LK-10: Penyusunan Modul Project P5-PPRA

 

LK-10: Penyusunan Modul Project P5-PPRA

 

Petunjuk:

1.          Bacalah dimensi dan tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

2.          Analisis jumlah Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.

3.          Tentukan Tema, Topik, dan NamaProjek Profil

4.          Tentukan 2 dimensi, elemen, sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (minimal 2 dimensi dan tema).

 

Tema               :  Demokrasi Pancasila

Topik               :  Refleksi Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia dalam Pemilihan Ketua    OSIS di SMP Negeri

Projek Profil        :  Generasi yang mampu memahami orang lain dan lingkungan berdasar pada norma yang berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan agama yang dianutnya, serta dapat mengimplementasikan Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri

 

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Akhir Fase

 

 

Beriman bertaqwa kepada                tuhan YME dan berakhlak mulia

 

 

 

v  Akhlak Kepada Manusia

 

 

 

v Mengutamakan persamaan dengan orang lain       dan            menghargai perbedaan

Mengidentifikasi hal yang  menjadi permasalahan bersama,memberikan altenatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan.

 

 

v Berempati kepada orang lain

Memahami dan mengahargai perasaan dan sudut pandang orang lain.

 

Gotong Royong

 

v  Kolaborasi

 

v Kerja sama

 

Membangun TIM dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama

 

Mandiri

 

v  Regulasi diri

 

v Regulasi Emosi

 

Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakan secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi

dan pekerjaan.

 

Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Sub Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Capaian Perkembangan

Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

v  Berkeadaban (ta’addub)

v  Keteladanan (qudwah)

v  Kesetaraan ( musawah )

v  Musyawarah (syura)

v  Toleransi ( tasamuh )

v  Dinamis dan Inovatif                ( tatawwur wa ibtikar )

 

 

v  Menghargai orang lain

v  Peduli sosial

v  Shaleh Sosial

 

Memahami pentingnya sikap dan prilaku yang mencerminkan akhlak mulia baik terhadap diri orang lain dan terhadap alam serta peduli untuk merawat lingkungan sekitar dengan berdasar kearifan local dan sesuai kapasitasnya dan terbiasa mencari alternativetindakan dalam menghadapi tantangan serta mengenal kemampuan mengidentifikasi   informasi yang  relevan terhadap masalah yang dihadapi

 

Aktivitas:

 

Alur

Aktivitas

Pengenalan

Siswa diajak mengenali dan membangun kesadaran terhadap tema    suara   demokrasi   yang   berkeadaban  dengan  topik

pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMP Negeri 29 Muaro Jambi dengan pemateri guru PAI, PPKn dan IPS.

 

Kontekstualisasi

Peserta didik melakukan kegiatan :

1.    Menggali informasi terkait Pemilihan Ketua OSIS

2.    Mengidentifikasi Proses Pelaksanaan

3.    Menentukan Bakal Calon Ketua OSIS

4.    Menyusun jadwal

Aksi

1.    Peserta  didik    secara  kelompok menyusun rencana kegiatan projek dengan bimbingan guru

2.    Peserta didik menyiapkan bahan dan alat

3.    Menguji hasil

Refleksi

Mengevaluasi   pengalaman   yang    sudah    diperoleh    oleh

peserta didik.

Tindak Lanjut

1.     Memberikan laporan hasil pendampingan kepada      atasan 

      dan mensosialisasikan kepada warga sekolah.

2.     Memberi rekomendasi hasil pendampingan kepada                             yang bertanggung jawab pada objek pendampingan.

3.      Menindak lanjuti rekomendasi hasil pendampingan                   dengan membuat rencana lanjutan untuk periode berikutnya.


Rubrik Penilaian

 

Sub elemen

Kategori

Mulai Berkembang

Sedang Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

v Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

Belum menunjukkan karakter toleransi  dan menghargai pada orang lain dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusiaan diatas perbedaan

Sudah mulai menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusiaan diatas perbedaan

Sudah berkembang dan menunjukkan karakter toleransi  dan menghargai pada orang lain dan kelompok berupaya mengutamakan

kemanusian diatas perbedaan

Sudah sangat berkembang dan menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain dan kelompok berupaya mengutamakan

kemanusian diatas perbedaan

v  Berempati

kepada orang lain

 Belum

 Menunjukkan                      karakter toleransi   dan menghargai pada orang lain dan     kelompok berupaya mengutamakan kemanusian diatas perbedaan

 Sudah mulai

 menunjukkan                        karakter toleransi dan menghargai pada orang lain dan  kelompok berupaya mengutamakan kemanusian diatas perbedaan

  Sudah

berkembang dan menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain dan  kelompok berupaya mengutamakan kemanusian

 diatas perbedaan

Sudah  sangat

berkembang dan menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain dan  kelompok berupaya mengutamakan kemanusian

diatas perbedaan

v Kerja Sama

Belum menunjukkan sikap mampu bekerjasama dalam tim serta belum memiliki tujuan dan menyepakati target kelompok

Sudah mulai menunjukkan sikap mampu bekerjasama dalam tim serta mulai memiliki tujuan dan menyepakati target kelompok

Sudah     mampu

Sikap mampu bekerjasama dalam tim serta serta memiliki

Tujuan dan menyepakati target kelompok

Sudah sangat berkembang sikap mampu bekerjasama dalam tim serta serta memiliki

Tujuan dan langkah – langkah menyepakati

target kelompok

v  Komunikasi untuk mencapai target bersama

Siswa belum aktif untuk memahami dan mengaanalisa informasi, gagasan,             emosi, keterampilan dan keprihatinan  yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok dengan menggunakan ber bagai media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi guna mencapai berbagai tujuan

  bersama

Sudah mulai berkembang sikap aktif untuk memahami   dan mengaanalisa informasi, gagasan,             emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok dengan menggunakan ber bagai media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi   guna mencapai

  berbagai tujuan            bersama

 Sudah mampu dan aktif untuk memahami dan menganalisa informasi, gagasan,             emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok dengan menggunakan ber bagai media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi   guna mencapai berbagai tujuan

  bersama

Sudah sangat

aktif untuk memahami   dan mengaanalisa informasi, gagasan,             emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang              lain dan kelompok dengan menggunakan berbagai media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi   guna mencapai

  berbagai tujuan    bersama

v Regulasi Emosi

Belum

berkembang kemampuan mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain dengan tetap

tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan  pada konteks belajar,

relasi dan pekerjaan

Sudah mulai

mampu mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain dengan tetap

tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan  pada konteks belajar, relasi dan pekerjaan

Memiliki

kemampuan mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain dengan tetap

tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan  pada konteks belajar, relasi dan pekerjaan

Sudah sangat

mampu mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain dengan tetap

tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan                 pada konteks belajar, relasi dan pekerjaan

 

      

                                                                   Nama Mahasiswa

 

 

 

                                                                    


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)