Tugas 2 - Pengembangan Materi, LKPD dan Media Digital
LK-2.1: Penyusunan Pengembangan Materi Ajar berbasis Advance Material/Struktur Pengetahuan
Petunjuk
1. Unsur kolom “apa” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan konsep.
2.
Unsur kolom “mengapa” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan filosofi dan rasionalitas/argumen.
3.
Unsur kolom
“bagaimana” menunjukkan pengembangan materi ajar terkait dengan langkah- langkah/prosedur kegiatan
visual/factual (gambar yang relevan dengan materi) maupun non visual
(langkah-langkah yang tidak mungkin tergambarkan) sesuai dengan materi.
4. Unsur kolom “untuk apa” menunjukkan materi ajar terkait dengan hikmah dan manfaat.
Materi |
Apa/Konsep |
Mengapa |
Bagaimana/Faktual |
Untuk Apa/Metakognitif |
Teladan Mulia Asmaul Husna |
1. Lima
asmaul husna dan artinya yaitu al Mālik, alAzīz, alQuddūs, As Salām dan al Mu’min 2. Berakhlak dengan lima asmaul husna dan
artinya yaitu al Mālik, al-Azīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min 3. Bunyi
Lafal Asmaul Husna alMālik, alAzīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Muk’min 4.
Penerapan alMālik, alAzīz, al Quddūs, AsSalām dan al-Muk’min |
1. Dalam Islam, mempelajari dan merenungkan Asmaul Husna dianggap
sebagai upaya spiritual yang sangat berharga dan dapat membantu individu dalam
pengembangan iman, moralitas, dan hubungan yang lebih baik dengan Allah. 2. Pengajaran materi asmaul husna Al
Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mu’min sangat penting agar siswa
memiliki pemahaman yang benar tentang sebutan atau nama agung yang indah bagi
allah, rasa syukur, pelindungan dari godaan negatif, harapan bagi Allah SWT
dn perkembangan positif. 3. Mengenal Allah dengan lebih baik:
Memahami Asmaul Husna membantu kita mendekati dan mengenal Allah
dengan lebih baik. Ini memungkinkan kita untuk mengerti sifat-sifat-Nya, yang
mencakup sifat-sifat kasih sayang, keadilan, pengetahuan, kebijaksanaan, dan
banyak lagi. Pengetahuan ini memungkinkan kita untuk merasakan hubungan yang
lebih dalam dengan Allah. |
1.
Mempersiapkan materi yang baik
mendapatkan reperesi yang relevan dan buatlah rangkuman materi yang mudah
dipahami oleh siswa. Dapat juga menggunakan video pembelajaran atau Power
Point pembelajaran. 2.
Mentukan tujuan pembelajaran
setelah memahami materi, tentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh
siswa. 3. Mengunakan pendekatan yang menarik yang bisa menggunakan metode
Ceramah, Diskusi, Kelompok, media Make a Mact (menjodohk an gambar), PPT,
media visual seperti gambar atau video yang menggambarkan penggunaan
asmaul husna al quddus dan al salam secara praktis. 4. Berikan contoh relevan. Berikan contoh penggunaan asamaul husna al
quddus dan al salam konteks yang relevan dengan kehidupan siswa. Misalnya
dalam contoh sehari-hari seperti makan, tidur atau beraktivitas. 5. Menyanyikan lagu Asmaul Husna dengan tayangan video pembelajaran. 6. Evaluasi pemahaman siswa untuk mengukur pemahaman siswa dalam
materi tersebut Guru dapat memberikan pertanyaan sederhana atau tugas
terstruktur agar siswa dapat menunjukkan pemahaman mereka |
1. Setelah peserta didik mendalami materi tentang Asmaul husna Al
Malik, Al aziz, al Quddus, as salam dan al Mukmin siswa jadi faham akan sifat
allah dari nama-namanya 2. Dengan mempelajari asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as
salam dan al Mukmin dapat meningkatkan keimanan siswa 3. Dengan Mempelajari asmaul husna Al Malik, Al aziz, al Quddus, as
salam dan al Mukmin menjadikan pedoman siswa dalam menjalankan kehidupan
sehari-hari 4. Peserta didik mampu mengartikan Asmaul husna Al Malik, Al aziz, al
Quddus, as salam dan al Mukmin 5. Peserta didik dapat menerapkan asmaul husna al quddus dan al salam
kehidupan sehari-hari |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-2.2: Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
No. |
Komponen |
Narasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. |
Judul |
Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. |
Petunjuk Belajar |
Persiapan Pembelajaran : 1.
