LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)
TUGAS
PENDALAMAN MATERI PEDAGOGIK POLA PBL
Lembar Kerja (LK ) II Eksplorasi
Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)
Eksplorasi penyebab Masalah adalah mendeskripsikan
penyebab terjadinya masalah yang yang telah diidentifikasi berdasarkan kajian
literature. Tahap eksplorasi penyebab masalah pembelajaran merupakan kegiatan :
1. Pengelompokkan
Masalah dalam satuan konsep dari hasil tahap identifikasi masalah
2. Menggali
penyebab masalah pembelajaran dengan melakukan pembacaan dan kajian terhadap
literatur yang relevan (literature review )
melalui pencarian konsep dari buku, dokumen dan artikel seperti dalam Google atau jurnal online
3. Menulis sumber referensi dan wawancara dengan kaidah ilmiah serta
menuliskan hasil kajian
No |
Jenis Permasalahan |
Hasil Eksplorasi Penyebab masalah |
Analisis hasil eksplorasi |
1. |
Kurangnya
Motivasi Belajar |
1.
Pengertian Motivasi Belajar Motivasi Belajar Menurut Djamarah : 2015: 200) motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang
untuk melakukan sesuatu. Menurut Slameto: 2013:2 Mendefinisikan
Belajar adalah sebagai Kegiatan psiko-fisik-sosio untuk menuju perkembangan
pribadi Berdasarkan Pendapat ahli diatas maka
Motivasi Belajar adalah sebuah dorongan dari dari dalam diri siswa maupun
rangsangan dari luar diri siswa yang menyebabkan perubahan tingkah laku untuk mencapai tujuan tertentu. Dimana pada
Proses belajar guru berperan penting dalam memberikan rangsangan agar
dapat meningkatkan motivasi siswa 2.
Fungsi Motivasi Belajar Menurut Djamarah: 2015 Fungsi Motivasi Belajar : a.
Motivasi Sebagai Pendorong Perbuatan b.
Motivasi Sebagai Penggerak perbuatan c.
Motivasi Sebagai Pengarah Perbuatan 3.
Prinsip motivasi belajar Menurut Keller ( dalam
Sugihartono: 2015 79-80 ) menyusun
prinsip-prinsip motivasi yang di sebut sebagai Model ARCS. Dalam Model
Tersebut terdapat 4 kondisi motivasi
nasional yang harus diperhatikan guru
dalam pembelajaran, yaitu : 1.
Attention ( Perhatian) Perhatian
Siswa Muncul karena didorong ingin tahu 2.
Relevance (Relavansi) Adanya
Hubungan antara Materi Pembelajaran dengan yang dibutuhkan siswa 3.
Confidence (kepercayaan diri) 4.
Satisfaction (Kepuasaan ) 4.
Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Menurut
Djamarah : 2015 mengungkapkan bahwa
dalam bahwa dalam proses interaksi belajar, motivasi instrinsik maupun
Ektrinsik diperlukan untuk mendorong anak didik agar dapat tekun belajar. Upaya
itu dapat dilakukan dengan Upaya : 1.
Memberi angka atau nilai 2.
Hadiah 3.
Kompetisi 4.
Ego-involment 5.
Memberi Ulangan 6.
Mengetahui Hasil 7.
Pujian 8.
Hukuman 9.
Hasrat Belajar 10.
Minat 11.
Tujuan yang diakui 5.
Faktor yang
mempengaruhi Motivasi Belajar 1.
Menurut Putri Aulia (2020) dalam penelitiannya faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu : a.
Faktor Ekspektasi Belajar b.
Lingkungan Sekolah c.
Lingkungan Keluarga d.
Tujuan Belajar e.
Minat Belajar f.
Tujuan Meraih Prestasi g.
Kemampuan Guru dalam memberikan Pelayanan h.
Rasa Senang dalam Pembelajaran 2.
Menurut Wahyuningsih , 2020 Mengatakan bahwa peserta didik mengalami
Rendahnya motivasi belajar karena bosan dengan cara pembelajaran yang monoton,
yaitu peserta didik hanya
mendengarkan dan mencatat, selain itu
juga dengan adanya indikator yang
mempengaruhi rendahnya motivasi belajar
peserta didik dalam
menangkap materi pelajaran,
konsentrasi peserta didik dalam kelas, keaktifan peserta didik, sikap peserta didik dalam
kelas, dan kebiasaan peserta didik dalam kelas, 3.
Menurut Dwi dan Tawardjono, 2016 dalam
Penelitianny : a.
Faktor intrinsik -
Kondisi siswa
dalam hal ini adalah kesiapan
fisik siswa dalam menerima pembelajaran -
Kemampuan
Siswa dalam menerima pembelajaran -
Cita-cita siswa b.
Faktor Intrisik -
Kondisi
Lingkungan Siswa -
Unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran -
Upaya Guru dalam membelajarkan siswa Referensi :http//:eprints.uny.ac.id Hasil
Wawancara
: 1.
Guru dan Rekan
Sejawat Menurut
Pak Hamdani Faktor penyebab motivasi
rendah : -
Kurang Minat Belajar -
Kurang Kepedulian Siswa -
Model yang digunakan Guru -
Kondisi Psikologis Siswa -
Keluarga -
Lingkungan 2.
Menurut Bu Aqila -
Suasana Proses belajar Yang Kurang Menyenangkan -
Kurang
Semangat dalam Pembelajaran -
Pemilihan Metode belajar yang tidak sesuai Siswa : -
Guru menggunakan Metode Ceramah -
Guru Tidak menggunakan Media -
Guru Jarang tugas diskusi berkelompok -
Guru Jarang Ada Pujian -
Jarang Memberiak hadiah -
|
Setelah
dilakukan hasil analisis kajian
literatur bahwa penyebab masalah : 1.
Kurangnya Kepedulian Siswa terhadap diri dan
tujuan yang di capai 2.
Kurangnya minat Siswa terhadapa Pembelajaran 3.
Proses pembelajaran yang tidak membuat siswa
merasa senang dalam menerima pembelajaran 4.
Model Pembelajaran cenderung membuat siswa tidak
termotivasi 5.
Media Pembelajaran Belum bisa membuat siswa
termotivasi 6.
Pembelajaran Yang masih monoton 7.
Tidak adanya penguatan tentang tujuan pembelajaran
siswa sehinngga siswa tidak antusias dalam meraih prestasi 8.
Kurang Variatif dalam melakukan pembelajaran 9.
Kondidi lingkungan Siswa yangtidak memberikan
dampak Positif terhadap proses yang akan dilalui siswa baik lingkungan
keluarga dan lingkungan sekolah |
Komentar
Posting Komentar