
8 JP |
|
6.
Peserta didik dapat menganalisis
perubahan kehidupan masyarakat akibat penjajahan dan pendudukan dari berbagai
aspek seperti, ekonomi, pendidikan, budaya, sosial, geografi, dan politik. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; |
Perubahan masyarakat akibat Kolonialisme
dan Imperialisme |
2 JP |
|
7. Peserta didik mampu
mendeskripsikan penyebab pergerakan nasional, 8.
Peserta didik mampu menganalisis
organisasi pergerakan nasional di Indonesia. 9.
Peserta didik mampu menganalisis upaya
pergerakan pada zaman pendudukan Jepang |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Bergotong Royong; ·
Bernalar Kritis; dan ·
Kreatif. |
Proses pergerakan kemerdekaan |
6 JP |
|
10.
Peserta didik mampu menganalisis
persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; |
Kemerdekaan Indonesia |
4 JP |
|
11.
Peserta didik mampu menganalisis
hubungan kondisi geografis Indonesia dengan pemerataan pembangunan di
Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Kreatif. |
Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi |
2 JP |
|
12.
Peserta didik mampu mendeskripsikan
lembaga keuangan. 13.
Peserta didik dapat menganalisis manfaat
lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat |
·
Berkebhinekaan Global; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; |
Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan
Rakyat |
4 JP |
|
14.
Peserta didik mampu menganalisis manfaat
lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; |
Manfaat Lembaga Keuangan |
2 JP |
|
15.
Peserta didik mampu memahami penyebab
konflik sosial |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; |
Terjadinya konflik sosial |
2 JP |
|
16.
Peserta didik mampu menganalisis dampak
negatif dan positif adanya konflik sosial. 17.
Peserta didik dapat menganalisis solusi
penyelesaian konflik sosial. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; |
Dampak dan penanganan Konflik Sosial |
4 JP |
|
18.
Peserta didik mampu mendeskripsikan
integrasi sosial. 19.
Peserta didik dapat menganalisis faktor
pendorong Integrasi sosial |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Kreatif. |
Integrasi sosial |
4 JP |
|
TEMA 04 :
PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN INDONESIA |
||||
1.
Peserta didik dapat menganalisis
kegiatan ekonomi pada masa awal kemerdekaan. 2.
Peserta didik dapat membandingkan
kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga saat ini |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Kreatif. |
Kehidupan Ekonomi Awal Kemerdekaan |
4 JP |
|
3.
Peserta didik dapat menganalisis
kegiatan ekonomi pada masa orde baru 4.
Peserta didik dapat membandingkan
kondisi perekonomian Indonesia pada masa orde baru dengan kondisi
perekonomian Indonesia masa sekarang |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Mandiri; ·
Kreatif. |
Kehidupan Ekonomi Masa Orde Baru |
4 JP |
|
5.
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan
ekonomi pada masa reformasi. 6.
Peserta didik dapat membuat pengembangan
kegiatan ekonomi era digital. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Kreatif. |
Kehidupan Ekonomi pada Masa Reformasi |
4 JP |
|
7.
Peserta didik dapat menganalisis
kegiatan ekonomi ekspor dan impor. 8.
Peserta didik dapat menyusun strategi
yang untuk meningkatkan kualitas ekspor. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; ·
Kreatif. |
Perdagangan Internasional |
6 JP |
|
9.
Peserta didik dapat menganalisis peran
organisasi internasional dibidang ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi
Indonesia. 10.
Peserta didik dapat memproyeksikan peran
Indonesia pada organisasi ekonomi dunia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; ·
Kreatif. |
Kerja sama Ekonomi antar Bangsa |
6 JP |
|
11.
Peserta didik dapat membandingkan
perekonomian tradisional dengan perekonomian digital. 12.
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan ekonomi pada era revolusi Industri 4.0. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Peran Iptek dalam Perekonomian |
2 JP |
|
13.
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul. 14.
Peserta didik dapat memproyeksikan
pertumbuhan penduduk Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Bergotong Royong; ·
Mandiri; ·
Kreatif. |
Dinamika Penduduk |
4 JP |
|
15.
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan sumber daya manusia unggul. 16.
Peserta didik dapat memproyeksikan
pertumbuhan penduduk Indonesia. |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Mandiri; ·
Bernalar Kritis; |
Dampak Dinamika Penduduk |
4 JP |
|
17.
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan sumber daya manusia unggul. 18.
Peserta didik dapat memproyeksikan
pertumbuhan penduduk Indonesia |
·
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; ·
Berkebhinekaan Global; ·
Kreatif. |
Mengatasi Masalah Dinamika Penduduk |
4 JP |
|
JUMLAH JAM PELAJARAN DALAM 1 TAHUN |
164JP |
Mengetahui, Kepala Sekolah
(ISMALINDA, S.Pd.) NIP.
19711002 200312 2 001 |
Bangko, 15 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran
(HAMDANI, S.Pd) NIP. 19811021 2010011007 |
Komentar
Posting Komentar