LK 1 PJBL

 

TUGAS PENDALAMAN MATERI MODUL PEDAGOGIK POLA PjBL

 

Lembar Kerja (LK) 1 : Identifikasi Masalah

Identifikasi Masalah adalah kegiatan melakukan periincian masalah yang berkaitan dengan belaajr dan pembelajaran (pedagogik) sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu dengan memperhatikan  : (1) Visi-misi satuan pendidikan, (2) Talenta Peserta didik, (3) Local Wisdom, dan (4) ketersedian  sumberdaya  pendukung pembelajaran.  Rincian  masalah  dikelompokkan berdasarkan  satuan konsep  masalah. Seperti literasi,  numerasi,  motivasi, dan minat belajar,  srtategi Pembelajaran, media pembelajaran,  asesmen. Dan lain –lain.. (minimal 3 jenis permasalahan )

No

Jenis Permasalahan

Masalah yang diidentifikasi

Analisis Identifikasi Masalah

1

Motivasi Belajar

1.      Motivasi Belajar rendah

2.      Siswa Tidak Fokus dalam Pembelajaran

3.      Siswa sering berpindah tempat duduk

Hal ini bisa diliihat dengan peserta diidik kurang memperhatiikan saat Pembeelajaran, Ribut, dan suka berpiindah-piindah tempat duduk.

Hal ini diisebabkan tidak menggunakan media dalam pembalajaran.

Dampaknya  peserta tiidak termotivasi mengiikuti pembelajaran, Kurang motiivasi dalam Pembelajaran, dan  Nilai Reendah

2

Kesulitan Belajar siswa dan masalah pembelajaran Diferensiasi dikelas 

1.    Siiswa masih belum fokus dalam pembelajaran

2.    Siswa Yanng Keras Kepala dan tidak Mau Mengerjakan Tugas

3.    Sumber daya yang terbaatas

Penyebab Sumber daya terrbatas sehinngga Guru masiih menggunakan Metode Ceramah dalam Pembelajaran, Dampaknya Siiswa tidak termotivasi dalam belajar, serta kuranng mau membuat Tugas

 

3

Relasi Hubungan dengan siiswa dan wali Murid

1.      Hubungan Orang Tua yang Kurang perhatiian dengan Anaknya di sekolah

Orang Tua yang terlalu siibuk, Dampaknya tidak ada Komunikasi Guru dan Orang Tua

4

Penerapan Model – model pembelajaran Inovatif berdasarkan karakteristik siswa

1.      Guru Belum menggunakan Metode Pembelajaran Inovatiif

Kurangnya Sarana Pendukung akibatnya Guru tiidak menggunakan metode pembelajaran yang variiatif, Dampaknya Siiswa Kurang Motivasi Dalam Pembelajaran

5

Materi terkait Liiterasi material literasi, advance, HOTS

1.      Belum teridentiifikasi Menggunakan Liiterasi dan Numerasi, HOTS

Kurangnya terlatihnya Siswa dalam materi Liiterasi dan Numerasi, dampaknya siswa tidak fokus dalam pemecahan masalah

6

Pemanfaatan tekknologi Inovasi dalam Pembelajaran

1.      Kurangnya Sarana teknologi

Guru Tidak menggunakan Teknologi dampaknya siiswa kurang Fokus dalam Pembelajaran

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)