LK-9C: Modul Ajar ( MA-2) berbasisi PjBL
LK-9C: Modul Ajar ( MA-2) berbasisi PjBL
Modul Ajar Format Lengkap (Model 1)
M o d u
l A
j a r
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan : SMPN 01 Merangin
Kelas/Semester : VIII/1
(ganjil)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Materi Pembelajaran : Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an, hikmah
beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.
Alokasi waktu : 3 JP/ 3x40 menit/1x pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengetahui keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan nama Rasul yang menerimanya
2. Memahami hikmah
beriman dan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah swt.
B. Indikator
Pembelajaran :
1. Keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an
dan Rasul yang menerimanya
3. Hikmah beriman
dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..
C. Kegiatan
Pembelajaran :
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
·
Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa
spidol, gambar
pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan media lain yang diperlukan pada saat pembelajaran ·
Guru membuka
pembelajaran dengan salam
dan berdoa, membaca salah satu surah pendek. ·
Peserta didik
disapa dengan ramah dan penuh kasih saying ·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta didik agar duduk
sesuai kelompoknya masing-masing. ·
Peserta didik
mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi 1. Guru bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain
al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta apa keistimewaan al-quran serta
hikmah beriman dan hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah swt.. 2. Para peserta didik dimotivasi untuk
menjawab pertanyaan guru 3. Peserta didik diberi
penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanyya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt.. 4.
Memberikan pertanyaan pemantik 5.
Peserta didik
mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab
dan nama Rasul yang menerima kitab-kittab
Allah yang telah disiapkan
oleh guru |
15 menit |
|
6. Untuk merangsang ingatan peserta didik
dengan nama- nama Rasul Allah, guru
membuat satu permainan menyambung kata
bagi siapa yang lupa atau salah dalam
mengurutkannya maka diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S Al-maidah ayat 16 dan surah
an-nisa’ ayat 136 tentang dalil
beriman kepada kitab-kitab
Allah. |
|
Kegiatan Inti |
Sintak model
kooperative learning 1. Tahapan pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas : ·
Guru mengecek sarana dan prasarana dan kondisi duduk
peserta didik sesuai kelompok
masing-masing ·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada peserta
didik ·
Guru membangun
minat dan memotivasi peserta didik belajar peserta
didik melalui motivasi atau permainan (ice
breaking) sederhana . ·
Guru
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi pembelajaran yang
lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung. 2. Tahap kedua
menyajikan informasi Aktivitas : ·
Guru menerangkan : 1. Nama kitab-kitab Allah dan nama
nabi yang menerima kitab Allah swt. 2. Hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah
dan hikmah adanya
kitab-kitab Allah swt. 7. Guru menanyangkan video pembelajaran
tentang keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya
serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt.. ·
Peserta didik
diminta mengamati video
pembelajaran tentang : 1.
Nama-nama kitab
dan nama Rasul
yang menerimany 2. Hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah swt. 3.
Hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah
swt. ·
Guru memberikan pertanyaan refleksi dari video pembelajaran seperti: 1.
Sebutkan nama
kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah
beserta tempat dan bahasa |
90 menit |
|
kitab tersebut 2. Siapakah Rasul
yang menerima kitab-kitab Allah? 3. Jelaskan hikmah
beriman kepada kitab-kitab
Allah! 4. Jelaskan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah 3. Tahap ketiga
mengorganisasikan peserta didik
kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas : ·
Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara acak,
beranggotakan 4-5 orang. ·
Setelah
mendapatkan kelompok, peserta didik diminta
untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt. 4. Tahap keempat, membimbing peserta didik
untuk belajar kelompok Aktivitas : ·
Guru
membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab
Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah
swt.. ·
Guru
menngingatkan peserta didik jangan lupa menuliskan nama
kelompok dan nama
peserta didik. ·
Peserta didik
Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 2. 5. Tahap kelima
melakukan evaluasi. Aktivitas : ·
Guru meminta
peserta didik untuk
mempersentasikan hasil kerja
kelompok didepan kelas. ·
Kelompok lain
menanggapi hasil kerja ·
Guru melakukan evaluasi 6. Tahap keenam
memberikan penguatan Aktivvitas : ·
Setelah
diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang
keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt... ·
Guru
menjelaskan keberadaan
kitab-kitab Allah selain al- qur’an
dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt dengan
power point. Penjeaskan power poin meliputi : 1.
Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul
Allah beserta tempat
dan bahasa kitab
tersebut 2. Nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt? 3. Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt! 4.
Hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah
swt ·
guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang
telah dipelajari |
|
Penutup |
1. Peserta didik
yang telah berani
menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat
diberikan apresiasi atau
hadiah 2. Peserta
didik Bersama guru melakukan refleksi dan intropeksi diri
terhadap pembelajaran yang
telah dilakukan 3. Peserta didik
diberikan motivasi agar
selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin
walaupun hanya beberapa ayat
saja. 4. Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya 5.
Peserta didik
Bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa Bersama-sama. |
15 menit |
Mengetahui, Bangko, Juli 2023
Kepala Sekolah Guru PAIBP
Ismalinda, S.Pd Habibah,
S.Pd.I
NIP 19711002 2003122001
Modul Ajar Format Lengkap
(Model 2)
Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Dan budi Pekerti
Informasi Umum
Nama Penyusun : Habibah, S.Pd. I
Institutsi : SMPN 01 Merangin
Tahun
Penyusunan : 2023-2024
Jenjang Sekolah : SMP
Kelas : VIII
Alokasi Waktu : 3 JP/3x40
menit/1xpertemuan
Kompetensi Awal :
1. Peserta didik
beriman kepada kitab-kitab Allah dan mencintai Al-qur’an
2.
Peserta didik menunjukkan perilaku toleran sebagai
implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.
3.
Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an
4.
Peserta didik bisa membaca al-qur’an
walau belum fasih
dan kurang dalam
hukuum tajwidnya.
