Tugas PPG PAI ANALISIS BAHAN AJAR JURNAL PELAKSANAAN PENGAJARAN PENGAYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

 

ANALISIS BAHAN AJAR

KEGIATAN BELAJAR:  KB 4

Judul Modul

EVALUASI PEMBELAJARAN

Judul Kegiatan Belajar (KB)

PELAKSANAAN PENGAJARAN PENGAYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Bahan ajar yang dianalsis

Journal

No

Butir Pertanyaan

Respon/jawaban

1.

Tuliskan minimal 3 (tiga) konsep beserta deskripsinya yang Anda temukan di dalam bahan ajar;

 

Pengajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 bermuara pada pengembangan kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan penerapan pengetahuan (KI 4). Semiyanto (2003) menyebutkan bahwa kompetensi inti merupakan gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor) yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran

Dalam Kurikulum 2013, guru mata pelajaran memegang peran penting dalam membantu dan mengupayakan tercapainya ketuntasan belajar dan tujuan pendidikan. Pengelolaan kelas perlu dilakukan oleh guru untuk mengatur pembelajaran yang akan diserap siswa. Guru merupakan sosok yang sangat penting dalam menentukan masa depan siswa. Jamal (2011:28) menyatakan bahwa salah satu tahapan seorang guru dapat dikatakan menjadi fasilitator yang baik yaitu dengan kemampuan mengakomodasikan gaya belajar pada setiap siswa. Setiap siswa memiliki pribadi yang unik dan gaya belajar yang berbeda. Guru mata pelajaran diharapkan tidak hanya asal mengajar saja tetapi juga harus memahami bagaimana perbedaan dari masing-masing siswa di kelasnya

Namun, pada kenyataan masih banyak guru sering tidak memperoleh latihan dan tidak dipersiapkan untuk mengajar siswa. Mereka sering takut terhadap tanggung jawab dan enggan menerima tugas tambahan untuk membantu siswa dalam belajar. Padahal, tujuan pembelajaran yang dirancang untuk siswa hanya dapat dicapai jika semua orang yang telibat dalam memberikan bantuan kepada siswa tersebut berfungsi secara terintegrasi (Abdurrahman, 2010). Harus selalu diingat, setiap kegiatan evaluasi menuntut adanya tindak lanjut

2.

Lakukan kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam bahan ajar dengan realitas sosial;

 

Dalam wawancara yang dilakukan terdapat 10 pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian, tujuan, pedoman, fungsi dan teknis dalam pengajaran pengayaan.

3

Refleksikan hasil kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna

Berdasarkan hasil wawancara yang didapatkan, dapat diketahui bahwa guru memahami mengenai pengertian pengajaran pengayaan dengan baik. Bagi guru pengertian pengajaran pengayaan merupakan salah satu bentuk pengajaran yang khusus diberikan kepada siswa yang cepat dalam belajar. Hal tersebut tampak melalui beberapa ungkapan dari guru sebagai berikut. “Menurut saya, pengajaran pengayaan itu merupakan salah satu pengajaran yang sangat penting dalam membantu siswa mendalami materi yang sedang mereka pelajari. Selain itu, pengajaran pengayaan merupakan bentuk pengajaran yang khusus diberikan kepada siswa yang cepat dalam belajar dengan nilai yang bisa dikatakan baik”. (Era Yuni)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)