ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) FASE D KELAS VII
ALUR DAN TUJUAN
PEMBELAJARAN (ATP)
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS) FASE D KELAS VII
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Satuan Pendidikan : SMPN 1 Merangin
Kelas : VII
Fase : D
Nama penyusun : HAMDANI,S.P
A. PETUNJUK PENGGUNAAN
Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP
adalah urutan penyampaian yang berkesinambungan dari unit-unit pembelajaran
yang tujuannya jelas, cakupan
lengkap dan kedalamannya cukup, yang secara keseluruhan dirancang untuk
mencapai Capaian Pembelajaran (CP) setiap Fase. ATP akan memuat materi
inti, pemahaman bermakna, tujuan pembelajaran, rangkaian kegiatan yang mengarah
ke HOTS, profil pelajar Pancasila serta perkiraan jumlah jam
pelajaran dan glosarium yang memudahkan guru untuk menyusun bahan ajar yang
dibutuhkan. Seluruh CP akan dicapai
dalam 3 tahun yaitu kelas 7, 8 dan 9 dalam urutan yang telah disediakan dengan
tetap memberikan ruang bagi guru untuk melakukan inovasi dan kreasi
atas tujuan pembelajaran yang telah disediakan.
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PESERTA
DIDIK FASE D
Fase akhir dari Capaian Pembelajaran
(CP) Ilmu Pengetahuan Sosial untuk tingkat SMP kelas VII adalah
peserta didik mampu untuk memahami keberadaan diri dan keluarga di
tengah lingkungan sosial terdekatnya. Peserta didik diharapkan mampu
untuk menganalisis hubungan antara kondisi geograis lingkungan
sekitar tempat tinggal mereka dengan karakteristik masyarakat dan cara
mereka beraktivitas. Peserta didik diharapkan mampu memahami
bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada
CP kelas VII, peserta didik diharapkan
mampu menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan
kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya.
Peserta didik pada kelas VII
diharapkan dapat mengeksplorasi kondisi sosial lingkungan sekitar. Peserta didik
juga diminta untuk mengurutkan peristiwa
sejarah dalam kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat
ini. Peserta didik pada tahap ini mampu membuat karya atau melakukan
aksi sosial yang relevan di lingkungan keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian
melakukan releksi dari setiap proses yang sudah dilakukan.
Tema 01. Keluarga Awal Kehidupan |
|
Capaian
Pembelajaran akhir tahun Kelas 7 |
Pada akhir kelas 7,
peserta didik memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan
sosial terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas. Peserta didik
juga memahami bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ia menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan
kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mengeksplorasi kondisi sosial lingkungan sekitar. Ia mengurutkan peristiwa
sejarah dalam kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini.
Ia membuat karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan
keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian melakukan refleksi dari setiap
proses yang sudah dilakukan. |
Elemen
Pembelajaran Kelas 7 |
a)
Elemen pemahaman dan ruang lingkup pembelajaran
b) Elemen keterampilan proses
|
Capaian
Pembelajaran 1 |
Memahami keberadaan
diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial |
Pengantar Materi |
Guru
menyampaikan kepada peserta didik terkait sub-bab pada materi Keluarga Awal
Kehidupan. Materi diawali pemahaman kepada
peserta didik terkait keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan
sosial terdekatnya. Peserta didik kemudian mengeksplorasi kondisi sosial
lingkungan sekitar sehingga mampu mengurutkan peristiwa sejarah dalam
kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini. Setelah
sosialisasi di lingkungan keluarga maka cakupan diperluas menjadi sosialisasi
dalam masyarakat. Kondisi lingkungan sosial dan isik setiap wilayah yang
berbeda dapat memengaruhi upaya pemenuhan kebutuhan hidup. Hal ini karena adanya
perbedaan kondisi geograis daerah, karakteristik masyarakat dan cara mereka
beraktivitas. Perbedaan karakteristik wilayah dapat membuat masyarakat saling
berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan interaksi antarwilayah. |
Pertanyaan
pembimbing /
pemantik |
§ Apakah
kalian mengetahui dari mana silsilah keluarga kalian berasal? § Apakah kalian mengetahui nama ayah dan ibu dari orang tua kalian?
Apakah kalian mengetahui nama ayah dan ibu dari kakek-nenek kalian? §
Apa pengaruh lokasi relatif
dalam kehidupan? Mengapa lokasi relatif bersifat dinamis? Mengapa
lokasi absolut bersifat tetap? §
Bagaimana peluang dan tatanngan
kondisi wilayah nI donesia? §
Mengapa pembuatan
peta harus mencantumkan
berbagai okmponen peta? Apa saja fungsi tpae? §
Apa saja
jenis-jenis sumber sejarah lisan? §
Apa pentingnya
manusia menjadi makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral? §
Agen sosialisasi
manakah yang paling memengaruhi karakter individu? §
Bagaimana
proses terjadinya sosialisasi? §
Jenis norma
apa yang
sanksinya paling ringan? Bagaimana peranan nilai dan norma dalam kehidupan? §
Bias terjadi
perbedaan bentuk
muka bumi? Apa pengaruh perbedaan bentuk muka bumi dengan interaksi
wilayah?. §
Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan
manusia? Mengapa di masa Pandemi Covid-19 banyak belanja online meningkat? |
Pemahaman
bermakna |
§
Konsep utama: Keberadaan Diri dan Keluarga, Mengenal
Lokasi Tempat Tinggal, Sosialisasi
dalam Masyarakat, Aktivitas
Memenuhi Kebutuhan. §
Variasi: -
Mengidentiikasi dan menuliskan nama-nama anggota keluarga
dalam pohon silsilah keluarga. -
Pemahaman kepada peserta didik bahwa lokasi suatu
wilayah di permukaan bumi dapat memengaruhi wilayah di sekitarnya. -
Peserta didik mengetahui kondisi wilayah Indonesia dan menanamkan
nilai-nilai untuk mencintai bangsa Indonesia. -
Peserta didik mengembangkan skill komunikasi,
berikir krtiis, kreatif dan oklaboratif. -
Mengidentiikasi berbagai cerita rakyat yang ada di Indonesia,
daerah asal, dan hikmah dari cerita rakyat tersebut. -
Mengidentiikasi contoh aktivitas yang mencerminkan manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. -
Menganalisis masing-masing agen sosialisasi dalam pembentukan
karakter Individu. -
Menganalisis contoh pelanggaran norma. -
Mengidentiikasi mata pencaharian yang dominan berdasarkan
bentuk muka bumi. -
Mengidentiikasi jenis-jenis kebutuhan. |
Kompetensi |
§
Kemampuan
berkomunikasi:
berbagi informasi dengan para pendengar dan orang lain dengan menggunakan
berbagai bentuk berbagai teknik komunikasi. §
Kemampuan sosial: bekerja sama dengan
orang lain dalam bentuk mendengar pendapat dan memberikan pendapat dengan
cara yang efektif. |
Alur Tujuan pembelajaran |
a. Peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
sejarah asal usul keluarga. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas individu untuk mengidentiikasi dan menuliskan nama-nama
anggota keluarga dalam pohon silsilah keluarga. Kegiatan ini bertujuan
memberi pemahaman pada peserta didik bahwa setiap keluarga memiliki
sejarahnya masing-masing yang berbeda dengan sejarah keluarga lain. a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
lokasi absolut. b. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
lokasi relatif. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas kelompok untuk mengidentiikasi karakteristik lokasi absolut
dan relatif yang disertai dengan contoh. Kegiatan ini bertujuan memberi
pemahaman kepada peserta didik bahwa lokasi suatu wilayah di permukaan bumi
dapat memengaruhi wilayah di sekitarnya. Contohnya letak relatif yaitu, suatu
tempat yang terletak di tepi jalan raya memiliki harga yang lebih mahal.
Proses saling tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu
singkat, setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik terkait
hasil identiikasi.
a. Peserta didik diharapkan mampu menerangkan
letak dan luas wilayah Indonesia b. Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi
cuaca dan iklim di Indonesia c. Peserta didik diharapkan mampu
menganalisis kondisi geologis wilayah Indonesia. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas kelompok untuk mengidentiikasi kondisi wilayah Indonesia
yang mencakup letak, luas, cuaca, iklim, dan kondisi geologis. Kegiatan ini
dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa kondisi
wilayah Indonesia memiliki peluang dan tantangan yang berdampak pada
kehidupan.
a. Peserta didik diharapkan mampu
mengidentiikasi komponen peta. b. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
fungsi peta. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas individu untuk mengidentiikasi komponen peta. Kegiatan ini
dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peta yang baik dilengkapi
dengan berbagai komponen peta untuk memudahkan penggunanya membaca dan
menginterpretasikan peta. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik
dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab
dengan peserta didik terkait hasil identiikasi. a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
deinisi sejarah lisan. b. Peserta didik diharapkan mampu
mengidentiikasi jenis-jenis sumber sejarah lisan. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas individu untuk mengidentiikasi berbagai cerita rakyat yang
ada di Indonesia, daerah asal, dan hikmah dari cerita rakyat tersebut.
Kegiatan ini dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik
bahwa cerita rakyat tersebut memiliki hikmah yang bisa dijadikan pelajaran
dalam kehidupan. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik dapat
dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan
peserta didik terkait hasil identiikasi. a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
hakikat manusia sebagai makhluk sosial. b. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
hakikat manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas kelompok untuk mengidentiikasi contoh aktivitas yang
mencerminkan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
Kegiatan ini dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik
bahwa pentingnya manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
untuk menciptakan keamanan dan keharmonisan dalam hidup. Proses saling tukar
hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru
melakukan tanya jawab dengan peserta didik terkait hasil identiikasi. a. Peserta didik diharapkan mampu menerangkan
hakikat sosialisasi. b. Peserta didik diharapkan mampu
mengidentiikasi agen-agen sosialisasi. c. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
proses sosialisasi. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas kelompok untuk menganalisis masing-masing agen sosialisasi
dalam pembentukan karakter Individu. kegiatan ini dimaksudakan untuk memberikan
pemahaman kepada peserta didik bahwa agen-agen sosialisasi dapat memengaruhi
karakter setiap individu. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik
dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab
dengan peserta didik terkait hasil identiikasi. a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
nilai dan norma. b. Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi
jenis-jenis nilai dan norma. c. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
peranan nilai dan norma dalam kehidupan. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas kelompok untuk menganalisis contoh pelanggaran norma.
Kegiatan ini dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik
bahwa nilai dan norma ada sebagai salah satu pengendali tingkah laku
kehidupan untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan harmonis. Proses saling
tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat,
kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik terkait hasil analisis. a. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
faktor penyebab terjadinya interaksi antar wilayah. b. Peserta didik diharapkan mampu mengemukakan
contoh interaksi antar wilayah. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas kelompok untuk mengidentiikasi mata pencaharian yang dominan
berdasarkan bentuk muka bumi. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman
kepada peserta didik bahwa variasi bentuk muka bumi dapat memengaruhi
perbedaan mata pencaharian. Proses tukar hasil temuan peserta didik dapat
dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan
pesetra didik tekrait hasil identiikasi. a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
deinisi kebutuhan. b. Peserta didik diharapkan mampu
mengidentiikasi jenis-jenis kebutuhan. c. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan. d. Peserta didik diharapkan mampu menunjukan
jenis-jenis alat pemuas kebutuhan.. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
lembar aktivitas X untuk mengidentiikasi jenis-jenis kebutuhan. Kegiatan ini
dimaksudakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa jenis
kebutuhan setiap orang berbeda dan bersifat dinamis karena ada faktor-faktor
yang memengaruhi kebutuhan manusia. Proses saling tukar hasil temuan peserta
didik dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya
jawab dengan peserta didik terkait hasil identiikasi. |
Profil
pelajar Pancasila |
Mandiri dan bernalar
kritis, bergotong royong |
Jumlah jam pelajaran |
Min 30 jam pelajaran (30 JP) 1. TP 1-2 : 4
JP 2. TP 3 : 2 JP 3. TP 4-5 : 4 JP 4. TP 6 : 2 JP 5. TP 7 : 2 JP 6. TP 8 : 2 JP 7. TP 9 : 4
JP 8. TP 10-11 :
4
JP 9. TP 12-13 :
4
JP 10. TP 14-15 : 4 JP |
Glosarium |
Keluarga : Unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan
beberapa orang yang tinggal dan berkumpul bersama dalam satu atap
dalam keadaan saling ketergantungan. letak geologis : Posisi suatu wilayah yang didasarkan pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya. lokasi absolut : Letak yang tetap terhadap
sistem grid atau koordinat. lokasi relatif : Letak suatu tempat yang
dapat berubah-ubah sesuai dengan keadaan sekitarnya. lokasi : Letak suatu objek di
permukaan bumi. Peta : Gambaran permukaan bumi
yang diperkecil dalam bidang datar dengan skala tertentu. judul peta : Identitas untuk mengetahui dan menginterpretasikan daerah yang
tergambar dalam peta. cuaca : Kondisi rata-rata udara
pada saat tertentu di suatu wilayah yang relatif sempit dan dalam waktu yang singkat. curah hujan : Intensitas turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi
akibat kondensasi. iklim : Kondisi cuaca rata-rata
tahunan pada suatu wilayah dan cakupan wilayah yang luas. geologi : Ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi berdasarkan
kepada lapisan batuan. letak geologis : Posisi suatu wilayah yang didasarkan
pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya. region : Bagian dari wilayah yang
luas/kawasan/daerah suhu : Derajat panas atau dingin
yang diukur dengan skala tertentu. perkebunan : Sebidang tanah yang ditanami pohon musiman. pertambangan: Suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai
ekonomis dari dalam kulit bumi, baik secara mekanis maupun manual, pada
permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, dan di bawah air. skala peta : Perbandingan jarak di peta
dengan jarak sebenarnya di lapangan. legenda peta : Keterangan simbol-simbol pada peta untuk memudahkan pengguna dalam
membaca dan menginterpretasikan peta. sejarah lisan : Informasi sejarah tentang peristiwa penting yang dapat bersumber dari kesaksian lisan dan tradisi lisan. Sosialisasi : Proses sosial seumur hidup untuk mempelajari pola budaya, perilaku, dan
harapan. nilai kebaikan : Nilai yang bersumber pada kehendak/kemauan
manusia. nilai kebenaran: Nilai yang bersumber pada unsur akal manusia
(rasio/budi). nilai keindahan : Nislai yang bersumber pada rasa manusia
(perasaan, estetis). nilai kerohanian
: Segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia nilai material
: Segala hal yang bermanfaat bagi unsur jasmani manusia, misalnya makanan dan
pakaian. nilai religius : Nilai ketuhanan, kerohanian
yang tertinggi dan mutlak. nilai vital : Segala hal yang berguna
bagi manusia untuk melakukan kegiatan atau aktivitas. norma : Aturan atau cara yang diterapkan masyarakat agar sesuai dengan Nilai yang dianut
oleh masyarakat setempat. norma agama : Aturan yang menata kehidupan manusia yang bersumber dari Tuhan. norma hukum : Aturan-aturan yang dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu, misalnya lembaga pemerintah suatu negara. Norma kesopanan : Seperangkat aturan yang
menjadi panduan tingkah laku seseorang agar sesuai dengan kaidan sopan santun
untuk dapat diterima untuk hidup dalam lingkungan masyarakat. Norma kesusilaan
: Norma yang berasal dari hati nurani dan dipraktikkan secara berulang dan menjadi kebiasaan. COVID-19 : Penyakit
yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2
(SARS-CoV-2) yang menjadi pandemi semenjak tahun 2019 di seluruh negara di
dunia kebutuhan : Segala sesuatu yang
dibutuhkan oleh manusia dalam rangka mencapai kemakmuran. Kebutuhan individu: Kebutuhan yang kepuasan dan tujuan pemenuhannya dirasakan oleh individu atau seseorang. Kebutuhan jasmani : Kebutuhan
yang pemenuhan kebutuhannya akan memberikan kepuasan kepada badan atau
jasmani seseorang. Kebutuhan kelompok : Kebutuhan yang kepuasan dan tujuan
pemenuhannya dirasakan oleh kelompok atau golongan masyarakat
tertentu. kebutuhan masa mendatang : Kebutuhan yang pemenuhannya bisa dilakukan pada masa mendatang. Kebutuhan mendesak : Kebutuhan yang terjadi secara tiba-tiba dan sifatnya insidental. Kebutuhan primer : Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan rohani
: Kebutuhan yang pemenuhan kebutuhannya akan memberikan kepuasan
kepada rohani atau batin seseorang. Kebutuhan sekarang : Kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat dibutuhkan. Kebutuhan sekunder : Kebutuhan pelengkap, di mana kebutuhan
ini akan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sepanjang waktu : Kebutuhan yang dipenuhi sepanjang waktu sampai seseorang tersebut tidak membutuhkannya lagi. Kebutuhan tersier
: Kebutuhan akan barang mewah. kelembaban : Kemampuan udara dalam mengandung uap air. |
Ruang
lingkup materi |
1. Sejarah: •
Mikrohistori • Sejarah
lokal • Tradisi
lisan 2. Geograi: • Pemetaan
lingkungan rumah dan sekolah • Peta,
denah, dan skala wilayah •
Kependudukan 3. Ekonomi: • Kerja sebagai upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup • Manajemen keuangan 4. Sosiologi: • Sosialisasi • Nilai dan norma |
Tema 02.Keberagaman Lingkungan Sekitar |
|
Capaian
Pembelajaran akhir tahun Kelas 7 |
Pada akhir kelas 7, peserta
didik memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial
terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan
karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas. Peserta didik juga
memahami bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia
menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan kontribusi
yang positif terhadap lingkungan sekitarnya. Peserta didik mengeksplorasi
kondisi sosial lingkungan sekitar. Ia mengurutkan peristiwa sejarah dalam
kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini. Ia membuat
karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan keluarga dan
masyarakat terdekat, kemudian melakukan refleksi dari setiap proses yang
sudah dilakukan. |
Elemen
Pembelajaran Kelas 7 |
a)
Elemen pemahaman dan ruang lingkup pembelajaran
b) Elemen keterampilan proses
|
Capaian
Pembelajaran 2 |
Memahami hubungan antara kondisi geograis daerah dengan karakteristik
dan cara masyarakat beraktivitas. |
Pengantar Materi |
Secara
interaktif guru dan peserta didik dapat berbagi sudut pandang terkait dengan
keanekaragaman suku bangsa dan komunitas di Indonesia. Peserta didik diajak
untuk mengaitkan dengan tema sebelumnya yakni diferensiasi atau keberagaman
atas ras, etnis, agama dan gender. Peserta didik memperoleh informasi bahwa terdapat
kelompok-kelompok budaya di Indonesia yang mendukung keberagaman kebudayaan
di Indonesia. Dalam kerangka ke-IPSan, tema ini mengembangkan kemampuan
Peserta didik untuk membedakan manakah yang merupakan pembagian kelompok horizontal
dan kelompok atas dasar lapisan sosial atau secara vertikal. Keduanya berbeda
dan memiliki peranan dalam kelangsungan hidup dan proses sosialisasi dalam
masyarakat. Keterdapatan perbedaan kondisi lingkungan isik wilayah akan
memengaruhi keberagaman budaya. Adanya seorang tokoh yang dianggap
berpengaruh terhadap suatu wilayah, melahirkan kesepakatan antar warga dalam
mengikuti kebiasaan tokoh tersebut dan menghasilkan budaya yang berbeda pula
di masing-masing wilayah di Indonesia. Keanekaragaman budaya dapat menjadi
potensi pariwisata, sekaligus menjadi potensi konlik yang berujung pada
ancaman separatis apabila tidak dijaga. Peserta didik diharapkan mampu
menganalisis mampu membuat karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di
lingkungan keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian melakukan releksi dari
setiap proses yang sudah dilakukan. |
Pertanyaan
pembimbing /
pemantik |
§ Bagaimana makhluk hidup dapat muncul di permukaan bumi? Bagaimana
makhluk hidup dapat mempertahankan diri dari berbagai keadaan alam pada zaman
purba? Bagaimana pencemaran udara dapat terjadi? Mengapa pencemeran air dapat
berbahaya bagi tubuh kalian? dan bagaimana cara kalian dapat menjaga bumi? § Bagaimana syarat interaksi sosial walaupun kedua belah pihak belum
pernah bertemu sebelumnya? § Bagaimana proses pencemaran terjadi di air, tanah, dan udara? Bagaimana
upaya pelestarian lingkungan dari sumber daya udara, air dan tanah? dan
bagaimana solusi kalian dalam menerapkan konsep zero waste dilingkungan
sekitar? § Bagaimana cara manusia berburu dan mengumpulkan makanan? Bagaimana
pembagian kerja antara laki-laki dan wanita di zaman Praaksara? § Siapa Syeh Yusuf yang menjadi penyebar Islam di Afrika Selatan? § Bagaimana peran beliau di Indonesia? § Bagaimana konsep pembangunan berkelanjutan? Bagaimana karakteristik
pembangunan berkelanjutan? dan bagaimana tujuan dari pembanguan
berkelanjutan? § Bagaimana tanggapan kalian mengenai “kelangkaan dan kebutuhan manusia
yang tidak terbatas”? Bagaimana faktor yang menyebabkan kelangkaan? § Bagaimana langkah pencegahan kelangkaan sumber daya? Bagaimana dampak
ek onomi dari kelangkaan sumber daya? |
Pemahaman
bermakna |
§
Konsep utama: Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar, Pembiasaan Diri untuk Melestarikan Lingkungan, Pembiasaan Diri dalam Kebutuhan dan Kelangkaan. §
Variasi: Keterampilan
berpikir dimulai dengan “menjelaskan” dan dilanjutkan dengan “analisis”. |
Kompetensi |
§
Kemampuan
berkomunikasi:
berbagi informasi dengan para pendengar dan orang lain dengan menggunakan
berbagai bentuk media penyampaian termasuk media digital. §
Kemampuan Afektif: mampu mengelola pikiran
dalam bentuk memotivasi diri, berpikiran positif, dan menghargai orang lain. §
Kemampuan Refleksi: melakukan refleksi
pembelajaran (1. Apa yang sudah saya pelajari hari ini, 2. Apa yang belum
saya pahami?, 3. Apa yang harus saya tanyakan lagi?) |
Alur Tujuan pembelajaran |
a. Peserta didik diharapkan mampu membandingkan persamaan dan perbedaan
fenomena lingkungan sekitar sebagai proses geograis. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video mengenai
pembentukan permukaan bumi dan pencemaran yang ada di bumi. Peserta didik
kemudian diminta tanggapannya setelah mengamati gambar/video tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok dengan membagi
lembar kerja aktivitas seperti pada aktivitas kelompok di buku siswa subtema a. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan proses interaksi sosial
berdasarkan karakteristik ruang. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video mengenai interaksi
masyarakat yang terjadi di perkampungan, sekolah, pasar atau tempat
keramainnya lainnya. Peserta didik kemudian diminta tanggapannya setelah
mengamati gambar/video tersebut. a. Peserta didik diharapkan mampu
membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar sebagai
proses geograis. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, cerita pendek, artikel
berita atau yang lainnya mengenai pencemaran yang ada di bumi atau guru
berceramah dan menampilkan foto terkait pencemaran yang ada di sekitar
sekolah. Peserta didik kemudian diminta tanggapannya setelah mengamati media
tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok seperti lembar
aktivitas kelompok di buku siswa subtema pembiasaan diri melestarikan
lingkungan sebagai berikut. a. Peserta didik diharapkan mampu
mengenal/mengidentiikasi kehidupan masyarakat masa Praaksara pada aspek
sosial-ekonomi. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, cerita pendek,
artikel berita atau yang lainnya mengenai zaman Praaksara. Peserta didik
kemudiandiminta tanggapannya setelah mengamati media tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok dengan membagi
lembar aktivitas seperti pada aktivitas kelompok di buku peserta didik
subtema 5. Pembiasaan Manusia Zaman Praaksara sebagai berikut. a. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis
asal muasal bangsa Indonesia dan persebaran bangsa Indonesia Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, artikel berita
atau yang lainnya mengenai asal muasal bangsa Indonesia dan persebaran bangsa
Indonesia. Peserta didik kemudian diminta tanggapannya setelah mengamati
media tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok dengan seperti
pada lembar aktivitas kelompok subtema leluhur bangsa Indonesia dan diaspora
bangsa Indonesia di buku peserta didik sebagai berikut. a. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis konsep
pembangunan berkelanjutan, mengkritisi karakteristik pembangunan
berkelanjutan, dan membuat ide-ide dan gagasan berbasis pembangunan berkelanjutan
untuk lingkungan sekitar. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, artikel berita
atau yang lainnya mengenai konsep pembangunan berkelanjutan. Peserta didik
kemudian diminta tanggapannya setelah mengamati media tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok seperti pada
aktivitas kelompok di subtema tujuan pembanguna berkelanjutan berikut. a. Peserta didik diharapkan mampu membuat
langkah pencegahan kelangkaan sumber daya dan menganalisis kebutuhan manusia
yang tidak terbatas. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, artikel berita
atau yang lainnya mengenai langkah pencegahan kelangkaan sumber daya dan
masalah ekonomi. Peserta didik kemudian diminta tanggapannya setelah
mengamati media tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok seperti lembar
aktivitas kelompok di subtema kelangkaan sumber daya alam. a. Peserta didik diharapkan mampu membuat langkah
pencegahan kelangkaan sumber daya dan mengevaluasi masalah pokok ekonomi. Kegiatan
pembelajaran: -
Peserta didik mengamati gambar/video, artikel berita
atau yang lainnya mengenai konsep pembangunan berkelanjutan. Peserta didik
kemudian diminta tanggapannya setelah mengamati media tersebut. -
Guru membagi tugas ke setiap kelompok seperti pada
lembar aktivitas di buku peserta didik subtema 7. Langkah Pencegahan
Kelangkaan Sumber Daya dan subtema 8. Masalah Pokok Ekonomi sebagai berikut. |
Profil
pelajar Pancasila |
Mandiri, kreatif dan bernalar kritis |
Jumlah jam pelajaran |
Min 34 jam pelajaran (34 JP) 1. TP 16 : 2 JP 2. TP 17 : 2 JP 3. TP 18-20 :
6
JP 4. TP 21-24 : 8
JP 5. TP 25-26 :
4
JP 6. TP 27-28 : 4 JP 7. TP 29-30 :
4
JP 8. TP 31-32 :
4
JP |
Glosarium |
dinosaurus
: Binatang raksasa dari zaman
Prasejarah/Praksara yang temasuk kedalam kelompok reptilia. mesolithikum : Zaman batu tengah neolithikum : Zaman batu muda praaksara : Zaman sebelum manusia
mengenal tulisan. paleolithikum
: Zaman batu tua praaksara : Zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Primitif : Keadaan yang sangat
sederhana/ belum maju (tentang peradaban terbelakang). Pembangunan
berkelanjutan : Pembangunan yang berprinsip “memenuhi
kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa
depan” Barang
bebas : Barang sebagai alat pemuas
kebutuhan yang jumlahnya banyak bahkan tidak terbatas serta tidak perlu
pengorbanan untuk memperolehnya. Barang
ekonomis : Barang sebagai alat pemuas
kebutuhan yang membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya. barang
illith : Barang sebagai alat pemuas
kebutuhan yang ketika jumlah barangnya terbatas dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan manusia, sedangkan ketika jumlah barang ini berlimpah justru
menyebabkan bencana bagi manusia. Barang
komplementer : Alat pemuas kebutuhan yang
berfungsi sebagai pelengkap barang lainnya. Barang
substitusi : Alat pemuas kebutuhan yang berfungsi sebagai pengganti barang lainnya
dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan sama. barang
mentah : Barang yang perlu melalui proses produksi sebelum digunakan oleh
masyarakat. barang
