LK-10: Penyusunan Modul Project P5-PPRA
LK-10: Penyusunan
Modul Project P5-PPRA
Petunjuk:
1.
Bacalah dimensi
dan tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila
dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
2.
Analisis jumlah Projek Penguatan
Profil Pelajar Pacasila
dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.
3.
Tentukan Tema, Topik, dan NamaProjek Profil
4.
Tentukan 2 dimensi, elemen, sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila
dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin
(minimal 2 dimensi
dan tema).
Tema : Demokrasi Pancasila
Topik :
Refleksi Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
dalam Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri
Projek Profil :
Generasi
yang mampu memahami orang lain dan lingkungan
berdasar pada norma yang
berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan
agama yang dianutnya, serta dapat mengimplementasikan Pemilihan Ketua OSIS
di SMP Negeri
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Akhir Fase |
Beriman bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia |
v
Akhlak Kepada Manusia |
v Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan |
Mengidentifikasi hal yang
menjadi
permasalahan bersama,memberikan altenatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan
mengutamakan kemanusiaan. |
|
|
v Berempati kepada
orang lain |
Memahami
dan mengahargai perasaan dan sudut pandang orang
lain. |
Gotong Royong |
v
Kolaborasi |
v
Kerja sama |
Membangun TIM dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama |
Mandiri |
v
Regulasi diri |
v
Regulasi Emosi |
Mengendalikan
dan menyesuaikan emosi
yang dirasakan secara tepat
ketika menghadapi situasi
yang menantang dan menekan
pada konteks belajar, relasi dan pekerjaan. |
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Sub Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Capaian Perkembangan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin |
|
v
Berkeadaban (ta’addub) v
Keteladanan (qudwah) v
Kesetaraan ( musawah ) v
Musyawarah (syura) v
Toleransi ( tasamuh ) v
Dinamis dan Inovatif ( tatawwur wa ibtikar ) |
v Menghargai orang lain v
Peduli sosial v
Shaleh Sosial |
Memahami pentingnya sikap dan prilaku
yang mencerminkan akhlak mulia baik terhadap diri orang lain dan terhadap alam serta peduli
untuk merawat lingkungan
sekitar dengan berdasar kearifan local dan sesuai
kapasitasnya dan terbiasa mencari alternativetindakan dalam menghadapi tantangan serta mengenal kemampuan mengidentifikasi informasi yang relevan terhadap masalah yang dihadapi |
Aktivitas:
Alur |
Aktivitas |
Pengenalan |
Siswa diajak mengenali dan membangun kesadaran terhadap tema suara demokrasi yang berkeadaban dengan topik pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMP Negeri 29 Muaro Jambi dengan
pemateri guru PAI,
PPKn dan IPS. |
Kontekstualisasi |
Peserta didik melakukan kegiatan : 1.
Menggali informasi terkait Pemilihan Ketua OSIS 2.
Mengidentifikasi Proses
Pelaksanaan 3.
Menentukan Bakal
Calon Ketua OSIS 4.
Menyusun jadwal |
Aksi |
1. Peserta didik secara kelompok menyusun rencana kegiatan projek
dengan bimbingan guru 2.
Peserta didik
menyiapkan bahan dan alat 3.
Menguji hasil |
Refleksi |
Mengevaluasi pengalaman yang sudah diperoleh oleh peserta didik. |
Tindak Lanjut |
1.
Memberikan laporan hasil pendampingan kepada atasan
dan mensosialisasikan kepada warga sekolah. 2.
Memberi rekomendasi hasil pendampingan kepada yang bertanggung jawab pada objek pendampingan. 3.
Menindak lanjuti rekomendasi hasil pendampingan dengan membuat rencana lanjutan untuk periode berikutnya. |
Rubrik Penilaian
Sub elemen |
Kategori |
|||
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
v
Mengutamakan persamaan dengan orang
lain dan menghargai perbedaan |
Belum menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain
dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusiaan diatas perbedaan |
Sudah mulai menunjukkan karakter toleransi dan
menghargai pada orang
lain dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusiaan diatas perbedaan |
Sudah berkembang dan menunjukkan karakter toleransi dan
menghargai pada orang
lain dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusian diatas
perbedaan |
Sudah sangat berkembang dan menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang lain
dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusian diatas
perbedaan |
v
Berempati kepada orang
lain |
Belum Menunjukkan
karakter toleransi dan menghargai pada
orang lain dan kelompok berupaya mengutamakan kemanusian diatas
perbedaan |
Sudah mulai menunjukkan karakter toleransi dan menghargai pada orang
lain dan kelompok
berupaya mengutamakan kemanusian diatas perbedaan |
Sudah berkembang dan
menunjukkan karakter toleransi dan
menghargai pada orang
lain dan kelompok
berupaya mengutamakan kemanusian diatas perbedaan |
Sudah sangat berkembang dan
menunjukkan karakter toleransi dan
menghargai pada orang
lain dan kelompok
berupaya mengutamakan kemanusian diatas perbedaan |
v
Kerja Sama |
Belum menunjukkan sikap mampu bekerjasama dalam
tim serta belum memiliki tujuan dan menyepakati target
kelompok |
Sudah mulai menunjukkan sikap mampu bekerjasama dalam
tim serta mulai memiliki tujuan dan menyepakati target
kelompok |
Sudah mampu Sikap
mampu bekerjasama dalam
tim serta serta memiliki Tujuan dan menyepakati target kelompok |
Sudah sangat berkembang sikap mampu bekerjasama dalam
tim serta serta memiliki Tujuan dan langkah – langkah menyepakati target kelompok |
v
Komunikasi untuk mencapai target bersama |
Siswa belum aktif untuk
memahami dan mengaanalisa informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok dengan menggunakan
ber bagai media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi guna
mencapai berbagai tujuan bersama |
Sudah mulai berkembang sikap aktif untuk
memahami dan mengaanalisa informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan
yang disampaikan oleh
orang lain dan kelompok dengan menggunakan ber bagai media
serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi guna mencapai berbagai tujuan bersama |
Sudah mampu dan aktif
untuk memahami dan menganalisa informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan
yang disampaikan oleh
orang lain dan kelompok
dengan menggunakan ber bagai
media serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi guna mencapai berbagai tujuan bersama |
Sudah sangat aktif untuk memahami dan mengaanalisa informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain
dan kelompok dengan menggunakan berbagai media
serta belum mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dan menyusun solusi guna mencapai berbagai tujuan
bersama |
v
Regulasi Emosi |
Belum berkembang kemampuan mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang
lain dengan tetap tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks
belajar, relasi dan pekerjaan |
Sudah mulai mampu mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain
dengan tetap tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks
belajar, relasi dan pekerjaan |
Memiliki kemampuan mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain
dengan tetap tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks
belajar, relasi dan pekerjaan |
Sudah sangat mampu mengendalikan dan menyesuaikan emosi dirinya atau orang lain
dengan tetap tenang ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi
dan pekerjaan |
Nama Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar