analisis Bahan ajar Jurnal 1 KB 4 dengan berupa Artikel PTK judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKADANPENGUASAAN MATERI LINGKARAN I MELALUI LATIHAN MANDIRI BAGI SISWA KELAS VIIIE SMP N 5 SRAGEN
ANALISIS BAHAN
AJAR
KEGIATAN BELAJAR :
1/2/3/4/
Judul Modul |
Evaluasi Pembelajaran |
||
Judul Kegiatan Belajar (KB ) |
Menganalisis Jurnal
1 KB 4 dengan
berupa Artikel PTK judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKADANPENGUASAAN MATERI LINGKARAN I
MELALUI LATIHAN MANDIRI BAGI SISWA KELAS VIIIE
SMP N 5 SRAGEN SEMESTER GENAP
TAHUN2009/2010”yang disusun Oleh SUKAMTI, SP.d, guru
SMP NEGERI 5 SRAGEN |
||
Bahan Ajar yang dianalisis |
Video/jurnal/Artikel* Jurnal
1 KB 4 |
||
No |
Butir Pertanyaaan |
Respon/Jawaban |
|
1 |
Tuliskan
minimal 3 (tiga) konsep beserta deskripsinya yang Anda temukan di dalam bahan
ajar; |
a.3
Konsep dan Deskripsinya : 1. Belajar merupakan
suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman ataupengetahuan
baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku (HermanHudoyo,
2003 : 83). 2. belajar pada
hakekatnya terjadinya perubahan tingkah laku dari individuberkat pengalaman
dan latihan. Perubahan tingkah laku tersebutmenyangkut perubahan
yang bersifat pengetahuan (kognitif), ketrampilan(psikomotor) maupun
nilai dan sikap (afektif) 3. Salah satu
teori belajar menurut Skemp (dalam Mohammad Soleh, 1998 :19)
bagaimana seorang siswa memahami konsep. Sebuah konsep terbentukakibat adanya
pengalaman atau tindakan isik terhadap lingkungan sekitar.Pembentukan
konsep memerlukan abstraksi dan klasiikasi. |
|
2 |
Lakukan kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam
bahan ajar dengan realitas sosial; |
Kontekstualisasi atas
pemaparan materi dalam bahan ajar dengan realitas sosial Dalam
konteks pendidikan saat ini, pembelajaran matematika sering dianggap sulit
oleh siswa. Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk menemukan cara yang
efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian
tindakan kelas ini berfokus pada penggunaan latihan mandiri untuk
meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya materi lingkaran, di kelas
VIII E SMP N 5 Sragen pada semester genap tahun 2009/2010. Penerapan latihan mandiri
sebagai metode pembelajaran dalam penelitian ini sangat penting. Latihan
mandiri memungkinkan siswa untuk:
Refleksi dan Evaluasi Sebagai bagian dari
penelitian tindakan kelas, refleksi terhadap proses pembelajaran sangat
penting. Evaluasi hasil belajar dapat dilakukan dengan cara:
Kontekstualisasi materi
lingkaran dengan realitas sosial dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya
pengintegrasian kehidupan sehari-hari siswa ke dalam pembelajaran matematika.
Dengan menggunakan latihan mandiri yang relevan dan kontekstual, hasil
belajar siswa dapat meningkat, sekaligus membangun keterampilan praktis yang
dapat mereka terapkan di dunia nyata. Melalui pendekatan ini, pendidikan
matematika tidak hanya menjadi proses akademis, tetapi juga relevan dan
menyenangkan bagi siswa. |
|
3 |
Merefleksikan
hasil kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna |
. Pengertian PTK Menurut Ebbut dan Hopkin
adalah kajian sistemik dari upayaperbaikan pelaksanaan praktik pendidikan
oleh sekelompok guru denganmelakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran,
berdasarkan refleksimereka
mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.Bisa diartikan bahwa PTK dapat
melihat langsung apa yng terjadi denganpeserta didik sehingga bisa menjadi
bahan evaluasi maupun refleksi bagi guru,artinya apabila PTK yang dilakukan
sudah baik dan sudah menyumbangkeberhasilan tinggi maka apa yang menjadi
pembahasan (judul) bisa terusmenerus dilakukan, dan begitu juga sebaliknya,
apabila hasil PTK belumberhasil berarti jelas menjadi PR guru untuk
menyelesaikan yang yang menjdipermasalah dengan menggunakan metode-metode
lain atau apapun.PTK yang berhubungan dengan pendidikan agama Islam juga bisa
mengangkat tema atau judul yang berhubungan dengan Nilai Moderasi Beragama
bisa secaraluas ataupun lebih fokus pada satu nilai moderasi bergama,
mislanya tentang Toleransi beragama. Dari PTK yang dilakukan makan akan
didapatkan hasil.Sama dengan PTK pada mapel lain, hasil bisa menjadi tolak
ukur dan sebagaibahan perbaikan kedepannya, sehingga apa yang diharapkan bisa
tersampaikandan dipraktekkan langsung oleh peserta didik, dan dapat
disimpulkan bila prilaku sudah mulai dilakukan diluang kecil (kelas) maka
bertahap prilaku ituakan dilakukan dalam ruang yang lebih besar, bisa di
sekolahan, duniapertemanan peserta didik dan masyarakat. |
|
Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar