Lembar Kerja (LK) 1 : Identifikasi Masalah
TUGAS
PENDALAMAN MATERI MODUL PEDAGOGIK POLA PBL
Lembar
Kerja (LK) 1 : Identifikasi Masalah
Identifikasi
Masalah adalah kegiatan melakukan perincian masalah yang berkaitan dengan
belaajr dan pembelajaran (pedagogik) sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu
dengan memperhatikan : (1) Visi-misi satuan pendidikan, (2) Talenta
Peserta didik, (3) Local Wisdom, dan (4)
ketersedian sumberdaya pendukung
pembelajaran. Rincian masalah dikelompokkan
berdasarkan satuan konsep masalah. Seperti
literasi, numerasi, motivasi, dan minat
belajar, srtategi Pembelajaran, media
pembelajaran, asesmen. Dan lain –lain.. (minimal 3 jenis
permasalahan )
Judul
: Kurangnya Motivasi Siswa dalam Pembelajaran PAI pada SDN No 098/VI Bangko VI
No |
Jenis Permasalahan |
Masalah yang diidentifikasi |
Analisis Identifikasi Masalah |
1 |
Motivasi Belajar |
1. Motivasi Belajar rendah 2. Siswa Tidak Fokus dalam Pembelajaran 3. Siswa sering berpindah tempat duduk |
Hal iini bisa dilihat dengan peserta didik kurang memperhatikan saat Pembeelajaran,
Ribut, dan suka berpindah-pindah tempat duduk. Hal ini disebabkan tidak menggunakan media dalam
pembalajaran, Dampaknya peserta tidak termotiivasi mengikuti
pembelajaran, Kurang motivasi dalam Pembelajaran,Dan Nilai Rendah |
2 |
Kesulitan Belajar siswa dan masalah pembelajaran Diferensiasi
dikelas |
1. Siswa masih belum fokus dalam pembelajaran 2. Siswa Yang Keras Kepala dan tidak Mau Mengerjakan Tugas 3. Sumber daya yang terbatas |
Penyebab Sumber daya terbatas sehiingga Guru masih menggunakan Metode
Ceramah dalam Pembelajaran, Dampaknya Siiswa tidak termotivasi dalam belajar,
serta kurang mau membuat Tugas |
3 |
Relasi Hubungan dengan siswa dan wali Murid |
1. Hubungan Orang Tua yang Kurang perhatian dengan Anaknya di sekolah |
Orang Tua yang terlalu sibuk, Dampaknya tidak ada Komuniikasi Guru dan
Orang Tua |
4 |
Penerapan Model – model pembelajaran Inovatif berdasarkan karakteristik
siswa |
1. Guru Belum menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif |
Kurangnya Sarana Pendukung akiibatnya Guru tidak menggunakan metode
pembelajaran yang variiatif, Dampaknya Siswa Kurang Motivasi Dalam Pembelajaran |
5 |
Materi terkait Literasi material iterasi, advance, HOTS |
1. Belum teridentifikasi Menggunakan Literasi dan Numerasi, HOTS |
Kurangnya terlatihnya Siswa dalam materi Liiterasi dan Numerasi,
dampaknya siswa tidak fokus dalam pemecahan masalah |
6 |
Pemanfaatan teknologi Inovasi dalam Pembelajara |
1. Kurangnya Sarana teknologi |
Guru Tidak menggunakan Teknologi dampaknya siiswa kurang Fokus dalam
Pembelajaran |
Komentar
Posting Komentar