LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)

 

TUGAS PENDALAMAN MATERI PEDAGOGIK POLA PBL

Lembar Kerja (LK ) II Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)

Eksplorasi penyebab Masalah adalah mendeskripsikan penyebab terjadinya masalah yang yang telah diidentifikasi berdasarkan kajian literature. Tahap eksplorasi penyebab masalah pembelajaran merupakan kegiatan :

1.      Pengelompokkan Masalah dalam satuan konsep dari hasil tahap identifikasi masalah

2.      Menggali penyebab masalah pembelajaran dengan melakukan pembacaan dan kajian terhadap literatur yang relevan (literature review )  melalui pencarian konsep dari buku, dokumen dan artikel  seperti dalam Google atau jurnal online

3.       Menulis sumber referensi  dan wawancara dengan kaidah ilmiah serta menuliskan hasil kajian

 

No

Jenis Permasalahan

Hasil Eksplorasi Penyebab masalah

Analisis hasil eksplorasi

1.

Kurangnya Motivasi Belajar

1.      Pengertian Motivasi Belajar

Motivasi Belajar

Menurut Djamarah : 2015: 200)  motivasi adalah  kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Menurut Slameto: 2013:2 Mendefinisikan Belajar adalah sebagai Kegiatan psiko-fisik-sosio untuk menuju perkembangan pribadi

Berdasarkan Pendapat ahli diatas maka Motivasi Belajar adalah sebuah dorongan dari dari dalam diri siswa maupun rangsangan dari luar diri siswa yang menyebabkan perubahan tingkah laku  untuk mencapai tujuan tertentu. Dimana pada Proses belajar guru berperan penting dalam memberikan rangsangan agar dapat  meningkatkan motivasi siswa

 

2.      Fungsi Motivasi Belajar

Menurut Djamarah: 2015

Fungsi Motivasi Belajar :

a.       Motivasi Sebagai Pendorong Perbuatan

b.      Motivasi Sebagai Penggerak perbuatan

c.       Motivasi Sebagai Pengarah Perbuatan

 

3.      Prinsip motivasi belajar

Menurut Keller ( dalam Sugihartono:  2015 79-80 ) menyusun prinsip-prinsip motivasi yang di sebut sebagai Model ARCS. Dalam Model Tersebut terdapat 4 kondisi  motivasi nasional  yang harus diperhatikan guru dalam pembelajaran, yaitu :

1.      Attention ( Perhatian)

Perhatian Siswa Muncul karena didorong ingin tahu

2.      Relevance (Relavansi)

Adanya Hubungan antara Materi Pembelajaran dengan yang dibutuhkan siswa

3.      Confidence (kepercayaan diri)

4.      Satisfaction (Kepuasaan )

 

 

4.      Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar

 

Menurut Djamarah : 2015  mengungkapkan bahwa dalam bahwa dalam proses interaksi belajar, motivasi instrinsik maupun Ektrinsik diperlukan untuk mendorong anak didik agar dapat tekun belajar.

Upaya itu dapat dilakukan dengan Upaya :

1.      Memberi angka atau nilai

2.      Hadiah

3.      Kompetisi

4.      Ego-involment

5.      Memberi Ulangan

6.      Mengetahui Hasil

7.      Pujian

8.      Hukuman

9.      Hasrat Belajar

10.  Minat

11.  Tujuan yang diakui

 

5.       Faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar

1.      Menurut Putri Aulia  (2020) dalam penelitiannya faktor yang mempengaruhi  motivasi belajar  siswa yaitu :

a.       Faktor Ekspektasi Belajar

b.      Lingkungan Sekolah

c.       Lingkungan Keluarga

d.      Tujuan Belajar

e.       Minat Belajar

f.       Tujuan Meraih Prestasi

g.      Kemampuan Guru dalam memberikan Pelayanan

h.      Rasa Senang dalam Pembelajaran

2.      Menurut Wahyuningsih , 2020 Mengatakan  bahwa peserta didik mengalami Rendahnya  motivasi belajar  karena bosan  dengan cara pembelajaran yang monoton, yaitu peserta didik  hanya mendengarkan  dan mencatat, selain itu juga  dengan adanya indikator yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar  peserta didik  dalam menangkap  materi pelajaran, konsentrasi peserta didik dalam kelas, keaktifan  peserta didik, sikap peserta didik dalam kelas, dan kebiasaan peserta didik dalam kelas,

3.      Menurut Dwi dan Tawardjono, 2016 dalam Penelitianny :

a.       Faktor intrinsik

-          Kondisi siswa  dalam hal ini  adalah kesiapan fisik siswa dalam menerima pembelajaran

-           Kemampuan Siswa dalam menerima pembelajaran

-          Cita-cita siswa

b.      Faktor Intrisik

-           Kondisi Lingkungan Siswa

-          Unsur-unsur dinamis  dalam belajar dan pembelajaran

-          Upaya Guru dalam membelajarkan siswa

 

Referensi :http//:eprints.uny.ac.id

Hasil Wawancara :

1.      Guru dan Rekan Sejawat

Menurut Pak Hamdani Faktor penyebab  motivasi rendah :

-          Kurang Minat Belajar

-          Kurang Kepedulian Siswa

-          Model yang digunakan Guru

-          Kondisi Psikologis Siswa

-          Keluarga

-          Lingkungan 

2.      Menurut Bu Aqila

-          Suasana Proses belajar Yang Kurang Menyenangkan

-           Kurang Semangat dalam Pembelajaran

-          Pemilihan Metode belajar yang tidak sesuai

Siswa :

-          Guru menggunakan Metode Ceramah

-          Guru Tidak menggunakan Media

-          Guru Jarang tugas diskusi berkelompok

-          Guru Jarang Ada Pujian

-          Jarang Memberiak hadiah

-           

 

Setelah dilakukan hasil analisis  kajian literatur  bahwa penyebab masalah :

1.    Kurangnya Kepedulian Siswa terhadap diri dan tujuan yang di capai

2.    Kurangnya minat Siswa terhadapa Pembelajaran

3.    Proses pembelajaran yang tidak membuat siswa merasa senang dalam menerima pembelajaran

4.    Model Pembelajaran cenderung membuat siswa tidak termotivasi

5.    Media Pembelajaran Belum bisa membuat siswa termotivasi

6.    Pembelajaran Yang masih monoton

7.    Tidak adanya penguatan tentang tujuan pembelajaran siswa sehinngga  siswa tidak antusias  dalam meraih prestasi

8.    Kurang Variatif dalam melakukan pembelajaran

9.    Kondidi lingkungan Siswa yangtidak memberikan dampak Positif terhadap proses yang akan dilalui siswa baik lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif