siklus 1 PTK PPL 1
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4. Hasil Penelitian
Hasil penelitian tindakan kelas ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan materi yang dapat meningkatkan minat dan keterampilan serta hasil belajar peserta didik dalam materi
menyakini kitab-kitab Allah mencintai
al-qur’an. Penelitian ini, dilakukan pada Kelas 5 SDN N0. 098/VI Bangko VI Kecamatan Bangko pada tahun pelajaran 2024/2025
4.1 Deskripsi Kondisi Awal (Pra siklus)
Sebelum Tindakan kelas dilaksanakan,
terlebih dahulu peneliti mengadakan pra
siklus. Pada pra siklus metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode konvensional. Guru cenderung mentransper
ilmu kepada siswa. Sehingga siswa pasif, kurang kreatif,
bahkan cedrung bosan, disamping itu dalam penyampai
materi pelajaran, guru banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta pemberian
tugas. Sehingga proses pembelajaran tampak kaku. Hal tersebut juga berdampak
pada nilai yang diperoleh siswa Kelas 5 SDN N0. 098/VI Bangko VI Kecamatan Bangko
pada materi menyakini kitab-kitab Allah mencintai al-qur’an.
Sebelum menggunakan
Model Kooperatif banyak siswa belum mencapai ketuntasan belajar dalam mempelajari materi tersebut. Hal tersebut terlihat dari hasil tes pada sebelum
diterapkan pembelajaran dengan menggunakan Model cooperative learning yang diambil dari dilakukannya
pre-test.
Dimana pre-test bertujuan untuk mengukur pemahaman
awal siswa sebelum dilakukan intervensi atau tindakan
pembelajaran. Dengan melakukan pre-test, kita
dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengikuti
pembelajaran mengenai dengan model atau metode sebelumnya.
Tabel 4.1. Hasil Tes Sebelum menggunakan Model Kooperatif
learning dari dilakukannya pree-test
No |
NAMA SISWA |
NILAI |
KETERANGAN |
|
T |
TT |
|||
1 |
Akbar Okto Wiguna |
65 |
|
√ |
2 |
Ari Juita |
78 |
|
√ |
3 |
Atikah |
83 |
√ |
|
4 |
Akhdan |
68 |
√ |
|
5 |
Berneza Octavian |
65 |
|
Ö |
6 |
Calista Lathifah |
74 |
|
Ö |
7 |
Devin Madra |
68 |
|
Ö |
8 |
Dian Elvita Sari |
73 |
|
Ö |
9 |
Dwinita Robaniyati |
78 |
√ |
|
10 |
Eka Liana |
70 |
|
Ö |
11 |
Farel Aprinol |
68 |
|
Ö |
12 |
Harzali Zaelani |
76 |
√ |
|
13 |
Julia Sepri Ramadhani Putri |
70 |
|
√ |
14 |
Kendzi Arthapriya |
80 |
√ |
|
15 |
Laura Sabela |
73 |
|
Ö |
16 |
Lina Sila Marmus |
73 |
|
Ö |
17 |
Maswan |
67 |
|
Ö |
18 |
Muhammad Dzikra Haikal |
68 |
|
√ |
19 |
Muhammad Dzaky Wiransyah |
70 |
|
Ö |
20 |
Nabila Sunniyah |
73 |
|
Ö |
21 |
Nadila Fitriani |
73 |
|
Ö |
22 |
Nashifa Ramadhani |
79 |
Ö |
|
23 |
Nathasya Kirani |
80 |
√ |
|
24 |
Noprian Iwan Saputra |
66 |
|
√ |
25 |
Patria Akbar Wiguna |
68 |
|
√ |
Jumlah |
1806 |
7 |
18 |
|
Skor maksimal Ideal 2500 Jumlah
skor tercapai 1806 Skor Rata-rata 72,24 Persentase
siswa yang tuntas 20% Persentase
siswa yang tidak tuntas 80% |
Keterangan :
T : Tuntas
TT : Tidak Tuntas
Jumlah siswa yang tuntas : 7
Jumlah siswa yang belum tuntas : 18
Klasikal : Belum
tuntas
KKM
: 75
Tabel 1.2. Rekapitulasi Hasil Tes Sebelum
Model Kooperatif learning
No |
Uraian |
Sebelum Model Kooperatif learning |
1 |
Nilai rata-rata tes
tulis |
72,24 |
2 |
Jumlah siswa yang
tuntas belajar |
7 |
3 |
Persentase
ketuntasan belajar |
20% |
Tabel di atas menggambarkan bahwa
rata-rata siswa Kelas 5 SDN N0.
