LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA Tema Pemanfaatan Barang Bekas

 

LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA

Petunjuk:

1.          Bacalah dimensi dan tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

2.          Analisis jumlah Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.

3.          Tentukan Tema, Topik, dan NamaProjek Profil

4.          Tentukan 2 dimensi, elemen, sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (minimal 2 dimensi dan tema).

Tema              :  Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik              :  Pemanfaatan Barang Bekas dan Sampah

Projek Profil       :  Membuat Tempat Pensil dan Pena Dari Botol Bekas

 

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Akhir Fase

Beriman, Bertakwa

kepada Tuhan Yang Maha Esa

Akhlak kepada

alam

Menjaga

lingkungan alam sekitar

Terbiasa

memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan Fokus : Pengembangan akhlak terhadap alam – mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar

Kreatif

Menghasilkan

Karya dan Tindakan yang orisinal

Menghasilkan

karya dan tindakan  yang orisinal

 

Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Sub Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Capaian Perkembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil

Alamin

·         Berkeadaban (ta'addub)

Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr)

. Sholih Individual

Kreatif dan Mandiri

Peserta didik

membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah

lingkungan

 

Aktivitas:

 

Alur

Aktivitas

Pengenalan

Memperkenalkan kepada peserta didik bahwa pelaksanaan

untuk P5 adalah bertema gaya hidup berkelanjutan dengan pemanfaatan barang bekas dan sampah

Kontekstualisasi

Siswa mengacu pada lingkungan sekolah untuk melakukan

observasi terhadap perilaku mengelola sampah di sekolah dengan cara memanfaatkan nya sebagai bahan tugas memilih membuat tempat Pena atau pensil

Aksi

1.    Membuat    kelompok    dalam    1    kelas    menjadi    3

kelompok.

2.    Masing masing kelompok mendapatkan 1 tugas membuat Tempat Pensil atau Pena

3.    Mengumpulkan bahan – bahan sampah misal Botol plastik bekas sampah minuman.

4.    Setiap kelompok mempersiapkan alat dan bahan seperti kertas manila, pensil, penghapus, lem dan gunting.

Refleksi

1.    Untuk mendapatkan hasil yang baik dan tidak cepat

rusak, hasil karya membuat Pena atau Pensil dapat dilapisi sampul plastikdan karton   sebelum dipajang.

2.    Hasil bisa dipajang di kelas untuk itu membutuhkan  alat seperti Rak Pajang

Tindak Lanjut

Peserta didik dan pihak sekolah melakukan evaluasi proyek


 

 

Rubrik Penilaian

 

Subelemen

Kategori

Mulai Berkembang

Sedang

Berkembang

Berkembang

Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Menjaga

lingkungan alam sekitar.

Belum memahami Tindakan- tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan dan belum terbiasa untuk berprilaku ramah lingkungan

Mulai memahami Tindakan-

tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan tetapi belum terbiasa untuk berprilaku ramah lingkungan

Siswa

terbiasa memahami Tindakan- tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berprilaku ramah lingkungan

siswa terbiasa

memahami

Tindakan-tindakan

yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta terbiasa untuk berperilaku ramah lingkungan dimana saja

Menghasilkan gagasan yang orisinil

Belum berinisiatif mempertimbangkan

, memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasilbelajar yang diinginkan.

Dapat mempertimbangk an, memilih namun belum dapat mengadopsi berbagai strategi, dan dapat mengidentifikasi

sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasilbelajar yang diinginkan

Mempertimbang kan,

memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan.

Selalu berinisiatif untuk mempertimb angkan, memilih serta mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifi kasi sumber bantuan yang diperlukan

 

                                                                                                             


Defi Suryani, S.Pd.I

Nama Mahasiswa


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)