Tugas PPG PAI ANALISIS BAHAN AJAR JURNAL PELAKSANAAN PENGAJARAN PENGAYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA
ANALISIS BAHAN AJAR
KEGIATAN BELAJAR: KB 4
Judul Modul |
EVALUASI PEMBELAJARAN |
|
Judul Kegiatan Belajar
(KB) |
PELAKSANAAN PENGAJARAN PENGAYAAN DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA |
|
Bahan ajar yang
dianalsis |
Journal |
|
No |
Butir Pertanyaan |
Respon/jawaban |
1. |
Tuliskan minimal 3
(tiga) konsep beserta deskripsinya yang Anda temukan di dalam bahan ajar; |
Pengajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum
2013 bermuara pada pengembangan kompetensi yang berkenaan dengan sikap
keagamaan (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan penerapan
pengetahuan (KI 4). Semiyanto (2003) menyebutkan bahwa kompetensi inti
merupakan gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam
aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor)
yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas,
dan mata pelajaran Dalam Kurikulum 2013, guru mata pelajaran
memegang peran penting dalam membantu dan mengupayakan tercapainya ketuntasan
belajar dan tujuan pendidikan. Pengelolaan kelas perlu dilakukan oleh guru
untuk mengatur pembelajaran yang akan diserap siswa. Guru merupakan sosok
yang sangat penting dalam menentukan masa depan siswa. Jamal (2011:28)
menyatakan bahwa salah satu tahapan seorang guru dapat dikatakan menjadi
fasilitator yang baik yaitu dengan kemampuan mengakomodasikan gaya belajar
pada setiap siswa. Setiap siswa memiliki pribadi yang unik dan gaya belajar
yang berbeda. Guru mata pelajaran diharapkan tidak hanya asal mengajar saja
tetapi juga harus memahami bagaimana perbedaan dari masing-masing siswa di
kelasnya Namun, pada kenyataan masih banyak guru
sering tidak memperoleh latihan dan tidak dipersiapkan untuk mengajar siswa.
Mereka sering takut terhadap tanggung jawab dan enggan menerima tugas
tambahan untuk membantu siswa dalam belajar. Padahal, tujuan pembelajaran
yang dirancang untuk siswa hanya dapat dicapai jika semua orang yang telibat
dalam memberikan bantuan kepada siswa tersebut berfungsi secara terintegrasi
(Abdurrahman, 2010). Harus selalu diingat, setiap kegiatan evaluasi menuntut
adanya tindak lanjut |
2. |
Lakukan
kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam bahan ajar dengan realitas
sosial; |
Dalam wawancara yang dilakukan terdapat 10
pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian, tujuan, pedoman, fungsi dan
teknis dalam pengajaran pengayaan. |
3 |
Refleksikan hasil
kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna |
Berdasarkan hasil wawancara yang didapatkan,
dapat diketahui bahwa guru memahami mengenai pengertian pengajaran pengayaan
dengan baik. Bagi guru pengertian pengajaran pengayaan merupakan salah satu
bentuk pengajaran yang khusus diberikan kepada siswa yang cepat dalam
belajar. Hal tersebut tampak melalui beberapa ungkapan dari guru sebagai
berikut. “Menurut saya, pengajaran pengayaan itu merupakan salah satu
pengajaran yang sangat penting dalam membantu siswa mendalami materi yang
sedang mereka pelajari. Selain itu, pengajaran pengayaan merupakan bentuk
pengajaran yang khusus diberikan kepada siswa yang cepat dalam belajar dengan
nilai yang bisa dikatakan baik”. (Era Yuni) |
Komentar
Posting Komentar