Profil Pelajar
Pancasila dan Pelajar
Rahmatan lil Alamin :
·
Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai
adalah
beriman, bertakwa kepada
Allah SWT, berakhlak mulia, saling menghargai
dengan berkebinekaan global, menyukai demokrasi Pancasila dan bernalar kritis
serta kreatif
·
Profil Pelajar Rahmatan
lil Alamin yang ingin dicapai
adalah
-
Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan
menyakini keberadaan kitab- kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul-Nya
-
menjunjung tinggi akhlak mulia adalah cerminan dari
orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah, berkarakter
Islami, lurus, tegas,
·
Sarana prasana : ruang kelas, papan tulis, spidol,
buku paket siswa, Al-qur’an terjemahan,
gambar pembelajaran, video pembelajaran (leptop dan invocus)dan kondisi kelas yang kondusif.
· Target Peserta Didik :
1.
peserta didik tidak kesulitan dalam mencerna materi
ajar
2. peserta didik dengan kecapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan
cepat, mencapai keterampilan berfikir tinggi
(Hots).
3. Peserta didik mengetahui nama kitab-kitab Allah dan
nama Rasul yang menerimanya
4.
Peserta didik mengetahui hikmah
beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
5.
Peserta didik mengetahui hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt.
Model Pembelajaran : Kooperative Learning
Kompetensi Inti
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain
al-qur’an Rasul yang menerimanya
2. Memahami hikmah
beriman dan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah swt.
B. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan nama
Rasul
yang menerimanya
2. Memahami hikmah
beriman kepada kitab-kitab Allah swt
3. Memahami hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah swt.
C. Pemahaman Bermakna
• Allah SWT memiliki
kitab-kitab yang diturunkan kepada
para Rasulnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup supaya tidak tersesat, Bahagia
didunia dan selamat
di akhirat
• Setiap muslim
berupaya untuk berperilaku pada kebaikan sesuai dengan nilai yang terkandung dalam kitab-kitab Allah SWT
sehingga terceminlah dalam perilaku kehidupan
sehari-hari baik yang berhubungan dengan Allah, manusia dan lingkungan hidup.
• Beriman, bertakwa
dan berakhlak mulia merupakan cerminan dari beriman kepada kitab-kitab dan rasul yang
menerima kitab-kitab Allah swt.
D. Pertanyaan Pemantik
• Ada berapa kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah swt?
• Rasul siapa saja yang merima kitab-kitab allah tersebut!
• Sebutkan salah
satu hikmah beriman
kepada kitab Allah
swt
• Sebutkan salah
satu hikmah dari adanya kitab Allah swt.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·
Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa spidol,
gambar pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan
media lain yang diperlukan pada saat pembelajaran
·
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, membaca
salah satu surah
pendek.
·
Peserta didik disapa
dengan ramah dan penuh kasih saying
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing.
·
Peserta didik mengikuti asesmen kemampuan awal
terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi
1.
Guru bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya
serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt..
2. Para peserta
didik dimotivasi untuk
menjawab pertanyaan guru
3. Peserta didik diberi penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan Rasul yang
menerimanyya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah swt..
4. Memberikan pertanyaan pemantik
5. Peserta didik
mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab dan nama Rasul yang
menerima kitab-kittab Allah
yang telah disiapkan oleh guru
·
ntuk merangsang ingatan peserta didik dengan
nama-nama Rasul Allah, guru membuat satu permainan
menyambung kata bagi siapa yang lupa atau salah dalam mengurutkannya maka diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S
Al-maidah ayat 16 dan surah an-nisa’ ayat 136 tentang dalil beriman kepada kitab-kitab Allah.
Kegiatan Inti (90 menit)
Sintak model kooperative learning
1. Tahapan pertama
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas :
·
Guru mengecek sarana
dan prasarana dan kondisi duduk peserta didik
sesuai kelompok masing-masing
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
·
Guru membangun minat dan memotivasi peserta didik
belajar peserta didik melalui motivasi atau permainan (ice breaking) sederhana .
·
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi pembelajaran yang lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung.
2. Tahap kedua
menyajikan informasi Aktivitas :
·
Guru menerangkan :
1.
Nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima
kitab Allah swt.
2. Hikmah
beriman kepada kitab-kitab Allah dan hikmah adanya kitab-kitab Allah
swt.
3. Guru menanyangkan
video pembelajaran tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang
menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..
·
Peserta didik diminta
mengamati video pembelajaran tentang :
1. Nama-nama kitab dan nama Rasul yang menerimany
2.
Hikmah beriman kepada
kitab-kitab Allah swt.
3. Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.
·
Guru memberikan pertanyaan refleksi dari video
pembelajaran seperti:
1. Sebutkan nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah
beserta tempat dan bahasa kitab tersebut
2.
Siapakah Rasul yang menerima kitab-kitab Allah?
3.
Jelaskan hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah!
4.
Jelaskan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah
3. Tahap ketiga
mengorganisasikan peserta didik kedalam beberapa
kelompok belajar Aktivitas :
·
Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara
acak, beranggotakan 4-5 orang.
·
Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik diminta
untuk berdiskusi Bersama
kelompoknya tentang keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman
dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt.
4. Tahap keempat,
membimbing peserta didik
untuk belajar kelompok
Aktivitas :
·
Guru membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab Allah selain al- qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan
hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..
·
Guru menngingatkan peserta
didik jangan lupa menuliskan nama kelompok dan nama peserta
didik.
·
Peserta didik Bersama kelommpoknya mengisi lembar
kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 2.
5. Tahap kelima
melakukan evaluasi. Aktivitas :
·
Guru meminta peserta
didik untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok
didepan kelas.
·
Kelompok lain menanggapi hasil kerja
·
Guru melakukan
evaluasi
6. Tahap keenam
memberikan penguatan Aktivvitas :
·
Setelah diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain
al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt...
