Resume MODEL-MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
Nama Mahasiswa :
A. Judul Modul : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
B. Kegiatan Belajar : 3. MODEL-MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013
C.
Refleksi
NO |
BUTIR
REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa istilah
dan definisi) di KB |
a.
Dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban 3.
Keterampilan, yaitu memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan
kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara mandiri. Rincian gradasi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan tersebut adalah sebagai berikut : SikapPengetahuanKeterampilan
MenerimaMengingatMengamati MenjalankanMemahamiMenanyakan
MenghargaiMenerapkanMengumpulkan informasi/mencoba
MenghayatiMenganalisisMengasosiasi/mencoba Mengamalkan
MengavaluasiMenyajikan/mengkomunikasikan Menciptakan Di dalam pembelajaran
K-13, peserta didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentransformasikan
informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan yang sudah ada dalam
ingatannya, dan melakukan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang
sesuai dengan lingkungan dan jaman dimana dia hidup. b. Di dalam pembelajaran K-13, peserta didik
difasilitasi untuk terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya
menjadi kompetensi. Kurikulum 2013 (K-13) mengembangkan dua modus proses
pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung (direct teaching)dan proses
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). Baik pembelajaran langsung
maupun pembelajaran tidak langsung terjadi secara terintegrasi dan tidak
terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan KD yang dikembangkan dari
KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses
pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 (religius)
dan KI-2 (sosial). Sedangkan pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan KD
yang dikembangkan dari KI- 1 dan KI-2. Dalam proses pembelajaran K-13
menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach), artinya pembelajaran
yang logic, berbasis pada fakta, data atau fenomena yang dapat dijelaskan
dengan logika/penalaran tertentu, bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda,
ataupun dongeng semata. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Daftar materi
pada KB yang
sulit dipahami |
2. Daftar KB yang sulit difahami tidak ada |
3 |
Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
Tidak ada |
Komentar
Posting Komentar