Guru Menyiapkan
kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar, menyiapkan lembar kerja peserta
didik, dsb 2.
Guru mengingatkan peserta
didik untuk mempersiapkan buku teks, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam
proses pembelajaran Pertanyaan Pemantik : 1.
Apakah kalian mengetahui apa
itu al-Asma’ al-Husna ? 2.
Apa makna al-Asma’ al-Husna:
al-‘Alim, al Khabir, al-Sami’, dan al-Basir? 3.
Bagaimana menerapkan sikap
yang mencerminkan al-‘Alim, al Khabir, al-Sami’, dan al-Basir dalam kehidupan
sehari-hari?Apakah kalian pernah
lihat orang dengki dan iri dengan orang lain? 4.
Silahkan Cermati Gambar
berikut ini! Pernahkah kalian mengalami peristiwa seperti gambar tersebut?
Bagaimana pengalaman kalian saat bertemu orang yang punya akhlak Seperti
Akhlak Asmaul Husna? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. |
CP dan TP |
CP : Memahami sifat-sifat
bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan
rasul Allah yang wajib diimani. TP : Dengan
melakukan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan
mengkomunikasikan, peserta didik mampu: 1. Menjelaskan Asmaulhusna dan artinya. 2. Membuat kaligrafi Asmaulhusna dan artinya secara berkelompok. 3. Membiasakan sikap suka
menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup tertib |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. |
Informasi Pendukung |
Informasi berupa Gambar
dan media pembelajaran Audio visual tentang
Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. |
Tugas dan Langkah kerja |
Tugas : 1.
Menganalisa tentang
Asmaul Husna dalam kehidupan sehari hari 2.
Mendiskusikan tentang
Asmaul Husna 3.
Membuat Paparan tentang
Asmaul Husna 4.
Membuat Kesimpulan
tentang Asmaul Husna di LKPD Langkah Kerja : 1.
Diskusikan gambar
berikut bersama kelompokmu masing-masing 2.
Tentukan salah satu
gambar yang menggambarkan perilaku Asmaul Husna! 3.
Tuliskan hasil
diskusimu di LKPD yang sudah disediakan 4.
Presentasikan hasil
diskusi bersama kelompok kedepan kelas ! Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Lembar kerja
membuat cerita Nama : Kelas : No.Absen : Coba amati
gambar berikut ini ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
.......................................................................................................................................... |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6. |
Penilaian |
1.
Asesemen Sumatif 1. Perhatikan 4 profesi berikut ini! a. Guru b. Petugas kebersihan c. Polisi d. Petani Tentukan profesi di atas yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddus beserta alasan! 2. Jelaskan arti dari Asmaulhusna As-Salam! 3. Damar terpilih menjadi ketua kemarin. Dia ingin melaksanakan tugasnya dengan baik. Jelaskan 2 hal harus dilakukan oleh Damar sebagai ketua kelas untuk meneladani Asmaulhusna Al-Mu’min? 4. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut! Andi selalu bersikap santun kepada temannya. Ia menjaga lisannya. Tidak berkata kotor. Perkatannya selalu menyenangkan. Apakah Andi meneladani Asmaulhusna Al-Aziz? Kemukakan alasanmu! Lembar Asesmen Sikap Nama Peserta Didik : Kelas : Materi Pokok :
|
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-2.3: Penyusunan Pengembangan Media Digital (Video Sumber Belajar)
Petunjuk
1.
Mahasiswa membuat
video sumber belajar
dan mengunggahnya di Youtube atau drive dengan
menyertakan link.
2. Membuat sumber belajar melalui
aplikasi Tik Tok.
Nama Media
Video Sumber Belajar
Video Youtube |
Link |
27 November 2024 |
|
Nama Media Sumber Belajar
Video Tik Tok |
Link |
Defi Suryani PPG |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar