Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif
LK-3.1.1: Penyusunan Instrumen Asesmen Awal Siswa (Entering Behavior)
Petunjuk:
Buatlah angket atau pedoman
wawancara yang menggali
data tentang gambaran
awal (entering behavior) peserta didik!
Nama Siswa : M. Arif
Kalas : 4
Semester : 1
Jenis Kelamin : Laki-Laki
No. |
Eleman |
Daftar pertanyaan (Wawancara/Angket) |
|
1. |
Latar belakang Keluarga |
1. 2. 3. |
Anak dari pedagang sayur yang
berangkat dari pukul 05.00 WIB dini hari dan pulang pada pukul
17.00 wib dan membantu orang tuadengan menjaga adeknya yang
masih berumur 2 Tahun menunjukkankeluarga yg mandiri dan pekerja keras dan
juga menjadi motivasi dan bertanggung jawab |
2. |
Potensi yang menonjol/Presta si siswa sebelumnya |
1. 2. 3. |
Kecintaannya Terhadap Pelajaran PAIBP |
3. |
Hambatan anak dalam belajar |
1. 2. 3. |
Dari keluarga pedagang yg super sibuk
hingga kurang pengawasandan perhatian dari orang tua sehingga menjadi kurang
memberimotivasi untuk mengembangkan pelajaran dan pendidikannya |
4. |
dll |
|
|
Inputing data:
No. |
Nama Siswa |
Hasil Asesmen
Awal |
Latarbelakang Keluarga |
Potensi yang menonjol/Prestasi Siswa sebelumnya |
Hambatan anak
dalam belajar |
1. |
Silfani Nurhafida |
Baik, sudah mengetahui jumlah Asmaul Husna,
meskipun belum hapal secara keseluruhan nya |
Karyawan Swasta Orang tua mendukung Pendidikan -
Pendidikan kedua orang tua dan juga saudaranya hanya sebatas lulusan SMA.
Siswa berasal dari keluarga dengan tingkat pendidikan yang beragam. Keluarga
siswa memiliki pendapatan yang stabil dan mencukupi untuk kebutuhan
sehari-hari |
Menghafal dan Memahami Materi: Peserta didik yang
memiliki potensi menonjol dalam pelajaran Asmaul Husna mungkin
telah menghafal dan memahami dengan baik konsep-konsep dasar dalam Akidah
Akhlak seperti rukun Islam, rukun iman, dan Asmaul Husna. Selain itu juga
memiliki beberapa prestasi baik di bidang intra kurikuler maupun ekstra
kurikuler |
Tidak memiliki keterampilan studi yang efektif,
seperti organisasi waktu, pengaturan prioritas, atau teknik belajar yang
efektif, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk memahami dan mengingat
informasi dengan baik |
2. |
Najwa Khaira Wilda |
Kurang : Peserta didik masih perlu
pemahaman lebih lanjut Tentang makna Asmaul Husna |
Karyawan Swasta Ekonomi cukup - Pendidikan
orang tua lulusan SMA - Orang tua mendukung Pendidikan Keluarga siswa
memiliki nilainilai yang kuat terkait dengan pendidikan, sepertiPentingnya
belajar, disiplin, dan kerja keras. Mereka juga memiliki budaya yang
mendorong kerjasama, kejujuran, dan rasa saling menghormati |
Keterampilan Penalaran dan Analisis :
Siswa yang berprestasi dalam Aqidah Akhlak (Asmaul Husna) mungkin Memiliki
kemampuan yang baik dalam menganalisis dan memahami masalah- masalah dalam
hal keyakinan dan keimanan |
Tidak fokus dengan pemaparan materi
yang monoton |
3. |
M. Arif |
- Cukup Baik: Siswa memiliki pemahaman
dasar tentang Asmaul Husna, namun masih perlu penjelasan lebih lanjut tentang
tujuan dan manfaat dari menghapal dan berakhlak dengan Asmaul Husna dalam
kehidupan sehari-hari |
Partisipasi Aktif dalam Diskusi: Siswa
yang berprestasi dalam beberapa pelajaran mungkin memiliki kemampuan untuk
berpartisipasi aktif dalam Diskusi kelas, memberikan pandangan dan pemahaman
yang baik tentang masalah- masalah Asmaul Husna yang dibahas |
Banyak menghafal surat pendek pilihan,
serta mampu menghapal Asmaul Husna dan menulis kaligrafi dengan baik |
Kurangnya motivasi atau minat dalam
belajar, sehingga sulit untuk fokus dan mengikuti pelajaran dengan baik |
![]() |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-3.1.2: Pemetaan Kebutuhan
Belajar dalam Penguasaan Materi
Nama : M. Arif
Kelas : 4
Semester : 1
Jenis Kelamin : Laki- Laki
No |
Ragam Peserta
Didik |
Daftar Pertanyaan (Angket) |
1. |
Kesiapan Belajar |
Kesiapan anak sangat Tinggi |
2. |
Gaya belajar |
Visual,praktek,aplikasi dalam
kehidupan nyata |
3. |
Minat |
Minat dalam mempelajari
, memahami, menghafal dan menyebutkanRukun islam Secara urut |
|
|
|
Penyajian hasil pemetaan:
No. |
Nama Siswa |
Hasil Asesmen Awal |
||
Kesiapan
Belajar |
Gaya Belajar |
Minat |
||
1. |
1. Silfany Nur Hafida 2. Najwa Khaira Wilda |
Memahami Asmaul Husna, namun belum
sepenuhnya bisa mengartikan dan berakhlak dengan Asmaul Husna |
1. Visual 2. Kinestetik |
Peserta didik menunjukkan ketertarikan
dalam memahami konsep Asmaul Husna, Seperti jumlah, makna, dan berakhlak
dengan Asmaul Husna. Mereka secara aktif mengajukan pertanyaan dan terlibat
dalam Diskusi kelas untuk memperdalam pemahaman mereka tentang topik ini |
2. |
M. Arif |
Telah memahami Asmaul Husna namun
belum mengerti maknanya |
1.
Auditory |
Peserta didik menunjukkan
minat dalam mempelajari peran dan tanggung jawab individu dalam memahami dan
mengahapal Asmaul Husna. Mereka menunjukkan
inisiatif dalam mencari informasi tambahan mengenai berakhlak dengan Asmaul
Husna |
3. |
|
|
|
|
![]() |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-3.2.1: Penyusunan Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
a.
Rancangan KKTP Menggunakan Deskripsi Kriteria
b.
Nama : Defi Suryani
Bidang Studi : PAIBP
Tujuan Pembelajaran (TP) : Peserta Didik Menjelaskan Makna Asmaul Husna
Deskripsi
Kriteria : Laporan Menunjukkan Peserta Didik Mampu
Menjelaskan Makna Asmaul Husna
c.
Rancangan KKTP
Menggunakan Rubrik
d.
Nama : Defi Suryani
Bidang Studi : PAIBP
Tujuan Pembelajaran (TP) : Peserta didik menganalisi Makna Asmaul Husna
Rubrik KKTP :
No. |
Aspek Penilaian |
Kategori*) |
|||
Mahir |
Cakap |
Layak |
Baru berkembang |
||
1 |
menjelaskan makna Asmaul Husna |
Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna |
Mampu menjelaskan makna
Asmaul Husna dan contoh Akhlak Asmaul Husna |
Mampu menjelaskan makna
Asmaul Husna 1
contoh Akhlak Asmaul Husna |
Belum Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna 1 contoh Akhlak Asmaul Husna |
|
Mampu Menganalisis terhadap Asmaul Husna |
Mampu Menganalisis Contoh 1 terhadap Asmaul Husna |
Mampu Menganilisis terhadap contoh
2 Asmaul Husna |
Mampu Menganalisis terhadap contoh
2 Asmaul Husna |
Kurang Mampu Mengalisis terhadap contoh
3 Asmaul Husna |
|
|
|
|
|
|
*) Pembagian kategori dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas
e.
Rancangan KKTP
Menggunakan Interval Nilai
Nama : Defi Suryani
Bidang Studi : PAIBP
Tujuan Pembelajaran (TP) :Peserta Didik menjelaskan Makna Asmaul Husna
KKTP dengan Interval
Nilai :
Kriteria Ketuntasan |
Interval Nilai*) |
||
0-40 |
41-70 |
71-100 |
|
Peserta didik mampu menjelaskan makna Asmaul Husna |
Belum Mampu menjelaskan makna 1 contoh Asmaul Husna |
Mampu menjelaskan makna
2 contoh Asmaul Husna |
Mampu menjelaskan makna
3 contoh Asmaul Husna |
*) Interval nilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas
![]() |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-3.2.2: Penyusunan Instrumen
Asesmen Formatif berdasarkan KKTP
Nama : Defi
Suryani
Bidang Studi : PIBP
Tujuan Pembelajaran (TP) : Peserta didik mampu Menganilisis terhadap Asmaul HUsna
KKTP : Laporan
menunjukkan Peserta
didik mampu menjelaskan makna Asmaul Husna dengan benar
Teknik Asesmen : Tes Tertulis
Kisi-kisi Asesmen :
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Materi |
Indikator
Soal |
Level |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
1 |
Menganilisis
Makna Asmaul Husna |
Iman
Kepada Asmaul Husna |
Peserta
didik Dapat menunjukkkan dalil tentang Asmaul Husna |
C2 |
Pilihan
Ganda |
1 |
2 |
Menganalisis
makna Asmaul Husna |
Asmaul Husna |
Peserta
dapat menyimpulkan Asmaul Husna |
C4 |
PG |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen Asesmen :
Instrumen Asesmen :
INSTRUMEN
PENILAIAN RPP PERTEMUAN 1 Asmaul Husna
Sikap
Instrumen Penilaian proses saat
berdiskusi dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut :
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
Materi Diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan
Menjawab Pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan
Mengolah Kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan
Menyelesaiakn Masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = tidak Baik
Rubrik Penilaian :
Rubrik Penilaian :
No |
Aspek Penilaian |
Penskoran |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Bekerjasama |
Dapat
Bekerjasama sesama dalam kelompok atau diskusi tanpa pengawasan guru |
Bisa
bekerjasama dalam kelompok atau diskusi dengan sedikit pengawasan guru |
Dapat
bekerjasama dalam kelompok atau diskusi selama diawasi guru |
Tidak
bekerjasama dengan dalam kelompok diskusi |
2 |
Kemandirian |
Dapat
belajar sendiri tanpa pengawasan guru |
Dapat
beljar sendiri dengan pengawasan guru |
Kadang-kadang
dpt belajar mandiri |
Kadang-kadang
mandiri jika diawasi |
3 |
Tanggung
Jawab |
Dapat
bertanggung jawab dalam segala kewajiban |
Bertanggung
jawab hanya sebagian saja |
Kadang-kadang
bertanggung jawab jika diawasi |
Bertanggung
jawab selam menguntungkan |
4. |
Disiplin |
Mentatati
semua peraturan kerja secara konsisten tanpa intruksi dan
pengawasan guru |
Mentaati
semua peratutran kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru |
Mentaati
semua peraturan kerja dengan pengawasan guru |
Peraturan
kadang-kadang dilanggar meskipun diawasi oleh guru |
![]() |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
LK-3.2.3: Penyusunan Instrumen
Asesmen Sumatif berdasarkan KKTP
Nama : Defi
Suryani
Bidang Studi : PAIBP
Tujuan Pembelajaran (TP) : Peserta Dapat Menganalisis Terhadap makna Asmaul Husna
KKTP : Laporan menunjukkan Peserta
didik mampu menjelaskan Asmaul Husna
Teknik Asesmen : Tes Tertulis
Kisi-kisi Asesmen :
Jenis
sekolah
: SDN No 098/VI Bangko VI
Jumlah soal 5 Mata pelajaran : PAIBP
Bentuk soal/tes : Pilihan Ganda
Penyusun : Defi Suryani, S.Pd I
Alokasi
waktu : 10
Menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Materi |
Indikator
Soal |
Level |
Bentuk
Soal |
No
Soal |
1 |
Menganilisis
Makna Asmaul Husna |
Makna Asmaul Husna |
Peserta
didik Dapat menunjukkkan dalil tentang Asmaul Husna |
C2 |
Pilihan
Ganda |
1 |
2 |
Menganalisis
makna Asmaul Husna |
Asmaul Husna |
Peserta
dapat menyimpulkan Asmaul Husna |
C4 |
PG |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen Asesmen :
Instrumen Asesmen :
INSTRUMEN
PENILAIAN RPP PERTEMUAN 1 Asmaul Husna
Instrumen Penilaian proses saat
berdiskusi dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai
berikut :
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
Materi Diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan
Menjawab Pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan
Mengolah Kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan
Menyelesaiakn Masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = tidak Baik
Rubrik Penilaian :
Rubrik Penilaian :
No |
Aspek Penilaian |
Penskoran |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Bekerjasama |
Dapat
Bekerjasama sesama dalam kelompok atau diskusi tanpa pengawasan guru |
Bisa
bekerjasama dalam kelompok atau diskusi dengan sedikit pengawasan guru |
Dapat
bekerjasama dalam kelompok atau diskusi selama diawasi guru |
Tidak
bekerjasama dengan dalam kelompok diskusi |
2 |
Kemandirian |
Dapat
belajar sendiri tanpa pengawasan guru |
Dapat
beljar sendiri dengan pengawasan guru |
Kadang-kadang
dpt belajar mandiri |
Kadang-kadang
mandiri jika diawasi |
3 |
Tanggung
Jawab |
Dapat
bertanggung jawab dalam segala kewajiban |
Bertanggung
jawab hanya sebagian saja |
Kadang-kadang
bertanggung jawab jika diawasi |
Bertanggung
jawab selam menguntungkan |
4. |
Disiplin |
Mentatati
semua peraturan kerja secara konsisten tanpa intruksi dan
pengawasan guru |
Mentaati
semua peratutran kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru |
Mentaati
semua peraturan kerja dengan pengawasan guru |
Peraturan
kadang-kadang dilanggar meskipun diawasi oleh guru |
![]() |
Defi Suryani
Nama Mahasiswa
crossorigin="anonymous"></script>
Komentar
Posting Komentar