098/VI Bangko VI Kecamatan Bangko sebelum pembelajaran
dengan model cooperative learning
tipe STAD diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,24 dan ketuntasan belajar mencapai 20% atau ada 7
siswa dari 25 siswa sudah tuntas
belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebelum pengguaan model pembelajaran secara klasikal siswa
belum tuntas belajar, karena siswa yang
memperoleh nilai ³ 75 hanya sebesar 20% lebih kecil
dari presentase ketuntasan yang
dikehendaki yaitu sebesar 100%. Maka dari itu akan dijadikan perbandingan untuk Upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Data pra
siklus diambil dari hasil tes sebelum melakukan penelitian, berdasarkan tabel di atas diperoleh nilai
tertinggi 83, nilai terendah 65, nilai rata-rata
kelas hanya mencapai 72.24. Dan itu belum mencapai KKM sedangkan KKM untuk
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu 75.
4.2 Deskripsi Hasil Siklus 1
1.
Tahap perencanaan
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal,
pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang
materi menyakini kitab-kitab Allah mencintai al-qur’an melaui model pembelajaran cooperative learning maka diperlukan perencanaan yang sangat matang sehingga hasil
dapat tercapai dengan maksimal. Adapun perencanaan dibuat yaitu:
1.
Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
2. Menentukan
pokok bahasan yaitu menjelaskan Kembali bacaan dengan materi menyakini kitab-kitab Allah mencintai al-qur’an dengan baik.
3. Menyiapkan bahan ajar, alat peraga dan media pembelajaran yang menarik minat
belajar siswa. Bisa berupa buku teks, LKPD, gambar pembelajaran dan gunakan teknologi seperti leptop dan invocus
untuk menampilkan gambar-gambar yang berhubungan dengan
materi kita.
4. Penyusunan tes dan evaluasi
digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan
dan keterampilan siswa dalam menganalisa materi makan iman dan perilaku orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah.
serta membacakan dalil yang berhungan
dengan materi melalui
model pembelajaran kooperatif learning.
5. Menyusun
pedomann observasi guru dengan teman sejawat yang ikut melakukan pengamatan.
2.
Pelaksanaan
Pelaksanaan siklus 1 dilaksanakan pada
tanggal 24 November 2024
yang bertepatan di Kelas 5 SDN N0. 098/VI Bangko VI Kecamatan Bangko
dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri
dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Mata pelajaran yang peneliti teliti adalah Pendidikan Agama Islam dengan materi menyakini
kitab-kitab Allah mencintai al-qur’an dengan
model pembelajaran cooperative learning. Setelah memberikan pretest,
guru melanjutkan pelaksanaan dengan mengajar materi
menyakini kitab-kitab allah SWT mencintai al-qur’an
dengan model pembelajaran cooperative learning. Yang mana pendekatan pembelajaran cooperative learning
merupakan pendekatan dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang
beranggotakan siswa dengan kemampuan heterogen.
Dalam
pelaksanaan ini, guru akan membentuk
kelompok-kelompok siswa dengan memperhatikan keberagaman kemampuan mereka. Setiap kelompok akan diberikan
tugas atau aktivitas yang dirancang untuk
mendorong mereka untuk berdiskusi antaranggota kelompok dan saling membantu. Setiap anggota kelompok
memiliki tanggung jawab yang sama untuk belajar
materi menyakini kitab-kitab allah mencintai al-qur’an
dan setiap individu akan
dinilai berdasarkan konstribusinya terhadap kelompok dan pengisian jawaban dalam LKPD masing-masing siswa. walaupun
mereka berkelompok tapi mereka
menuliskan jawaban dari tugas yang diberikan di LKPD masing-masing.
Setelah melaksanakan tindakan dengan model pembelajaran cooperative learning, guru akan melakukan
pengamatan terhadap interaksi dan kemajuan belajar dalam kelompok. Hasil tes akan di ambil untuk membandingkan kemampuan
siswa setelah ikut dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil pengamatan dan tes tulis akan digunakan guru dalam mengevaluasi
keefektifan model pembelajaran yang dilakukan
dan perluasan perbaikan pada siklus selanjutnya. Adapun data hasil penelitian pada siklus I adalah
sebagai berikut:
Tabel 4.3. Hasil Tes Setelah Menggunakan Model cooperative learning
Pada Siklus I
No |
NAMA SISWA |
NILAI |
KETERANGAN |
|
T |
TT |
|||
1 |
Akbar Okto Wiguna |
70 |
|
Ö |
2 |
Ari Juita |
83 |
Ö |
|
3 |
Atikah |
88 |
√ |
|
4 |
Akhdan |
70 |
|
Ö |
5 |
Berneza Octavian |
70 |
|
Ö |
6 |
Calista Lathifah |
78 |
Ö |
|
7 |
Devin Madra |
75 |
Ö |
|
8 |
Dian Elvita Sari |
78 |
Ö |
|
9 |
Dwinita Robaniyati |
85 |
Ö |
|
10 |
Eka Liana |
75 |
Ö |
|
11 |
Farel Aprinol |
75 |
Ö |
|
12 |
Harzali Zaelani |
80 |
Ö |
|
13 |
Julia Sepri Ramadhani Putri |
76 |
Ö |
|
14 |
Kendzi Arthapriya |
86 |
Ö |
|
15 |
Laura Sabela |
76 |
Ö |
|
16 |
Lina Sila Marmus |
78 |
Ö |
|
17 |
Maswan |
70 |
|
Ö |
18 |
Muhammad Dzikra Haikal |
73 |
|
Ö |
19 |
Muhammad Dzaky Wiransyah |
73 |
|
Ö |
20 |
Nabila Sunniyah |
79 |
Ö |
|
21 |
Nadila Fitriani |
77 |
Ö |
|
22 |
Nashifa Ramadhani |
85 |
Ö |
|
23 |
Nathasya Kirani |
85 |
Ö |
|
24 |
Noprian Iwan Saputra |
70 |
|
Ö |
25 |
Patria Akbar Wiguna |
75 |
Ö |
|
Jumlah |
2078 |
18 |
7 |
|
Skor maksimal
Ideal 2500 Jumlah skor tercapai 2078 Skor Rata-rata 83,12 Persentase siswa yang tuntas 72% Persentase siswa yang tidak tuntas 28% |
||||
Keterangan : T : Tuntas TT : Tidak Tuntas Jumlah siswa yang tuntas : 18 Jumlah siswa yang belum untas : 7 Klasikal : Belum
tuntas KKM : 75 |
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Tes Setelah Menggunakan model cooperative
learning Pada Siklus
I
No |
Uraian |
Hasil siklus I |
1 |
Nilai rata-rata tes tulis |
83,12 |
2 |
Jumlah siswa yang
tuntas belajar |
18 |
3 |
Persentase
ketuntasan belajar |
83,12
% |
Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa dengan menerapkan pembelajaran dengan Model cooperative learning pada materi pelajaran
diperoleh nilai rata-rata
hasil belajar siswa adalah 83,12 dan
ketuntasan belajar mencapai 83,12 % atau ada 18 siswa dari 25 siswa
sudah tuntas belajar. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara
klasikal nilai siswa ini mencerminkan tingkat pemahaman siswa setelah mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning yang
diterapkan dengan membandingkan nilai pretest dan post- test pada tabel sebelumnya, kita dapat melihat
adanya peningkatan kemampuan
siswa setelah mengikuti pelaksanaan pembelajaran.
Jadi dari data ini terlihat
bahwa mayoritas siswa mengalami peninngkatan nilai setelah megikuti
proses pembelajaran dengan model pembelajar cooperative learning . Hal ini menunjukkan bahwa
metode pembelajaran yang diterapkan efektif
dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi menyakini
kitab-kitab Allah mencintai al- qur’an yang toleran walaupun masih ada beberapa
siswa yang nilainya
belum tuntas namun mayoritas siswa telah mencapai atau
melebihi nilai KKM (75) setelah melaksanakan
pembelajaran. Peningkatan ini dapat menjadi acuan bagi guru untuk terus melakukan
perbaikan dan penyesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus-siklus
berikutnya, guna untuk menningkatkan hasil belajar
siswa secara konsisten.
3.
Pengamatan
Pada siklus pertama dalam penelitian
tindakan kelas, guru melakukan pengamatan terhadap
proses pembelajaran dan interaksi siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan model
pembelajaran cooperative learning. Pengamatan ini bertujuan untuk memahami bagaimana
siswa bereaksi terhadap
model pembelajaran yang diterapkan, tingkat
partisifasi siswa, serta melihat sejauh mana efektifitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap
materi menyakini kitab-kitab Allah. Berikut adalah beberapa pengamatan yang dapat dilakukan
pada siklus pertama.
Tabel 4.3 Hasil Pengamatan terhadap Siswa Siklus
Pertama
No |
Nama Siswa |
Interaksi kelompok |
Kerjasama kelompok |
berpartisifasi (aktif) |
Menuliskan jawaban di LKPD |
hasil tugas relevan |
1 |
Akbar Okto Wiguna |
Sedang |
Sedang |
A |
√ |
relevan |
2 |
Ari Juita |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
3 |
Atikah |
SB |
SB |
SA |
√ |
relevan |
4 |
Akhdan |
Kurang |
Kurang |
KA |
√ |
relevan |
5 |
Berneza Octavian |
Kurang |
Kurang |
KA |
√ |
relevan |
6 |
Calista Lathifah |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
7 |
Devin Madra |
Sedang |
Sedang |
A |
√ |
relevan |
8 |
Dian Elvita Sari |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
9 |
Dwinita Robaniyati |
SB |
SB |
SA |
√ |
relevan |
10 |
Eka Liana |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
11 |
Farel Aprinol |
Sedang |
Sedang |
A |
√ |
relevan |
12 |
Harzali Zaelani |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
13 |
Julia Sepri Ramadhani P |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
14 |
Kendzi Arthapriya |
SB |
SB |
SA |
√ |
relevan |
15 |
Laura Sabela |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
16 |
Lina Sila Marmus |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
17 |
Maswan |
Kurang |
Kurang |
KA |
√ |
relevan |
18 |
Muhammad Dzikra Haikal |
Kurang |
Kurang |
KA |
√ |
relevan |
19 |
Muhammad Dzaky Wiransyah |
Sedang |
Sedang |
A |
√ |
relevan |
20 |
Nabila Sunniyah |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
21 |
Nadila Fitriani |
B |
B |
A |
√ |
relevan |
22 |
Nashifa Ramadhani |
SB |
SB |
SA |
√ |
relevan |
23 |
Nathasya Kirani |
SB |
SB |
SA |
√ |
relevan |
24 |
Noprian Iwan Saputra |
Kurang |
Kurang |
KA |
√ |
relevan |
25 |
Patria Akbar Wiguna |
B |
B |
A |
√ |
Relevan |
Keterangan : A = Aktif B = Baik KA = Kurang aktif SB = Sangat baik |
Table pengamatan di atas berisi hasil
pengamatan terhadap siswa dalam kelompok-kelompok kecil selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning . Guru mengamati
interaksi kelompok, Kerjasama
kelompok, berpartisifasi (aktif),
menyelesaikan tugas dengan baik, hasil tugas relevan terhadap
pembelajaran. Kemajuan belajar dari pretest
ke post-test, keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta dukungan yang diberikan
antar siswa dalam kelompok. Hasil pengamatan ini akan membantu
guru dalam mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang diterapkan
dan merencanakan perbaikan pada siklus-siklus
berikutnya.
4.
Refleksi
Dalam
pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar diperoleh informasi
dari hasil pengamatan sebagai berikut:
1)
Guru sudah aktif tapi dari siswa masih malu-malu
untuk tampil dan masih ragu untuk mengeluarkan pendapat, baik bertanya maupun
menjawab pertanyaan..
2)
Guru kurang baik dalam pengolahan waktu dan kurang memotivasi siswa
untuk semangat dalam
pembelajaran.
3)
Sebagian siswa kurang begitu
antusias selama pembelajaran berlangsung karena
mereka berfikir kalaw kawannya satu kelompoknya selesai dengan tugasnya
maka semua anggota juga begitu.
5. Evaluasi
Dari
hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan peneliti dikelas Kelas 5
SDN N0. 098/VI Bangko VI Kecamatan Bangko mengenai Upaya meningkatkan hasil belajar pelajaran
agama islam siswa materi menyakini
kitab-kitab Allah SWT melalui media pembelajaran
cooperative learning, maka berdasarkan hasil
pengamatan yang dilakukan
peneliti selama dilapangan, bahwa pelaksanaan model pembelajar ini sudah berjalan sangat
efektif. Hal ini terlihat dari respon yang diberikan
oleh siswa pada saat peneliti
melakukan wawancara dengan beberapa siswa walaupun ada beberapa siswa belum tuntas dalam pembelajarannya. Pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar pada siklus 1 ini masih terdapat kekurangan,
sehingga perlu adanya revisi untuk dilakukan pada siklus berikutnya. Diantaranya :
1)
Guru perlu lebih terampil dalam
memotivasi siswa dan lebih jelas dalam menyampaikan
tujuan pembelajaran. Dimana siswa diajak untuk terlibat langsung dalam setiap
kegiatan yang akan dilakukan.
2)
Guru perlu mendistribusikan waktu secara baik dengan menambahkan informasi-informasi yang dirasa
perlu dan memberi catatan.
3)
Guru harus lebih terampil dan
semangat dalam memotivasi siswa sehingga siswa bisa lebih antusias.
Komentar
Posting Komentar