TUGAS REFLEKSI MODUL PPP (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN) TOPIK 2 (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN) PPG KEMENAG 2025
TUGAS REFLEKSI MODUL PPP
(PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN) TOPIK 2 (PENGEMBANGAN MATERI
PEMBELAJARAN) PPG KEMENAG 2025
Deskripsi
Materi
Materi ini
membahas bagaimana guru mengembangkan materi pembelajaran PAI agar sesuai
dengan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan konteks kehidupan
nyata. Pengembangan materi tidak hanya berdasarkan buku teks, tetapi juga
menggali dari berbagai sumber (Al-Qur'an, hadis, media digital, peristiwa
aktual, dan kearifan lokal). Prinsip utama dalam pengembangan materi
pembelajaran PAI adalah:
• Bermakna
(meaningful)
• Kontekstual
•
Mengembangkan nilai spiritual, sosial, dan moral
• Mendorong peserta didik
berpikir kritis dan reflektif
Analisis
Implementasi Penerapan Materi
Analisis implementasi:
• Pengembangan
materi pembelajaran dalam PAI bisa dilakukan dengan menyusun bahan ajar yang
berbasis proyek, studi kasus, atau pembelajaran berbasis masalah (PBL).
• Guru dapat
membuat media pembelajaran seperti video dakwah pendek, infografis kisah Nabi,
atau skenario drama Islami.
• Dalam
pelaksanaannya, guru perlu menyelaraskan materi yang dikembangkan dengan
capaian pembelajaran (CP) dan tujuan pembelajaran (TP).
Contoh implementasi:
• Untuk materi iman kepada
rasul, guru menyajikan kisah Nabi Muhammad SAW dalam bentuk animasi, lalu
mengajak siswa merefleksikan nilai-nilai kepemimpinan dan kejujuran.
Pengalaman
Praktis dari Proses Pembelajaran
Yang
mendukung:
• Saya pernah
mengembangkan materi akhlak terhadap orang tua dengan menghadirkan video pendek
dan membuat tugas refleksi dalam bentuk surat cinta untuk orang tua. Hasilnya,
siswa lebih tersentuh dan memahami nilai-nilai Islami secara mendalam.
Yang
bertentangan:
• Saat menggunakan materi
dari buku teks tanpa dikontekstualisasikan, siswa cenderung pasif dan kurang
terlibat dalam pembelajaran. Materi dianggap kaku dan tidak relevan dengan
kehidupan mereka.
Tantangan dan
Hikmah (Lesson Learn) yang Diperoleh
Tantangan:
• Tidak semua materi dalam buku ajar cocok
dengan konteks siswa.
•
Keterbatasan waktu untuk menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran
sendiri.
• Kurangnya
pelatihan guru untuk membuat media ajar digital atau interaktif.
Hikmah
(lesson learn):
• Materi yang
dikembangkan secara kreatif dan kontekstual meningkatkan minat belajar siswa.
• Pengembangan materi
membuat guru lebih memahami karakter siswa dan dapat membangun koneksi antara
nilai-nilai Islam dan kehidupan nyata.
Siswa
menjadi lebih aktif, reflektif, dan memiliki kesadaran spiritual yang lebih
kuat.
Rencana
Analisis Penerapan Materi dalam Kegiatan Pembelajaran
Langkah Aksi:
Deskripsi
1.
Identifikasi CP dan TP: Menentukan capaian dan tujuan pembelajaran PAI yang
akan dicapai, misalnya: "Iman kepada Rasul" atau "Akhlak kepada
sesama".
2. Kaji
Karakteristik Siswa: Melihat kebutuhan, minat, dan tingkat pemahaman siswa Gen
Z/Alpha.
3. Kembangkan
Materi Kontekstual: Menggunakan video kisah
Nabi, infografis, kisah
inspiratif, berita terkini, atau proyek berbasis nilai Islam.
4. Gunakan
Teknologi: Memanfaatkan Canva, PowerPoint interaktif, atau Kahoot untuk membuat
pembelajaran menyenangkan.
5. Refleksi
dan Evaluasi: Melibatkan siswa dalam refleksi untuk melihat pemahaman mereka
terhadap nilai- nilai yang diajarkan dan efektivitas materi.
crossorigin="anonymous"></script>
Komentar
Posting Komentar