LK-12: Penyusunan Instrumen PTK
LK-12: Penyusunan Instrumen PTK
No |
Alat Instrumen |
Jenis Instrumen |
Contoh instrumen |
||
1 |
Angket |
▪ ▪ |
Daftar Cocok
(Check list) Skala
(Scala) |
▪ |
…. |
2 |
Wawancara |
▪ |
Pedomana Wawacara |
▪ |
…. |
▪ |
Daftar Cocok
(Check list) |
|
|
||
3 |
Pengamatan |
▪ |
Lembar Pengamatan |
▪ |
…. |
(Observasi) |
▪ |
Panduan Observasi |
|
|
|
|
▪ |
Daftar Cocok
(Check list) |
|
|
|
4 |
Tes |
▪ |
Soal Ujian |
▪ |
…. |
▪ |
Inventory (Inventori) |
|
|
||
5 |
Dokumentasi |
▪ |
Daftar Cocok (Check
list) |
▪ |
…. |
Contoh instrument
angket
Kuesioner Keterangan pilihan
jawaban
▪ SS = sangat
setuju
▪ S =
setuju
▪ TS = tidak setuju
▪ STS =
Sangat tidak setuju
No |
Pertanyaan |
Alternatif jawaban |
|||
SS |
S |
TS |
STS |
||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Setiap hari saling mengingatkan dalam belajar materi Menghindari Akhlak Mahmumaz |
√ |
|
|
|
2 |
Saya sudah
belajar bahwa Ahklak Mahmumaz akhlak Tidak Terpuji |
√ |
|
|
|
3 |
PAI adalah pelajaran yang sangat
menarik |
√ |
|
|
|
4 |
Kami shalat
berjama’ah Ketika waktu
zuhur dan salah satu siswa laki-laki yang akan mengumandangkan azan |
√ |
|
|
|
5 |
Kami harus
sampai disekolah pukul
07.10 WIB dan memilih sampah sebelum
masuk kelas |
|
|
|
|
Contoh Instrumen wawancara
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Menurut kamu,
apakah materi yang
ada dalam PAI itu sulit? |
|
2 |
Menurut kamu bagaimana cara guru PAI mengajar? |
|
3 |
Apakah kamu
menyukai pelajaran PAI? |
|
4 |
Materi apa
yang
kamu
sukai
dalam pelajaran PAI yang
sudah kamu pelajari? |
|
5 |
Materi apa
yang
sulit
kamu
pahami dalam pelajaran PAI yang sudah
kamu pelajari? |
|
Contoh instrument pengamatan (observasi)
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti
Materi : Menghindari Akhlak Mahmumaz
Tanggal pengamatan : 20 Juli 2023
Jumlah siswa : 25 orang
Berilah tanda centang
(√) pada kolom skor sesuai dengan kondisi
sebenarnya
No |
Kategori pengamatan |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Perhatian siswa
terhadap guru pada
saat penyampaian Materi |
|
|
|
|
2 |
Interaksi siswa
saat melakukan diskusi secara berkelompok |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan siswa
dalam melaksanakan diskusi |
|
|
|
|
4 |
Ketertiban saat
mengikuti proses pembelajaran |
|
|
|
|
5 |
Pengerjaan evaluasi hasil pembelajaran |
|
|
|
|
Contoh instrument Tes
Standar kompetensi : Memahami makna beriman kepada
kitab- kitab allah swt.
Nama pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Pokok bahasan : Menghindari Akhlak Mahmumaz
Allah Kelas/semester : X (ganjil)
Waktu : 80 menit
Bentuk : Objek tes Petunjuk soal:
1. Kerjakan soal pada lembar jawaban
yang tersedia
2. Tuliskan nama, kelas,
dan nomor absen pada kolom yang tersedia
3. Berilah tanda silang (X) pada soal pilihan ganda
pada huruf a, b, dan c pada jawaban yang tepat
4.
Kerjakan soal dari yang di
anggap mudah terlebih
dahulu
5. Periksa jawaban anda sebelum diserahkan ke pengawa
Soal 1: Apa arti kata "ghadhab" dalam bahasa Arab?
A) Sifat senang hati
B) Sifat sabar
C) Sifat mudah marah
D) Sifat murah hati
E) Sifat ceria
Jawaban: C) Sifat mudah marah
Soal 2: Menurut Sayyid Muhammad Nuh, apa pengertian marah?
A) Perubahan fisik yang menenangkan
B) Perubahan emosional yang membawa kebahagiaan
C) Perubahan emosional yang menimbulkan penyerangan dan penyiksaan
D) Perubahan emosional yang membuat seseorang tenang
E) Perubahan fisik yang menghilangkan stres
Jawaban: C) Perubahan emosional yang menimbulkan penyerangan dan
penyiksaan
Soal 3: Apa yang dimaksud dengan "ta'awudz"?
A) Mengendalikan amarah dengan bermusyawarah
B) Membaca doa untuk meredakan kemarahan
C) Melakukan meditasi dalam keadaan marah
D) Berbicara dengan lembut kepada orang lain
E) Menjalani latihan fisik untuk meredakan stres
Jawaban: B) Membaca doa untuk meredakan kemarahan
Soal 4: Faktor fisik yang dapat menyebabkan kemarahan di antaranya
adalah...
A) Kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuh
B) Banyaknya waktu luang
C) Kehilangan kekasih
D) Berbicara dengan lembut kepada orang lain
E) Berpartisipasi dalam aktivitas fisik
Jawaban: A) Kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuh
Soal 5: Apa yang dimaksud dengan "ujub"?
A) Kelemahan dalam mengendalikan amarah
B) Kepedulian terhadap orang lain
C) Keinginan untuk berdamai
D) Rasa bangga yang berlebihan terhadap diri sendiri
E) Sifat toleransi dalam pergaulan
Jawaban: D) Rasa bangga yang berlebihan terhadap diri sendiri
Soal 6: Mengapa mengubah posisi tubuh bisa membantu meredakan
kemarahan?
A) Karena orang yang marah akan menjadi lebih kuat
B) Karena posisi tubuh yang lebih tinggi dapat menenangkan pikiran
C) Karena orang yang marah akan lebih suka berdiri
D) Karena posisi tubuh yang lebih rendah dapat meredakan emosi
E) Karena posisi tubuh tidak berpengaruh terhadap kemarahan
Jawaban: D) Karena posisi tubuh yang lebih rendah dapat meredakan emosi
Soal 7: Apa manfaat menghindari sifat temperamental (ghadhab)?
A) Mendapatkan pengakuan dari orang lain
B) Membuat orang lain cemburu
C) Menghindari permusuhan dan kebencian
D) Menjadi pusat perhatian
E) Membuat orang lain takut kepada Anda
Jawaban: C) Menghindari permusuhan dan kebencian
Soal 8: Apa yang dimaksud dengan golongan "Ifrath"?
A) Golongan yang tidak memiliki sifat marah
B) Golongan yang mampu berlaku adil dan proporsional
C) Golongan yang marah berlebihan dan kehilangan kendali
D) Golongan yang selalu tersenyum
E) Golongan yang mampu memaafkan dengan mudah
Jawaban: C) Golongan yang marah berlebihan dan kehilangan kendali
Soal 9: Mengapa menghindari kemarahan penting dalam pandangan Islam?
A) Karena kemarahan membuat hidup lebih seru
B) Karena kemarahan dapat menghasilkan kreativitas
C) Karena kemarahan adalah ciri manusia yang baik
D) Karena kemarahan dapat merusak hubungan dan perdamaian
E) Karena kemarahan adalah tanda kekuatan emosi yang baik
Jawaban: D) Karena kemarahan dapat merusak hubungan dan perdamaian
Soal 10: Apa yang dapat menghasilkan pahala yang besar bagi seseorang
yang mampu mengendalikan amarahnya?
A) Mendapatkan hadiah dari orang lain
B) Mendapatkan gelar kesabaran
C) Mendapatkan pujian dari teman-teman
D) Mendapatkan surga yang luas
E) Mendapatkan kekayaan dan kehormatan
Jawaban: D) Mendapatkan surga yang luas
Soal 11: Apa definisi sifat "ghadhab" dalam bahasa Arab?
A) Sifat selalu ceria
B) Sifat mudah berbicara
C) Sifat mudah menangis
D) Sifat mudah marah
E) Sifat selalu sabar
Jawaban: D) Sifat mudah marah
Soal 12: Menurut Sayyid Muhammad Nuh, apa yang dimaksud dengan
"marah"?
A) Perasaan senang terhadap sesuatu
B) Perubahan emosional yang positif
C) Perubahan fisik yang menyenangkan
D) Perubahan emosional yang menyebabkan penyerangan
E) Perasaan bahagia terhadap kehidupan
Jawaban: D) Perubahan emosional yang menyebabkan penyerangan
Soal 13: Apa dampak negatif dari sifat "ghadhab" yang tidak
terkendali?
