LK 9 Penyusunan Modul Ajar TPACK

 

LK-8: Modul Ajar (MA-3) berbasis DBL

 

Modul Ajar Format Lengkap (Model 1) Modul Ajar PAIBP

 

Informasi Umum

Nama Penyusun                     : Abdullah

Institutsi                                : SMK SPP Negeri Merangin

Tahun Penyusunan                : 2024

Jenjang Sekolah                     : Fase E

Kelas                                    : X

Alokasi Waktu                         : 3x40 JP (1x Pertemuan)

Kompetensi Awal                     : Siswa telah memiliki kemampuan awal dalam memahami dampak negatif sikap hidup  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad.

 

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin        :

      Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis dan  kreatif

      Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah Beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, saling menghargai dengan berkhibenekaan global, menyukai demokrasi pancasila dan bernalar kritis dan kreatif

 

Sarana prasana            : Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia  pembelajaran interaktif, mushaf al-Qur’an, kitab hadis, kitab tafsir al-Qur’an,  komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana  ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing

 

     Target Peserta Didik               : Siswa Reguler

 

   Model Pembelajaran             : TPACK

Kompetensi Inti

A.         Tujuan Pembelajaran

1.1.     Peserta didik dapat menganalisis  manfaat  menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah,  takabbur, dan hasad

1.2. Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif  sikap hidup berfoya-foya riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

1.3.  Peserta didik dapat mengembangkan dan  Menyajikan Hasil  karya Materi  menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

 

B.       Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.1.1.        Peserta didik dapat menganalisis manfaat  menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah,  takabbur, dan hasad

1.1.2.  Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif  sikap hidup berfoya-foya riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

1.1.2.  Peserta didik dapat menganalisis cara menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

 

C.      Pemahaman Bermakna

      Memberikan pengalaman peserta didik dalam kebaikan kehidupan sehari hari sudah dijalankan sesuai syariat Islam..

 

D.      Pertanyaan Pemantik

·         Apa perbedaan antara sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

·         Jelaskanlah bahaya dari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

·         Jelaskanlah manfaat menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

·         Jelaskanlah contoh perilaku menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad

E.       Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan TPACK)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1. Siswa berdoa secara bersama-sama dan melakukan tadarus Q.S.Luqman/31: 16-19 2. Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing masing dan menyampaikan apersepsi.

3. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan  materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan  kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.

 

Kegiatan Inti (50 menit)

1.        Guru memutarkan Video Konten Pembelajaran tentang Materi Pembelajaran Hidup berfoya foya

2.        Guru Mengorganisasi peserta didik untuk Berdiskusi tentang Video Konten Pembelajaran  Hidup Berfoya-foya.

3.       Siswa membentuk enam kelompok sesuai tema pelajaran yakni berfoya-foya, riya’,  sum’ah, takabur, dan hasad.

4.        Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya tentang Materi  manfaat menghindari sikap berfoya foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara menghindarinya

.

Kegiatan Penutup (10 menit)

1.       Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini,  sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin  doa selesai kegiatan

2.       Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

F.       Asesmen

1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

ya

tidak

1. Apakah sudah pernah membaca buku atau kitab karya  ulama tentang akhlak mazmumah?

 

 

2. Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

 

 

3. Apakah kalian sudah siap melaksanakan  pembelajaran dengan metode tutor sebaya?

 

 

 

 

2. Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis. a. Asesmen saat tutor sebaya

Asesmen ini dilakukan ketika siswa melakukan kegiatan belajar dengnan metode  tutor sebaya.

Lembar kerja pengamatan kegiatan tutor sebaya

No

Nama  

Siswa

Aspek yang diamati

Skor

Ide/gagasan

Aktif

Kritis

1

2

3

4

1

Dafiq

 

 

 

 

 

 

 

2

Mita

 

 

 

 

 

 

 

Nilai = skor x 2,5

 

 

Refleksi untuk Siswa:

Nama Siswa : ..................

Kelas : ..................