·
Guru menjelaskan keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt dengan power point. Penjeaskan power poin
meliputi :
1. Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta
tempat dan bahasa kitab tersebut
2. Nama Rasul yang menerima kitab-kitab
Allah swt?
3.
Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!
4. Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt
·
guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat
tentang materi yang telah
dipelajari.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
1. Peserta didik yang telah berani menjawab dengan jawaban
yang benar dan tepat diberikan apresiasi atau hadiah
2. Peserta didik Bersama guru melakukan refleksi
dan intropeksi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
3. Peserta didik
diberikan motivasi agar selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin walaupun hanya beberapa ayat saja.
4. Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya
5.
Peserta didik Bersama
guru menutup pembelajaran dengan
berdoa Bersama-sama.
F. Asesmen Asesmen
diagnostik
No |
Pernyataan |
Ya/Tidak |
|
1 |
Apakah kalian
sudah mengetahui nama
kitab-kitab Allah? |
|
|
2 |
Apakah kalian
sudah mengenal Rasul-rasul yang menerima kitab- kitab Allah? |
|
|
3 |
Apakah kalian
sudah membaca buku atau sumber
lain seperti artikel di
internet, atau sumber lain untuk memahami tentang Nabi-Nabi yang
menrima kitab di dunia ini? |
|
|
Asesmen formatif
Kinerja kelompok dalam Menyusun permasalahan dan
pengumpulan data mengenai Nabi yang menerima
kitab-kitab Allah:
No |
Aspek |
Skor (0-10) |
1 |
Kerjasama kelompok |
|
2 |
Menyelesaikan tugas dengan baik |
|
3 |
Hasil tugas
(relevan dengan bahan) |
|
4 |
Pembagian tugas
yang adil |
|
5 |
Jumlah skor maksimum |
40 |
Petunjuk penskoran :
Nilai = (skor
perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan :
0-10 : kurang baik 11-20 : sedang
21-30 : Baik
31-40 : sangat baik
Asesmen sumatif
Pengetahuan : tes tertulis, essay
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
Skor maksimal |
1 |
Sebutkan
nama kitab-kitab Allah dan nama Rasul yang menerimanya! |
1. Kitab taurat
diturunkan kepada nabi Musa as. 2. Kitab zabur
diturunkan kepada nabi
Daud as. 3. Kitab injil
diturunkan kepada nabi Isa as. 4. Kitab Al-qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad saw |
20 |
2 |
Tuliskan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab
Allah swt! |
1.
Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah swt 2. Memperkuat keimanan kepada Allah swt 3. Mengetahui
bagaimana berperilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 4. Mengetahui
dan bisa membedakan mana yang baik dan
buruk, karena dalam kitab suci dijelaskan tentang
bagaimana cara berperilaku, baik sebagai makhluk
sosial maupun individu 5. Hidup
manusia menjadi tertata karena adanya pedoman yang bersumber pada
kitab suci al-qur’an 6. Memupuk
sikap toleransi karena kitab-kitab Allah selalu memberikan penjelasan tentang penanaman |
20 |
|
|
sikap
toleransi. Artinya kita harus selalu menghormati pemeluk
agama lain 7. Menambah
ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain
berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan 8. Memberikan
pengetahuan atau informasi sejarah tentang
kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi
pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini. 9. Menumbuhkan
sikap optimis untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dunia
akhirat 10. Mampu
meningkatkan motivasi untuk beribadah dan menjalankan kawajiban-kewajiban agama 11. Ketakwaan
dapat terjaga dengan selalu menjalankan
perintah Allah dan menjauhi larangannya 12. Menambah
ilmu pengetahuan melalui pemahaman dalam
kitab. 13. Meningkatkan
kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah
yang menimpa pada dirinya. 14. Hati manusia
jadi lebih tentram dengan membaca kkiitab Al-qur’an 15. Manusia
dapat mengetahui betapa besarnya perhatian
dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba
dan makhluk-Nya serta mensyukuri segala anugerah
dan nikmat allah swt termasuk pemberian
petunjuk yang benar melalui kitab- kitab-Nya. |
|
3 |
Tuliskan
hikmah dari adanya kitab-kiitab Allah! |
1. Memberikan
petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang salah. 2. Pedoman
agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran. 3. Memberikan
informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang
terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang
berharga bagi umat
manusia saat ini. 4. Manusia
dapat mengetahui betapa besarnya perhatian
dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba dan makhluk-Nya 5. Manusia
yang beriman akan mengetahui dan bisa membedakan
mana yang baik dan buruk, karena dalam
kitab kitab tentang perilaku yang baik dan
buruk. 6. mensyukuri
segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk
pemberian petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya. 7. Hati
manusia menjadi lebih tentran dan menambah
ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi
pokok-pokok ilmu pengetahuan. 8.
Memiliki sikap
toleran yang tinggi
karena kitab- |
20 |
|
|
kitab
Allah selalu memberikan penjelasan tentang
penanaman sikap toleransi. Artinya kita harus saling menghormati dan menghargai orang lain bahkan
pemeluk agama lain. 9. Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya. |
|
4 |
Dimanakah
ayat al-qur’an pertama sekali turun? |
Di gua hira’ |
20 |
5 |
Bagaimanakah cara penurunan alqur’an apakah secara sekaligus yang berisi satu kitab? |
Al-qur’an
tidak diturunkan sekaligus tetapi ayat-ayat
al-qur’an di turunkan secara bertahap-tahap, sedikit demi sedikit dan berangsr-angsur dalam
kurun waktu 22 tahun
2 bulan 22 hari atau lebih kurang 23 tahun. |
20 |
G. Pengayaan dan Remidial
·
Pengayaan diberikan pada peserta didik dengan
capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
Materi pengayaan:
-
Penugasan untuk menuliskan kisah nabi Muhammad
menerima wahyu pertama sekali sampai wahyu terakhir turun
·
Remedial diberikan kepada peserta didik yang
membutuhkan bimbingan untuk memahami
materi atau pembelajaran mengulang, terutama pada kemampuan keberadaan kitab-kitab dan nabi yang menerima
kitab tersebut serta himah beriman
kepada kkitab-kitab Allah
- Bimbingan belajar dilakukan oleh guru jika
tingkat kesukaran belajar peserta didik membutuhkan
bimbinga khusus. Bimbingan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun
kelompok
H. Glosarium
-
Kitab allah adalah kumpulan wahyu allah swt yang
disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai
petunjuk dan pedoman hidup
-
Beriman kepada kitab-kitab allah Beriman kepada
kitab-kitab allah swt adalah menyakini dan
mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan
kitab-kitab-Nya kepada para
rasul-Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia
sebagai pedoman hidup agar
dapat meraih kebahagiaan di dunia
dan diakhirat
-
Tarikh berarti sejarah
-
Model pembelajaran kooperatif learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan Kerjasama peserta didik, dimana siswa
bekerja sama dalam kelompokk kecil yang mempunyai kemampuan berbeda dan saling
membantu dalam belajar
-
Sintak pembelajara adalah Langkah-langkah yang harus
dilalui dalam proses pembelajaran.