A) Membawa kebahagiaan bagi diri sendiri
B) Meningkatkan rasa toleransi terhadap orang lain
C) Menciptakan lingkungan yang harmonis
D) Menimbulkan masalah dan permusuhan baru
E) Meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan
Jawaban: D) Menimbulkan masalah dan permusuhan baru
Soal 14: Bagaimana seseorang dapat menghindari kemarahan menurut ajaran
Islam?
A) Dengan berbicara keras kepada orang lain
B) Dengan mengabaikan perasaan marah
C) Dengan menghina orang lain
D) Dengan membaca ta’awudz
E) Dengan memprovokasi orang lain
Jawaban: D) Dengan membaca ta’awudz
Soal 15: Apa yang dimaksud dengan "tafrith"?
A) Kemampuan mengendalikan amarah secara proporsional
B) Kekuatan fisik yang besar
C) Kemampuan menghindari konflik
D) Tidak memiliki kemampuan marah
E) Kemampuan untuk memaafkan dengan mudah
Jawaban: D) Tidak memiliki kemampuan marah
Soal 16: Faktor psikis yang dapat menyebabkan kemarahan adalah...
A) Keseimbangan antara fisik dan rohaniah
B) Kekuatan emosi yang rendah
C) Sikap lembut terhadap orang lain
D) Menghindari pertikaian
E) Karakter dan kepribadian seseorang
Jawaban: E) Karakter dan kepribadian seseorang
Soal 17: Mengapa membaca "ta'awudz" dapat membantu
mengendalikan kemarahan?
A) Karena membaca itu menghilangkan amarah secara ajaib
B) Karena membaca itu akan membuat orang lain takut
C) Karena membaca itu mengalihkan perhatian dari amarah
D) Karena membaca itu dapat mengubah kepribadian seseorang
E) Karena membaca itu membuat orang merasa lebih kuat
Jawaban: C) Karena membaca itu mengalihkan perhatian dari amarah
Soal 18: Apa yang dapat dihasilkan dari menghindari sifat temperamental
(ghadhab)?
A) Meningkatkan permusuhan
B) Membawa kebahagiaan dan ketenangan
C) Membuat seseorang lebih kuat
D) Menghasilkan pujian dari orang lain
E) Membuat seseorang lebih dominan
Jawaban: B) Membawa kebahagiaan dan ketenangan
Soal 19: Bagaimana pengaruh sifat temperamental yang berlebihan
terhadap hubungan sosial?
A) Meningkatkan kerukunan dan toleransi
B) Meningkatkan kualitas hubungan
C) Meningkatkan kerjasama dalam kelompok
D) Menciptakan permusuhan dan ketegangan
E) Meningkatkan rasa saling menghargai
Jawaban: D) Menciptakan permusuhan dan ketegangan
Soal 20: Apa yang dimaksud dengan "I'tidal"?
A) Golongan yang selalu marah berlebihan
B) Kemampuan menghindari kemarahan sepenuhnya
C) Golongan yang tidak pernah merasa marah
D) Golongan yang mampu berlaku adil dan proporsional dalam
mengendalikan amarah
E) Kemampuan memprovoasi orang lain untuk marah
Jawaban: D) Golongan yang mampu berlaku adil dan proporsional dalam
mengendalikan amarah
B. Membiasakan Perilaku Kontrol Diri
1. Apa yang dimaksud dengan "mujahaddah an-nafs"?
A) Kemampuan mengikuti hawa nafsu
B) Kontrol diri dalam beribadah
C) Upaya sungguh-sungguh mengendalikan diri dari perilaku yang
melanggar hukum Allah
D) Kecenderungan untuk bersikap impulsif
E) Kemampuan mengendalikan reaksi emosional
Jawaban: C) Upaya sungguh-sungguh mengendalikan diri dari perilaku yang
melanggar hukum Allah
2. Kontrol diri dalam Islam sering disebut sebagai mujahaddah an-nafs.
Apa arti dari kata "mujahaddah"?
A) Mengendalikan diri
B) Bersikap bijaksana
C) Bersungguh-sungguh
D) Menahan emosi
E) Mengikuti kehendak hati
Jawaban: C) Bersungguh-sungguh
3. Mengapa kontrol diri penting dalam relasi sosial?
A) Untuk menghindari setan
B) Agar dapat mengikuti hawa nafsu
C) Menciptakan suasana nyaman dan saling menghormati
D) Hanya untuk menghindari tindakan impulsif
E) Tidak ada manfaatnya dalam relasi sosial
Jawaban: C) Menciptakan suasana nyaman dan saling menghormati
4. Salah satu cara menerapkan kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari
adalah dengan:
A) Mengikuti hawa nafsu
B) Bertindak tanpa berpikir
C) Bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan
D) Melupakan akibat dari perbuatan
E) Memperbanyak perilaku agresif
Jawaban: C) Bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan
5. Apa manfaat dari memperbanyak zikir kepada Allah Swt. dalam konteks
pengendalian diri?
A) Menambah pahala saja
B) Menghindari setan
C) Mendapatkan kekuatan fisik
D) Menenangkan jiwa dan meredam konflik dalam diri
E) Menjauhkan diri dari segala masalah
Jawaban: D) Menenangkan jiwa dan meredam konflik dalam diri
6. Mengapa berdoa memohon perlindungan kepada Allah Swt. penting dalam
mengendalikan amarah?
A) Agar amarah tidak pernah muncul
B) Untuk membuat orang lain takut
C) Hanya sebagai tradisi
D) Agar tetap dalam lindungan Allah Swt. dan tidak kehilangan kendali
E) Hanya untuk menunjukkan kekuatan spiritual
Jawaban: D) Agar tetap dalam lindungan Allah Swt. dan tidak kehilangan
kendali
7. Kontrol diri membantu seseorang untuk:
A) Menjadi agresif
B) Menunjukkan ketidakpatuhan terhadap norma
C) Menghindari konflik dalam diri sendiri
D) Tidak berpikir sebelum bertindak
E) Mengikuti hawa nafsu sepenuhnya
Jawaban: C) Menghindari konflik dalam diri sendiri
8. Apa manfaat dari memiliki kontrol diri yang baik dalam keluarga?
A) Menciptakan keributan dan pertengkaran
B) Menunjukkan ketidakpedulian pada keluarga
C) Menjaga ketenteraman anggota keluarga
D) Mengabaikan nasihat dan perintah orang tua
E) Menunjukkan kepatuhan pada hawa nafsu
Jawaban: C) Menjaga ketenteraman anggota keluarga
9. Salah satu hikmah dari memiliki kontrol diri yang baik adalah:
A) Tidak mampu menahan emosi
B) Terjerat dalam sifat rakus dan serakah
C) Terhindar dari kesalahpahaman yang tidak perlu
D) Hanya bisa bersikap sabar dalam kehidupan
E) Tidak mampu bergaul dengan orang lain
Jawaban: C) Terhindar dari kesalahpahaman yang tidak perlu
10. Apa dampak positif dari memiliki kontrol diri yang baik dalam
lingkungan sekolah?
A) Menghindari sekolah
B) Membuat guru dan karyawan marah
C) Menunjukkan sikap sombong dan gengsi
D) Mampu menyelesaikan persoalan dengan pikiran yang jernih
E) Hanya berdampak pada prestasi akademik
Jawaban: D) Mampu menyelesaikan persoalan dengan pikiran yang jernih
C. Membiasakan Perilaku Berani Membela Kebenaran
1. Apa arti istilah "syaja'ah" dalam konteks Islam?
A) Ketakutan dan kelemahan hati
B) Keberanian untuk membela kebenaran
C) Pengecut dan tidak berani
D) Keragu-raguan dalam menghadapi risiko
E) Sikap keras kepala dan nekat
Jawaban: B) Keberanian untuk membela kebenaran
2. Apa yang dimaksud dengan "jubun" dalam konteks keberanian?
A) Kekuatan dan pemberanian hati
B) Keberanian dalam menghadapi musuh
C) Sikap keras kepala dan nekat
D) Tidak berani dan pengecut
E) Kekuatan fisik dan proporsional
Jawaban: D) Tidak berani dan pengecut
3. Mengapa memiliki keberanian penting dalam mengatakan kebenaran?
A) Agar mendapatkan popularitas
B) Agar dapat memimpin masyarakat
C) Untuk menghindari risiko dan konflik
D) Untuk mempengaruhi orang lain
E) Agar mendapatkan pengakuan dari lawan
Jawaban: C) Untuk menghindari risiko dan konflik
4. Dalam implementasi sikap berani membela kebenaran, apa yang harus
diperhatikan saat mengatakan kebenaran?
A) Menghindari risiko dan ketidaknyamanan
B) Mengikuti kehendak keluarga
C) Berdasarkan popularitas dan dukungan
D) Dengan mempertimbangkan konsekuensi dan dampaknya
E) Dengan menilai reaksi masyarakat
Jawaban: D) Dengan mempertimbangkan konsekuensi dan dampaknya
5. Faktor apa yang menjadi landasan utama bagi seseorang untuk berani
membela kebenaran?
A) Popularitas dan dukungan sosial
B) Materi dan kekayaan
C) Rasa cinta terhadap kehidupan dunia
D) Rasa takut terhadap musuh
E) Takut kepada Allah Swt. dan keyakinan pada kebenaran
Jawaban: E) Takut kepada Allah Swt. dan keyakinan pada kebenaran
6. Mengapa daya tahan tubuh yang kuat penting dalam sikap berani
membela kebenaran?
A) Untuk menakuti musuh
B) Untuk menghindari risiko fisik
C) Agar dapat mengatasi konflik dengan mudah
D) Untuk menghadapi penderitaan dan kesulitan
E) Untuk memperoleh popularitas
Jawaban: D) Untuk menghadapi penderitaan dan kesulitan
7. Bagaimana peran keluarga, masyarakat, dan sekolah dalam membentuk
sikap berani membela kebenaran?
A) Menekankan pada materialisme dan kekayaan
B) Membentuk kepribadian dengan mengutamakan popularitas
C) Mengajarkan untuk takut menghadapi risiko
D) Menanamkan nilai-nilai berani membela kebenaran secara sinergis
E) Membentuk sikap pengecut melalui pendidikan
Jawaban: D) Menanamkan nilai-nilai berani membela kebenaran secara
sinergis
8. Apa yang harus dilakukan oleh individu sebelum menilai orang lain
dalam berjuang membela kebenaran?
A) Menghindari konflik dengan orang lain
B) Membandingkan diri sendiri dengan orang lain
C) Memiliki keyakinan terhadap diri sendiri
D) Melakukan tindakan yang diarahkan oleh masyarakat
E) Mencari dukungan dari keluarga dan teman
Jawaban: C) Memiliki keyakinan terhadap diri sendiri
9. Apa manfaat dari sikap berani membela kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari?
A) Mendapatkan popularitas dan pengakuan sosial
B) Meminimalisir risiko dan konflik
C) Menjaga kesehatan fisik dan mental
D) Meningkatkan hubungan dengan orang lain
E) Memiliki kualitas mental dan keberanian dalam menghadapi persoalan
Jawaban: E) Memiliki kualitas mental dan keberanian dalam menghadapi
persoalan
10. Mengapa memiliki sikap berani membela kebenaran penting bagi bangsa
dan negara?
A) Untuk menakut-nakuti musuh negara
B) Agar negara memiliki kekayaan yang melimpah
C) Untuk menciptakan keadaan yang aman dan toleran
D) Untuk meningkatkan popularitas pemimpin negara
E) Agar negara memiliki kekuatan militer yang besar
Jawaban: C) Untuk menciptakan keadaan yang aman dan toleran
Contoh instrument dokumentasi Skor penilaian = P/8x100 Keterangan :
P = jumlah kegiatan yang
dilakukan Keteranga Skala Nilai:
-
Nilai 0-12,5 % :
Tidak menguasai
-
Nilai 25-37,5
% : kurang
menguasai
-
Nilai 50-62,5% : cukup
menguasai
-
Nilai 75-87,5% : menguasai
-
Nilai 91-100% : menguasai dengan baik
No |
Aspek penilaian |
Dilakukan |
Tidak dilakukan |
keterangan |
||
1 |
Menulis nama guru, ruang
dan tanggal pencatatan rencana harian |
|
|
|
||
2 |
Menulis nama
siswa dengan jelas |
|
|
|
||
3 |
Focus pada |
kegiatan |
Yang |
|
|
|
|
berhubungan |
dengan |
Materi |
|
|
|
pembelajjaran |
|
|
||||
4 |
Memberikan |
tanda |
Terhadap |
|
|
|
kegiatan yang dilakukan |
|
|||||
5 |
Tulisan bisa
dibaca, jelas dan rapi |
|
|
|
Abdullah, S.Pd.I
Nama Mahasiswa
Komentar
Posting Komentar