Lembar Kerja (LK) 1 : Identifikasi Masalah

 

TUGAS PENDALAMAN MATERI MODUL PEDAGOGIK POLA PBL

 

Lembar Kerja (LK) 1 : Identifikasi Masalah

Identifikasi Masalah adalah kegiatan melakukan perincian masalah yang berkaitan dengan belaajr dan pembelajaran (pedagogik) sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu dengan memperhatikan  : (1) Visi-misi satuan pendidikan, (2) Talenta Peserta didik, (3) Local Wisdom, dan (4) ketersedian  sumberdaya  pendukung pembelajaran.  Rincian  masalah  dikelompokkan berdasarkan  satuan konsep  masalah. Seperti literasi,  numerasi,  motivasi, dan minat belajar,  srtategi Pembelajaran, media pembelajaran,  asesmen. Dan lain –lain.. (minimal 3 jenis permasalahan )

 

Judul :  Kurangnya Motivasi Siswa dalam Pembelajaran PAI pada  SDN No 098/VI Bangko VI

No

Jenis Permasalahan

Masalah yang diidentifikasi

Analisis Identifikasi Masalah

1

Motivasi Belajar

1.      Motivasi Belajar rendah

2.      Siswa Tidak Fokus dalam Pembelajaran

3.      Siswa sering berpindah tempat duduk

Hal iini bisa dilihat dengan peserta didik kurang memperhatikan saat Pembeelajaran, Ribut, dan suka berpindah-pindah tempat duduk.

Hal ini disebabkan tidak menggunakan media dalam pembalajaran,

Dampaknya  peserta tidak termotiivasi mengikuti pembelajaran, Kurang motivasi dalam Pembelajaran,Dan  Nilai Rendah

2

Kesulitan Belajar siswa dan masalah pembelajaran Diferensiasi dikelas 

1.    Siswa masih belum fokus dalam pembelajaran

2.    Siswa Yang Keras Kepala dan tidak Mau Mengerjakan Tugas

3.    Sumber daya yang terbatas

Penyebab Sumber daya terbatas sehiingga Guru masih menggunakan Metode Ceramah dalam Pembelajaran, Dampaknya Siiswa tidak termotivasi dalam belajar, serta kurang mau membuat Tugas

 

3

Relasi Hubungan dengan siswa dan wali Murid

1.      Hubungan Orang Tua yang Kurang perhatian dengan Anaknya di sekolah

Orang Tua yang terlalu sibuk, Dampaknya tidak ada Komuniikasi Guru dan Orang Tua

4

Penerapan Model – model pembelajaran Inovatif berdasarkan karakteristik siswa

1.      Guru Belum menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif

Kurangnya Sarana Pendukung akiibatnya Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang variiatif, Dampaknya Siswa Kurang Motivasi Dalam Pembelajaran

5

Materi terkait Literasi material iterasi, advance, HOTS

1.      Belum teridentifikasi Menggunakan Literasi dan Numerasi, HOTS

Kurangnya terlatihnya Siswa dalam materi Liiterasi dan Numerasi, dampaknya siswa tidak fokus dalam pemecahan masalah

6

Pemanfaatan teknologi Inovasi dalam Pembelajara

1.      Kurangnya Sarana teknologi

Guru Tidak menggunakan Teknologi dampaknya siiswa kurang Fokus dalam Pembelajaran

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)