LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA Tema Membuat Kaligrafi
LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA
Petunjuk:
1.
Bacalah dimensi
dan tema Project
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
2.
Analisis jumlah
Projek Penguatan Profil
Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.
3.
Tentukan Tema,
Topik, dan
NamaProjek Profil
4.
Tentukan 2 dimensi, elemen,
sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan
Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (minimal 2 dimensi dan tema).
Tema : Kewirausahaan
Topik : Membuat Kaligrafi Asmaul
Husna
Projek Profil :
Menumbuhkan Kreatifitas peserta didik dengan Kaligrafi yang indah
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Akhir Fase |
Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
Akhlak
beragama |
Mengenal
dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa |
Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya
dan mengaitkan sifat-sifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan-Nya |
Bergotong-Royong |
Kolaborasi |
Kerja Sama |
Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan
tujuan kelompok. |
Komunikasi
untuk mencapai tujuan bersama |
Memahami informasi dari berbagai sumber dan
menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif
kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama |
||
Kreatif |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran
dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya
dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Kreatif |
Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Sub Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Capaian
Perkembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
|
Tathawwur
wa Ibtikar (Dinamis dan Inovatif) |
Kritis, kreatif, inovatif, dan mandiri |
Berpikir sistematis, berani mengambil keputusan, serta
mengembangkan gagasan baru yang berdaya saing untuk kemanfaatan yang lebih
tinggi |
|
Syura
(Musyawarah) |
Demokratis
dan menjunjung tinggi keputusan mufakat/ konsesnsus |
Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan
pribadi dan golongan serta menjunjung tinggi konsensus |
Aktivitas:
Alur |
Aktivitas |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengenalan |
Peserta Didik Dibimbing Oleh Guru
untuk memahami topik yang akan dibahas yaitu membuat hiasan dinding kaligrafi
Asmaul husna Persiapan : ü Guru Menyiapkan Video Tentang cara pembuatan hiasan dinding
kaligrafi asmaul husna dengan menggunakan stik es krim ü
Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik
tentang projek yang akan dibuat, kegunaannya serta urutan cara-cara
membuatnya ü
Peserta didik mempersiapkan peralatan yang
dibutuhkan untuk membuat kaligrafi asmaul husna antara lain stik es krim,
gunting, lem, kain flanel, spidol, karton dan lain-lain |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kontekstualisasi |
ü Peserta didik menggali
permasalahan yang ada di lingkungan sekitar terkait topik yang akan dibahas,
mereka mencari informasi terkait bahan-bahan untuk membuat kaligrafi asmaul
husna sehingga dari kaligrafi tersebut
dapat bernilai ekonomis ü Mengidentifikasi
bahan dan alat stik es krim yang akan ada disekitar
peserta didik ü Menentukan
jenis produk yang akan dikerjakan (kaligrafi asmaul
husna dengan bahan stik es krim, kain flanel dan lain lain |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Aksi |
Pelaksanaan : ·
Guru memulai dengan menanyakan kepada Peserta Didik
apa yang mereka ketahui kaligrafi asmaul husna dan kegunaan dari kaligrafi
tersebut. Beberapa pertanyaan pemantik yang dapat diberikan: ·
Apa
arti dan pesan yang ingin kalian sampaikan melalui karya kaligrafi asmaul
husna ini? ·
Bagaimana
konsep desain yang ingin kalian buat dalam karya kaligrafi ? ü Peserta didik
melalui bimbingan guru menyusun rencana kegiatan projek ü Peserta didik
mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan ü Peserta Didik Menyaksikan Video Yang Diberikan Oleh Guru
Dengan Seksama sampai dengan selesai berkaitan dengan cara-cara pembuatan kaligrafi
asmaul husna ü
Mengerjakan projek dibawah bimbingan guru (di kelas
atau ruangan lain yang telah disepakati) ü
Projek dikerjakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan
(guru melakukan observasi terhadap siswa tentang nilai gotong royong
sepanjang kegiatan) ü
Dengan
di bimbing guru peserta didik mulai membuat hiasan dinding
kaligrafi asmaul husna dengan bahan stik es krim, kain flanel, karton, spidol
dan lain-lain ü
Setelah pengerjaan selesai peserta didik menampilkan
hasil karya kelompoknya untuk di tampilkan di depan kelas |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi |
Mengidentifikasi Ketercapaian Tujuan Proyek dan
Kelemahan-Kelemahan Yang Terjadi Dengan Model Pertanyaan Seperti Berikut :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tindak Lanjut |
ü Ajak peserta didik untuk
berbagi karya kaligrafi kelompok mereka dan jelaskan makna yang terkandung di
dalamnya. Diskusikan bersama bagaimana mereka menghubungkannya dengan asmaul
husna yang dipilih ü Memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mempresentasikan karya kaligrafi kelompok di depan
kelompok atau seluruh kelas. Hal ini akan memberi peserta didik kesempatan
untuk berbagi inspirasi, pesan yang ingin disampaikan, serta memberikan
apresiasi satu sama lain atas upaya mereka. ü
Susun
pameran karya kaligrafi asmaul husna di ruang kelas atau area sekolah yang
dapat dilihat oleh siswa, guru, dan staf. Hal ini akan memperlihatkan
keberagaman interpretasi dan kreativitas peserta didik dalam menggambarkan
asmaul husna. |
Rubrik Penilaian
Subelemen |
Kategori |
|||
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa |
Mengenal adanya Tuhan Yang Maha Esa
melalui sifat-sifat-Nya |
Mengenal sifat-sifat utama Tuhan Yang
Maha Esa bahwa Dia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha penyayang
dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan |
Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan
sifat-sifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan-Nya |
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa |
Kerja
sama |
Terbiasa bekerja bersama dalam melakukah kegiatan dengan
kelompok (melibatkan dua atau lebih orang). |
Menerima dan melaksanakan tugas serta
peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama. |
Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan
kelompok |
Kerja
sama |
Menghasilkan karya dan tindakan yang
orisinal |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan
tindakan yang dihasilkan |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan
yang dihasilkan |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan
serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Menghasilkan karya dan tindakan yang
orisinal |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
Menyimak Informasi sederhana dan
mengungkapkannya dalam bahasa lisan |
Memahami informasi sederhana dari orang
lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan
kata-katanya sendiri |
Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan dan
keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan
berbagai simbol dan media |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
Husna, S.Pd.I
Nama Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar