LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA Tema Pemanfaatan Barang Bekas
LK-7: Penyusunan Modul
Project P5-PPRA
Petunjuk:
1.
Bacalah dimensi
dan tema Project
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
2.
Analisis jumlah
Projek Penguatan Profil
Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.
3.
Tentukan Tema,
Topik, dan
NamaProjek Profil
4.
Tentukan 2 dimensi, elemen,
sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan
Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (minimal 2 dimensi dan tema).
Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan
Topik : Pemanfaatan Barang Bekas dan Sampah
Projek Profil : Membuat Tempat Pensil dan Pena Dari Botol
Bekas
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Akhir Fase |
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa |
Akhlak kepada alam |
Menjaga lingkungan alam
sekitar |
Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan
serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan Fokus
: Pengembangan akhlak terhadap alam – mengumpulkan dan mengolah data
amatan dari lingkungan sekitar |
Kreatif |
Menghasilkan Karya dan Tindakan
yang orisinal |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
|
Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Sub Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Capaian
Perkembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
|
·
Berkeadaban (ta'addub) Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr) |
. Sholih Individual Kreatif dan Mandiri |
Peserta didik membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan |
Aktivitas:
Alur |
Aktivitas |
Pengenalan |
Memperkenalkan
kepada peserta didik
bahwa pelaksanaan untuk P5 adalah
bertema gaya hidup
berkelanjutan dengan pemanfaatan barang bekas
dan sampah |
Kontekstualisasi |
Siswa mengacu
pada lingkungan sekolah
untuk melakukan observasi
terhadap perilaku mengelola sampah
di sekolah dengan cara memanfaatkan nya sebagai bahan
tugas memilih membuat
tempat Pena atau pensil |
Aksi |
1. Membuat kelompok dalam 1 kelas menjadi 3 kelompok. 2. Masing masing
kelompok mendapatkan 1 tugas membuat
Tempat Pensil atau Pena 3. Mengumpulkan
bahan – bahan sampah misal Botol plastik bekas sampah minuman. 4. Setiap kelompok mempersiapkan alat dan bahan seperti kertas manila, pensil,
penghapus, lem dan gunting. |
Refleksi |
1.
Untuk mendapatkan hasil
yang baik dan tidak cepat rusak, hasil karya membuat Pena atau Pensil dapat dilapisi
sampul plastikdan karton sebelum dipajang. 2. Hasil bisa
dipajang di kelas
untuk itu membutuhkan alat seperti Rak Pajang |
Tindak Lanjut |
Peserta didik
dan pihak sekolah melakukan evaluasi proyek |
Rubrik Penilaian
Subelemen |
Kategori |
|||
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
Menjaga lingkungan
alam sekitar. |
Belum memahami
Tindakan- tindakan
yang ramah dan tidak ramah lingkungan dan belum terbiasa untuk berprilaku
ramah lingkungan |
Mulai memahami Tindakan- tindakan
yang ramah dan tidak ramah
lingkungan tetapi belum terbiasa untuk berprilaku ramah lingkungan |
Siswa terbiasa memahami Tindakan- tindakan yang ramah dan tidak
ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berprilaku ramah lingkungan |
siswa terbiasa memahami Tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta terbiasa untuk berperilaku
ramah lingkungan dimana saja |
Menghasilkan gagasan yang orisinil |
Belum berinisiatif mempertimbangkan , memilih
dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber
bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasilbelajar yang diinginkan. |
Dapat mempertimbangk an, memilih namun belum dapat mengadopsi berbagai strategi, dan dapat mengidentifikasi sumber bantuan
yang diperlukan serta
berinisiatif menjalankannya untuk
mendapatkan hasilbelajar
yang diinginkan |
Mempertimbang kan, memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk
mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. |
Selalu berinisiatif untuk mempertimb angkan, memilih serta
mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifi kasi
sumber bantuan yang diperlukan |
Defi
Suryani, S.Pd.I
Nama Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar