ROGRAM TAHUNAN (PROTA) FASE D (KELAS VIII) SMP/MTs MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

FASE D (KELAS VIII) SMP/MTs 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

Satuan Pendidikan         :           SMPN 01 Merangin

Mata Pelajaran               :           ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Kelas / Semester             :           VIII / 1 & 2

Tahun Penyusunan        :           2024 / 2025

 

No

Alur Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu

SEMESTER I ( GANJIL )

TEMA 01 : KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA

1.      Peserta didik mampu menjelaskan luas dan letak wilayah Indonesia

2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi letak geologis Indonesia

3.      Peserta didik menganalisis cuaca dan iklim Indonesia

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Proses Geografis dan Keragaman Alam

4 JP

4.                  Peserta didik mampu menjelaskan keragaman sosial budaya di masyarakat.

5.     Peserta didik mampu menganalisis pengaruh faktor geografis yang mempengaruhi keragaman sosial budaya.

6.                  Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis keragaman sosial budaya.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; dan 

·         Kreatif.

Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya

4 JP

7.                  Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya hutan di Indonesia.

8.                  Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya tambang di Indonesia.

9.     Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber daya  kemaritiman di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; dan 

·         Kreatif.

Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

4 JP

10.              Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bernalar Kritis; 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

4 JP

11.              Peserta didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

2 JP

12. Peserta didik mampu menganalisis cara meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia

4 JP

13.              Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga sosial.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Manusia

2 JP

14. Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bernalar Kritis; 

Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

4 JP

15.              Peserta didik mampu menganalisis peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

2 JP

16. Peserta didik mampu mengidentifikasi perdagangan Nusantara pada awal Masehi.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

Perdagangan Nusantara pada Awal Masehi

4 JP

17.              Peserta didik mampu menjelaskan masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia

18.              Peserta didik mampu mengidentifikasi kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia 

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Perkembangan Kehidupan pada Masa Kerajaan Hindu Buddha

6 JP

TEMA 02 : KEMAJEMUKAN MASYARAKAT INDONESIA

1.      Peserta didik mampu menganalisis proses geografis terhadap bentuk muka bumi.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

Proses Geografis dan Keragaman Aktivitas ekonomi

4 JP

2.                  Peserta didik mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Pemanfaatan Lingkungan sekitar

2 JP

3.                  Peserta didik mampu mendeskripiskan proses terjadinya perdagangan antarpulau.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Perdagangan antarpulau

4 JP

4.                  Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk

5.                  Peserta didik mampu menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Dinamika kependudukan

6 JP

6.                  Peserta didik mampu mendeskripsikan keragaman masyarakat Indonesia.

7.   Peserta didik mampu menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Keragaman Masyarakat

4 JP

8.   Peserta didik mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat.

9.                  Peserta didik mampu menganalisis proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Mobilitas Sosial

6 JP

10.                       Peserta didik mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bernalar Kritis; 

Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Indonesia

2 JP

11.              Peserta didik mampu mendeskripsikan cara penyebaran agama Islam ke Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Cara Penyebaran agama Islam di Indonesia

2 JP

12.                       Peserta didik mampu Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia.

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia

2 JP

13.              Peserta didik mampu mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia.

14.              Peserta didik mampu mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia

6 JP

SEMESTER II (GENAP)

TEMA 03 : NASIONALISME DAN JATI DIRI BANGSA

1.      Peserta didik dapat menjelaskan kondisi geografis Indonesia.

2.      Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab penjelajahan samudra di Indonesia

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Kondisi geografis dan penjelajahan samudera

2 JP

3.   Peserta didik mampu mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat di Indonesia

4.                  Peserta didik mampu menganalisis berbagai perlawanan terhadap persekutuan dagang di Indonesia.

5.                  Peserta didik mampu menghubungkan kolonialisme dan imperialisme dengan perubahan kondisi masyarakat.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; dan 

·         Kreatif.

