Tugas 2 - Pengembangan Materi, LKPD dan Media Digital

 

 

 

 

LK-2.1: Penyusunan Pengembangan Materi Ajar berbasis Advance Material/Struktur Pengetahuan

 

Petunjuk

1.   Unsur kolom “apa” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan konsep.

2.   Unsur kolom “mengapa” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan filosofi dan rasionalitas/argumen.

3.   Unsur kolom “bagaimana” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan langkah- langkah/prosedur kegiatan visual/factual (gambar yang relevan dengan materi) maupun non visual (langkah-langkah yang tidak mungkin tergambarkan) sesuai dengan materi.

4.   Unsur kolom “untuk apa” menunjukkan materi ajar terkait dengan hikmah dan manfaat.

 

Materi

Apa/Konsep

Mengapa

Bagaimana/Faktual

Untuk Apa/Metakognitif

Teladan Mulia Asmaul Husna

1. Lima asmaul husna dan artinya yaitu al Mālik, alAzīz, alQuddūs, As Salām dan al Mumin

 2. Berakhlak dengan lima asmaul husna dan artinya yaitu al Mālik, al-Azīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Mumin

3. Bunyi Lafal Asmaul Husna alMālik, alAzīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Mukmin

4. Penerapan alMālik, alAzīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Mukmin

1. Dalam Islam, mempelajari dan merenungkan Asmaul Husna dianggap sebagai upaya spiritual yang sangat berharga dan dapat membantu individu dalam pengembangan iman, moralitas, dan hubungan yang lebih baik dengan Allah.

2. Pengajaran materi asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mu’min sangat penting agar siswa memiliki pemahaman yang benar tentang sebutan atau nama agung yang indah bagi allah, rasa syukur, pelindungan dari godaan negatif, harapan bagi Allah SWT dn perkembangan positif.

 3. Mengenal Allah dengan lebih baik: Memahami Asmaul Husna membantu

kita mendekati dan mengenal Allah dengan lebih baik. Ini memungkinkan kita untuk mengerti sifat-sifat-Nya, yang mencakup sifat-sifat kasih sayang, keadilan, pengetahuan, kebijaksanaan, dan banyak lagi. Pengetahuan ini memungkinkan kita untuk merasakan hubungan yang lebih dalam dengan Allah.

1.    Mempersiapkan materi yang baik mendapatkan reperesi yang relevan dan buatlah rangkuman materi yang mudah dipahami oleh siswa. Dapat juga menggunakan video pembelajaran atau Power Point pembelajaran.

2.    Mentukan tujuan pembelajaran setelah memahami materi, tentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa. 3. Mengunakan pendekatan yang menarik yang bisa menggunakan metode Ceramah, Diskusi, Kelompok, media Make a Mact (menjodohk an gambar), PPT, media visual seperti gambar atau video yang menggambarkan

penggunaan asmaul husna al quddus dan al salam secara praktis.

4. Berikan contoh relevan. Berikan contoh penggunaan asamaul husna al quddus dan al salam konteks yang relevan dengan kehidupan siswa. Misalnya dalam contoh sehari-hari seperti makan, tidur atau beraktivitas.

5. Menyanyikan lagu Asmaul Husna dengan tayangan video pembelajaran.

6. Evaluasi pemahaman siswa untuk mengukur pemahaman siswa dalam materi tersebut Guru dapat memberikan pertanyaan sederhana atau tugas terstruktur agar siswa dapat menunjukkan pemahaman mereka

1. Setelah peserta didik mendalami materi tentang Asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mukmin siswa jadi faham akan sifat allah dari nama-namanya

2. Dengan mempelajari asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mukmin dapat meningkatkan keimanan siswa

3. Dengan Mempelajari asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mukmin menjadikan pedoman siswa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari

4. Peserta didik mampu mengartikan Asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mukmin

5. Peserta didik dapat menerapkan asmaul husna al quddus dan al salam kehidupan sehari-hari

 

 

 


                                                                                                              Defi Suryani

Nama Mahasiswa


LK-2.2: Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

No.

Komponen

Narasi

1.

Judul

Asmaul Husna

2.

Petunjuk Belajar

Persiapan Pembelajaran :

1.      Guru Menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar, menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb

2.      Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

 

Pertanyaan Pemantik :

1.      Apakah kalian mengetahui apa itu al-Asma’ al-Husna ?

2.      Apa makna al-Asma’ al-Husna: al-‘Alim, al Khabir, al-Sami’, dan al-Basir?

3.      Bagaimana menerapkan sikap yang mencerminkan al-‘Alim, al Khabir, al-Sami’, dan al-Basir dalam kehidupan sehari-hari?Apakah kalian pernah lihat orang dengki dan iri dengan orang lain?