Pertanyaan refleksi

Jawaban Refleksi

1. Bagian manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?

 

2. Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?

 

3. Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?

 

4. Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

 

 

 

Daftar Pustaka:

1. Ba’adillah, Ibnu Ibrahim. 2011. Ihya Ulumuddin. Jakarta: Gramedia 2. Ahmad Taufik dan Nurwastuti Setyowati. 2021. PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA,  Jakarta: Kemdikbud RI

Lembar Kerja Siswa:

Nama Siswa : ...........................

Kelas : ...........................

Tahapan

Kegiatan Siswa/ Pertanyaan

Catatan Hasil Kegiatan

Stimulasi

Siswa mengamati tayangan tentang  manfaat menghindari sikap berfoya-foya,  riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak  negatif dan cara menghindarinya melalui  youtube atau media lain.

 

Identifikasi

Masalah

1. Faktor apa saja yang menyebabkan  seseorang bersikap berfoya-foya,  riya’, sum’ah, takabur, dan hasad?

2. Bagaimana cara menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad?

3. Jelaskan manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad ?

 

Mengumpulk an informasi

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan manfaat menghindari  sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad

 

Mengolah

Informasi

Catat dan klasifikasikan informasi yang diperoleh untuk kemudian dijadikan dasar untuk menjawab persoalan

 

Verifikasi dan presentasi

Hasil

Lakukan verifikasi hasil olah data, pastikan temuan kalian sudah benar dan kemudian presentasikan

 

Generalisasi

Buatlah kesimpulan dari hasil kajian kelompok kalian.

 

 

G.      Pengayaan dan Remidial

·         Siswa yang memperoleh capaian tinggi akan diberikan pengayaan berupa kegiatan  tambahan terkait dengan kajian topik. Siswa mempelajari manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara  menghindarinya didalam kitab-kitab karya para ulama, misalnya kitab Ihya’ Ulumuddin

karya Imam Ghazali atau kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi. Kemudian  siswa menelusuri dalil yang terkait dengan sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad baik di dalam al-Qur’an maupun hadis. 

·         Sedangkan siswa yang menemukan kesulitan akan memperoleh pendampingan dari guru berupa bimbingan personal atau kelompok dengan langkah-langkah kegiatan yang lebih sederhana. Siswa diminta mempelajari kembali materi manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara  menghindarinya

 

H.      Glosarium

Kompetisi : persaingan

Motivasi : dorongan yg timbul pd diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dng tujuan tertentu

 

I.         Daftar Pustaka

Ahmad Taufik, dkk. 2021. Pendidikan Agama Islam & BP SMA Kelas X. Jakarta : Pusat Kurikulum dan perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Bangko, 15  agustus 2024


Kepala SMK SPP Merangin

 

 

JEDI NASRUL, S.Pd M.PdT

NIP. 19750422 2000121003.


Guru PAIBP.

 

 

Abdullah, S.Pd.I


Atau (Pilihan 2)

Modul Ajar Format Lengkap (Model 2) Modul Ajar PAIBP

Madrasah                    : SMK SPP Negeri Merangin

Mata Pelajaran              : PAIBP

Tema                           : Menghindari Akhlak Mahmumaz dalam Kehidupan sehari-hari

Fase/Kelas                  : E/X

Alokasi Waktu               :  3x 40 (1 X Pertemuan )

Tahun Pelajaran            : 2024-2025

Text Box: Kompetensi Awal:
Siswa telah memiliki kemampuan awal dalam memahami dampak negatif sikap hidup  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:
•	. Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis dan  kreatif 
•	Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah Beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, saling menghargai dengan berkhibenekaan global, menyukai demokrasi pancasila dan bernalar kritis dan kreatif
.
Sarana dan Prasarana: 
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia  pembelajaran interaktif, mushaf al-Qur’an, kitab hadis, kitab tafsir al-Qur’an,  komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana  ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing

Target Peserta Didik: 
Siswa Reguler

Nama Penyusun           : Abdullah, S.Pd.I

 

 

Tujuan Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.1.       Peserta didik dapat menganalisis manfaat  menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah,  takabbur, dan hasad

1.1.1.      Peserta didik dapat menganalisis manfaat  menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah,  takabbur, dan hasad

1.2. Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif  sikap hidup berfoya-foya riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

1.1.2.  Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif  sikap hidup berfoya-foya riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

1.3.  Peserta didik dapat menganalisis cara menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

1.1.3.  Peserta didik dapat menganalisis cara menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur, dan hasad

 

. dst

1.        Pemahaman Bermakna:

Memberikan pengalaman peserta didik dalam kebaikan kehidupan sehari hari sudah dijalankan sesuai syariat Islam

 

2.        Pertanyaan Pemantik:

1.      Apa perbedaan antara sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

2.      Jelaskanlah bahaya dari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

3.      Jelaskanlah manfaat menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad?

4.      Jelaskanlah contoh perilaku menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad

5.       

6.      Kegiatan Pembelajaran:

 

Langkah-langkah persiapan:

Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti:

·                . Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia seperti Laptop, Proyektor dll

·                Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

·                Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

Urutan Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan TPACK)

Alokasi Waktu

Pembelajaran ke-1

4 JP

(4x35’)

Kegiatan pembukaan:

·        Siswa berdoa secara bersama-sama dan melakukan tadarus Q.S.Luqman/31: 16-19

·         Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing masing dan menyampaikan apersepsi.

·         Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan  materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan  kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian

15’

Kegiatan Inti:

      Guru memutarkan Video Konten Pembelajaran tentang Materi Pembelajaran Hidup berfoya foya

      Guru Mengorganisasi peserta didik untuk Berdiskusi tentang Video Konten Pembelajaran  Hidup Berfoya-foya.

      Siswa membentuk enam kelompok sesuai tema pelajaran yakni berfoya-foya, riya’,  sum’ah, takabur, dan hasad.

      Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya tentang Materi  manfaat menghindari sikap berfoya foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara menghindarinya

       

110’

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

·         Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini,  sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin  doa selesai kegiatan

·         Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama

·          

Refleksi Peserta Didik:

Pertanyaan Refleksi

Ya

Tidak

Materi apa yang anda pelajari hari ini ?

 

 

Apa penyampaian bapak mudah dimengerti?

 

 

15’

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

      ............................................................................................

      ............................................................................................

      dst. Tabel Penialaian Sikap .

No

 

Nama Siswa

Berkeadaban

Musyawarah

Toleransi

Jumlan Nilai

Nilai Akhir

Predikat

1

2

3

4

1

2

3

4

           

        

             

1

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

2

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

      t.

Refleksi Guru

      Apa Yang Membuat Tertarik saat belajar tadi? Mengapa?

      Apa yang terpenting  yang kamu pelajari hari ini? Mengapa penting?

      Apa yang ingin kamu pelajari lebuh lanjut?.

Pembelajaran ke-2

4 JP (4x35’)

Kegiatan pembukaan:

      Guru Mengucapkan salam dan doa bersama

      Guru memeriksa Kehadiran, kerapian Pakaian

      Guru meminta Peserta didk mengamati gambar

       

15’

Kegiatan Inti:

      Guru meminta peserta didik menanyakan informasi yang akan dipelajari

      Guru Meminta peserta didik mengamati dengan Video Konten sesuai dengan sub tema yang diajarkan

      Guru meminta peserta didik yang lain mengemukakan jawaban atas pertanyaan temannya

      Guru Memberikan Penguatan Terhadap jawaban Peserta didik

 

110’

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

      Peserta Didik dan Guru Membuat kesimpulan Bersama-sama

      Peserta Didik Merefleksikan hasil pembelajaran bersam guru

      Guru Mengapresiasikan ke peserta didik yang aktif

      Guru menyampaikan materi pelajaran pada pertemuan berikutnya

      Guru Menutup pembelajaran dengan berdoa

Refleksi Peserta Didik:

Pertanyaan Refleksi

Ya

Tidak

Materi Apa yang dipelajari hari ini ?

 

 

Apa Penyampaian Bapak Mudah Dipahami?

 

 

15’

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

No

 

Nama Siswa

Berkeadaban

Musyawarah

Toleransi

Jumlan Nilai

Nilai Akhir

Predikat

1

2

3

4

1

2

3

4

           

        

             

1

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

2

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

     

Kegiatan Remidial dan Pengayaan

Kegiatan remidial:

      siswa yang menemukan kesulitan akan memperoleh pendampingan dari guru berupa bimbingan personal atau kelompok dengan langkah-langkah kegiatan yang lebih sederhana. Siswa diminta mempelajari kembali materi manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara  menghindarinya

Kegiatan pengayaan:

  Siswa yang memperoleh capaian tinggi akan diberikan pengayaan berupa kegiatan  tambahan terkait dengan kajian topik. Siswa mempelajari manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak negatif dan cara  menghindarinya didalam kitab-kitab karya para ulama, misalnya kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam Ghazali atau kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi. Kemudian  siswa menelusuri dalil yang terkait dengan sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad baik di dalam al-Qur’an maupun hadis. 

 

Sumber/Referensi/Daftar Pustaka

Ahmad Taufik, dkk. 2021. Pendidikan Agama Islam & BP SMA Kelas X. Jakarta : Pusat Kurikulum dan perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

      dst.

Lampiran

1.        Materi

Manfaat menghindari sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad. 1) Hati menjadi tenang dan damai

2) Merasa selalau bersyukur atas semua karunia Allah Swt

3) Dicintai dan disayangi oleh orang lain

4) Optimis dalam menjalani hidup

Dampak negatif sifat hidup berfoya-foya

Banyak dampak negatif dari sikap hidup berfoya-foya, diantaranya: 1) Terlalu sibuk mengurusi kebahagiaan duniawi, melalaikan akhirat 2) Menimbulkan sifat iri, dengki, dan pamer

3) Dapat memicu frustasi apabila hartanya habis

4) Berpotensi menimbulkan sifat kikir 

Cara menghindari sifat hidup berfoya-foya:

Agar terhindar dari sifat hidup berfoya-foya, lakukanlah hal-hal berikut ini 1) Membelanjakan harta sesuai dengan skala priorias kebutuhan

2) Membiasakan bersedekah dan membantu orang lain.

3) Bergaya hidup sederhana

4) Selalu bersyukur

5) Bertindak selektif dan terencana

6) Bersikap rendah hati

Dampak negatif sifat riya’ dan sum’ah

Perbuatan riya’ dan sum’ah akan berdampak negatif bagi pelakunya dan masyarakat  secara umum. Dampak negatif tersebut antara lain:

1) Muncul rasa tidak puas atas amal yang telah dikerjakan

2) Muncul rasa gelisah saat melakukan amal kebaikan

3) Merusak nilai pahala dari suatu ibadah, bahkan bisa hilang sama sekali 4) Mengurangi kepercayaan dan simpati dari orang lain

5) Menyesal apabila amalnya tidak diperhatikan oleh orang lain

6) Menimbulkan sentimen pribadi dari orang lain karena adanya perasaan iri dan  dengki

Cara menghindari sifat riya’ dan sum’ah:

1) Meluruskan niat

2) Menyadari bahwa dirinya adalah hamba Allah Swt.

3) Memohon pertolongan Allah Swt.

4) Menyembunyikan amal ibadah

5) Memperbanyak ingat kematian

6) Membiasakan hidup sederhana

Dampak negatif sikap takabbur bagi kehidupan seseorang, diantaranya  1) Dibenci oleh Allah Swt. dan rasul-Nya

2) Dibenci dan dijauhi oleh masyarakat

3) Mata hatinya terkunci dari memperoleh hidayah kebenaran

4) Mendapatkan siksa dan kehinaan di akhirat

5) Dimasukkan kedalam neraka

Cara menghindari sifat takabur diantaranya adalah :

1) Menyadari kekurangan dan kelemahan dirinya

2) Menyadari bahwa hidup di dunia hanya sementara

3) Berusaha selalu menghargai orang lain

4) Bersifat rendah hati (tawadhu’)

5) Meningkatkan kualitas ibadah

6) Ikhlas dalam melakukan ibadah

Dampak negatif dari sifat hasad, diantaranya adalah 

1) Menentang takdir Allah Swt.

2) Hati menjadi susah

3) Menghalangi keinginan berdoa kepada Allah Swt.

4) Meremehkan nikmat dari Allah Swt.

5) Merendahkan martabat orang lain

Cara menghindari sifat hasad :

1) Meyakini keadilan Allah Swt.

2) Memperbanyak rasa syukur

3) Menjaga sifat rendah hati (tawadhu’)

4) Senang membantu orang lain

5) Mempererat tali silaturahmi

6) Mendahulukan kepentingan umum

 

2.        Contoh media pembelajaran

https://youtu.be/8V56qYNMpQA?si=WjIp9ibO8y4I7Nkt

 

3.        Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1)

 

4.        Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1)

 

Nama Siswa : ...........................

Kelas : ...........................

Tahapan

Kegiatan Siswa/ Pertanyaan

Catatan Hasil Kegiatan

Stimulasi

Siswa mengamati tayangan tentang  manfaat menghindari sikap berfoya-foya,  riya’, sum’ah, takabur, dan hasad, dampak  negatif dan cara menghindarinya melalui  youtube atau media lain.

 

Identifikasi

Masalah

1. Faktor apa saja yang menyebabkan  seseorang bersikap berfoya-foya,  riya’, sum’ah, takabur, dan hasad?

2. Bagaimana cara menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad?

3. Jelaskan manfaat menghindari sikap  berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad ?

 

Mengumpulk an informasi

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan manfaat menghindari  sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur,  dan hasad

 

Mengolah

Informasi

Catat dan klasifikasikan informasi yang diperoleh untuk kemudian dijadikan dasar untuk menjawab persoalan

 

Verifikasi dan presentasi

Hasil

Lakukan verifikasi hasil olah data, pastikan temuan kalian sudah benar dan kemudian presentasikan

 

Generalisasi

Buatlah kesimpulan dari hasil kajian kelompok kalian.

 

 

5.        Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1)

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat!

1. Harta benda yang dimiliki oleh seseorang berpotensi menjerumuskannya dalam jeratan tipu daya setan. Padahal, harta karunia Allah Swt. tersebut seharusnya digunakan sebagai sarana ibadah. Berikut ini merupakan contoh penggunaan harta yang benar, kecuali ....

A. disedekahkan untuk fakir miskin

B. digunakan biaya biaya sekolah

C. disimpan untuk tabungan hari tua


2. Perhatikan Q.S al-Isra’/17: 26-27 berikut ini!


وَا تِ ذَا الْقُرْب ى حَقَّه وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا ٢٦

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْ ا اِخْوَانَ الشَّي طِيْنِ وَكَانَ الشَّيْط نُ لِرَبِّه كَفُوْرًا ٢٧


Ayat tersebut berisi pesan-pesan mulia bagi umat Islam. Di antara kandungan ayatnya adalah berisi larangan untuk ....

A. berbuat aniaya kepada orang lain

B. menghambur-hamburkan harta

C. bergaya hidup terlalu hemat

D. bersifat sombong dan membanggakan diri

E. memberitakan amal kebaikan kepada orang lain



3. Perhatikan Pernyataan Berikut INI :

Allah Swt. sangat tidak menyukai seseorang yang mempergunakan harta secara berlebihan. Mereka menghamburkan harta sia-sia dan melupakan hak-hak orang lain atas hartanya. Ia membelanjakan harta melewati batas kepatutan menurut ajaran Islam, dan tidak ada nilai manfaatnya untuk kepentingan dunia maupun akhirat.

Berdasarkan narasi tersebut, perilaku yang dimaksud adalah ....

A. israf

B. riya’

C. sum’ah

D. hasad

E. takabur

4. Allah Swt. sangat membenci sifat hidup berfoya-foya. Oleh karena itu seorang muslim harus menghindari sifat tersebut. Salah satu cara menghindari sifat hidup berfoya-foya adalah membiasakan bersedekah dan membantu orang lain. Mengapa bisa demikian?

A. sedekah akan mempercepat habisnya harta benda

B. amal kebaikan yang paling sulit dilakukan adalah sedekah

C. karena sedekah dapat menumbuhkan rasa empati kepada sesama

D. tidak ada satu pun manusia yang dapat lepas dari takdir Allah Swt

E. sedekah akan menjadikan seseorang semakin terkena



5. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Menerima dengan senang hati atas semua karunia dari Allah

2) Merasa yakin bahwa Allah Swt. telah menjamin rejeki semua mahkluk

ciptaan-Nya.

3) Kedua pernyataan tersebut akan mewujudkan sifat-sifat berikut ini, kecuali ....

A. qana’ah

B. optimis

C. yakin

D. syukur

E. ta’dzim

.

 

6.        Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1)

No

 

Nama Siswa

Berkeadaban

Musyawarah

Toleransi

Jumlan Nilai

Nilai Akhir

Predikat

1

2

3

4

1

2

3

4

           

        

             

1

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

2

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

 

 

7.        Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2)

Lampiran 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Penilaian Pengetahuan

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling

tepat!

1. Harta benda yang dimiliki oleh seseorang berpotensi menjerumuskannya dalam

jeratan tipu daya setan. Padahal, harta karunia Allah Swt. Tersebut seharusnya

digunakan sebagai sarana ibadah. Berikut ini merupakan contoh penggunaan harta

yang benar, kecuali ….

A. disedekahkan untuk fakir miskin

B. digunakan biaya biaya sekolah

C. disimpan untuk tabungan hari tua

D. membeli barang mewah dan unik untuk disimpan

E. memenuhi kebutuhan keluarga

2. Perhatikan Q.S al-Isra’/17: 26-27 berikut ini!

Ayat tersebut berisi pesan-pesan mulia bagi umat Islam. Di antara kandungan ayatnya

adalah berisi larangan untuk ….

A. berbuat aniaya kepada orang lain

B. menghambur-hamburkan harta

C. bergaya hidup terlalu hemat

D. bersifat sombong dan membanggakan diri

E. memberitakan amal kebaikan kepada orang lain

8.        Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2)

No

Nama  

Siswa

Aspek yang diamati

Skor

Ide/gagasan

Aktif

Kritis

1

2

3

4

1

Dafiq

 

 

 

 

 

 

 

2

Mita

 

 

 

 

 

 

 

Nilai = skor x 2,5

 

9.        Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2)

1.  Secara kodrat alamiah, manusia memang memiliki tabiat mencintai harta. Pada saat uang dan hartanya melimpah, perilakunya bisa berubah menjadi lebih konsumtif.Mengapa bisa demikian? Bagaimana caranya agar terhindar dasi sifat konsumtif?

2. Sifat berfoya-foya akan berdampak negatif dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya

adalah memicu frustasi dan tekanan batin, takut hartanya habis. Mengapa hal ini bisa

terjadi? Jelaskan!

3. Sifat riya’ dan sum’ah bisa muncul pada diri seseorang pada saat melakukan ibadah

ataupun setelah melakukannya. Rasulullah Saw. menegaskan bahwa riya’ termasuk

syirik khafi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan syirik khafi!

4. Ditinjau dari bentuknya, riya’ dibagi menjadi dua, yaitu riya’ dalam niat dan riya’

dalam perbuatan. Sebutkan sebuah contoh riya’ dalam niat!

5. Salah satu sifat tercela yang termasuk dosa besar adalah takabur. Oleh karenanya

setiap umat Islam harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari sifat tersebut.

Sebutkan ciri-ciri orang yang bersifat takabur!

10.     Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2)

No

 

Nama Siswa

Berkeadaban

Musyawarah

Toleransi

Jumlan Nilai

Nilai Akhir

Predikat

1

2

3

4

1

2

3

4

           

        

             

1

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

2

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

           

        

             

 

11.     Materi pengayaan

Manfaat menghindari sikap berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad. 1) Hati menjadi tenang dan damai

2) Merasa selalau bersyukur atas semua karunia Allah Swt

3) Dicintai dan disayangi oleh orang lain

4) Optimis dalam menjalani hidup

Dampak negatif sifat hidup berfoya-foya

Banyak dampak negatif dari sikap hidup berfoya-foya, diantaranya: 1) Terlalu sibuk mengurusi kebahagiaan duniawi, melalaikan akhirat 2) Menimbulkan sifat iri, dengki, dan pamer

3) Dapat memicu frustasi apabila hartanya habis

4) Berpotensi menimbulkan sifat kikir 

Cara menghindari sifat hidup berfoya-foya:

Agar terhindar dari sifat hidup berfoya-foya, lakukanlah hal-hal berikut ini 1) Membelanjakan harta sesuai dengan skala priorias kebutuhan

2) Membiasakan bersedekah dan membantu orang lain.

3) Bergaya hidup sederhana

4) Selalu bersyukur

5) Bertindak selektif dan terencana

6) Bersikap rendah hati

Dampak negatif sifat riya’ dan sum’ah

Perbuatan riya’ dan sum’ah akan berdampak negatif bagi pelakunya dan masyarakat  secara umum. Dampak negatif tersebut antara lain:

1) Muncul rasa tidak puas atas amal yang telah dikerjakan

2) Muncul rasa gelisah saat melakukan amal kebaikan

3) Merusak nilai pahala dari suatu ibadah, bahkan bisa hilang sama sekali 4) Mengurangi kepercayaan dan simpati dari orang lain

5) Menyesal apabila amalnya tidak diperhatikan oleh orang lain

6) Menimbulkan sentimen pribadi dari orang lain karena adanya perasaan iri dan  dengki

Cara menghindari sifat riya’ dan sum’ah:

1) Meluruskan niat

2) Menyadari bahwa dirinya adalah hamba Allah Swt.

3) Memohon pertolongan Allah Swt.

4) Menyembunyikan amal ibadah

5) Memperbanyak ingat kematian

6) Membiasakan hidup sederhana

Dampak negatif sikap takabbur bagi kehidupan seseorang, diantaranya  1) Dibenci oleh Allah Swt. dan rasul-Nya

2) Dibenci dan dijauhi oleh masyarakat

3) Mata hatinya terkunci dari memperoleh hidayah kebenaran

4) Mendapatkan siksa dan kehinaan di akhirat

5) Dimasukkan kedalam neraka

Cara menghindari sifat takabur diantaranya adalah :

1) Menyadari kekurangan dan kelemahan dirinya

2) Menyadari bahwa hidup di dunia hanya sementara

3) Berusaha selalu menghargai orang lain

4) Bersifat rendah hati (tawadhu’)

5) Meningkatkan kualitas ibadah

6) Ikhlas dalam melakukan ibadah

Dampak negatif dari sifat hasad, diantaranya adalah 

1) Menentang takdir Allah Swt.

2) Hati menjadi susah

3) Menghalangi keinginan berdoa kepada Allah Swt.

4) Meremehkan nikmat dari Allah Swt.

5) Merendahkan martabat orang lain

Cara menghindari sifat hasad :

1) Meyakini keadilan Allah Swt.

2) Memperbanyak rasa syukur

3) Menjaga sifat rendah hati (tawadhu’)

4) Senang membantu orang lain

5) Mempererat tali silaturahmi

6) Mendahulukan kepentingan umum

 

 

                                                                            Bangko, 14 Agustus 2024

                                                                            Guru PAIBP

Kepala SMK SPP Merangin

 

 

JEDI NASRUL, S.Pd M.PdT                                                         Abdullah, S.Pd.I

      NIP. 19750422 2000121003

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)