I.
Daftar Pustaka
·
Muhammad ahsan, S.Ag,Mkom
2018. PAI dan Budi pekerti
kelas VIII. Kemendikbud RI.
·
Choeroni dkk, 2016. PAI dan budi Pekerti
kelas VIII. Erlangga.
·
https://kumparan.com/berita-hari-ini/8-hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-yang- perlu-dihayati-1utX8c4gVKR/full
·
https://www.freedomnesia.id/hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-swt/
Mengetahui, Bangko
, 16 Juli
2023
Kepala Sekolah
Ismalinda, S.Pd
NIP 19711002200312 2001
Guru mata pelajaran
Habibah,
S.Pd.I
Modul Ajar Format Lengkap (Model 2)
Modul Ajar Pendidikan agama islam
Sekolah : SMP N 01 Merangin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tema : Menyakini kitab-kitab allah swt
Fase/Kelas : D/VIII
Alokasi Waktu : 6 JP/6x40 menit/2x pertemuan Tahun
Pelajaran : 2022-2023
Nama Penyusun : Habibah,
S.Pd.I
Kompetensi Awal:
1. Peserta didik
beriman kepada kitab-kitab Allah dan mencintai Al-qur’an
2. Peserta didik
menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah
swt.
3.
Peserta didik mampu membacakan
Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S.
An-nisa’ ayat 136 tentang
dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah
4. Peserta didik mengenal kitab-kitab Allah SWT selain
al-qur’an
Profil Pelajar
Pancasila dan Pelajar
Rahmatan lil Alamin:
Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai
adalah
beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia,
saling menghargai dengan berkebinekaan global,
menyukai demokrasi Pancasila dan bernalar kritis
serta kreatif
Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai
adalah
6.
Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan
menyakini keberadaan kitab-kitab Allah yang
diturunkan kepada para Rasul-Nya
7. menjunjung tinggi
akhlak mulia adalah cerminan dari orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah
berkarakter Islami,
lurus, tegas,
Sarana dan Prasarana:
ruang kelas, papan tulis, spidol, buku paket siswa, Al-qur’an
terjemahan, gambar pembelajaran, video
pembelajaran (leptop dan invocus) dan kondisi kelas yang kondusif.
Target Peserta
Didik:
1.
peserta didik tidak kesulitan
dalam mencerna materi
ajar
2. peserta didik dengan kecapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan
cepat, mencapai keterampilan berfikir tinggi (Hots).
3. Peserta didik memahami tentang menyakini kitab-kitab Allah, mencintai
Al-qur’an (kitab-kitab selain al- quran)
serta menunjukkan perilaku toleran (akhlak mulia) sebagai implementasi beriman
kepada kitab-kitab allah swt.
4.
Mampu membacakan Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’
ayat 136 tentang
dalil wajibnya seseorang
harus menyakini kitab-kitab Allah dengan hukum tajwid yang baik
dan benar
Tujuan Pembelajaran |
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran |
1. Memahami iman kepada kitab-kitab yang diturunkan allah
swt serta menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt. 2. Memiliki perilaku yang mencerminkan iman
kepada hari akhir. 3. Mampu mengidentifikasi dan
membacakan Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang
dalil wajibnya seseorang harus menyakini
kitab-kitab Allah dengan baik dan benar
serta dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah 4. Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain
al-qur’an dan nama Rasul yang menerimanya 5. Memahami
hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt. |
1. Memahami iman kepada kitab-kitab yang diturunkan allah
swt serta menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada
kitab-kitab allah swt. 2. Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir. 3. Mampu
mengidentifikasi dan membacakan Q.S. Al-maidah
ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil
wajibnya seseorang harus
menyakini kitab-kitab Allah
dengan baik dan
benar serta dapat
menyebutkan ciri-ciri orang
yang beriman kepada kitab-kitab Allah 4. Mengetahui
keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan
nama Rasul yang
menerimanya 5. Memahami hikmah
beriman dan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah swt. |
1. Pemahaman Bermakna:
• Allah SWT memiliki
kitab-kitab yang diturunkan kepada
para Rasulnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup supaya tidak tersesat, Bahagia didunia dan selamat di akhirat
• Setiap muslim
berupaya untuk berperilaku pada kebaikan sesuai dengan nilai yang terkandung dalam kitab-kitab Allah SWT
sehingga terceminlah dalam perilaku kehidupan
sehari-hari baik yang berhubungan dengan Allah, manusia dan lingkungan hidup.
• Beriman, bertakwa
dan berakhlak mulia merupakan cerminan dari beriman kepada kitab- kitab
Allah
• Membaca Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil
wajibnya seseorang harus menyakini
kitab-kitab Allah dengan hukum tajwid yang baik dan benar (nun sukun/tanuwin dan mim sukun/tanuwin
2.
Pertanyaan Pemantik:
• Apa itu kitab Allah?
• Apa makna beriman kepada
kitab-kitab Allah?
• Bagaimana menerapkan sikap yang mencerminkan beriman
kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari?
• Sebutkan nama
kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab tersebut yang kalian ketahuai!
3.
Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-langkah persiapan: Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti: 1.
Memastikan semua
sarana dan prasarana, alat, dan bahan
tersedia 2.
Memastikan kondisi
kelas kondusif 3. Mempersiapkan
bahan yang akan ditayangkan bila ada. 4. Mempersiapkan lembar
kerja siswa |
|
Urutan Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Pembelajaran ke-1 |
3 JP (3x40 menit’) |
Kegiatan pembukaan: Ø Pembelajaran dimulai dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Allah dan berdoa dengan khusyuk dipimpin
oleh ketua kelas Ø Peserta didik
disapa dengan ramah dan kasih saying dan
didata kehadirannya. Ø Peserta didik
mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang menyakini kitab-kitab Allah, mencintai al-qur’an Ø
Guru menyampaikan tujuan dan melaksanakan kegiatan apersepsi: ·
Guru bertanya mengapa kita harus beriman kepada kitab-kitab Allah swt? ·
Peserta didik
menjawab pertanyaan guru. ·
Peserta didik
diberi penguatan tentang alasan harus menyakini kitab-kitab Allah dan diberikan motivasi untuk lebih mudah
menyakini adanya kitab-kitab yang diturunkan kepada
para Rasul Allah swt. ·
Memberikan pertanyaan pematik ·
Peserta
didik mengamati gambar tentang orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah swt. ·
Peserta didik
memberikan komentar gambar
tersebut dalam aktivitas kelompok |
15 menit |
Kegiatan Inti Model pembelajaran kooperatif learning Sintak model kooperatif
learning: 1. Tahapan pertama
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas
: ·
Guru menyiapkan sarana dan prasarana ·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada peserta
didik ·
Guru memotivasi peserta didik dengan
memutar lagu rukun iman
dan menyanyikan |
90 menit |
rukun iman.bersama-sama. 2. Tahap kedua
menyajikan informasi Aktivitas : ·
Guru menjelaskan makna dari 1.
kitab allah
adalah kumpulan wahyu
allah swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat
manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup 2.
Beriman kepada
kitab-kitab allah swt adalah menyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan
kitab-kitab-Nya kepada para
rasul-Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada
umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat meraih
kebahagiaan di dunia
dan diakhirat ·
Guru menanyangkan video pembelajaran tentan iman kepada kitab-kitab Allah ·
Peserta didik
diminta mengamati video
pembelajaran seperti 1.
Apa itu kitab Allah? 2. Apa makna
menyakini kitab Allah 3. Bagaimana ciri-ciri orang yang beriman kepada
kitab-kitab Allah 4.
Q.S. Al-maidah
ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah · Guru
membimbing peserta didik membaca Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya
seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dengan baik dan benar 3. Tahap ketiga
mengorganisasikan peserta didik
kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas
: ·
Guru membagi kelompok untuk peserta didik
secara acak, beranggotakan 4-5 orang. ·
Setelah
mendapatkan kelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang menyakini
kitab-kitab Allah dan makna beriman kepada kitab- kitab Allah swt serta dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan
Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang
dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang
yang beriman kepada kitab-kitab
Allah swt. 4. Tahap keempat, membimbing peserta didik
untuk belajar kelompok Aktivitas : ·
Guru membagikan lembar kerja yang
berisi tentang iman kepada kitab-kitab Allah. ·
Guru menngingatkan peserta didik jangan
lupa menuliiskan nama
kelompok dan nama
peserta didik. ·
Peserta didiik
Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 1. 5. Tahap kelima
melakukan evaluasi. Aktivitas : ·
Guru meminta
peserta didik untuk
mempersentasikan hasil kerja
kelompok didepan kelas. ·
Kelompok lain
menanggapi hasil kerja ·
Guru melakukan evaluasi 6. Tahap keenam
memberikan penguatan Aktivvitas : ·
Setelah
diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang tentang makna kitab Allah dan makna
beriman kepada kitab-kitab
Allah serta dalil aqli Q.S.
Al-maidah ayat 16 dan Q.S.
An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini
kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab
Allah swt. ·
Guru menjelaskan materi tentang
makna kitab Allah, makna beriman
kepada kitab |
|
Allah,
daliil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini
kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang yang
beriman kepada kitab-kitab Allah swt denga power point. Penjeaskan
power poin meliputi : 1. Apa yang dimaksud dengan makna kitab Allah
? 2. Apa yang
dimaksud dengan hari akhir? 3. Dalil aqli
Q.S. Al-maidah ayat
16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab
Allah 4.
ciri-ciri orang
yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt ·
guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi
yang telah dipelajari |
|
||||||||
Kegiatan Penutup: Penyimpulan: 1. peserta didik
menyimpulkan tentang materi
menyakini kitab-kitab Allah
dengan bimbingan guru 2. peserta didik
yang telah berani
menjawab dengan jawaban
yang benar dan tepat diberi
apresiasi 3. peserta didik
diberi motivasi belajar sehingga dapat memahami dan menyakini adanya
kitab-kitab Allah yang
diturunkan kepada para Rasulnya. 4. Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya. 5. Peserta didik
bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa
Bersama. Refleksi Peserta
Didik: |
15 menit |
||||||||
|
Pertanyaan refleksi |
Ya |
Tidak |
|
|||||
Masihkah ada kesulitan
dalam memahami makna beriman kepada kitab-
kitab Allah swt? |
|
|
|||||||
Apakah materi
tentang menyakini kitab-kitab sudah kalian pahami? |
|
|
|||||||
Apakah kalian sudah
membaca buku atau sumber
lain seperti artikel
di internet, atau sumber
lain untuk memahami beriman kepada kitab-kitab Allah swt? |
|
|
|||||||
|
|||||||||
Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran |
|||||||||
asesmen diagnostik Asesmen formatif |
|||||||||
|
No |
pertanyaan |
jawaban |
Skor maksimal |
|
||||
1 |
kumpulan
wahyu allah swt yang disampaikan kepada
para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup, merupakan pengertian dari… |
Kitab-kitab Allah |
2 |
||||||
2 |
menyakini
dan mempercayai dengan sepenuh hati
bahwa allah swt telah menurunkan kitab- kitab-Nya
kepada para rasul-Nya yang berisi wahyu untuk
disampaikan dan di ajarkan |
Beriman
kepada kitab-kitab Allah |
2 |
||||||
No Pernyataan Ya/Tidak 1 Apakah kalian sudah mengenal kitab-kitab Allah? 2 Apakah kalian sudah memahami penjelasan mengenai beriman kepada kitab-kitab Allah? 3 Apakah kalian
sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di
internet, atau sumber lain untuk memahami beriman kepada
kitab- kitab Allah swt?
|
|
kepada
umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat
meraih kebahagiaan di dunia dan diakhirat merupakan pengertian dari… |
|
|
|
|||
3 |
Bacaan
ayat di bawah ini merupak firman Allah
dalam al-qur’an surah dan ayat keberapa? |
Q.S. al-maidah ayat 16 |
2 |
|||||
4 |
Bacaan
ayat di bawah ini merupak firman Allah
dalam al-qur’an surah dan ayat keberapa? |
Q.S. An-nisa’ ayat 136 |
2 |
|||||
5 |
Sebutkan
sikap orang yang beriman kepada Allah |
Orang
yang beriman kepada Allah
akan melahirkan sikap
: 1. Menyakini
keberadaan kitab-kitab Allah 2. Menyakini bahwa al- qur’an
merupakan kitab terakhhir diturunkan Allah kepada manusia 3. Menjaga
silaturrahmi dan atau ukhuwwah
dengan sesame makhluk Allah 4.
Menjadikan al-qur’an sebagai pedoman hidup. |
|
|||||
Kinerja
kelompok dalam menyusun permasalahan dan pengumpulan data mengenai beriman
kepada kitab-kitab Allah swt dan
dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S An-nisa’ ayat 136 tentang wajibnya menyakini kitab-kitab Allah swt. |
||||||||
|
No |
Aspek |
Skor (0-10) |
|
||||
1 |
Kerjasama kelompok |
|
||||||
2 |
Menyelesaikan tugas dengan baik |
|
||||||
3 |
Hasil tugas
(relevan dengan bahan) |
|
||||||
4 |
Pembagian tugas
yang adil |
|
||||||
|
5 |
Jumlah skor maksimum |
40 |
|
||||
Petunjuk penskoran : Nilai
= (skor perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan : 0-10 : kurang baik 11-20 : sedang 21-30 :
Baik 31-40 : sangat
baik Asesmen sumatif Pengetahuan : tes tertulis, essay 1. Jelaskan
pengertian dari kitab-
Allah SWT! 2. Apa yang
dimaksud dengan beriman kepada kitab-kitab Allah
swt? 3. Sebutkan nama-nama kitab selain al-qur’an beserta nama Rasul
yang menerimanya? 4. Jelaskan secara
umum pokok-pokok ajaran
yang terkandung dalam
kitab Al-qur’an! |
||||||||
|
No |
Kunci jawaban |
Cara penilaian |
Skor maksimal |
|
|||
1 |
Kitab
allah adalah kumpulan wahyu allah
swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman
hidup |
-
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
kitab Allah dengan benar dan lengkap
dan menggunakan bahasa sendiri, skor 4 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
kitab Allah dengan benar dan lengkap tapi
secara tekstual, skor
3 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
kitab Allah, tapi tidak lengkap, skor 2 |
4 |
|||||
2 |
Beriman
kepada kitab-kitab allah swt adalah
menyakini dan mempercayai dengan sepenuh
hati bahwa allah
swt telah menurunkan
kitab- kitab-Nya kepada para rasul- Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat
meraih kebahagiaan di dunia dan diakhirat |
-
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
beriman kepada kitab-kitab Allah dengan
benar dan lengkap dan menggunakan bahasa sendiri, skor 4 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
beriman kepada kitab-kitab Allah dengan
benar dan lengkap tapi secara tekstual, skor 3 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan pengertian
beriman kepada kitab-kitab Allah, tapi tidak lengkap, skor 2 |
4 |
|||||
3 |
1. Taurat
diturunkan kepada nabi
musa as 2. Zabur diturunkan kepada nabi daud as 3. Injil
diturunkan kepada nabi isa as. |
-
Jika peserta
didik dapat menyebutkan nama-nama
kitab selain al-qur’an beserta nama
Rasul yang menerimanya dengan benar dan lengkap dan berurut, skor 4 -
Jika peserta
didik dapat menyebutkan nama-nama
kitab selain al-qur’an beserta nama
Rasul yang menerimanya dengan benar dan
lengkap tapi tidak
berurut, skor 3 -
Jika peserta
didik dapa menyebutkan nama- nama kitab
selain al-qur’an beserta nama Rasul yang
menerimanya , tapi tidak |
4 |
|||||
|
|
|
lengkap dan tidak berurut, skor 2 |
|
|
4 |
Secara
umum pokok-pokok ajaran yang
terkandung dalam kitab Al-qur’an
adalah tentang: 1. Aqidah (keyakinan) 2. Akhlak (budi
pekerti) 3. Ibadah 4. Muamalah 5. Tarikh (sejarah) |
-
Jika peserta
didik dapat menjelaskan secara umum
pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam
kitab Al-qur’an dengan benar dan lengkap dan berurut, skor 4 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan secara umum
pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam
kitab Al-qur’an dengan benar dan lengkap tapi
tidak berurut, skor 3 -
Jika peserta
didik dapat menjelaskan secara umum
pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam
kitab Al-qur’an tapi tidak lengkap
dan tidak berurut, skor 2 |
4 |
||
Refleksi Guru |
|||||
Refleksi diri
berupa pertanyaan pada
diri guru itu
sendir • apakah pembelajaran sudah dapat melibatkan murid dengan aktif? • Apakah metode
yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan peserta
didik? • Apakah media
yang digunakan dapat
membanntu peserta didik
mencapai kemampuan? • Apa yang
bisa dilakukan agar
peserta didik dapat
meningkatkan kemampuan berfikir kritis? |
Pembelajaran ke-2 |
3 JP (3x 40 menit) |
Kegiatan pembuka ·
Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa
spidol, gambar pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan media lain yang
diperlukan pada saat pembelajaran ·
Guru membuka
pembelajaran dengan salam
dan berdoa, membaca salah satu surah
pendek. ·
Peserta didik
disapa dengan ramah dan penuh kasih saying ·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan
menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta
didik agar duduk sesuai
kelompoknya masing-masing. ·
Peserta didik
mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi 1. Guru
bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta apa keistimewaan
al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah
swt.. 2. Para peserta didik dimotivasi untuk
menjawab pertanyaan guru 3.
