Tugas 1 LK 1 - Analisis Struktur Kurikulum, CP, TP dan ATP

 

 

 

LK-1.1.1: Analisis Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP)

 

Petunjuk:

 

1.     Gunakan kurikulum Sekolah yang berbasis Kurikulum Merdeka.

2.     Bagi sekolah yang belum memiliki kurikulum merdeka, mahasiwa diminta mencari contoh kurikulum madrasah/sekolah dari berbagai sumber dalam penyusunan tugas LK dimaksud.

3.     Pelajari Modul KB 1.1 dengan baik.

 

No.

Komponen KSP

Uraian

1.

Karakteristik

Kekuatan :

 Situasi atau kondiisi yang menjadi kekuatan dari SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai  Kabupaten Merangin  yang biisa memberikan dampak positif pada saat ini atau pun di masa mendatang adalah :

1.     Sekolah ini terakrediitasi A, dengan liingkungan sekolah yang sarana dan prasaranaanya memadai  untuk proses pembelajaraan, sehiingga       m          e               nempatkan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin ini sebagai salah satu SD didesa untuk Desa Lubuk Gaung dengan jumlah peserta diidik mencapai 80 orang.

2.     Ada beberapa prestasi yang sudah diraih oleh SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin ini baiik di tingkat Nasiional maupun Regiional, sehiingga menjadikan SD ini semakin prestise” di mata orangtua dan masyarakat.

3.     Selain telah meenerapkan Kurikulum Merdeka semenjaak Tahun Pelajaaran 2024/2025, di SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin ini  juga menerapkan kegiatan pembiasaan pendidiikan karakter agar peserta didik memiliki budi pekertii luhur yang akan diiterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Seluruh warga sekolah yang mampu bersinergi dalam upaya menerapkan viisi dan misi sekolah serta memiliki semangat yang tiinggi dalam memajukan sekolah.

5.     Menerapkan pembiiasaan keagamaan (islam) setiiap hari Jum’at kepada peserta diidik meskiipun bukan sekolah yang berbasis keagamaan. Bagi yang non muslim juga ada pembiiasaan keagamaan  tersendiri.

6.     Dengan fasiliitas, sarana dan pasarana yang memadai di sekolah ini maka memungkinkan untuk peserta didiik melakukan berbagai kegiatan  termasuk di antaranya berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

7.     Dengan jumlah peserta diidik sebanyak 80 orang, tentunya banyak bakat dan bibit unggul” yang biisa diarahkan kompetensiinya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

8.     Sebagian besar tenaga pendiidik merupakan guru yang kompeten dan aktif mengiikuti kegiatan  pengembangan kompetensi, serta kualiifikasi pendidikan juga sudah sesuai dengan bidangnya  masing-masiing.

Kelemahan :

 Situasi atau kondisi yang menjadi kelemahan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai yang biisa memberikan dampak negatiif terhadap kondisi saat ini ataupun di masa mendatang, yaiitu sebagai beriikut :

1.    Terdapat beberapa guru yang mendekati usia  pensiun yang tiidak mampu menerapkan pembeelajaran yang kreatif dan inovatif karena keterbatasan mereka dalam hal teknologi.

2.    Terdapat belum ada  pagar di belakang sekolah sehiingga memudahkan siswa bolos .

3.    Tugas tambahan guru di luar tugas pokoknya yang mempengaruhi kualitas proses pembeelajaran.

Peluang :

 

Situasi atau kondiisi yang merupakan peluang atau kesempatan yang dimiliki SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudiian hari adalah sebagai beriikut :

1.    Dukungan dari pemeriintah dan lembaga terkait dalam upaya meniingkatkan mutu pendidikan yang berkarakter, ini diitunjukkan dengan program- program yang diiselenggarakan oleh pemerintah seperti dukungan kepada Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) untuk segera diitingkatkan kualitas profesionalismenya di antaranya dengan pembiiayaan APBD untuk peserta PPG PAI Kab. Merangin yang diadakan untuk pertama kalinya, sebagaimana yang saat ini saya jalani.

2.    Peserta diidik yang berprestasi baik di tiingkat Nasional maupun Regiional di “support” penuh oleh pemeriintah daerah.

3.    Orang tua dan masyarakat sekitar yang memiliki kepedulian tiinggi serta mendukung program- program atau kegiatan- kegiiatan yang dilaksanakan sekolah.

 

Ancaman :

 Siituasi atau kondiisi yang merupakan tantangan yang akan dihadapi SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin yang biisa menghambat perkembangan sekolah adalah sebagai berikut :

1. Penerapan Kurikulum Merdeka yang baru memasuki tahun ke dua, bagi pendiidik yang kurang memiiliki kompetensi tentunya akan menjadi penghambat dalam penerapannya dikarenakan masih ada beberapa tenaga pendidik yang kurang menguasai Informasi dan Teknologi (IT) serta kurang “literasi” dalam mengapliikasikannya.

2.      Selain itu juga munculnya berbagai “platform” mengajar seperti halnya Platform Merdeka Mengajar yang menjadi tantangan tersendiri bagi pendiidik untuk dapat menyelesaikan setiap tugas di dalamnya sehiingga ini juga akan menyiita waktu dan tenaga pendidik baik saat maupun setelah jam pembelajaran, sehingga fokus pendiidik tentunya akan terbagi. Hal ini tentunya akan dirasakan sangat berat bagi pendidik yang sudah memasuki usia pensiun dan kurang memahamii teknologi.

3.      Terdapat banyak satuan pendidikan setingkat disekitar lokasi SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin, yang memicu kuatnya atmosfir persaingan dalam upaya bertahan untuk tetap menjadi sekolah terfavoriit.

 

2.

Keselarasan

 

 

a. Visi

Visi SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai, Kab. Merangin, Provinsi Jambi :

 

“Terwujudnya Peserta Didiik yang , Berkarya, Berprestasi, Berkarakter dan berbudaya”

 

b. Misi

Misi SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai, Kab. Merangin, Provinsi Jambi :

 

1.      Melaksanakan pembelajaran yang kreatiif dan inovatif

2.      Menerapkan kedisiplinan kepada seluruh warga Sekolah

3.   Menanamkan cinta terhadap budaya bangsa

4.  Menata Lingkungan dengan baik, bersih, rapi, indah dan nyaman

5.  Bersinerji dengan komite antara warga sekolah dan masyarakat melalui komite sekolah

6.  Belajar Membaca Al-Qur’an dan Menghafal bacaan Sekolah

7. Mengenalkan dan mengoperasiikan perangkat Komputer dan Office word

 

c. Tujuan

Tujuan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin Provinsi Jambi :

 

1.   Jangka Pendek

a.     Menciptakan generasi muda yang memiiliki budi pekerti

b.     Menciptakan generasi muda yang beriman dsan bertaqwa

c.     Menciiptakan generasi muda yang cerdas dan berkarakter

d.     Menciiptakan geberasi muda yang memiliki sikap yang baik

e.     Mendorong peserta diidik untuk sholat berjamaah

f.      Mendorong peserta diidik sering melakukan kegiatan pembiasaan literasi

g.     Mendorong peserta didiik ikut serta dalam ekstrakurikuler

h.     Mengikut sertakan peserta didik dalam berbagai bidang sesuai bakat dan miinat peserta didik.

 

2.  Jangka Menengah

a.     Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan  Profil Pelajar Pancasila (P5).

b.     Memfasilitasi peserta diidik untuk mengembangkan keragaman potensi, miinat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai       dengan tingkat perkembangannya.

c.     Memfasiilitasi peserta didiik untuk dapat meningkat kan budaya diisiplin beriibadah serta kesadaran hiidup sehat.

d.     Membekali peserta diidik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kriitiis.

e.     Membekali peserta diidiik dalam penguasaan digital.

f.      Memfasilitasi peserta diidik memiliki kepekaan.

 3.  Jangka Panjang

a.    Menghasiilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat, beriman bertaqwa, kritis, cerdas, berkharakter dan berdaya juang tiinggi, serta memiiliki lulusan yang mempunya karakter Pelajar Profil Pancasila ( P5).

b.   Menghasiilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatiifitas, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

c.    Menghasiilkan lulusan yang memiliki wawasan serta ilmu pengetahuan yang banyak.

 

d. Refleksi terhadap keselarasan visi, misi dan tujuan pada satuan pendidikan

Keselarasan Viisi, Misi dan Tujuan pada satuan pendidikan dapat di lihat pada Rencana Aksi Satuan Pendidikan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai Bangko VI

Dari ketiga komponen baik itu visi, misi serta tujuan satuan Pendidikan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai sudah selaras dan saling berkaitan satu sama lain serta tidak bertentangan dengan kerangka kurikulum.

Dengan demiikian dapat diketahui bahwa Visi, Misi dan Tujuan satuan Pendidikan SDN No. 08/VI Lubuk Gaung I Kecamatan Batang Masumai serasi dan saling mendukung untuk mencapai tujuan

pendidikan nasional yang diinginkan.

 

3.

Analisis Kondisi Lingkungan pada satuan pendidikan dalam menyusun KSP

Kurikulum    fungsional     satuan pengajaran     dibuat dengan mempertimbangkan potensi bidang, kompetensi sekolah dan latar belakang peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa satuan pendidikan harus mempertimbangkan kondiisi lingkungan, daya tampung sekolah, kelayakan sarana dan prasarana, predikat akrediitasi sekolah, serta latar belakang siswa dalam menyusun Kuriikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

Dengan lingkungan sekolah serta sarana dan prasaranya

yang memadai, hal ini tentunya sangat mendukung dalam menyusun Kuriikulum Operasiioanal  Satuan Pendidikan (KOSP)

 


 

 

 

 

                                                                                                              Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.1.2: Pengorganisasian Pembelajaran (satu semester)

 

Petunjuk:

1.     Hitung jumlah jam pelajaran efektif dalam satu semester untuk semua mata pelajaran

2.     Distribusikan jumlah jam tersebut pada setiap bulan efektif

3.     Khusus PPRA mengambil alokasi waktu 20-30% dari total keseluruhan jam mata pelajaran dalam satu semester

 

Sem

Struktur

Keterangan

Jumlah JP

Juli

Agt

Sep

Okt

Nov

Des

 

 

 

 

 

 

 

 

I

 

 

 

Intrakurikuler

1.   PAIBP

8

16

16

16

16

8

2.   Pendidikan Pancasila

12

24

24

24

24

12

3.   Bahasa Indonesia

16

32

32

32

32

16

4.     Bahasa Inggris

16

32

32

32

32

16

4.   Matematika

12

24

24

24

24

12

5.   IPAS

12

24

24

24

24

12

 

6.   PJOK

8

16

16

16

16

8

7.   Seni

8

16

16

16

16

8

8.   Mulok : BTQ

    4   

   8   

   8   

   6  

8         

   2  

 

 

 

 

 

 

 

 

Ko-Kurikuler P5

1.   Kultum Jum’at

8

16

16

16

16

8

2.   Sholat Dhuha

8

16

16

16

16

8

3.   Sholat Berjama’ah

8

16

16

16

16

8

4.   Pembiasaan Bersedekah

    8   

   16  

   16  

  16  

  16

   8  

 

 

 

 

 

 

 

 

Ekstrakurikuler

1.   Pramuka

4

8

8

8

8

4

2.   Taekwondo

4

8

8

8

8

4

3.   PMR

4

8

8

8

8

4

4.   Karate

4

8

8

8

8

4

5.     Drumband

6.     silat

4

4

8

8

8

8

8

8

8

8

4

 

7.    Tari

4

8

8

8

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                              Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.2.1: Komponen Capaian Pembelajaran (CP)

 

Komponen

Uraian (Gunakan Redaksi Menurut Mahasiswa)

Rasionalitas Mata Pelajaran PAIBP

Pendidiikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara bertahap dan holiistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar mantap secara spiiritual, berakhlak mulia, dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta cara penerapannya dalam kehiidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republiik Indonesia. Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti secara umum harus mengarahkan peserta didik kepada (1) kecenderungan kepada kebaikan (al-ḥanīfiyyah), (2) sikap memperkenankan (al-samḥah), (3) akhlak mulia (makārim al-akhlāq), dan (4) kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). Dengan Pendiidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dasar-dasar tersebut kemudian diterapkan oleh peserta didik dalam beriiman dan bertakwa kepada Allah Swt., menjaga diiri, peduli atas kemanusiaan dan lingkungan alam. Deskriipsi dari penerapan ini akan tampak dalam beberapa elemen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terutama dalam akhlak pribadi dan sosial, akidah, syari’at dan sejarah peradaban Islam. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti biisa menjadi pedoman bagi peserta didik dalam menjaga diri dan menerapkan akhlak mulia setiap hari. Berbagai persoalan di masyarakat seperti krisis akhlak, radikalisme dan krisis liingkungan hidup dan lain-lain mempunyai jawaban dalam tradiisi agama Islam. Dengan mempelajari dan menghayati Pendiidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didik mampu menghindari segala perubahan negatiif yang terjadi di duniia sehingga tidak mengganggu perkembangan diirinya baik dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiiri, sesama warga negara, sesama manusia, maupun alam semesta. Dengan konteks Indonesia pada abad 21 yang semakiin kompleks, pemahaman yang mendalam tentang agama sangat diibutuhkan, terutama dalam menghormati dan menghargai perbedaan. Pelajaran agama tiidak hanya membahas hubungan manusia dengan Allah (ḥabl min Allāh), namun juga hubungan dengan diiri sendiiri, sesama warga negara, sesama manusia (ḥabl min al-nās) dan alam semesta. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan yang beragam dalam proses belajar agama yang tiidak hanya berupa ceramah, namun juga diskusi-interaktiif, proses belajar yang bertumpu pada keiingintahuan dan penemuan (inquiry and discovery learning), proses belajar yang berpiihak pada anak (student-centered learning), proses belajar yang berbasis pada pemecahan masalah (problem based learning), pembelajaran berbasiis proyek nyata dalam kehidupan (project based learniing), dan proses belajar yang kolaboratif (collaborative learning). Berbagai pendekatan ini memberi ruang bagi tumbuhnya keterampilan yang berharga seperti budaya berpiikir kriitis, kecakapan berkomuniikasi dan berkolaborasi, dan menjadi peserta didik yang kreatif. Melalui muatan materi yang disajikannya dalam 5 (lima) elemen keilmuan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertii antara lain al-Quran dan hadis, akidah, akhlak, fiiqih, dan sejarah peradaban Islam, pelajaran agama Islam dapat berkontriibusi dan menguatkan terbentuknya profiil pelajar pancasiila sebagai pelajar sepanjang hayat (min al-mahdi ila al-laḥdi) yang beriman dan bertakwa, serta berakhlak muliia, menyadari dirinya bagian dari penduduk duniia dengan berkepribadian dan punya kompetensi global, mandiri, kreatif, kritis, dan bergotong royong.

Tujuan Mata Pelajaran

PAIBP

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan:

1. memberikan bimbingan kepada peserta diidik agar mantap spiritual, berakhlak mulia, selalu menjadiikan kasih sayang dan siikap toleran sebagai landasan dalam hidupnya;

 2. membentuk peserta didik agar menjadi pribadi yang memahami dengan baik priinsip-prinsip agama Islam terkait akhlak mulia, akiidah yang benar (‘aqīdah ṣaḥīḥah) berdasar paham ahlus sunnah wal jamā`ah, syariat, dan perkembangan sejarah peradaban Islam, serta menerapkannya dalam kehiidupan sehari-hari baik dalam hubungannya dengan sang penciipta, diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusiia, maupun lingkungan alamnya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

3. membimbing peserta didiik agar mampu menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berfiikir sehingga benar, tepat, dan arif dalam menyiimpulkan sesuatu dan mengambil keputusan;

 4. mengkonstruksi kemampuan nalar kriitis peserta didik dalam menganalisa perbedaan pendapat sehingga berperilaku moderat (wasaṫiyyah) dan terhindar dari radikalisme ataupun liberaliisme;

 5. membimbing peserta diidik agar menyayangi lingkungan alam sekitarnya dan menumbuhkan rasa tanggung jawabnya sebagai khaliifah Allah di bumi. Dengan demikian dia aktif dalam mewujudkan upaya-upaya melestarikan dan merawat liingkungan sekitarnya; dan

 6. membentuk peserta didiik yang menjunjung tinggi nilai persatuan sehingga dengan demiikian dapat menguatkan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah basyariyyah), persaudaraan seagama (ukhuwwah Islāmiyyah), dan juga persaudaraan sebangsa dan senegara (ukhuwwah waṫaniyyah) dengan segenap kebhiinekaan agama, suku dan budayanya.

Karakteristik Mata Pelajaran PAIBP

Pendiidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup elemen keilmuan yang meliiputi (1) Al-Qur’an-Hadis, (2) Akidah, (3) Akhlak, (4) Fikiih, dan (5) Sejarah Peradaban Islam. Elemen-Elemen Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Al-Qur’an dan Hadis Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan baca dan tuliis Al-Qur’an dan hadis dengan baik dan benar. Ia juga mengantar peserta didik dalam memahami makna secara tekstual dan kontekstual serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidiikan Agama Islam dan Budi Pekerti juga menekankan cinta dan penghargaan tinggi kepada Al-Qur’an dan Hadiis Nabi sebagai pedoman hidup utama seorang muslim. Akiidah Berkaitan dengan prinsip kepercayaan yang akan mengantarkan peserta didik dalam mengenal Allah, para malaikat, kitab-kitab Allah, para Nabi dan Rasul, serta memahami konsep tentang hari akhir serta qadā’ dan qadr. Keimanan inilah yang kemudian menjadi landasan dalam melakukan amal saleh, berakhlak mulia dan taat hukum. Akhlak Merupakan perilaku yang menjadi buah dari ilmu dan keimanan. Akhlak akan menjadi mahkota yang mewarnai keseluruhan elemen dalam Pendiidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Ilmu akhlak mengantarkan peserta didik dalam memahami pentiingnya akhlak mulia pribadi dan akhlak sosial, dan dalam membedakan antara perilaku baik (maḥmūdah) dan tercela (mażmūmah). Dengan memahami perbedaan ini, peserta didik bisa menyadari pentingnya menjauhkan diiri dari perilaku tercela dan mendisiplinkan diiri dengan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari baiik dalam konteks pribadi maupun sosialnya. Peserta diidik juga akan memahami pentingnya melatih (riyāḍah), disipliin (tahżīb) dan upaya sungguh-sungguh dalam mengendaliikan diri (mujāhadah). Dengan akhlak, peserta didik menyadari bahwa landasan dari perilakunya, baik untuk Tuhan, dirinya sendiri, sesama manusia dan alam sekiitarnya adalah cinta (maḥabbah). Pendidikan Akhlak juga mengarahkan mereka untuk menghormati dan menghargai sesama manusia sehingga tidak ada kebencian atau prasangka buruk atas perbedaan agama atau ras yang ada. Elemen akhlak ini harus menjadi mahkota yang masuk pada semua topiik bahasan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, akhlak harus menghiasai keseluruhan konten dan menjadi buah dari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fikih Merupakaan interpretasi atas syariat. Fikih merupakan aturan hukun yang berkaiitan dengan perbuatan manusia dewasa (mukallaf) yang mencakup ritual atau hubungan dengan Allah Swt. (‘ubudiyyah) dan kegiatan yang berhubungan dengan sesama manusia (mu‘āmalah). Fikih mengulas berbagai pemahaman mengenai tata cara pelaksanaan dan ketentuan hukum dalam Islam serta implementasinya dalam ibadah dan mu‘āmalah. Sejarah Peradaban Islam Menguraikan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia dalam membangun peradaban dari masa ke masa. Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam (SPI) menekankan pada kemampuan mengambil hikmah dari sejarah masa lalu, menganalisa pelbagai macam peristiwa dan menyerap berbagai kebijaksanaan yang telah dipaparkan oleh para generasi terdahulu. Dengan refleksi atas kiisah-kisah sejarah tersebut, peserta diidik mempunyai piijakan historis dalam menghadapi permasalahan dan menghindari dari terulangnya kesalahan untuk masa sekarang maupun masa depan. Aspek ini akan menjadi keteladanaan (‘ibrah) dan menjadii inspiirasi generasi penerus bangsa dalam menyiikap dan menyelesaiikan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek, seni, dan lain-lain dalam rangka membangun peradaban di zamannya.

Capaian dalam Setiap Fase Mata Pelajaran

PAIBP

Pada akhir Fase B, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik. Peserta diidik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehiidupan seharii-hari. Pada elemen akidah peserta didik memahami sifat-siifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani. Pada elemen akhlak, peserta diidik menghormatii dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam kesehariian.

Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh). Peserta diidik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan liingkungan yang lebiih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat priibadi, memahami pentiingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep baligh dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf). Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondiisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad SAW. hingga diiutus menjadi Rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah

 

Capaian dalam Setiap Fase Mata Pelajaran

PAIBP menurut elemen

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Al-Qur’an dan Hadis

·         Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehiidupan sehari hari.

Akidah

·         Peserta diidik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajiib diimani.

Akhlak

·         Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaiikan ungkapan ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Peserta didik memahami arti keragamann sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diiri mengungkapkan pendapat priibadi, memahami pentiingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentiingnya persatuan.

Fikih

·         Pada elemen fiikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep baligh dan tanggung jawab yang menyertaiinya (taklīf).

Sejarah Peradaban

Islam

·         Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta diidik mampu menceriitakan kondiisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hiingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.

 

 


                                                                                                                                                  Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.2.2: Analisis Capaian Pembelajaran, Fase, Keluasan dan Kedalaman

 

Fase

Eleman

Capaian Pembelajaran

Keluasan

Kedalaman

Fase B kelas 4

·  Al-Quran dan hadist

·         Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

4.1. Peserta didik mampu

membaca surah-surah

pendek / ayat Al-Quran

dengan baik.

4.2. Peserta didik mampu

menjelaskan pesan pokok

yang terdapat dalam ayat Al-Quran dengan baik.

4.3. Peserta didik mengenal hadis tentang menjaga hubungan baik dengan sesama

4.4. Peserta didik mampu Me

nerapkan makna hadis

tentang menjaga hubungan

baik dengan sesama dalam

kehidupan sehari

-hari

·       Menafsiirkan surah-surah

pendek / ayat Al-Quran dengan baiik.

·       Memahami siurah-surah

pendek / ayat Al-Quran dengan baik.

·  Menafsiirkan mengenal hadis tentang menjaga hubungan

·  Mengapliikasikan makna hadiis

tentang menjaga hubungan

baik dengan sesama dalam

kehiidupan sehari

-hari

·  Aqidah

·         Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.

4.1. Peserta diidik mampu

memahami beberapa

asmaul husna

4.2. Peserta didiik mampu

mengenal para nabi

4.3. Peserta didiik mampu

mengenal rasul yang wajib

diimani

·       Mampu Menerapkan Contoh beberapa asmaul husna dalam kehiidupan sehari-hari

·       Mencontohkan Sifat-siifat Nabi

·       Mengaplikasikan sifat rasul

 

·  Akhlak

·         Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan

4.1. Peserta didiik mampu

memahami arti keragaman

sebagai sebuah ketentuan

dari Allah SWT.(sunnatullāh).

4.2. Peserta didiik mengenal

norma yang ada di

liingkungan sekitarnya

4.3. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

liingkungan yang lebih luas

.

4.4. Peserta diidik mampu

mengunggapkan pendapat

priibadi dengan percaya diri

4.5. Peserta diidik mampu

memahami pentingnya

musyawarah untuk mencapai

kesepakatan dan pentingnya

persatuan.

·       mengaplikasikan keragaman

sebagai sebuah ketentuan

dari Allah SWT.(sunnatullāh)

·       Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan sekitarnya

·                              Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan yang lebih luas

.

·       menyampaikan pendapat

pribadi dengan percaya diri

·       pentingnya

musyawarah untuk mencapai

kesepakatan dan

·  Fikih

·         Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).

4.1. Peserta diidik dapat

melaksanakan shalat jumat

dengan baiik

4.2. Peserta didiik dapat

melaksanakan salat sunah

dengan baik

4.3. Peserta didiik dapat

memahami konsep balig dan

tanggung jawab yang

menyertainya (taklīf).

·  melaksanakan shalat jumat

dengan baik

·  dapat

melaksanakan salat sunah

dengan baik

·       konsep balig dan  tanggung jawab yang

menyertainya (taklīf

·  Sejarah Peradaban Islam

·         Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah

4.1. Peserta didiik mampu

menceritakan

pemahamannya tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hiijrah dan

membangun Kota Madinah

Mampu menceritakan tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hijrah dan

membangun Kota Madinah

 

 

 


                                                                                                            Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


 

LK-1.3.1: Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) Berdasarkan CP

 

 

Elemen CP

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Al Quran dan Hadist

·         Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari

4.1. Peserta didik mampu

membaca surah-surah

pendek / ayat Al-Quran

dengan baik.

4.2. Peserta didik mampu

menjelaskan pesan pokok

yang terdapat dalam ayat Al-Quran dengan baik.

4.3. Peserta didik mengenal hadis tentang menjaga hubungan baik dengan sesama

4.4. Peserta didik mampu Me

nerapkan makna hadis

tentang menjaga hubungan

baik dengan sesama dalam

kehidupan sehari

-hari

Aqidah

·         Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani

4.1. Peserta didik mampu

memahami beberapa

asmaul husna

4.2. Peserta didik mampu

mengenal para nabi

4.3. Peserta didik mampu

mengenal rasul yang wajib

diimani

Akhlak

·         Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

4.1. Peserta didik mampu

memahami arti keragaman

sebagai sebuah ketentuan

dari Allah SWT.(sunnatullāh).

4.2. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan sekitarnya

4.3. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan yang lebih luas

.

4.4. Peserta didik mampu

mengunggapkan pendapat

pribadi dengan percaya diri

4.5. Peserta didik mampu

memahami pentingnya

musyawarah untuk mencapai

kesepakatan dan pentingnya

persatuan.

Fiqih

·         Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).

4.1. Peserta didik dapat

melaksanakan shalat jumat

dengan baik

4.2. Peserta didik dapat

melaksanakan salat sunah

dengan baik

4.3. Peserta didik dapat

memahami konsep balig dan

tanggung jawab yang

menyertainya (taklīf).

Sejarah Peradaban Islam

·         Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.

4.1. Peserta didik mampu

menceritakan

pemahamannya tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hijrah dan

membangun Kota Madinah


 

 


                                                                                                              Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.3.2: Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) berdasarkan Kompetensi dan Lingkup Materi pada CP

 

 

Eleman CP

Capaian Pembelajaran

Kompetensi

Materi

Tujuan Pembelajaran

Al Quran dan Hadist

·         Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari

·         Menganalisis surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Menganalisis hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari

 Surah-surah pendek atau ayat Al-Quran dan menjelaskan Pesan pokoknya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Hadist Tentang Kewajiban shlat dan Menjaga Hubungan baik dengan Sesama

4.1. Peserta didik mampu

membaca surah-surah

pendek / ayat Al-Quran

dengan baik.

4.2. Peserta didik mampu

menjelaskan pesan pokok

yang terdapat dalam ayat Al-Quran dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3. Peserta didik mengenal hadis tentang menjaga hubungan baik dengan sesama

4.4. Peserta didik mampu Me

nerapkan makna hadis

tentang menjaga hubungan

baik dengan sesama dalam

kehidupan sehari

-hari

Aqidah

·         Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani

·         Memberi Contoh sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani

Sifat-sifat Allah, Asmaul Husna

4.1. Peserta didik mampu

memahami beberapa

asmaul husna

4.2. Peserta didik mampu

mengenal para nabi

4.3. Peserta didik mampu

mengenal rasul yang wajib

diimani

Akhlak

·         Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

·         mengaplikasikan menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Menerapknan  keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         mengaplikasikan norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

Menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru

4.1. Peserta didik mampu

memahami arti keragaman

sebagai sebuah ketentuan

dari Allah SWT.(sunnatullāh).

4.2. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan sekitarnya

4.3. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan yang lebih luas

.

4.4. Peserta didik mampu

mengunggapkan pendapat

pribadi dengan percaya diri

4.5. Peserta didik mampu

memahami pentingnya

musyawarah untuk mencapai

kesepakatan dan pentingnya

persatuan.

Fiqih

·         Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).

·         melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).

 

4.1. Peserta didik dapat

melaksanakan shalat jumat

dengan baik

4.2. Peserta didik dapat

melaksanakan salat sunah

dengan baik

4.3. Peserta didik dapat

memahami konsep balig dan

tanggung jawab yang

menyertainya (taklīf).

Sejarah Peradaban Islam

·         Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.

·         Menjelaskan sejarah, menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.

 Sejarah kondisi Arab, Pra Islam, masa kanak-kanak dan Remaja Nabi Muhammad, SAW

4.1. Peserta didik mampu

menceritakan

pemahamannya tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hijrah dan

membangun Kota Madinah

 

 


                                                                                                                                                  Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.3.3: Perumusan Tujuan Pembelajaran Lintas Elemen CP

 

 

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Elemen Akidah

·         Peserta didik mampu    memahami beberapa asmaul husna

·         Peserta didik mampu  mengenal para nabi

·         Peserta didik mampu  mengenal rasul yang wajib diimani

Elemen Akhlak

·         Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu menjelaskan makna dan contoh perilaku terpuji sesuai dengan ajaran Islam, serta mampu mengamalkan perilaku terpuji tersebut dalam kehidupan sehari- hari

Elemen Adab

·         setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu menjelaskan makna Asmul Husna, serta mampu mengamalkan Asmaul Husna tersebut dalam kehidupan sehari- hari.

 

Elemen Kisah Keteladanan

·         Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu menjelaskan makna dan contoh kisah keteladanan dalam Islam, serta mampu meneladani perilaku yang ada dalam kisah tersebut dalam kehiidupan sehari-hari.

·         Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu mempraktikkan periilaku yang ada dalam kisah keteladanan dalam Islam, serta mampu memiliki sikap optimiis dalam menghadapi tantangan hidup.

 

 


                                                                                                              Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


LK-1.4: Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

 

Elemen

Capaian Pembelajaran (CP)

Tujuan Pembelajaran (TP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alokasi Waktu

JP

Pertemuan

Al Quran dan Hadist

·         Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.

·         Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari

4.1. Peserta didik mampu

membaca surah-surah

pendek / ayat Al-Quran

dengan baik.

4.2. Peserta didik mampu

menjelaskan pesan pokok

yang terdapat dalam ayat Al-Quran dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3. Peserta didik mengenal hadis tentang menjaga hubungan baik dengan sesama

4.4. Peserta didik mampu Me

nerapkan makna hadis

tentang menjaga hubungan

baik dengan sesama dalam

kehidupan sehari

-hari

4.1 Peserta diidik dapat mengemukakan pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, dapat membaca Q.S. al-Hujurat/49:13 dan hadis terkaiit dengan tartil, menulis Q.S. al-Hujurat/49:13 dan Hadis terkait dengan baik dan benar, dan menghafal Q.S. al Hujurat/49:13 dan Hadis terkait dengan lancar, dapat membuat paparan yang berisi Q.S. al-Hujurat/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, berani mempresentasiikan paparan Q.S. al-Hujurat/49:13

4.2 Peserta diidik dapat menguraikan  pesan-pesan pokok Q.S. al-Qariah, Q.S. al-Bayyiinah, hukum bacaan idghām dan iqlab, serta hadiis tentang  silaturahmi, dapat membaca Q.S. al-Qariah, Q.S. al-Bayyiinah, hukum bacaan idghām dan iqlab, serta hadiis tentang silaturahmi, dapat menulis Q.S. al-Qariah, Q.S. al-Bayyinah, serta hadis tentang siilaturahmi, dapat menghafal Q.S. al-Qariah, Q.S. al-Bayyinah, serta hadis tentang siilaturahmi dengan lancar, sehiingga menumbuhkan kebiiasaan membaca Al-Quran dan tentang

4.3 Peserta didik dapat mengemukakan definiisi al-Qur'an dan hadis secara sederhana, dapat meyakiini al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman hidup, sehingga tumbuh siikap taat beragama.

30

10

Aqidah

·         Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani

4.1. Peserta didik mampu

memahami beberapa

asmaul husna

4.2. Peserta didik mampu

mengenal para nabi

4.3. Peserta didik mampu

mengenal rasul yang wajib

diimani

4.1 Peserta didiik dapat mengemukakan  arti Asmaul Husna al-Malik, al-Aziz, al-Quddus, As-Salam dan al-Mukmin, dapat menjodohkan  kaligrafi al-Malik, al-Aziz, al-Quddus, As-Salam dan al-Mu'min sesuai artiinya secara berkelompok sehingga menampiilkan sikap suka menjaga kebersihan dan menciptakan kedamaian.

4.2 Peserta didiik dapat mengemukakan  siifat-sifat jaiz dan siifat-sifat mustahil bagi Allah SWT, dapat membuat karya berupa poster tentang sifat-sifat jaiz dan mustahil bagi Allah SWT secara berkelompok, sehingga menampiilkan sikap mengenal dan mencintai Allah SWT.

4.3 Peserta diidik dapat mengemukakan  arti iman kepada Rasul, menyebutkan sifat-sifat Rasul, dapat mempraktiikkan contoh sifat  sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah, secara berkelompok, sehingga dapat menampilkan siikap sikap berani, jujur, dapat dipercaya, dan cerdas

18 JP

6

Akhlak

·         Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.

·         Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).

·         Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

4.1. Peserta didik mampu

memahami arti keragaman

sebagai sebuah ketentuan

dari Allah SWT.(sunnatullāh).

4.2. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan sekitarnya

4.3. Peserta didik mengenal

norma yang ada di

lingkungan yang lebih luas

.

4.4. Peserta didik mampu

mengunggapkan pendapat

pribadi dengan percaya diri

4.5. Peserta didik mampu

memahami pentingnya

musyawarah untuk mencapai

kesepakatan dan pentingnya

persatuan.

4.1 Peserta didik mampu mendeskripsiikan makna salam, siikap menolong orang lain, dan membangun siikap rukun, dapat membuat poster  mengenai salam, sikap menolong orang lain, dan membangun siikap rukun, sehingga dapat menumbuhkan siikap toleran dan siimpati dengan diilandasi pemahaman akidah yang kuat.

4.2 Peserta diiidik mendeskriipsikan makna musyawarah, menghormati pendapat orang lain, dan menjaga persatuan, dapat memberi contoh praktiik musyawarah, menghormati pendapat orang laiin, dan menjaga persatuan secara berkelompok, sehiingga dapat membiiasakan musyawarah, menghormati pendapat orang laiin, dan menjaga persatuan.

 

12

3

Fiqih

·         Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, miemahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).

4.1. Peserta didik dapat

melaksanakan shalat jumat

dengan baik

4.2. Peserta didik dapat

melaksanakan salat sunah

dengan baik

4.3. Peserta didik dapat

memahami konsep balig dan

tanggung jawab yang

menyertainya (taklīf).

4.1 Peserta didiik mampu mengemukakan tanda-tanda usia baliigh atau kedewasaan, dapat membuat miind mapping sederhana mengenai tanda-tanda usia baliigh dalam pandangan ilmu fikiih dan ilmu biologi, sehingga tertanam siikap bertanggungjawab dan taat beribadah

4.2 Peserta diidik dapat menerapkan tata cara salat Jumat, duha dan tahaju18d, dapat mempraktikkan tata cara salat Jumat, duha dan tahajud, sehinggatertanam perilaku taat beribadah dan berserah diri kepada Allah.

4.3 Peserta didik mampu mengemukakan Arti zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam, dapat mempraktiikkannya dalam kehiidupan sehari-hari, sehiingga membiasakan siikap berbagi kepada sesama.

18

5

Sejarah Peradaban Islam

·         Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta diidik mampu menceriitakan kondiisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.

4.1. Peserta didik mampu

menceriitakan

pemahamannya tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hijrah dan

membangun Kota Madinah

. 4.1. Peserta didik mampu

menceritakan

pemahamannya tentang

masa remaja Nabi

Muhammad saw. hingga

diutus menjadi rasul,

berdakwah, hijrah dan

membangun Kota Madinah

24

7

 

 

 


                                                                                                             Erwin Kusnadi

Nama Mahasiswa


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)