LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA Tema Membuat Kaligrafi

 

LK-7: Penyusunan Modul Project P5-PPRA

Petunjuk:

1.          Bacalah dimensi dan tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

2.          Analisis jumlah Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam satu tahun ajaran.

3.          Tentukan Tema, Topik, dan NamaProjek Profil

4.          Tentukan 2 dimensi, elemen, sub elemen dan akhir fase Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (minimal 2 dimensi dan tema).

Tema              : Kewirausahaan

Topik              : Membuat Kaligrafi Asmaul Husna

Projek Profil       : Menumbuhkan Kreatifitas peserta didik dengan Kaligrafi yang indah

 

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Akhir Fase

Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

 Akhlak beragama

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

 

 

Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan sifat-sifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan-Nya

 

Bergotong-Royong

 Kolaborasi

Kerja Sama

 

Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama

 

Kreatif

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Kreatif

 

Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Sub Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Capaian Perkembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil

Alamin

Tathawwur wa Ibtikar (Dinamis dan Inovatif)

Kritis, kreatif, inovatif, dan mandiri

 

Berpikir sistematis, berani mengambil keputusan, serta mengembangkan gagasan baru yang berdaya saing untuk kemanfaatan yang lebih tinggi

Syura (Musyawarah)

Demokratis dan menjunjung tinggi keputusan mufakat/ konsesnsus

Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan serta menjunjung tinggi konsensus

 

 

Aktivitas:

 

Alur

Aktivitas

Pengenalan

Peserta Didik Dibimbing Oleh Guru untuk memahami topik yang akan dibahas yaitu membuat hiasan dinding kaligrafi Asmaul husna

Persiapan :

ü Guru Menyiapkan Video Tentang cara pembuatan hiasan dinding kaligrafi asmaul husna dengan menggunakan stik es krim

ü Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang projek yang akan dibuat, kegunaannya serta urutan cara-cara membuatnya

ü Peserta didik mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kaligrafi asmaul husna antara lain stik es krim, gunting, lem, kain flanel, spidol, karton dan lain-lain

Kontekstualisasi

ü Peserta didik menggali permasalahan yang ada di lingkungan sekitar terkait topik yang akan dibahas, mereka mencari informasi terkait bahan-bahan untuk membuat kaligrafi asmaul husna sehingga dari kaligrafi  tersebut dapat bernilai ekonomis

ü Mengidentifikasi bahan dan alat stik es krim yang akan ada disekitar peserta didik

ü Menentukan jenis produk yang akan dikerjakan (kaligrafi asmaul husna dengan bahan stik es krim, kain flanel dan lain lain

 

Aksi

Pelaksanaan :

·         Guru memulai dengan menanyakan kepada Peserta Didik apa yang mereka ketahui kaligrafi asmaul husna dan kegunaan dari kaligrafi tersebut. Beberapa pertanyaan pemantik yang dapat diberikan:

·         Apa arti dan pesan yang ingin kalian sampaikan melalui karya kaligrafi asmaul husna ini?

·         Bagaimana konsep desain yang ingin kalian buat dalam karya kaligrafi ?

ü  Peserta didik melalui bimbingan guru menyusun rencana kegiatan projek

ü  Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

 

ü  Peserta Didik Menyaksikan Video Yang Diberikan Oleh Guru Dengan Seksama sampai dengan selesai berkaitan dengan cara-cara pembuatan kaligrafi asmaul husna

ü  Mengerjakan projek dibawah bimbingan guru (di kelas atau ruangan lain yang telah disepakati)

ü  Projek dikerjakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan (guru melakukan observasi terhadap siswa tentang nilai gotong royong sepanjang kegiatan)

ü  Dengan di bimbing guru peserta didik mulai membuat hiasan dinding kaligrafi asmaul husna dengan bahan stik es krim, kain flanel, karton, spidol dan lain-lain

ü  Setelah pengerjaan selesai peserta didik menampilkan hasil karya kelompoknya untuk di tampilkan di depan kelas

 

Refleksi

Mengidentifikasi Ketercapaian Tujuan Proyek dan Kelemahan-Kelemahan Yang Terjadi Dengan Model Pertanyaan Seperti Berikut :

No

Pertanyaan Refleksi

Ya

Tidak

Tidak Tahu

1.

Apakah kalian tahu apa itu kaligrafi

 

 

 

2.

Apakah kalian kesulitan membuat kaligrafi asmaul husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, as-Salām dan al-Mu’min dari bahan stik es krim dan kain flanel

 

 

 

3.

Apakah kamu menyukai kegiatan projek hari ini

 

 

 

4.

Apa kendala yang ditemukan ketika membuat kaligrafi ini

 

5.

Bagian mana yang paling kamu suka

 

6.

Apa yang tidak kamu suka selama kegiatan pembelajaran hari ini

 

Tindak Lanjut

 

ü  Ajak peserta didik untuk berbagi karya kaligrafi kelompok mereka dan jelaskan makna yang terkandung di dalamnya. Diskusikan bersama bagaimana mereka menghubungkannya dengan asmaul husna yang dipilih

ü  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan karya kaligrafi kelompok di depan kelompok atau seluruh kelas. Hal ini akan memberi peserta didik kesempatan untuk berbagi inspirasi, pesan yang ingin disampaikan, serta memberikan apresiasi satu sama lain atas upaya mereka.

ü  Susun pameran karya kaligrafi asmaul husna di ruang kelas atau area sekolah yang dapat dilihat oleh siswa, guru, dan staf. Hal ini akan memperlihatkan keberagaman interpretasi dan kreativitas peserta didik dalam menggambarkan asmaul husna.


 

 

Rubrik Penilaian

 

Subelemen

Kategori

Mulai Berkembang

Sedang

Berkembang

Berkembang

Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

 

Mengenal adanya Tuhan Yang Maha Esa melalui sifat-sifat-Nya

 

Mengenal sifat-sifat utama Tuhan Yang Maha Esa bahwa Dia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan sifat-sifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan-Nya

 

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

 

 Kerja sama

 

Terbiasa bekerja bersama dalam melakukah kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang).

 

Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.

Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok

 

 Kerja sama

 

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Menyimak Informasi sederhana dan mengungkapkannya dalam bahasa lisan

Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri

Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan dan keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan berbagai simbol dan media

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

 

 

                                                                                                             Husna, S.Pd.I

Nama Mahasiswa


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)