Tugas 5 - Penyusunan Modul Ajar PBL

 

 

 

LK-5: Penyusunan Modul Ajar (MA-1) berbasis PBL (Pilihan 1)

 

Modul Ajar Format Lengkap (Model 1) Modul Ajar PAIBP

Informasi Umum

Nama Penyusun                     : Defi Suryani

Institutsi                                : SDN No. 098/VI Bangko VI

Tahun Penyusunan                : 2024

Jenjang Sekolah                     : SD

Kelas                                    : 4

Alokasi Waktu                         : 70 Menit (35x2JP)

Kompetensi Awal                     : Peserta didik dapat memahami arti Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min serta memberikan contoh keteladanannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin            :

·         Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah :

Ø    Beriman, berbudi pekerti luhur, taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan  berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Ø   Bertoleransi dengan cara melatih peserta didik dengan tidak membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi.

Ø    Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan diskusi. Ø

Ø    Menjadi pelajar yang mandiri dan bertanggungjawab atas proses dan hasil belajarnya.

·         Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai Berkeadaban, Keteladanan, Kewarganegaraan dan Kebangsaan, Mengambil Jalan Tengah, Berimbang, Lurus dan Tegas, Kesetaraan, Musyawarah, Toleransi, Dinamis dan Inovatif

 

  Sarana prasana :                    :

    · Ruang kelas

    · LCD proyektor

    · Laptop

 

  Target Peserta Didik                   : 15 siswa

 

  Model Pembelajaran              : PBL

 

Kompetensi Inti

A.       Tujuan Pembelajaran

1.1.     Menjelaskan arti Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan AlMu’min.

1.2.     Meyakini adanya Allah yang maha raja, maha mulia, maha suci, maha sejahtera dan maha pemberi rasa aman

1.3.    Menyebutkan cara meneladani Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, AsSalam dan Al-Mu’min dalam kehidupan sehari-hari.

 

B.       Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.1.1.        Laporan peserta didik dapat menjelaskan arti Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, AlQuddus, As-Salam dan Al- Mu’min.

1.1.2.        Laporan peserta didik dapat meyakini Allah yang maha raja, maha mulia, maha suci, maha sejahtera dan maha pemberi rasa aman

1.3.1.        Laporan peserta didik dapat menyebutkan cara meneladani Asmaul Husna AlMalik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min\

 

C.      Pemahaman Bermakna

      Meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan arti Asmaul Husna Al-Malik, AlAziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min serta memberikan contoh keteladanannya dalam kehidupan sehari-hari

D.      Pertanyaan Pemantik

·         Apakah arti dari Asmaul Husna ?

·         Ada berapa jumlah Asmaul Husna ?

·          Siapa yang sudah hafal Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min beserta artinya ?

 

 

E.       Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1. Guru mengucapkan salam pembuka dan memperhatikan kesiapan peserta didik dalam belajar.

2. Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama.

3. Guru mengajak peserta didik membaca surat-surat pendek.

4. Guru mengajak peserta didik menyanyikan satu lagu wajib Nasional dan menekankan pentingnya Nasionalisme.

5. Guru melakukan komunikasi aktif dengan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.

  6. Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan memberikan pertanyaan pemant

Kegiatan Inti (50 menit)

1.   Guru menampilkan media pembelajaran berupa video untuk membentuk pemahaman awal tentang materi Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan AlMu’min.

2. Peserta didik menyimak, mengamati dan menyimpulkan isi video pembelajaran.

3. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat tentang video pembelajaran yang telah ditampilkan.

4. Guru membimbing peserta didik untuk menghafalkan Asmaul Husna Al-Malik, AlAziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min beserta artinya menggunakan kartu Asmaul Husna.

5. Peserta didik menyanyikan lagu yang berkaitan dengan Asmaul Husna Al-Malik, AlAziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min.

6. Guru meminta peserta didik untuk mencari masalah yang berkaitan dengan keteladanan Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min.

7. Peserta didik membentuk kelompok untuk memasangkan Asmaul Husna dengan artinya dan mencari masalah yang berkaitan dengan keteladanan Asmaul Husna AlMalik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min

8. Guru memberikan penjelasan ulang tentang Asmaul Husna beserta artinya dan keteladanan apa saja yang bisa diambil.

9. Peserta didik membentuk kelompok dan memasangkan Asmaul Husna dengan arti yang sesuai.

10. Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan menekankan pentingnya memahami Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min.

11. Guru melaksanakan penilaian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang materi Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan AlMu’min.

Kegiatan Penutup (10 menit)

1. Guru melakukan refleksi pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada peserta didik.

3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

4. Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a bersama dan mengucapkan salam.

F.       Asesmen

No

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

1.

Diagnostik

Ø  Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.

Ø  Tanya jawab sebagai tindak lanjut.

2.

Formatif

Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan  selama  peserta  didik  mengenal  dan

memahami Asmaul Husna.

3.

Sumatif

Tertulis (uraian)

 

1.      Penilaian Diagnostik

a.       Diagnostik Non Kognitif


Dilakukan untuk menggali hal-hal yang meliputi kesejahteraan psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar di rumah, kondisi keluarga dan pergaulan peserta didik, gaya belajar, karakter, dan minat siswa.

No

Pertanyaan

Pilihan Jawaban

Ya

Tidak

1.

Apa kabar hari ini ?

 

 

2.

Apakah kalian dalam keadaan sehat ?

 

 

3.

Apakah anak-anak sudah makan ?

 

 

4.

Apakah tadi malam sudah belajar ?

 

 

5.

Apakah tadi pagi sudah shalat subuh ?

 

 

 

b.   Diagnostik Kognitif

1)   Apakah arti dari Asmaul Husna ?

2)   Ada berapa jumlah Asmaul Husna ?

3)   Siapa yang sudah hafal Asmaul Husna Al-Malik, Al-Aziz, Al-Quddus, As-Salam dan Al-Mu’min beserta artinya ?

2.      Penilaian Formatif

a.       Instrument Penilaian Sikap

1)      Sikap Spiritual

Teknik Penilaian            : Penilaian Diri Instrument Penilaian                        : Rubrik

Nama Peserta Didik      :……………….

No

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku meyakini bahwa Allah Swt mempunyai nama-nama yang baik yaitu Asmaul Husna

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian         : Penilaian Antar Teman Instrument Penilaian : Rubrik

Nama Peserta Didik   : ………………………..

No

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku meyakini bahwa Allah Swt mempunyai nama-nama yang baik yaitu Asmaul Husna

 

 

 

 

Keterangan:

SL

= Selalu

: sangat baik

SR

= Sering

: baik

KD

= Kadang-kadang

: cukup

TP

= Tidak Pernah

: perlu bimbingan

 

2)      Sikap Sosial

Teknik Penilaian         : Penilaian Diri


Instrument Penilaian : Rubrik

Nama Peserta Didik   : ………………………..

No

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku menunjukkan sikap berdoa dan menyebut Asmaul Husna dalam kehidupan  sehari-hari  agar  selalu

mengingat Allah Swt.

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian         : Penilaian Antar Teman Instrument Penilaian : Rubrik

Nama Peserta Didik   : ………………………..

No

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku menunjukkan sikap berdoa dan menyebut Asmaul Husna dalam kehidupan  sehari-hari  agar  selalu

mengingat Allah Swt.

 

 

 

 

Keterangan:

SL

= Selalu

: sangat baik

SR

= Sering

: baik

KD

= Kadang-kadang

: cukup

TP

= Tidak Pernah

: perlu bimbingan

 

G.      Pengayaan dan Remidial

1.    Kegiatan Pengayaan

Bagi siswa yang kemampuan pemahaman dan kerjanya lebih tinggi dibandingkan siswa lainnya, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih merangsang dan membantu mereka memperkuat kemampuannya dalam menyerap materi yang telah dipelajari.

2.    Kegiatan Remedial

Bagi peserta didik yang hasil belajarnya belum memenuhi batas tuntas akan mengulangi materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan latihan tambahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang bersangkutan.

 

H.      Glosarium

No

Istilah

Arti

1.

Make a match

Model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan dari suatu konsep melalui suatu

permainan kartu pasangan dalam batas waktu yang ditentukan.

2.

Matching card

Media mencari pasangan kartu yang berisi unsur soal dengan

kartu yang berisi unsur jawaban.

3.

Asmaul Husna

Nama-nama yang baik bagi Allah SWT

4.

Al-Malik

Maharaja

5.

Al-Aziz

Maha Perkasa

 

I.         Daftar Pustaka

Buku Siswa PAI dan BP untuk Kelas 4 SD, Kemdikbud.

Buku Pegangan Guru PAI dan BP untuk Kelas 4 SD, Kemdikbud.

Aryati, Ani. (2016). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

 

Mengetahui,                                                        Bangko, 4 Desember 2024


Kepala SDN No. 098/VI Bangko VI

 

 

HETTI OKTAVIANI, S.Pd

     NIP. 19821001 200604 2 023 

 

                       


Guru PAIBP

 

 

Defi Suryani, S.Pd.I


 

 


Atau (pilihan 2)


 

Modul Ajar Format Lengkap (Model 2)

Modul Ajar PAIBP


Madrasah                    : SDN No. 098/VI Bangko VI

Mata Pelajaran              : PAIBP

Tema                           : Mengenal Asmaul Husna

Fase/Kelas                  : C/4.

Alokasi Waktu               : 140 Menit (4 JPx 35 Menit)

Tahun Pelajaran            : 2024

Nama Penyusun           : Defi Suryani. S.Pd.I

 

 

Text Box: Kompetensi Awal:
Peserta didik sudah mampu menjelaskan arti dan makna Asmaul Husna Asmaul Husna al-Malik, al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin
Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:
1.	Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia	berupa kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.	Bergotong royong berupa kegiatan menyelesaikan tugas kelompok.
3.	Bernalar Kritis berupa kegiatan menyelesaikan masalah/menjawab soal pada kegiatan inti pembelajaran
4.	Musyawarah (syūra) dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan diskusi
5.	Kesetaraan (musāwah) melalui kegiatan pembagian kelompok, siswa mau bergabung dengan kelompok tanpa membeda-bedakan teman.
6.	Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah) melalui kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional dalam penutup pembelajaran.
Sarana dan Prasarana:
1.	Alat dan Bahan :
a.	LCD Projector
b.	Laptop
2.	Materi dan Sumber Bahan Ajar :
c.	Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas IV Kemdikbudristek RI dan Kemenag RI Tahun 2021
d.	Buku Interaktif PAI dan Budi Pekerti Kelas IV Jelajah Ilmu Tahun 2022
e.	Power Point
f.	Video Pembelajaran
.
Target Peserta Didik: 15 Siswa

 

 

Tujuan Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik mampu:

1.    Peserta didik dapat membedakan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna al-Malik,

al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin

1.2 Menunjukan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna al-Malik, al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin dengan benar

2. Peserta didik dapat mendeteksi perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna al-Malik,

al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin

 

3.    Peserta didik dapat memprediskikan akibat dari perilaku yang tidak mencerminkan

Asmaul Husna al-Malik, al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin

 

 

 

 

 

 

 

1.        Pemahaman Bermakna:

Cara untuk meneladani Asmaul Husna sangat penting diketahui setiap Muslim. Sebab, Asmaul Husna merupakan kalam atau nama-nama indah Allah Subhanahu wa ta'ala. Asmaul Husna terdiri dari 'Asma' yang artinya 'nama', dan 'Husna' berarti 'indah atau baik'.

Asmaul Husna disebut juga nama-nama gelar atau sebutan Allah Subhanahu wa ta'ala atas kebesaran serta kehebatan-Nya. Asmaul Husna terdiri dari 99 nama indah Allah Subhanahu wa ta'ala. Asmaul Husna sendiri bersifat sempurna, tidak ada selain nama-Nya lah yang paling baik dan indah.

Di antara cara meneladani Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari adalah bisa menahan diri dari amarah, bersikap mandiri, dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungannya, menjaga lisan untuk terciptanya kedamaian dan membiasakan hidup tertib sebagai cerminan Asmaul Husna al- Malik, al-Aziz, al-Quddus, as-Salam dan al-Mukmin

2.        Pertanyaan Pemantik:

     Pernahkah kalian berkelahi/melihat teman berkelahi saling pukul sampai berdarah?

     Adakah yang pernah sakit sampai dirawat di rumah sakit?

     Pernahkah kalian sakit hati karena kata-kata temanmu pula?

     Ada yang pernah mendengar/melihat di televisi ketika antri pembagian sembako meninggal karena berdesakan?


 

 

 

3.        Kegiatan Pembelajaran:

 

Langkah-langkah persiapan:

Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti:

1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia )

3. Melakukan pembiasaan membacakan Sya’ir Asmaul Husna (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia)

4. Menyapa peserta didik dan mengecek kondisi siswa (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain).

5. Apersepsi materi yang lalu

6. Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran

7. Melakukan “Semangat Asma’ul Husna”

8.       Memberikan Pertanyaan Pemantik

Urutan Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)

Alokasi Waktu

Pembelajaran ke-1

4 JP (4x35’)

Kegiatan pembukaan:

      Guru mengucapkan salam pembuka dan memperhatikan kesiapan peserta didik dalam belajar.

      Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama.

      Guru mengajak peserta didik membaca surat-surat pendek.

      Guru mengajak peserta didik menyanyikan satu lagu wajib Nasional dan menekankan pentingnya Nasionalisme.

      Guru melakukan komunikasi aktif dengan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.

      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan memberikan pertanyaan pemantik.

      dst.

15’

Kegiatan Inti:

1.    Orientasi peserta didik pada masalah

   Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok (Kesetaraan /musāwah)

   Peserta didik mengamati tayangan video yang berkaitan dengan masalah yang terjadi di lingkungan

       Tiap kelompok mengamati 1 Video....................................................................

2.    Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. (Bergotong royong)

3.    Membimbing penyelidikan kelompok

Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah. (Bernalar Kritis)

4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil penyelesaian masalah

   Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecah masalah yang peserta didik temukan.

   Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam bentuk gagasan.

   Setiap kelompok melakukan presentasi, guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain. (Musyawarah/syūra)

5.    Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

   Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari kelompok lain.

   Guru dan peserta didik menyimpulkan materi dan guru memberikan penguatan

110’

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

  Guru dan Peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan menyampaikan tindak lanjut pembelajaran.

Menyampaikan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional

“Halo-halo Bandung” (Kewarganegaraan dan kebangsaan /muwaṭanah)

 

  Berdo’a sebelum pulang (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia)

      salam

 

Refleksi Peserta Didik:

Pertanyaan refleksi

Ya

Tidak

1.      Apakah Pembelajaran Kita Memuaskan

 

 

..................................................

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

 

15’

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

No

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

1.

Formatif

Diskusi / Kerja Kelompok, Penilaian Aktivitas Kelompok, Penilaian Diri dan Penilain Antar Teman, Tes Tulis

      dst.

No

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku meyakini bahwa Allah Swt mempunyai nama-nama yang baik yaitu Asmaul Husna

 

 

 

 

 

       .

 

Refleksi Guru

      1.Bagaimana menurut saya kelas ini berlangsung?

      2. Apa yang menurut saya berjalan dengan sangat baik di kelas ini?

      3. Bagaimana saya dapat menerapkan apa yang berjalan dengan baik di kelas saya berikutnya?

      4. Apakah strategi pengajaran yang dipilih memenuhi target pembelajaran siswa?

Pembelajaran ke-2

4 JP

(4x35’)

Kegiatan pembukaan:

1.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

2.    Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia )

3.    Melakukan pembiasaan membacakan Sya’ir Asmaul Husna (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia)

4.    Menyapa peserta didik dan mengecek kondisi siswa (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain).

5.    Apersepsi materi yang lalu

6.    Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran

7.    Melakukan “Semangat Asma’ul Husna”

8.    Memberikan Pertanyaan Pemantik

15’


Pertanyaan refleksi

Ya

Tidak

..................................................

 

 

..................................................

 

 

dst.

 

 

 

 
 

 


dst.

 

Kegiatan Inti:

1.      Orientasi peserta didik pada masalah

§  Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok (Kesetaraan /musāwah)

§  Peserta didik mengamati tayangan video yang berkaitan dengan masalah yang terjadi di lingkungan

Tiap kelompok mengamati 1 Video

2.    Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. (Bergotong royong)

3.    Membimbing penyelidikan kelompok

Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah. (Bernalar Kritis)

4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil penyelesaian masalah

§  Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecah masalah yang peserta didik temukan.

§  Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam bentuk gagasan.

§  Setiap kelompok melakukan presentasi, guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain. (Musyawarah/syūra)

5.    Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

§  Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari kelompok lain.

§  Guru dan peserta didik menyimpulkan materi dan guru memberikan penguatan

110’

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

1.       Guru dan Peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan menyampaikan tindak lanjut pembelajaran.

2.      Menyampaikan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.

3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional

“Halo-halo Bandung” (Kewarganegaraan dan kebangsaan /muwaṭanah)

 

4.       Berdo’a sebelum pulang (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia)

5.       Salam

.Refleksi Peserta Didik:

1.    Apakah Anda telah menguasai seluruh materi pembelajaran yang telah dilakukan?

2.    Apa yang membuat kalian merasa sangat menguasai materi yang telah dipelajari?

3.    Seperti apa usaha yang Anda lakukan untuk menguasai pembelajaran yang belum dipahami?

15’

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

No

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

1.

Formatif

Diskusi / Kerja Kelompok, Penilaian Aktivitas Kelompok, Penilaian Diri dan Penilain Antar Teman, Tes Tulis

       

.

 

Kegiatan Remidial dan Pengayaan

Kegiatan remidial:

1.      Kegiatan remedial:

Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dan memberikan tugas individual tambahan berupa membuat poster atau brosur tentang Asmaul Husna dengan mencantumkan nama, arti, dan contoh-contoh bagaimana nama tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2.      Kegiatan pengayaan:

Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya berupa membuat studi kasus atau contoh-contoh nyata di dalam sejarah atau kehidupan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai dari Asmaul Husna.

       

Sumber/Referensi/Daftar Pustaka

      Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

      Niki Purnami, Azizah dan Ni’mah, Ma’sumatun. (2022). Buku Interaktif PAI dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kelas IV. Yogyakarta: Intan Pariwara

      Tribunnew. (12 Juni 2022). Youtube “2 Bobotoh Meninggal saat Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA, Berdesakan hingga Jatuh Terinjak” Tersedia pada : https://www.youtube.com/watch?v=wSZqUEQiFxw

      Tribunnews Sultra Official. (28 April 2022). Youtube “Pemilik Kontrakan Syok Liat Sisa Makanan Berulat, Rumah Penuh Sampah Padahal Paras Rupawan” Tersedia Pada: https://www.youtube.com/watch?v=cFIeaYAKXgs

      Ikhsan, Riza. (3 Januari 2020). Youtube “AKIBAT TIDAK MANDIRI” Tersedia pada: https://www.youtube.com/watch?v=ChKqxKY2Tvk

      Serambinews. (14 Desember 2022). Youtube “VIRAL Video Seorang Siswa SMA Lawan dan Tantang Guru di Depan Kelas Tersedia pada : https://www.youtube.com/shorts/NLUsGJgML0A

       

Lampiran


B.      MATERI

1.      Menahan Diri

Menahan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain merupakan wujud dari kemampuan menguasai diri. Menahan diri dapat diterapkan dalam banyak hal. Contohnya menahan diri dari membeli sesuatu yang tidak penting, menahan diri dari bermain yang berlebihan, menahan diri dari berbuat curang. Menahan diri adalah cerminan dari kemampuan menguasai diri ketika hendak berbuat yang buruk atau merugikan orang lain. Ini adalah sebagian dari akhlak yang meneladani Asmaulhusna Al-Mālik.

2.      Mandiri

Mandiri artinya mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Kebiasaan hidup mandiri harus dimulai sejak dini. Makan sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri, menyiapkan alat sekolah sendiri. Hidup mandiri akan melahirkan anak yang tangguh, optimis dan percaya diri dalam hidupnya. Ia tidak mudah menggantungkan pekerjaannya kepada orang lain, baik orang tua, saudara atau teman. Kemandirian akan mengantarkan seseorang pada derajat kemuliaan. Mulia di hadapan Allah dan manusia. Mulia di hadapan Allah, sebab ia mengikuti anjuran syariatnya sebagaimana dicontohkan nabi-Nya. Mulia di hadapan manusia karena orang lain tidak merasa terganggu dengan sikapnya. Perilaku mandiri salah satu contoh perbuatan yang meneladani Asmaulhusna Al-‘Azīz. Dengan mandiri hidup menjadi mulia.

3.      Menjaga Kebersihan

Fitrah manusia suka keindahan dan kebersihan. Sehingga semua manusia suka hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan. Mencintai kebersihan diajarkan oleh agama Islam. Di samping juga, memberikan dampak manfaat bagi kesehatan, baik jasmani dan rohani. Oleh karena itu, kebersihan merupakan hal yang mendapat perhatian besar dari agama Islam. Nabi Muhammad Saw. bersabda bahwa kebersihan sebagian dari iman. Perhatian Islam dapat dibuktikan dengan kewajiban wudu sebelum salat, anjuran bersiwak, kewajiban mandi, bersuci setelah hadas. Memperhatikan kebersihan bukan hanya kebersihan badan, pakaian dan tempat. Namun yang paling penting lagi adalah kebersihan hati. Islam meminta kita untuk menjauhi penyakit hati seperti sombong, dengki, riya, dan bangga diri. Kebiasaan hidup bersih merupakan akhlak terpuji yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddūs. Setiap saat kita harus berusaha menjaga kebersihan diri, lingkungan dan alam sekitar.

4.      Menjaga Lisan

Gunakanlah lisan untuk berzikir, membaca Al-Qur’an, menasehati dalam kebaikan, mengajarkan ilmu dan amal salih lainnya sesuai tuntunan. Jauhkan dari dosa-dosa lisan seperti adu domba, fitnah, gibah, mencela membuka aib seseorang. Kita harus selalu menjaga lisan dari perkataan yang menyakiti hati orang lain. Dengan demikian berarti kita telah membuat orang lain tenteram dan damai. Inilah salah satu perilaku yang meneladani Asmaulhusna As-Salām

5.      Hidup Tertib

Kepatuhan pada aturan harus dibiasakan. Di manapun kita berada dan kapanpun waktunya. Ketika kalian berada di rumah, sekolah, masjid atau tempat lainnya, maka ikutilah aturan! Inilah


kunci mewujudkan rasa aman di tengah masyarakat. Mengikuti aturan inilah yang disebut tertib.

Menciptakan ketertiban sehingga membuat orang lain merasa aman merupakan salah satu teladan dari Asmaulhusna Al-Mu’min

 

C.      Contoh Media Pembelajaran


 

 


 

D.     Lembar Kerja Peserta Didik



 



E.      Rubrik dan Penilaian Kerja Kelompok

 

No

Soal

Nilai 4

Nilai 3

Nilai 2

Nilai 1

Kriteria

1.

Kejadian apa yang kalian lihat di Video?

Menjelaskan 3 kriteria dengan tepat

Menjelaskan 2 kriteria dengan tepat

Menjelaskan 1 kriteria dengan tepat

Menjelaskan kriteria dengan tidak tepat

Kriteria :

·         Nama Kejadian

·         Tempat Kejadian

·         Waktu

Kejadian

2.

Menurut kalian apakah perbuatan tersebut patut ditiru? Jelaskan!

Menjawab kejadian tidak patut untuk ditiru dan menjelaskan dengan rinci alasan

tersebut

Menjawab kejadian tidak patut untuk ditiru dengan penjelasan yang kurang terperinci

Menjawab kejadian tidak patut untuk ditiru dengan penjelasan yang kurang tepat

Menjawab kejadian patut untuk ditiru dengan penjelasan yang kurang tepat

Kriteria : Menjawab kejadian tidak patut untuk ditiru dan menjelaskan dengan rinci alasan tersebut

3.

Bagaimana agar hal tersebut tidak terjadi

Menjelaskan 2 hal yang bisa mencegah kejadian tersebut dengan benar.

Menjelaskan 2 hal yang bisa mencegah kejadian tersebut salah satunya kurang tepat

Menjelaskan 1 hal yang bisa mencegah kejadian tersebut dengan benar

Menjelaskan 1 hal yang bisa mencegah kejadian tersebut dengan kurang

tepat

Kriteria : Menjelaskan 2 hal yang bisa mencegah kejadian tersebut dengan benar.

4.

Masih Ingat dengan Asmaul Husna yang kita pelajari minggu lalu? Coba ceritakan

Menuliskan 2 kriteria dengan benar

Menuliskan 2 kriteria namun kurang lengkap

Menuliskan 1 kriteria dengan benar

Menuliskan 1 kriteria namun belum lengkap

Kriteria:

·         Menuliskan 5 Nama Asmaul Husna dan artinya

·         Menuliskan makna 5 Asmaul

Husna

5.

Menurut kalian sikap Asmaul

Husna yang

Menuliskan 2 kriteria dengan

benar

Menuliskan 2 kriteria namun

Menuliskan 1 kriteria dengan

benar

Menuliskan 1 kriteria namun tidak

tepat

Kriteria:

·         Menentukan

Asma’ul

Husna yang


 

 

mana yang paling tepat untuk menghindari kejadian tersebut?

Jelaskan

 

penjelasannya kurang tepat

 

 

sesuai dengan sikap untuk mencegah kejadian.

·         Menjelaskan kaitannya dengan

benar

Ket : Kebijakan guru ketepatan jawaban sesuai dengan pertanyaan

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 5


F.       Lembar Pengamatan Sikap

a.      Sikap Spiritual

-          Indikator Penilaian

a.      Menunjukan sikap Menahan Diri

b.      Menunjukan sikap menjaga kebersihan diri dan lingkungannya

c.       Menunjukan sikap hidup tertib

d.      Menunjukan sikap menjaga lisan

e.      Menunjukan hidup mandiri

-          Instrumen Penilaian


Pedoman penilaian

4 = Sangat Baik, 3 = Baik, 2 = Cukup, 1 =kurang

 

2)  Sikap Sosial

-          Indikator Penilaian

a.      Menunjukan sikap Menahan Diri

b.      Menunjukan sikap menjaga kebersihan diri dan lingkungannya

c.      Menunjukan sikap hidup tertib


d.      Menunjukan sikap menjaga lisan

e.      Menunjukan hidup mandiri

-          Instrumen Penilaian

 

 

 


Pedoman penilaian

4    = Sangat Baik, 3 = Baik, 2 = Cukup, 1 =kurang

 

G.     Tes Tulis

-     Instrumen Penilaian

Nama       : …………………………

Kelas       : ………………………..

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.      Berdasar pengalamanmu, bagaimana cara menahan diri ketika akan berbuat sesuatu yang merugikan? Dan apa manfaatnya?

2.      Ayo temukan manfaat hidup mandiri supaya kalian lebih semangat lagi untuk membiasakannya!

3.      Bagaimana menjaga kebersihan?


 

No

Kebersihan

Cara menjaganya

1.

Badan

 

2.

Lingkungan

 

3.

Hati

 

4.      Tulislah pengalamanmu hidup tertib!

 

Nama tempat

Aturan

Perilaku terhadap aturan

 

 

 

 

-     Kunci jawaban dan Pedoman Penskoran

 

No

Kunci Jawaban

Skor

5

3

1

1.

-          Cara menahan diri: menenangkan diri, berfikir akibat buruk yang ditimbulkan dari perbuatan tersebut.

-          Manfaatnya: hubungan baik tetap terjaga, orang lain tidak tersakiti.

Menjelasakan

Menjelaskan

Menjelaskan

 

cara menahan

cara    menahan

cara

 

diri           dan

diri/manfaatnya

menahan diri

 

manfaatnya

saja

dan

 

dengan tepat

 

manfaatnya

 

 

 

namun

 

 

 

kurang tepat

2

Manfaat hidup mandiri:

-          Melatih tanggungjawab

-          Tidak bergantung kepada orang lain

-          Menjadi kreatif

-          Meningkatkan keterampilan

Menguraikan

Menguraikan 1-2

Menguraikan

 

3-4     manfaat

manfaat   hidup

manfaat

 

hidup mandiri

mandiri

hidup mandiri

 

 

 

namun

 

 

 

kurang tepat

3

 

No

Kebersihan

Cara menjaganya

 

Menuliskan  2

Menuliskan     1

Menuliskan

 

 

 

 

Cara menjaga

Kebersihan

Cara     menjaga

Kebersihan

Cara menjaga

Kebersihan

1.

Badan

Mandi dengan teratur

 

 

 

Menghindari    tempat

kotor

Badan,

Badan,

Badan,

 

 

 

 

Lingkungan

Lingkungan dan

Lingkungan

 

2.

Lingkungan

Menyapu setiap hari

dan         hati

hati        dengan

dan        hati

 

 

 

Membuang                      sampah pada tempatnya

dengan benar

benar

namun

kurang tepatr

 

3.

Hati

Banyak zikir

 

 

 

 

 

 

Berteman dengan anak saleh

 

 

 

4

 

Nama

Aturan

Perilaku terhadap

 

Menuliskan  2

Menuliskan     1

Menuliskan

 

tempat

 

aturan

pengalaman

pengalaman

pengalaman

 

Sekolah

Berpakaian rapi

Berpakaian rapi

hidup tertib di

dua      tempt

hidup tertib

hidup   tertib

namun

 

Masjid

Dilarang bergurau

Tidak bergurau

berbeda

 

kurang tepat

Ket : Kebijakan guru ketepatan jawaban sesuai dengan pertanyaan

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 5

 

 

 


 

 

 

 

Mengetahui,                                                        Bangko, 4 Desember 2024


Kepala SDN No. 098/VI Bangko VI

 

 

HETTI OKTAVIANI, S.Pd

     NIP. 19821001 200604 2 023 

 

                       


Guru PAIBP

 

 

Defi Suryani, S.Pd.I


 

 

 

 


 

 


 

 

                                     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)