Peserta
didik diberi penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an
dan Rasul yang menerimanyya serta
apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt.. 4.
Memberikan pertanyaan pemantik 5. Peserta
didik mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab dan nama Rasul yang
menerima kitab-kittab Allah
yang telah disiapkan oleh guru ·
Untuk
merangsang ingatan peserta didik dengan nama-nama Rasul Allah, guru membuat satu permainan menyambung kata bagi
siapa yang lupa atau salah dalam mengurutkannya maka
diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S Al-maidah ayat 16 dan
surah an-nisa’ ayat 136 tentang dalil beriman kepada
kitab-kitab Allah. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Sintak model
kooperative learning 1.
Tahapan pertama
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas
: ·
Guru mengecek sarana dan prasarana dan kondisi duduk peserta didik sesuai kelompok masing-masing ·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada peserta
didik ·
Guru membangun minat dan memotivasi peserta didik belajar peserta didik melalui motivasi atau permainan (ice breaking) sederhana . ·
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung. 2. Tahap kedua
menyajikan informasi Aktivitas : ·
Guru menerangkan : 1.
Nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab
Allah swt. 2.
Hikmah beriman
kepada kitab-kitab Allah dan hikmah adanya kitab-kitab Allah swt. 3. Guru
menanyangkan video pembelajaran tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang
menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.. ·
Peserta didik
diminta mengamati video
pembelajaran tentang : 1.
Nama-nama kitab
dan nama Rasul
yang menerimany 2. Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt. 3. Hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah swt. ·
Guru memberikan pertanyaan refleksi dari
video pembelajaran seperti: 1.
Sebutkan nama
kitab-kitab Allah yang
diturunkan kepada para Rasul
Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut 2. Siapakah Rasul
yang menerima kitab-kitab Allah? 3. Jelaskan hikmah
beriman kepada kitab-kitab Allah! 4. Jelaskan hikmah
dari adanya kitab-kitab Allah 3. Tahap ketiga
mengorganisasikan peserta didik
kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas
: ·
Guru membagi
kelompok untuk peserta didik secara acak, beranggotakan 4-5 orang. ·
Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik
diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya
tentang keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah
beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt. 4.
Tahap keempat, membimbing peserta didik
untuk belajar kelompok Aktivitas : ·
Guru
membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya
serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.. ·
Guru menngingatkan peserta didik jangan
lupa menuliskan nama
kelompok dan nama peserta didik. ·
Peserta didik
Bersama kelommpoknya
mengisi lembar kerja
peserta didik (LKPD) pembelajaran 2. 5. Tahap kelima
melakukan evaluasi. Aktivitas : ·
Guru meminta
peserta didik untuk
mempersentasikan hasil kerja
kelompok didepan kelas. |
90 menit |
·
Kelompok lain
menanggapi hasil kerja ·
Guru melakukan evaluasi 6. Tahap keenam
memberikan penguatan Aktivvitas : ·
Setelah
diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang
menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah
swt... ·
Guru
menjelaskan keberadaan
kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya
kitab-kitab Allah swt dengan power point. Penjeaskan power poin
meliputi : 1.
Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul
Allah beserta tempat dan bahasa kitab
tersebut 2. Nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt? 3. Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt! 4. Hikmah dari
adanya kitab-kitab Allah
swt 5. guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang telah
dipelajari |
|
Kegiatan Penutup: Penyimpulan: 1. Peserta didik
yang telah berani menjawab dengan jawaban yang benar
dan tepat diberikan apresiasi atau hadiah 2. Peserta didik
Bersama guru melakukan refleksi dan intropeksi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan 3. Peserta
didik diberikan motivasi agar selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin walaupun hanya beberapa ayat saja. 4.
Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya 5. Peserta didik
Bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa
Bersama-sama. Refleksi Peserta Didik: Peserta didik di ajak untuk melakukan
refleksi terkait seluruh proses belajar yang sudah di alami |
15 menit |
Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran |
|
Asesmen diagnostik |
Pertanyaan
refleksi Ya Tidak Masihkah ada kesulitan dalam memahami nama
kitab-kitab kepada Allah swt? Apakah materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah sudah kalian pahami? Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain
seperti artikel di internet, atau sumber lain untuk memahami keberadaan kitab Allah dan hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt? No Pernyataan Ya/Tidak 1 Apakah kalian sudah mengetahui nama kitab-kitab Allah? 2 Apakah
kalian sudah mengenal Rasul-rasul yang menerima kitab- kitab Allah? 3 Apakah kalian
sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di internet, atau sumber lain untuk
memahami tentang Nabi-Nabi yang menrima kitab di dunia ini?
Asesmen formatif Kinerja kelompok dalam Menyusun permasalahan dan pengumpulan data
mengenai Nabi yang menerima kitab-kitab Allah: |
||||||||
No |
Aspek |
Skor (0-10) |
|
|||||
1 |
Kerjasama kelompok |
|
||||||
2 |
Menyelesaikan tugas
dengan baik |
|
||||||
3 |
Hasil tugas
(relevan dengan bahan) |
|
||||||
4 |
Pembagian tugas
yang adil |
|
||||||
5 |
Jumlah skor maksimum |
40 |
||||||
Petunjuk penskoran : Nilai
= (skor perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan : 0-10 : kurang baik 11-20 : sedang 21-30 : Baik 31-40 : sangat baik Asesmen sumatif Pengetahuan : tes tertulis, essay |
||||||||
|
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
Skor maksimal |
|
|||
1 |
Sebutkan
nama kitab-kitab Allah dan
nama Rasul yang menerimanya! |
1.
Kitab taurat
diturunkan kepada nabi Musa as. 2. Kitab zabur
diturunkan kepada nabi
Daud as. 3. Kitab injil
diturunkan kepada nabi Isa as. 4. Kitab Al-qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad saw |
20 |
|||||
2 |
Tuliskan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab
Allah swt! |
1.
Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah swt 2. Memperkuat keimanan kepada Allah swt 3. Mengetahui
bagaimana berperilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 4. Mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, karena dalam kitab suci
dijelaskan tentang bagaimana cara
berperilaku, baik sebagai makhluk
sosial maupun individu 5. Hidup
manusia menjadi tertata karena adanya pedoman yang bersumber pada
kitab suci al-qur’an 6. Memupuk
sikap toleransi karena kitab-kitab Allah selalu
memberikan penjelasan tentang penanaman sikap
toleransi. Artinya kita harus selalu menghormati pemeluk agama lain 7. Menambah
ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain
berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan 8. Memberikan
pengetahuan atau informasi sejarah tentang
kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi
pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini. 9.
Menumbuhkan sikap
optimis untuk meraih |
20 |
|||||
|
|
|
kebahagiaan dan kesuksesan dunia
akhirat 10. Mampu
meningkatkan motivasi untuk beribadah dan menjalankan kawajiban-kewajiban agama 11. Ketakwaan
dapat terjaga dengan selalu menjalankan
perintah Allah dan menjauhi larangannya 12. Menambah
ilmu pengetahuan melalui pemahaman dalam
kitab. 13.
Meningkatkan
kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah
yang menimpa pada dirinya. 14. Hati manusia
jadi lebih tentram dengan membaca kkiitab Al-qur’an 15. Manusia
dapat mengetahui betapa besarnya perhatian
dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba
dan makhluk-Nya serta mensyukuri segala anugerah
dan nikmat allah swt termasuk pemberian
petunjuk yang benar melalui kitab- kitab-Nya. |
|
|
3 |
Tuliskan
hikmah dari adanya kitab-kiitab Allah! |
1. Memberikan
petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang salah. 2. Pedoman
agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran. 3. Memberikan
informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang
terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang
berharga bagi umat
manusia saat ini. 4. Manusia
dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang
Allah swt kepada
para hamba dan makhluk-Nya 5. Manusia
yang beriman akan mengetahui dan bisa membedakan
mana yang baik dan buruk, karena dalam
kitab kitab tentang perilaku yang baik dan
buruk. 6. mensyukuri
segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk
pemberian petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya. 7. Hati
manusia menjadi lebih tentran dan menambah
ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi
pokok-pokok ilmu pengetahuan. 8. Memiliki
sikap toleran yang tinggi karena kitab- kitab
Allah selalu memberikan penjelasan tentang
penanaman sikap toleransi. Artinya kita harus saling menghormati dan menghargai orang lain bahkan
pemeluk agama lain. 9. Meningkatkan
kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah
yang menimpa pada dirinya. |
20 |
||
4 |
Dimanakah
ayat al-qur’an pertama sekali |
Di gua hira’ |
20 |
|
|
turun? |
|
|
|
5 |
Bagaimanakah cara penurunan alqur’an apakah secara
sekaligus yang berisi satu kitab? |
Al-qur’an
tidak diturunkan sekaligus tetapi ayat-ayat
al-qur’an di turunkan secara bertahap-tahap, sedikit demi sedikit dan berangsr-angsur dalam
kurun waktu 22 tahun
2 bulan 22 hari atau lebih kurang 23 tahun. |
20 |
||
Kegiatan Remidial dan Pengayaan |
|||||
·
Kegiatan Pengayaan
diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara
optimal. Materi pengayaan: - Penugasan
untuk menuliskan kisah nabi Muhammad menerima wahyu pertama sekali sampai wahyu
terakhir turun dikertas HPS, kemudian serahkan kepada guru untuk dinilai. ·
Remedial
diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami
materi atau pembelajaran
mengulang, terutama pada kemampuan keberadaan kitab-kitab dan nabi yang menerima kitab tersebut serta himah
beriman kepada kkitab-kitab Allah ·
Bimbingan belajar dilakukan oleh guru
jika tingkat kesukaran belajar peserta didik
membutuhkan bimbinga khusus. Bimbingan ini dapat
dilakukan secara perorangan maupun kelompok |
|||||
Sumber/Referensi/Daftar Pustaka |
|||||
·
Muhammad ahsan,
S.Ag,Mkom 2018. PAI dan Budi
pekerti kelas VIII.
Kemendikbud RI. ·
Choeroni dkk,
2016. PAI dan budi Pekerti kelas VIII. Erlangga. ·
https://kumparan.com/berita-hari-ini/8-hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-yang-perlu-dihayati- 1utX8c4gVKR/full ·
https://www.freedomnesia.id/hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-swt/ |
|||||
Lampiran |
|||||
1. Materi |
Mengetahui,
Suryadi Martono
NIP 196410191989011001
Labuhanhaji, 16 Juli 2022
Isriani, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar