PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)FASE D KELAS 9

 

PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)FASE D KELAS 9

 

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Satuan Pendidikan          : SMPN 01 Merangin

Tahun Pelajaran             : 2024 / 2025

FaseD Kelas/Semester   : IX / I( Ganjil)

 

Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fase D

Pada akhir fase ini, peserta didik memahami keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga memahami perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.

Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui siklus inkuiri dalam proses belajarnya, yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengelola informasi, merencanakan dan mengembangkan ide, menarik kesimpulan, merumuskan dan melaksanakan aksi nyata atau membuat karya terkait dengan materi yang dipelajari dengan melakukan refleksi dalam setiap tahapan siklus.

No.

Alur dan Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

Tema 01. Manusia dan Perubahan

§  Peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan Perubahan Sosial.

 

4 JP

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan a Bentuk dan Contoh Perubahan sosial?

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Penyebab Perubahan Sosial

4 JP

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Dampak Perubahan Sosial?

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pengertian dan Ciri-Ciri Modernisasi

§  Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Kehidupan Masyarakat Indonesia Menyambut Era Modernisasi

4  JP

 

 

 

4

 

 

 

4

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan Globalisasi.

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Perkembangan Globalisasi.

4 JP

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Contoh Globalisasi

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kearifan Lokal Masyarakat Nusantara

4 JP

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kondisi Pelestarian Kearifan Lokal di Tengah Arus Modernisasi dan Globalisasi

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  UH 1

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tema 02. Perkembangan Ekonomi Digital

§  Peserta didik diharapkan mampu menerangkan Sejarah Uang

§  Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi a Jenis-Jenis dan Fungsi Uang

§  Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Bentuk Lembaga Keuangan di Masyarakat

4 JP

 

 

4 JP

 

 

 

4 JP

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan n Masyarakat Jaringan atau Network Society

§  Penilaian Tengah Semester (PTS)

 

§  Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi  Menerapkan Prinsip Interaksi yang Tepat di Dunia Digital

§  Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Aktivitas Perdagangan

2 JP

 

 

 

2 JP

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Bentuk Sistem dan Alat Pembayaran Modern Saat Ini.

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Literasi Finansial.

4 JP

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Mengapa Literasi Finansial itu Penting

§  Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi Cakupan Kemampuan dari Literasi Finansial

§  UH 2

§  Penilaian Sumatif

2 JP

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

2JP

2JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

2

 

 

 

 

Jumlah Jam Pelajaran

84 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

ISMALINDA, S,Pd

 NIP. 19711002 200312 2 002

 

           Bangko, 15 Juli 2024

Guru IPS FaseD Kelas VII

 

 

 

 

          SORTA H. SINAGA, S.Pd

          NIP.19651015 199601 2 001

 


 

PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) FASE D KELAS VII

 

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Satuan Pendidikan          :  SMPN 01 Merangin

Tahun Pelajaran             : 2024 / 2025

FaseD Kelas/Semester   :  IX / II( Genap)

 

Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fase D

Pada akhir fase ini, peserta didik memahami keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga memahami perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.

Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. Peserta didik memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui siklus inkuiri dalam proses belajarnya, yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengelola informasi, merencanakan dan mengembangkan ide, menarik kesimpulan, merumuskan dan melaksanakan aksi nyata atau membuat karya terkait dengan materi yang dipelajari dengan melakukan refleksi dalam setiap tahapan.

No.

Alur dan Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

Tema 03. Tantangan Pembangunan I

§  Peserta didik diharapkan mampu membandingkan Pembangunan di Indonesia dari Masa ke Masa.

 

4 JP

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan di Indonesia pada Masa Orde Lama.

4 JP

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan di Indonesia pada Masa Orde Baru

4 JP

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Pembangunan di Indonesia pada Masa Reformasi.

4 JP

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menganalisis Pertumbuhan Ekonomi

4 JP

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta  didik diharapkan mampu menganalisis Kekayaan Alam Indonesia, Berkah atau Kerugian

§  Peserta Didik Mampu Menjelaskan Pengembangan Industri Strategis di Indonesia.

4 JP

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Karakteristik Negara Maju dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju di Dunia

§  UH 1

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

§  Tema 04. Kerja Sama Dunia .

§  Peserta didik diharapkan menjelaskan kondisi lingkungan alam di dunia.

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan persebaran awal manusia modern di dunia.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan bentuk keragaman masyarakat dunia.

§  PTS 2

2 JP

 

2JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu mengenal Awal Mula Terjadinya Interaksi dan Kerja Sama Antarwilayah di Dunia

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Kerja Sama Internasional

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta  didik diharapkan mampu Menjelaskan Bentuk-Bentuk Kerja Sama Internasional.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu membuat Profil Beberapa Lembaga Kerja Sama Internasional

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

§  Peserta Didik mampu menjelaskan isi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

§  Penilaian Sumatif

§  Penilaian Akhir Semester

2 JP

 

 

 

 

2

 

 

2

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Jam Pelajaran

68 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

ISMALINDA, S.Pd

NIP. 19711002 200312 2 001

 

Bangko, 15 juli 2024

Guru IPS Fase D Kelas VII

 

 

MISNAWATI, S.Pd

 NIP. 19651015 1996012001

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)