Resume MODEL-MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

Nama Mahasiswa             : 

A.    Judul Modul               : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

B.      Kegiatan Belajar       : 3. MODEL-MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

a.   Dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban 3. Keterampilan, yaitu memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. Rincian gradasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan tersebut adalah sebagai berikut : SikapPengetahuanKeterampilan MenerimaMengingatMengamati MenjalankanMemahamiMenanyakan MenghargaiMenerapkanMengumpulkan informasi/mencoba MenghayatiMenganalisisMengasosiasi/mencoba Mengamalkan MengavaluasiMenyajikan/mengkomunikasikan Menciptakan Di dalam pembelajaran K-13, peserta didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan yang sudah ada dalam ingatannya, dan melakukan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang sesuai dengan lingkungan dan jaman dimana dia hidup.

b.  Di dalam pembelajaran K-13, peserta didik difasilitasi untuk terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi. Kurikulum 2013 (K-13) mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung (direct teaching)dan proses pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). Baik pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidak langsung terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 (religius) dan KI-2 (sosial). Sedangkan pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan KD yang dikembangkan dari KI- 1 dan KI-2. Dalam proses pembelajaran K-13 menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach), artinya pembelajaran yang logic, berbasis pada fakta, data atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika/penalaran tertentu, bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, ataupun dongeng semata.

 


 

 

 

   MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 (Materi Diklat Kurikulum 2013) -  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

2.  Daftar KB yang sulit difahami tidak ada


 

 

3

 

 

 

 

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Tidak ada

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)