Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

 LK-3.1.1: Penyusunan Instrumen Asesmen Awal Siswa (Entering Behavior)

 

Petunjuk:

 

Buatlah angket atau pedoman wawancara yang menggali data tentang gambaran awal (entering behavior) peserta didik!

 

 

Nama Siswa         : M. Arif

Kalas               : 4

Semester             : 1

Jenis Kelamin : Laki-Laki

 

No.

Eleman

Daftar pertanyaan (Wawancara/Angket)

1.

Latar belakang Keluarga

1.

2.

3.

Anak dari pedagang sayur yang berangkat dari pukul 05.00 WIB dini hari dan pulang pada pukul 17.00 wib dan membantu orang tuadengan menjaga adeknya yang masih berumur 2 Tahun menunjukkankeluarga yg mandiri dan pekerja keras dan juga menjadi motivasi dan bertanggung jawab

2.

Potensi yang menonjol/Presta si siswa sebelumnya

1.

2.

3.

Kecintaannya Terhadap Pelajaran PAIBP

 

3.

Hambatan anak dalam belajar

1.

2.

3.

Dari keluarga pedagang yg super sibuk hingga kurang pengawasandan perhatian dari orang tua sehingga menjadi kurang memberimotivasi untuk mengembangkan pelajaran dan pendidikannya

4.

dll

 

 

 

 

Inputing data:

 

 

No.

 

Nama Siswa

 

Hasil Asesmen Awal

 

Latarbelakang Keluarga

Potensi yang menonjol/Prestasi Siswa sebelumnya

 

Hambatan anak dalam belajar

1.

Silfani Nurhafida

Baik, sudah mengetahui jumlah Asmaul Husna, meskipun belum hapal secara keseluruhan nya

Karyawan Swasta Orang tua mendukung Pendidikan - Pendidikan kedua orang tua dan juga saudaranya hanya sebatas lulusan SMA. Siswa berasal dari keluarga dengan tingkat pendidikan yang beragam. Keluarga siswa memiliki pendapatan yang stabil dan mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari

Menghafal dan Memahami Materi: Peserta didik yang memiliki potensi menonjol dalam pelajaran Asmaul Husna mungkin telah menghafal dan memahami dengan baik konsep-konsep dasar dalam Akidah Akhlak seperti rukun Islam, rukun iman, dan Asmaul Husna. Selain itu juga memiliki beberapa prestasi baik di bidang intra kurikuler maupun ekstra kurikuler

Tidak memiliki keterampilan studi yang efektif, seperti organisasi waktu, pengaturan prioritas, atau teknik belajar yang efektif, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk memahami dan mengingat informasi dengan baik

2.

Najwa Khaira Wilda

Kurang : Peserta didik masih perlu pemahaman lebih lanjut Tentang makna Asmaul Husna

Karyawan Swasta Ekonomi cukup - Pendidikan orang tua lulusan SMA - Orang tua mendukung Pendidikan Keluarga siswa memiliki nilainilai yang kuat terkait dengan pendidikan, sepertiPentingnya belajar, disiplin, dan kerja keras. Mereka juga memiliki budaya yang mendorong kerjasama, kejujuran, dan rasa saling menghormati

Keterampilan Penalaran dan Analisis : Siswa yang berprestasi dalam Aqidah Akhlak (Asmaul Husna) mungkin Memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisis dan memahami masalah- masalah dalam hal keyakinan dan keimanan

Tidak fokus dengan pemaparan materi yang monoton

3.

M. Arif

- Cukup Baik: Siswa memiliki pemahaman dasar tentang Asmaul Husna, namun masih perlu penjelasan lebih lanjut tentang tujuan dan manfaat dari menghapal dan berakhlak dengan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari

Partisipasi Aktif dalam Diskusi: Siswa yang berprestasi dalam beberapa pelajaran mungkin memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam Diskusi kelas, memberikan pandangan dan pemahaman yang baik tentang masalah- masalah Asmaul Husna yang dibahas

Banyak menghafal surat pendek pilihan, serta mampu menghapal Asmaul Husna dan menulis kaligrafi dengan baik

Kurangnya motivasi atau minat dalam belajar, sehingga sulit untuk fokus dan mengikuti pelajaran dengan baik

 

 

 


                                                                                                              Defi Suryani

Nama Mahasiswa


LK-3.1.2: Pemetaan Kebutuhan Belajar dalam Penguasaan Materi

 

Nama                    : M. Arif

Kelas                     : 4

Semester                   : 1

Jenis Kelamin             : Laki- Laki

 

No

Ragam Peserta Didik

Daftar Pertanyaan (Angket)

1.

Kesiapan Belajar

Kesiapan anak sangat Tinggi

2.

Gaya belajar

Visual,praktek,aplikasi dalam kehidupan nyata

3.

Minat

Minat dalam mempelajari , memahami, menghafal dan menyebutkanRukun islam Secara urut

 

 

 

 

Penyajian hasil pemetaan:

 

 

No.

 

Nama Siswa

Hasil Asesmen Awal

Kesiapan Belajar

Gaya Belajar

Minat

1.

1. Silfany Nur Hafida

2. Najwa Khaira Wilda

Memahami Asmaul Husna, namun belum sepenuhnya bisa mengartikan dan berakhlak dengan Asmaul Husna

1. Visual

2. Kinestetik

Peserta didik menunjukkan ketertarikan dalam memahami konsep Asmaul Husna, Seperti jumlah, makna, dan berakhlak dengan Asmaul Husna. Mereka secara aktif mengajukan pertanyaan dan terlibat dalam Diskusi kelas untuk memperdalam pemahaman mereka tentang topik ini

2.

M. Arif

Telah memahami Asmaul Husna namun belum mengerti maknanya

1.      Auditory

Peserta didik menunjukkan minat dalam mempelajari peran dan tanggung jawab individu dalam memahami dan mengahapal Asmaul Husna.

Mereka menunjukkan inisiatif dalam mencari informasi tambahan mengenai berakhlak dengan Asmaul Husna

 

3.

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                             Defi Suryani

Nama Mahasiswa


LK-3.2.1: Penyusunan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

 

a.        Rancangan KKTP Menggunakan Deskripsi Kriteria

b.        Nama                                                  : Defi Suryani

Bidang Studi                                          : PAIBP

Tujuan Pembelajaran (TP)                               : Peserta Didik Menjelaskan Makna Asmaul Husna

Deskripsi Kriteria                                    : Laporan Menunjukkan Peserta Didik Mampu Menjelaskan Makna Asmaul Husna

 

 

c.        Rancangan KKTP Menggunakan Rubrik

d.       Nama                                              : Defi Suryani

Bidang Studi                                        : PAIBP

Tujuan Pembelajaran (TP)                             : Peserta didik menganalisi Makna Asmaul Husna

Rubrik KKTP                                       :

No.

Aspek Penilaian

Kategori*)

Mahir

Cakap

Layak

Baru berkembang

1

 menjelaskan makna Asmaul Husna

Mampu menjelaskan  makna Asmaul Husna

Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna  dan contoh Akhlak  Asmaul Husna

Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna 1 contoh Akhlak  Asmaul Husna

Belum Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna 1 contoh Akhlak  Asmaul Husna

 

Mampu Menganalisis terhadap Asmaul Husna

Mampu Menganalisis Contoh 1 terhadap Asmaul Husna

Mampu Menganilisis terhadap contoh 2 Asmaul Husna

Mampu Menganalisis terhadap contoh 2 Asmaul Husna

Kurang Mampu Mengalisis terhadap contoh 3 Asmaul Husna

 

 

 

 

 

 

*) Pembagian kategori dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas

 

e.        Rancangan KKTP Menggunakan Interval Nilai

Nama                                                : Defi Suryani

Bidang Studi                                        : PAIBP

Tujuan Pembelajaran (TP)                             :Peserta Didik menjelaskan Makna Asmaul Husna

KKTP dengan Interval Nilai                          :

 

Kriteria Ketuntasan

Interval Nilai*)

0-40

41-70

71-100

Peserta didik mampu menjelaskan makna Asmaul Husna

Belum Mampu menjelaskan makna 1 contoh Asmaul Husna

Mampu menjelaskan makna 2 contoh Asmaul Husna

Mampu menjelaskan makna 3 contoh Asmaul Husna

*) Interval nilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas

 

 

 

 


                                                                                                Defi Suryani

Nama Mahasiswa


 

LK-3.2.2: Penyusunan Instrumen Asesmen Formatif berdasarkan KKTP

 

 

Nama                                                    : Defi Suryani

Bidang Studi                                              : PIBP

Tujuan Pembelajaran (TP)                                   : Peserta didik mampu Menganilisis terhadap Asmaul HUsna

KKTP                                                   : Laporan menunjukkan Peserta didik mampu menjelaskan makna     Asmaul Husna dengan benar

Teknik Asesmen                                         : Tes Tertulis

Kisi-kisi Asesmen                                           :

No

Tujuan Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

No Soal

1

Menganilisis Makna Asmaul Husna

Iman Kepada Asmaul Husna

Peserta didik Dapat menunjukkkan dalil tentang Asmaul Husna

C2

Pilihan Ganda

1

2

Menganalisis makna Asmaul Husna

Asmaul Husna

Peserta dapat menyimpulkan Asmaul Husna

C4

PG

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Asesmen                                      :

Instrumen Asesmen         :

INSTRUMEN PENILAIAN  RPP  PERTEMUAN 1 Asmaul Husna

Sikap

Instrumen Penilaian proses saat berdiskusi dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut :

Instrumen Penilaian  Diskusi

No

Aspek yang dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan Materi Diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan Menjawab Pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan Mengolah Kata

 

 

 

 

4

Kemampuan Menyelesaiakn Masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100 = Sangat Baik

75  =  Baik

50 = Kurang Baik

25 = tidak Baik

 

 

Rubrik Penilaian                                          :

 

Rubrik Penilaian               :

No

Aspek Penilaian

Penskoran

4

3

2

1

1

Bekerjasama

Dapat Bekerjasama sesama dalam kelompok atau diskusi tanpa pengawasan guru

Bisa bekerjasama dalam kelompok atau diskusi dengan sedikit pengawasan guru

Dapat bekerjasama dalam kelompok atau diskusi selama diawasi guru

Tidak bekerjasama dengan dalam kelompok diskusi

2

Kemandirian

Dapat belajar sendiri tanpa pengawasan guru

Dapat beljar sendiri dengan pengawasan guru

Kadang-kadang dpt belajar mandiri

Kadang-kadang mandiri jika diawasi

3

Tanggung Jawab

Dapat bertanggung jawab dalam segala kewajiban

Bertanggung jawab hanya sebagian saja

Kadang-kadang bertanggung jawab jika diawasi

Bertanggung jawab selam menguntungkan

4.

Disiplin

Mentatati semua peraturan kerja secara konsisten  tanpa intruksi dan pengawasan guru

Mentaati semua peratutran kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru

Mentaati semua peraturan kerja dengan pengawasan guru

Peraturan kadang-kadang dilanggar meskipun diawasi oleh guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                Defi Suryani

Nama Mahasiswa


 

LK-3.2.3: Penyusunan Instrumen Asesmen Sumatif berdasarkan KKTP

 

Nama                                        : Defi Suryani

Bidang Studi                                  : PAIBP

Tujuan Pembelajaran (TP)                       : Peserta Dapat Menganalisis Terhadap makna Asmaul Husna

KKTP                                       :  Laporan menunjukkan Peserta didik mampu menjelaskan Asmaul Husna

Teknik Asesmen                              : Tes Tertulis

Kisi-kisi Asesmen                               :

 Jenis sekolah                                : SDN No 098/VI Bangko VI

 Jumlah soal 5 Mata pelajaran      : PAIBP

 Bentuk soal/tes                            : Pilihan Ganda

 Penyusun                                     : Defi Suryani, S.Pd I

 Alokasi waktu                             : 10 Menit

Kisi-Kisi Penulisan Soal

No

Tujuan Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

No Soal

1

Menganilisis Makna Asmaul Husna

Makna Asmaul Husna

Peserta didik Dapat menunjukkkan dalil tentang Asmaul Husna

C2

Pilihan Ganda

1

2

Menganalisis makna Asmaul Husna

Asmaul Husna

Peserta dapat menyimpulkan Asmaul Husna

C4

PG

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Asesmen                   :

Instrumen Asesmen         :

INSTRUMEN PENILAIAN  RPP  PERTEMUAN 1 Asmaul Husna

Instrumen Penilaian proses saat berdiskusi dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut :

Instrumen Penilaian  Diskusi

No

Aspek yang dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan Materi Diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan Menjawab Pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan Mengolah Kata

 

 

 

 

4

Kemampuan Menyelesaiakn Masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100 = Sangat Baik

75  =  Baik

50 = Kurang Baik

25 = tidak Baik

 

 

Rubrik Penilaian                                :

 

 

Rubrik Penilaian               :

No

Aspek Penilaian

Penskoran

4

3

2

1

1

Bekerjasama

Dapat Bekerjasama sesama dalam kelompok atau diskusi tanpa pengawasan guru

Bisa bekerjasama dalam kelompok atau diskusi dengan sedikit pengawasan guru

Dapat bekerjasama dalam kelompok atau diskusi selama diawasi guru

Tidak bekerjasama dengan dalam kelompok diskusi

2

Kemandirian

Dapat belajar sendiri tanpa pengawasan guru

Dapat beljar sendiri dengan pengawasan guru

Kadang-kadang dpt belajar mandiri

Kadang-kadang mandiri jika diawasi

3

Tanggung Jawab

Dapat bertanggung jawab dalam segala kewajiban

Bertanggung jawab hanya sebagian saja

Kadang-kadang bertanggung jawab jika diawasi

Bertanggung jawab selam menguntungkan

4.

Disiplin

Mentatati semua peraturan kerja secara konsisten  tanpa intruksi dan pengawasan guru

Mentaati semua peratutran kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru

Mentaati semua peraturan kerja dengan pengawasan guru

Peraturan kadang-kadang dilanggar meskipun diawasi oleh guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                              Defi Suryani

Nama Mahasiswa



 <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-9679409835594782"

     crossorigin="anonymous"></script>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)