4.      Silahkan Cermati Gambar berikut ini! Pernahkah kalian mengalami peristiwa seperti gambar tersebut? Bagaimana pengalaman kalian saat bertemu orang yang punya akhlak Seperti Akhlak Asmaul Husna?

 

3.

CP dan TP

CP : Memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.

TP :  Dengan melakukan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu:

 1. Menjelaskan Asmaulhusna dan artinya.

 2. Membuat kaligrafi Asmaulhusna dan artinya secara berkelompok.

 3. Membiasakan sikap suka menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup tertib

4.

Informasi Pendukung

Informasi berupa Gambar dan media pembelajaran

Audio visual tentang Asmaul Husna

5.

Tugas dan Langkah kerja

Tugas :

1.      Menganalisa tentang Asmaul Husna dalam kehidupan sehari hari

2.      Mendiskusikan tentang Asmaul Husna

3.      Membuat Paparan tentang Asmaul Husna

4.      Membuat Kesimpulan tentang Asmaul Husna di LKPD

Langkah Kerja :

1.      Diskusikan gambar berikut bersama kelompokmu masing-masing

2.      Tentukan salah satu gambar yang menggambarkan perilaku Asmaul Husna!

3.      Tuliskan hasil diskusimu di LKPD yang sudah disediakan

4.      Presentasikan hasil diskusi bersama kelompok kedepan kelas !

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Lembar kerja membuat cerita

 Nama :

 Kelas :

 No.Absen :

Coba amati gambar berikut ini

 

Description: C:\Users\HP\AppData\Local\Temp\{541BE46F-9B21-4FFE-9377-641FE880338D}.tmp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.......................................................................................................................................... .......................................................................................................................................... .......................................................................................................................................... .......................................................................................................................................... .......................................................................................................................................... ..........................................................................................................................................

 

6.

Penilaian

1.      Asesemen Sumatif

1. Perhatikan 4 profesi berikut ini!

a. Guru

b. Petugas kebersihan

c. Polisi

d. Petani

Tentukan profesi di atas yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddus

beserta alasan!

2. Jelaskan arti dari Asmaulhusna As-Salam!

3. Damar terpilih menjadi ketua kemarin. Dia ingin melaksanakan tugasnya

dengan baik. Jelaskan 2 hal harus dilakukan oleh Damar sebagai ketua

kelas untuk meneladani Asmaulhusna Al-Mumin?

4. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut!

Andi selalu bersikap santun kepada temannya. Ia menjaga lisannya. Tidak

berkata kotor. Perkatannya selalu menyenangkan.

Apakah Andi meneladani Asmaulhusna Al-Aziz? Kemukakan alasanmu!

Lembar Asesmen Sikap

Nama Peserta Didik     :

Kelas                            :

Materi Pokok             :

 

No

Sikap Yang diamati

Skor

Ket

 

Mandiri

 

 

1

Melakukan Segala Sesuatu dengan Percaya Diri

 

 

2

Tidak Mudah Putus asa

 

 

3

Menunjukkan Kemampuan yang dimiliki

 

 

4

Mencoba hal-hal baru

 

 

 

Gotong Royong

 

 

1

Saya aktif dalam kerja kelompok

 

 

2

Saya suka menolong teman

 

 

3

Saya bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan

 

 

4

Saya rela berkorban untuk orang lain

 

 

 

 


                                                                                                                                                  Defi Suryani

Nama Mahasiswa


LK-2.3: Penyusunan Pengembangan Media Digital (Video Sumber Belajar)

 

Petunjuk

1.     Mahasiswa membuat video sumber belajar dan mengunggahnya di Youtube atau drive dengan menyertakan link.

2.     Membuat sumber belajar melalui aplikasi Tik Tok.

 

 

Nama Media Video Sumber Belajar Video Youtube

Link

27 November 2024

https://youtu.be/mQSHgnPZW2c?si=B3aX3hUg6_M92Roz

Nama Media Sumber Belajar Video Tik Tok

Link

Defi Suryani PPG

https://vt.tiktok.com/ZSj4kUY94/

 

 

 


                                                                                                              Defi Suryani

Nama Mahasiswa


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)