produksi : Barang yang tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan secara
langsung, barang produksi digunakan sebagai alat bantu atau bahan baku untuk
menghasilkan barang lain. ekosistem :
Keanekaragaman suatu komunitas organic dan lingkungannya bersama habitatnya
yang saling berinteraksi. Diferensiasi
sosial : Variasi pekerjaan dan
kekuasaan kelompok dalam masyarakat yang dikaitkan dengan interaksi atau
akibat umum dari proses interaksi sosial yang ada. pertambangan
: Suatu kegiatan pengambilan endapan bahan
galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, baik secara
mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, dan di
bawah air. rumah
tangga produsen : Pelaku kegiatan ekonomi
yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kawasan
pelestarian alam : Kawasan hutan dengan ciri
khas yang mempunyai fungsi pokok perlindungan sistem penyangga kehidupan,
pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta pemanfaatan secara
lestari sumber daya hayati dan ekosistemnya. Kawasan
pelestarian alam : Kawasan hutan dengan ciri
khas yang mempunyai fungsi pokok perlindungan sistem penyangga kehidupan,
pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta pemanfaatan secara
lestari sumber daya hayati dan ekosistemnya. kawasan
suaka alam : Kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, baik di daratan maupun di
perairan, yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan
keanekaragaman tumbuhan dan satwa. kebutuhan: Segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia dalam rangka mencapai
kemakmuran. |
Ruang
lingkup materi |
1. Sejarah: •
Kehidupan manusia pada masa Praaksara 2. Geograi: • Fitur
geograis • Fenomena
geosfer •
Kependudukan 3. Ekonomi: • Konsep
dasar kebutuhan dan kelangkaan 4. Sosiologi: •
Interaksi sosial •
Pembentukan karakteristik budaya masyarakat daerah |
Tema 03. Potensi Ekonomi Lingkungan |
|
Capaian
Pembelajaran akhir tahun Kelas 7 |
Pada akhir kelas 7,
peserta didik memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan
sosial terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas. Peserta didik
juga memahami bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ia menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan
kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mengeksplorasi kondisi sosial lingkungan sekitar. Ia mengurutkan peristiwa
sejarah dalam kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini.
Ia membuat karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan
keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian melakukan refleksi dari setiap
proses yang sudah dilakukan. |
Elemen
Pembelajaran Kelas 7 |
a)
Elemen pemahaman dan ruang lingkup pembelajaran
b) Elemen keterampilan proses
|
Capaian
Pembelajaran 3 |
Memahami cara masyarakat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam
konteks lokal. |
Pengantar Materi |
Apersepsi
dilakukan oleh guru untuk mengingat kembali pengetahuan yang diperoleh
peserta didik serta menghubungkan dengan pengetahuan yang akan dipelajari
oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Kegiatan
apersepsi dalam buku peserta didik ini merupakan rangkaian materi yang sudah
dipelajari peserta didik dengan materi baru dan berisi pertanyaan kunci yang
dapat digunakan untuk memberikan konsep berpikir peserta didik. Pertanyaan
kunci digunakan sebagai pemantik materi baru yang akan dipelajari peserta
didik. Pertanyaan ini akan dijawab peserta didik dalam kolom yang sudah
disediakan. Dengan “gambaran”
tema sebagai apersepsi dengan harapan siswa termotivasi untuk mempelajari
materi yang disajikan. Guru dapat memandu siswa dengan mengkaji kembali (review)
dan mengingatkan kembali topik-topik IPS yang pernah dipelajari siswa ketika
belajar di kelas sebelumnya |
Pertanyaan
pembimbing /
pemantik |
·
Bagaimana bentuk bentang alam di daerah kalian? Apakah
potensi alam paling besar di daerah kalian? Bandingkan dengan teman lainnya
yang berasal dari daerah berbeda! Apakah daerah kalian memiliki kesamaan atau
perbedaan potensi alam? ·
Menurut kalian, bagaimana cara menghentikan perdagangan
barang peninggalan sejarah? ·
Bagaimana agama Islam mulai masuk ke Indonesia, teori
apa yang mendasari masuknya agama Islam ke Indonesia, Kerajaan apa saja yang
menganut kepercayaan Islam dan apa peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Buddha
yang masih dapat kita jumpai sampai saat ini. ·
Bagaimana cara manusia mendapatkan makanan dan minuman
di atas guna memenuhi kebutuhan pangan mereka? Apakah membuat sendiri? Atau
membeli dari pedagang? Atau membeli melalui jasa pengiriman secara online
misalnya Grab ataupun Gojek? ·
Apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya? Apa tujuan masing-masing kegiatan produksi, distribusi,
dan konsumsi? Apa saja yang memengaruhi kegiatan produksi, distribusi, dan
konsumsi? ·
Siapa saja yang berperan sebagai pelaku ekonomi? Apa
peran mereka dalam perekonomian suatu negara? ·
Bagaimana bisa terjadi kenaikan maupun penurunan harga
kebutuhan pokok? Mengapa ketika lebaran dan hari raya beberapa jenis barang
mengalami kenaikan harga? ·
Apa yang menyebabkan perbedaan Status, Peran Sosial,
Diferensiasi dan Stratiikasi Sosial. |
Pemahaman
bermakna |
Konsep
utama:
Perubahan Potensi Sumber Daya Alam, Aktivitas Kegiatan Ekonomi, Peranan Masyarakat Dalam
Rantai Ekonomi.
Variasi
:
Keterampilan berpikir yang diterapkan cukup bervariasi antara keterampilan
berpikir tingkat rendah sampai tingkat tinggi, diantarnya: mengidentifikasi,
mencari informasi, menjelaskan, melakukan presentasi, mengusulkan solusi, melakukan
survey, melakukan refleksi |
Kompetensi |
a) Kemampuan
pengelolaan mandiri (selfmanagement): mampu membuat perancanaan
kerja atas penugasan yang diberikan kepadanya dan menyelesaikannya secara
tepat waktu b) Kemampuan
melakukan riset:
mampu untuk: a. mengidentifikasi dan
mengklasifikasi data. b. mengumpulkan dan mengorganisasi data. c. menginterprestasi data. d. menganalisis
data. e. mengevaluasi hasil. f. menggeneralisasi
hasil. · Kemampuan berpikir kritis: mampu untuk: a. menetapkan sebab
dan akibat, b. mengevaluasi
fakta, c. memprediksi. d. mengidentifikasi
konsekuensi-konsekuensi dari suatu fenomena. e. menyarankan
alternatif pemecahan masalah. f. mampu memandang
sesuatu dari perspektif yang berbeda. · Kemampuan berkomunikasi: berbagi informasi
dengan para pendengar dan orang lain dengan menggunakan berbagai bentuk
berbagai teknik komunikasi · Kemampuan sosial: bekerja sama dengan orang lain
dalam bentuk mendengar pendapat dan memberikan pendapat dengan cara yang
efektif. · Kemampuan Refleksi: melakukan refleksi
pembelajaran (1. Apa yang sudah saya pelajari hari ini, 2. Apa yang belum
saya pahami?, 3. Apa yang harus saya tanyakan lagi?) |
Alur Tujuan pembelajaran |
r
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan potensi
sumber daya alam r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi faktor
yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang gambar masyarakat pesisir pada
awal tema untuk mengidentiikasi bentang alam yang ada di sekitar rumahnya.
Kegiatan orientasi dapat dilakukan dengan aktivitas individu seperti di bawah
ini. r
Peserta didik diharapkan mampu menguraikan aktivitas
kehidupan masyarakat Masa Hindu-Buddha Kegiatan pembelajaran: -
Guru memberi rangsangan mengenai perkembangan
perdagangan pada masa Hindu-Buddha, teori-teori masuknya Hindu-Buddha di
Indonesia, kerajaan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan sejarah berupa
gambar, video maupun artikel. Misalnya dengan gambar peta persebaran agama
Hindu-Buddha di Indonesia -
Guru menstimulasi dan memotivasi peserta didik untuk
memberikan jawaban dan pertanyaan singkat mengenai awal munculnya agama Hindu
dan Buddha di Indonesia Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi
kegiatan ekonomi masyarakat. r
Peserta didik diharapkan mampu menguraikan aktivitas
kehidupan masyarakat masa lalu pada masa Hindhu-Buddha dan Islam Kegiatan pembelajaran: -
Guru memberi rangsangan mengenai perkembangan
perdagangan pada masa Islam, teori-teori masuknya Islam di Indonesia,
kerajaan pada masa Islam serta peninggalan sejarah berupa gambar, video
maupun artikel. Misalnya dengan gambar peta persebaran agama Islam di
Indonesia. -
Guru menstimulasi dan memotivasi peserta didik untuk
memberikan jawaban dan pertanyaan singkat mengenai awal munculnya agama Islam
di Indonesia.Peserta didik diharapkan mampu menganalisis peran masyarakat
dalam rantai perekonomian. r Peserta
didik diharapkan mampu mengidentiikasi
kegiatan ekonomi
masyarakat. Kegiatan pembelajaran: -
Guru menyajikan gambar berupa gambar makanan dan minuman. r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi pelaku
ekonomi dan peran mereka dalam perekonomian negara. Kegiatan pembelajaran: -
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa diharapkan mampu mengidentiikasi
pelaku ekonomi dan peran mereka dalam perekonomian negara. -
Menyajikan informasi Guru
melakukan apersepsi dengan mengingat kembali ingatan siswa mengenai materi
yang sudah diberikan tentang akuntansi piutang. r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi peranan
masyarakat dalam kegiatan rantai ekonomi.. Kegiatan pembelajaran: -
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa diharapkan mampu mengidentiikasi
peranan masyarakat dalam kegiatan rantai ekonomi. -
Menyajikan informasi Guru
melakukan apersepsi dengan me-recall memori siswa mengenai materi yang
sudah diberikan tentang akuntansi piutang. r
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan status dan
peran sosial. Kegiatan pembelajaran: -
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah Guru
menjelaskan tentang video aneka ragam profesi pada awal tema untuk
mengidentiikasi berbagai macam profesi yang ada dikaitkan dengan peran dan
status sosial di masyarakat. Beranekaragam profesi tersebut dikaitkan dengan
profesi yang ada di sekitar siswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan
pemahaman kepada siswa bahwa ada peran dan status sosial yang memengaruhi kehidupan
sosial masyarakat. Selain itu terdapat diferensiasi dan stratiikasi pada
lingkungan sosial masyarakat. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik
dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab
dengan siswa terkait hasil identiikasi. Secara interaktif guru mengaitkan
hasil identiikasi dengan orientasi pembelajaran. |
Profil
pelajar Pancasila |
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bernalar kritis
dan kreatif. |
Jumlah jam pelajaran |
Min 32 jam pelajaran (32 JP) 1. TP 33-36 : 8 JP 2. TP 37-39 :
6
JP 3. TP 40-42 :
6
JP 4. TP 43-44 :
4
JP 5. TP 45 : 2 JP 6. TP 46 : 2
JP 7. TP 47-48 : 4 JP |
Glosarium |
prospeksi : Kegiatan penyelidikan dan
pencarian untuk menemukan endapan bahan galian atau mineral berharga. eksploitasi: Kegiatan penambangan yang meliputi aktivitas pengambilan dan
pengangkutan endapan bahan galian atau mineral berharga sampai ke tempat
penimbunan dan pengolahan. pertambangan : Suatu kegiatan pengambilan
endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi,
baik secara mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan
bumi, dan di bawah air. perikanan : Segala usaha penangkapan
ikan serta pengolahan sampai pada pemasaran hasilnya. distribusi : Kegiatan yang dilakukan
untuk menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. konsumsi : Kegiatan menghabiskan atau
mengurangi manfaat suatu barang untuk memenuhi kebutuhannya. produksi : Kegiatan untuk menambah
manfaat suatu barang atau menciptakan barang baru untuk memenuhi kebutuhan
manusia rumah
tangga konsumen : Sekelompok masyarakat baik
individu maupun kelompok yang melaksanakan konsumsi atas hasil produksi baik
barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. rumah
tangga produsen : Pelaku kegiatan ekonomi
yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. permintaan
: Keinginan membeli barang dan jasa disertai
dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. penawaran : Sejumlah barang dan jasa
yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu, harga dan tempat
tertentu. pasar : Sarana bertemunya beberapa pembeli dan penjual, yang dilakukan secara
langsung dan tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli. achieved
status : Kedudukan yang dapat
dicapai berdasarkan usaha seseorang. ascribed
status : Status yang diperoleh melalui kelahiran,
misal kedudukan anak bangsawan diperoleh karena lahir dari orang tua kalangan
bangsawan. assigned
status : Status sosial yang diberikan oleh
masyarakat atau karena mandat. Diferensiasi
sosial : Variasi pekerjaan dan
kekuasaan kelompok dalam masyarakat yang dikaitkan dengan interaksi atau
akibat umum dari proses interaksi sosial yang ada. |
Ruang
lingkup materi |
1. Sejarah: • Sejarah
perdagangan pada masa kerajaan 2. Geograi: • Jalur
perdagangan antarpulau •
Karakteristik wilayah pesisir dan pedalaman 3. Ekonomi: • Kegiatan
ekonomi • Pelaku
ekonomi • Peranan
masyarakat dalam perekonomian 4. Sosiologi: •
Mobilitas Sosial |
Tema 04. Pemberdayaan Masyarakat |
|
Capaian
Pembelajaran akhir tahun Kelas 7 |
Pada akhir kelas 7,
peserta didik memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan
sosial terdekatnya. Ia menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas. Peserta didik
juga memahami bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ia menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan
kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mengeksplorasi kondisi sosial lingkungan sekitar. Ia mengurutkan peristiwa
sejarah dalam kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini.
Ia membuat karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan
keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian melakukan refleksi dari setiap
proses yang sudah dilakukan. |
Elemen
Pembelajaran Kelas 7 |
a)
Elemen pemahaman dan ruang lingkup pembelajaran
b) Elemen keterampilan proses
|
Capaian
Pembelajaran 4 |
Memahami isu pemberdayaan masyarakat dalam konteks lokal. |
Pengantar Materi |
Secara
interaktif guru dan peserta didik dapat berbagi sudut pandang terkait dengan
keanekaragaman suku bangsa dan komunitas di Indonesia. Peserta didik diajak
untuk mengaitkan dengan tema sebelumnya yakni diferensiasi atau keberagaman
atas ras, etnis, agama dan gender. Peserta didik memperoleh informasi bahwa terdapat
kelompok-kelompok budaya di Indonesia yang mendukung keberagaman kebudayaan
di Indonesia. Dalam kerangka ke-IPSan, tema ini mengembangkan kemampuan Peserta
didik untuk membedakan manakah yang merupakan pembagian kelompok secara horizontal
dan manakah yang merupakan pembagian kelompok atas dasar lapisan sosial atau
secara vertikal. Keduanya berbeda dan memiliki peranan dalam kelangsungan
hidup dan proses sosialisasi dalam masyarakat. Keterdapatan perbedaan kondisi
lingkungan isik wilayah akan memengaruhi keberagaman budaya. Adanya seorang
tokoh yang dianggap berpengaruh terhadap suatu wilayah, melahirkan
kesepakatan antar warga dalam mengikuti kebiasaan tokoh tersebut dan
menghasilkan budaya yang berbeda pula di masing-masing wilayah di Indonesia.
Keanekaragaman budaya dapat menjadi potensi pariwisata, sekaligus menjadi
potensi konlik yang berujung pada ancaman separatis apabila tidak dijaga.
Peserta didik diharapkan mampu menganalisis mampu membuat karya atau
melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan keluarga dan masyarakat
terdekat, kemudian melakukan releksi dari setiap proses yang sudah dilakukan. |
Pertanyaan
pembimbing /
pemantik |
· Bagaimana
isolasi geograis dapat memengaruhi keragaman budaya? Mengapa faktor Iklim
dapat menciptakan keragaman budaya? Apakah terdapat pengaruh dari letak
geograis terhadap keragaman budaya? · Bagaimana
pengaruh kondisi geograis terhadap keragaman budaya di Indonesia? Mengapa
muncul istilah budaya universal? Identiikasi tujuh kebudayaan universal! · Bagaimana
relasi persatuan Maluku dan Papua pada masa Sultan Nuku? Hubungkan dengan
kondisi hubungan persatuan Papua dan daerah-daerah di Indonesia. · Bagaimana
karakteristik daerah Pontianak yang dipilih sebagai tempat untuk membuka
pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman? · Mengapa
alih fungsi hutan dapat memicu masalah sosial budaya? Bagaimana tingkat
kemiskinan memengaruhi kebijakan negara? bagaimana peran kesetaraan gender di
Indonesia? Apakah kesejahteraan gender justru menimbulkan masalah sosial
budaya dan meningkatkan angka perceraian? Apa penyebab kenakalan remaja?
Bagaimana kenakalan remaja dapat menjadi permasalahan kehidupan sosial
budaya? · Apa itu
uang? Bagaimana dampak dari besar kecilnya pendapatan dalam kehidupan sosial
budaya masyarakat? Mengapa kita perlu menyimpan uang dalam bentuk tabungan?
Apa perbedaan antara tabungan dan investasi? Apa dampak dari kurangnya
literasi keuangan? · Bagaimana
pengelolaan keuangan keluarga? · Bagaimana
Peranan Komunitas dalam kehidupan masyarakat? Mengapa komunitas memiliki
Peranan Komunitas dalam kehidupan masyarakat? |
Pemahaman
bermakna |
Konsep
utama:
Peradaban, Kronologi, Keberagaman, Perubahan, Kependudukan, Pemberdayaan. Variasi
:
Keterampilan berpikir yang diterapkan cukup bervariasi antara keterampilan
berpikir tingkat rendah sampai tingkat tinggi, diantarnya: mengidentifikasi,
mencari informasi, menjelaskan, melakukan presentasi, mengusulkan solusi,
melakukan survey, melakukan refleksi |
Kompetensi |
a) Kemampuan
pengelolaan mandiri (selfmanagement): mampu membuat perancanaan
kerja atas penugasan yang diberikan kepadanya dan menyelesaikannya secara
tepat waktu b) Kemampuan
melakukan riset:
mampu untuk: a. mengidentifikasi dan
mengklasifikasi data. b. mengumpulkan dan mengorganisasi data. c. menginterprestasi data. d. menganalisis
data. e. mengevaluasi hasil. f. menggeneralisasi
hasil. · Kemampuan berpikir kritis: mampu untuk: a. menetapkan sebab
dan akibat, b. mengevaluasi fakta,
c. memprediksi. d. mengidentifikasi
konsekuensi-konsekuensi dari suatu fenomena. e. menyarankan
alternatif pemecahan masalah. f. mampu memandang
sesuatu dari perspektif yang berbeda. · Kemampuan berkomunikasi: berbagi informasi
dengan para pendengar dan orang lain dengan menggunakan berbagai bentuk
berbagai teknik komunikasi · Kemampuan sosial: bekerja sama dengan orang lain
dalam bentuk mendengar pendapat dan memberikan pendapat dengan cara yang
efektif. · Kemampuan Refleksi: melakukan refleksi
pembelajaran (1. Apa yang sudah saya pelajari hari ini, 2. Apa yang belum
saya pahami?, 3. Apa yang harus saya tanyakan lagi?) |
Alur Tujuan pembelajaran |
r Peserta
didik diharapkan mampu mengidentiikasi salah satu faktor geograis yang
memengaruhi keragaman budaya di Indonesia Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #1 untuk
mengidentiikasi salah satu faktor geograis yang memengaruhi keragaman
budaya di Indonesia, yakni Isolasi geograis. Kegiatan ini ditujukan dalam
rangka memberi pemahaman pada Peserta didik bahwa kondisi geograis indonesia
beragam serta dapat memengaruhi jenis dan keragaman budaya di Indonesia.
Proses saling tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat,
kemudian guru memberi kesempatan tanya jawab dengan peserta didik tentang
hasil identiikasi. Secara interaktif guru mengaitkan hasil identiikasi dengan
orientasi pembelajaran faktor geograis yang memengaruhi keragaman sosial
budaya di Indonesia. r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi jenis keragaman
budaya Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #4 untuk mengidentiikasi jenis keragaman budaya.
Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberi pemahaman pada peserta didik
bahwa jenis keragaman budaya dipengaruhi oleh berbagai itur geograis. Proses
saling tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat,
kemudian guru memberi kesempatan tanya jawab dengan Peserta didik tentang
hasil identiikasi. Secara interaktif guru mengaitkan hasil identiikasi dengan
orientasi pembelajaran jenis keragaman budaya r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi salah
satu sejarah lokal, peran dan sifat tokoh yang ada. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #6 untuk mengidentiikasi salah satu sejarah lokal,
peran dan sifat tokoh yang ada, serta nilai yang diperoleh setelah membaca
sejarah lokal tersebut. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberi pemahaman
pada Peserta didik tokoh sejarah merupakan pemengaruh (inluencer) bagi
lingkungan sekitarnya pada masanya, dalam menghadapi permasalahan sosial
budaya di masing masing daerah. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik
dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru membuka sesi tanya jawab
dengan Peserta didik tentang hasil identiikasi. Secara interaktif guru
mengaitkan hasil identiikasi dengan orientasi pembelajaran sejarah lokal. r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi salah
satu sejarah lokal, peran dan sifat tokoh yang ada. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #8 untuk mengidentiikasi salah satu sejarah lokal,
peran dan sifat tokoh yang ada, serta nilai yang diperoleh setelah membaca
sejarah lokal tersebut. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberi pemahaman
pada Peserta didik tokoh sejarah merupakan pemengaruh (inluencer) bagi lingkungan
sekitarnya pada masanya, dalam menghadapi permasalahan sosial budaya di
masing masing daerah. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik dapat
dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru membuka sesi tanya jawab dengan
Peserta didik tentang hasil identiikasi. Secara interaktif guru mengaitkan
hasil identiikasi dengan orientasi Pembelajaran Sejarah Lokal. r Peserta
didik diharapkan mampu mengidentiikasi permasalahan kehidupan sosial budaya. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #10 untuk mengidentiikasi permasalahan kehidupan
sosial budaya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada
Peserta didik bahwa alih fungsi lahan yang berupa hutan dapat menimbulkan
permasalahan kehidupan sosial budaya. Proses saling tukar hasil temuan
peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan
tanya jawab dengan Peserta didik terkait hasil identiikasi. Secara interaktif
guru mengaitkan hasil identiikasi dengan orientasi pembelajaran Permasalahan
Kehidupan Sosial Budaya. r
Peserta
didik diharapkan mampu mengidentiikasi konsep pendapatan. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #13 untuk mengidentiikasi konsep pendapatan.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pemahaman bagi peserta didik
bahwa semakin kecil tingkat pendapatan seseorang, maka akan semakin besar
persentase dari pendapatan tersebut untuk digunakan dalam rangka memenuhi
kebutuhan konsumsi, demikian sebaliknya, makin besar tingkat pendapatan
seseorang, maka akan semakin besar pula persentase dari pendapatan tersebut
yang pada akhirnya di tabung. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik
dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru memberi kesempatan untuk
peserta didik bertanya dan guru menjawab terkait dengan hasil identiikasi
yang telah dilakukan. Secara interaktif guru mengaitkan hasil identiikasi
dengan orientasi pembelajaran pemberdayaan masyarakat. r
Peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi
pengelolaan keuangan keluarga. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #15 untuk mengidentiikasi pengelolaan keuangan
keluarga. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pemahaman bagi
peserta didik bahwa semakin kecil
tingkat pendapatan seseorang, maka akan semakin besar persentase dari
pendapatan tersebut untuk digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi,
demikian sebaliknya, makin besar tingkat pendapatan seseorang, maka akan
semakin besar pula persentase dari pendapatan tersebut yang pada akhirnya di
tabung. Proses saling tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam
waktu singkat, kemudian guru memberi kesempatan untuk peserta didik bertanya
dan guru menjawab terkait dengan hasil identiikasi yang telah dilakukan.
Secara interaktif guru mengaitkan hasil identiikasi dengan orientasi
pembelajaran pengelolaan keuangan keluarga. r Peserta
didik diharapkan mampu mengidentiikasi jenis komunitas pemberdayaan yang ada
di Indonesia. Kegiatan
pembelajaran: -
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari
Lembar aktivitas Individu #17 untuk mengidentiikasi jenis komunitas
pemberdayaan yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka
memberi pemahaman bagi peserta didik bahwa semakin kecil tingkat pendapatan
seseorang, maka akan semakin besar persentase dari pendapatan tersebut untuk
digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi, demikian sebaliknya,
makin besar tingkat pendapatan seseorang, maka akan semakin besar pula
persentase dari pendapatan tersebut yang pada akhirnya di tabung. Proses
saling tukar hasil temuan peserta didik dapat dilakukan dalam waktu singkat,
kemudian guru memberi kesempatan untuk peserta didik bertanya dan guru
menjawab terkait dengan hasil identiikasi yang telah dilakukan. Secara
interaktif guru mengaitkan hasil identiikasi dengan orientasi pembelajaran
Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat. |
Profil
pelajar Pancasila |
Mandiri, Kreatif,
dan Bernalar kritis |
Jumlah jam pelajaran |
Min 30 jam pelajaran (30 JP) 1. TP 48-49 :
4
JP 2. TP 50-51 :
4
JP 3. TP 52-53 :
4
JP 4. TP 54-55 :
4
JP 5. TP 56-57 :
4
JP 6. TP 58-59 : 4
JP 7. TP 60-61 :
4
JP 8. TP 62 : 2
JP |
Glosarium |
Iklim : Kondisi cuaca rata-rata tahunan pada suatu wilayah dan cakupan wilayah
yang luas. iklim
mikro : Kondisi iklim pada suatu
wilayah yang sangat terbatas/sempit Sejarah lokal :
suatu kajian sejarah yang berisi tentang penceritaan
kejadian-kejadian yang bersifat lokal. Sejarah lokal lebih
bernuansa lokal. eksploitasi : Kegiatan penambangan yang
meliputi aktivitas pengambilan dan pengangkutan endapan bahan galian atau
mineral berharga sampai ke tempat penimbunan dan pengolahan. gender : Jenis kelamin rumah
tangga konsumen : Sekelompok masyarakat baik
individu maupun kelompok yang melaksanakan konsumsi atas hasil produksi baik
barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. letak
geologis : Posisi suatu wilayah yang
didasarkan pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya. sosialisasi
: Proses sosial seumur hidup untuk mempelajari
pola budaya, perilaku, dan harapan. Eksploitasi
: Kegiatan penambangan yang meliputi aktivitas
pengambilan dan pengangkutan endapan bahan galian atau mineral berharga
sampai ke tempat penimbunan dan pengolahan. COVID-19 : Penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome
coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menjadi pandemi semenjak tahun 2019 di
seluruh negara di dunia komunitas : Suatu kelompok yang saling
berinteraksi di dalam suatu daerah. |
Ruang
lingkup materi |
1. Sejarah: • Sejarah
lokal (Tematik) 2. Geograi: • Fitur
lingkungan 3. Ekonomi: •
Pengelolaan Keuangan 4. Sosiologi: • Jenis
keragaman budaya •
Karakteristik Komunitas •
Jenis-jenis pemberdayaan masyarakat |
Komentar
Posting Komentar