JAWABAN POST TEST MODUL 2 Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B

 

JAWABAN POST TEST MODUL 2 Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B

1. Apa komponen minimal modul ajar?
    A. Tujuan Pembelajaran, Profil Peserta Didik, dan asesmen
    B. Tujuan Pembelajaran, asesmen, langkah pembelajaran dan media pembelajaran
    C. Dimensi Profil Pelajar Pancasila, profil peserta didik, dan asesmen
    D. Tujuan Pembelajaran, profil peserta didik, dan langkah pembelajaran


2. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .

    A. Menentukan Tujuan Pembelajaran

    B. Menentukan Jenis Asesmen

    C. Menentukan Capaian Pembelajaran

    D. Menentukan Kriteria Ketercapaian


3. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan.

Contoh salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional.

Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut.

Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontekstual?

a. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.

b. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.

c. Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.

d. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.


4. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

    (1) Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
    (2) Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
    (3) Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan     perkembangan peserta didik.
    (4) Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
    Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada     nomor . . . .
    A 1 dan 2
    B 3 dan 4
    C 1 dan 3
    D 2 dan 4

5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
    (1) Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
    (2) Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
    (3) Menjadi umpan balik proses pembelajaran
    (4) Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
    Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . .
    A 1 dan 3
    B 1 dan 4
    C 1 dan 2
    D 3 dan 4\

6. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan     McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan     yang hanya mencari jawaban “resmi” dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan         jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses     penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal         tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
    A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada         gambar ini?”
    B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik         setiap tahun?”
    C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
    D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
    E. Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
    (1) mengukur pencapaian hasil belajar
    (2) mengetahui kemampuan awal peserta didik
    (3) mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
    (4) mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
    Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor ….
    A 1 dan 2
    B 2 dan 3
    C 1 dan 3
    D 2 dan 4

8. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan
    A. Asesmen formatif yang akan dilakukan
    B. Asesmen Sumatif yang akan dilakukan
    C. Tujuan Pembelajaran yang akan dilakukan
    D. Sarana dan Prasarana Belajar Murid


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)