PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)FASE D KELAS 9
PROGRAM SEMESTER
KURIKULUM MERDEKA
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)FASE D KELAS 9
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMPN 01
Merangin
Tahun Pelajaran
: 2024 / 2025
FaseD Kelas/Semester
: IX / I( Ganjil)
Capaian
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fase D
Pada akhir fase ini, peserta didik memahami keberadaan diri dan
keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi
geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber
daya alamnya. Ia juga menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia menganalisis
peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.
Peserta didik juga memahami perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia
menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat
Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi
dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik memahami dan
menerapkan materi pembelajaran melalui siklus inkuiri dalam proses belajarnya,
yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengelola informasi,
merencanakan dan mengembangkan ide, menarik kesimpulan, merumuskan dan
melaksanakan aksi nyata atau membuat karya terkait dengan materi yang
dipelajari dengan melakukan refleksi dalam setiap tahapan siklus.
No. |
Alur dan
Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Tema 01. Manusia dan
Perubahan § Peserta didik diharapkan
mampu mendeskripsikan Perubahan Sosial. |
4 JP |
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan a
Bentuk dan Contoh Perubahan sosial? §
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Penyebab
Perubahan Sosial |
4 JP 4 JP |
|
|
|
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Dampak
Perubahan Sosial? §
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pengertian
dan Ciri-Ciri Modernisasi §
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Kehidupan
Masyarakat Indonesia Menyambut Era Modernisasi |
4 JP 4 4 |
|
|
|
|
|
4 |
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan Globalisasi. §
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Perkembangan
Globalisasi. |
4 JP 4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Contoh
Globalisasi §
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kearifan
Lokal Masyarakat Nusantara |
4 JP 4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kondisi
Pelestarian Kearifan Lokal di Tengah Arus Modernisasi dan Globalisasi |
2 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
UH 1 |
2 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tema 02. Perkembangan
Ekonomi Digital §
Peserta didik diharapkan mampu menerangkan Sejarah Uang §
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi a
Jenis-Jenis dan Fungsi Uang §
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Bentuk
Lembaga Keuangan di Masyarakat |
4 JP 4 JP 4 JP 4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan n
Masyarakat Jaringan atau Network Society §
Penilaian
Tengah Semester (PTS) §
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi Menerapkan Prinsip Interaksi yang Tepat di
Dunia Digital §
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Dampak
Kemajuan Teknologi Terhadap Aktivitas Perdagangan |
2 JP 2 JP 4 JP 4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Bentuk
Sistem dan Alat Pembayaran Modern Saat Ini. §
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Literasi
Finansial. |
4 JP 4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Mengapa
Literasi Finansial itu Penting §
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi Cakupan
Kemampuan dari Literasi Finansial §
UH 2 §
Penilaian Sumatif |
2 JP 2 JP 2JP 2JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
|
2 2 |
|
|
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran |
84 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah ISMALINDA,
S,Pd NIP. 19711002 200312 2 002 |
|
Bangko, 15 Juli 2024 Guru IPS FaseD Kelas VII SORTA H. SINAGA, S.Pd NIP.19651015 199601 2 001 |
PROGRAM SEMESTER
KURIKULUM MERDEKA
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) FASE D KELAS VII
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMPN 01 Merangin
Tahun Pelajaran
: 2024 / 2025
FaseD Kelas/Semester
: IX
/ II( Genap)
Capaian
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fase D
Pada akhir fase ini, peserta didik memahami keberadaan diri dan
keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi
geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber
daya alamnya. Ia juga menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan
perekonomian. Peserta didik juga memahami perubahan sosial yang sedang terjadi
di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia
menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat
Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi
dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik memahami dan
menerapkan materi pembelajaran melalui siklus inkuiri dalam proses belajarnya,
yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengelola informasi,
merencanakan dan mengembangkan ide, menarik kesimpulan, merumuskan dan
melaksanakan aksi nyata atau membuat karya terkait dengan materi yang
dipelajari dengan melakukan refleksi dalam setiap tahapan.
No. |
Alur dan
Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Tema 03. Tantangan
Pembangunan I § Peserta didik diharapkan
mampu membandingkan Pembangunan di Indonesia dari
Masa ke Masa. |
4 JP |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan
di Indonesia pada Masa Orde Lama. |
4 JP |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan
di Indonesia pada Masa Orde Baru |
4 JP |
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan
di Indonesia pada Masa Reformasi. |
4 JP |
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Pertumbuhan
Ekonomi |
4 JP |
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu
menganalisis Kekayaan Alam Indonesia, Berkah atau Kerugian §
Peserta Didik Mampu Menjelaskan Pengembangan
Industri Strategis di Indonesia. |
4 JP 4 |
|
|
|
|
|
4 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Karakteristik
Negara Maju dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju di Dunia §
UH 1 |
2 JP 2 JP |
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
§
Tema 04. Kerja Sama Dunia . §
Peserta didik diharapkan menjelaskan kondisi
lingkungan alam di dunia. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan persebaran
awal manusia modern di dunia. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan bentuk
keragaman masyarakat dunia. §
PTS 2 |
2 JP 2JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu mengenal Awal
Mula Terjadinya Interaksi dan Kerja Sama Antarwilayah di Dunia |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kerja
Sama Internasional |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan
Bentuk-Bentuk Kerja Sama Internasional. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu membuat Profil
Beberapa Lembaga Kerja Sama Internasional |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan §
Peserta Didik mampu menjelaskan isi Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan §
Penilaian
Sumatif §
Penilaian
Akhir Semester |
2 JP 2 2 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
|
2 |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran |
68 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah ISMALINDA,
S.Pd NIP. 19711002
200312 2 001 |
|
Bangko, 15 juli 2024 Guru IPS Fase D Kelas VII MISNAWATI, S.Pd NIP. 19651015
1996012001 |
Komentar
Posting Komentar