Kehidupan Masa Kolonialisme dan Imperialisme

8 JP

6.                  Peserta didik dapat menganalisis perubahan kehidupan masyarakat akibat penjajahan dan pendudukan dari berbagai aspek seperti, ekonomi, pendidikan, budaya, sosial, geografi, dan politik.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

Perubahan masyarakat akibat Kolonialisme dan Imperialisme

2 JP

7.   Peserta didik mampu mendeskripsikan penyebab pergerakan nasional,

8.                  Peserta didik mampu menganalisis organisasi pergerakan nasional di Indonesia.

9.                  Peserta didik mampu menganalisis upaya pergerakan pada zaman pendudukan Jepang

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bergotong Royong; 

·         Bernalar Kritis; dan 

·         Kreatif.

Proses pergerakan kemerdekaan

6 JP

10.              Peserta didik mampu menganalisis persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan Indonesia

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

Kemerdekaan Indonesia

4 JP

11.                       Peserta didik mampu menganalisis hubungan kondisi geografis Indonesia dengan pemerataan pembangunan di Indonesia 

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Kreatif.

Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

2 JP

12.              Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga keuangan.

13.              Peserta didik dapat menganalisis manfaat lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

4 JP

14.              Peserta didik mampu menganalisis manfaat lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

Manfaat Lembaga Keuangan

2 JP

15.              Peserta didik mampu memahami penyebab konflik sosial

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

Terjadinya konflik sosial

2 JP

16.              Peserta didik mampu menganalisis dampak negatif dan positif adanya konflik sosial.

17.              Peserta didik dapat menganalisis solusi penyelesaian konflik sosial.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

Dampak dan penanganan Konflik Sosial

4 JP

18.              Peserta didik mampu mendeskripsikan integrasi sosial.

19.              Peserta didik dapat menganalisis faktor pendorong Integrasi sosial

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Kreatif.

Integrasi sosial

4 JP

TEMA 04 : PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN INDONESIA

1.      Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa awal kemerdekaan.

2.      Peserta didik dapat membandingkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga saat ini

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Kreatif.

Kehidupan Ekonomi Awal Kemerdekaan

4 JP

3.                  Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa orde baru

4.                  Peserta didik dapat membandingkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa orde baru dengan kondisi perekonomian Indonesia masa sekarang

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Mandiri; 

·         Kreatif.

Kehidupan Ekonomi Masa Orde Baru

4 JP

5.                  Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa reformasi.

6.                  Peserta didik dapat membuat pengembangan kegiatan ekonomi era digital.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Kreatif.

Kehidupan Ekonomi pada Masa Reformasi

4 JP

7.                  Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi ekspor dan impor.

8.                  Peserta didik dapat menyusun strategi yang untuk meningkatkan kualitas ekspor.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

·         Kreatif.

Perdagangan Internasional

6 JP

9.                  Peserta didik dapat menganalisis peran organisasi internasional dibidang ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

10.              Peserta didik dapat memproyeksikan peran Indonesia pada organisasi ekonomi dunia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

·         Kreatif.

Kerja sama Ekonomi antar Bangsa

6 JP

11.              Peserta didik dapat membandingkan perekonomian tradisional dengan perekonomian digital.

12.              Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan ekonomi pada era revolusi Industri 4.0.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Peran Iptek dalam Perekonomian

2 JP

13.              Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul.

14.              Peserta didik dapat memproyeksikan pertumbuhan penduduk Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Bergotong Royong; 

·         Mandiri; 

·         Kreatif.

Dinamika Penduduk

4 JP

15.              Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan sumber daya manusia unggul.

16.              Peserta didik dapat memproyeksikan pertumbuhan penduduk Indonesia.

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Mandiri; 

·         Bernalar Kritis; 

Dampak Dinamika Penduduk

4 JP

17.              Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan sumber daya manusia unggul.

18.              Peserta didik dapat memproyeksikan pertumbuhan penduduk Indonesia

·         Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 

·         Berkebhinekaan Global; 

·         Kreatif.

Mengatasi Masalah Dinamika Penduduk

4 JP

JUMLAH JAM PELAJARAN DALAM 1 TAHUN

164JP

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah



(ISMALINDA, S.Pd.)

       NIP. 19711002 200312 2 001

Bangko, 15 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran



(HAMDANI, S.Pd)

  NIP. 19811021 2010011007

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)