LK-9C: Modul Ajar ( MA-2) berbasisi PjBL

 

LK-9C: Modul Ajar ( MA-2) berbasisi PjBL

 

Modul Ajar  Format Lengkap (Model 1)

 M  o    d   u l    A   j  a   r      Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

Satuan Pendidikan             : SMPN 01 Merangin

Kelas/Semester                  : VIII/1 (ganjil)

Mata Pelajaran                   : Pendidikan Agama Islam

Materi Pembelajaran          : Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an, hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

Alokasi waktu                  : 3 JP/ 3x40 menit/1x pertemuan

 

A.     Tujuan Pembelajaran            :

1.      Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan nama Rasul yang menerimanya

2.      Memahami hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

B.     Indikator Pembelajaran         :

1.      Keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya

3. Hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

 

C.     Kegiatan Pembelajaran         :

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa spidol, gambar pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan media lain yang diperlukan pada saat pembelajaran

·         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, membaca salah satu surah pendek.

·         Peserta didik disapa dengan ramah dan penuh kasih saying

·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing.

·         Peserta didik mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi

1.      Guru bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

2.      Para peserta didik dimotivasi untuk menjawab pertanyaan guru

3.      Peserta didik diberi penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanyya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

4.    Memberikan pertanyaan pemantik

5.    Peserta didik mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab dan nama Rasul yang menerima kitab-kittab Allah yang telah disiapkan oleh guru

15 menit


 

 

6. Untuk merangsang ingatan peserta didik dengan nama- nama Rasul Allah, guru membuat satu permainan menyambung kata bagi siapa yang lupa atau salah dalam mengurutkannya maka diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S Al-maidah ayat 16 dan surah an-nisa’ ayat 136 tentang dalil beriman kepada kitab-kitab Allah.

 

Kegiatan Inti

Sintak model kooperative learning

1.      Tahapan pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik.

Aktivitas :

·         Guru mengecek sarana dan prasarana dan kondisi duduk peserta didik sesuai kelompok masing-masing

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik

·         Guru membangun minat dan memotivasi peserta didik belajar peserta didik melalui motivasi atau permainan (ice breaking) sederhana .

·         Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung.

 

2.      Tahap kedua menyajikan informasi Aktivitas :

·         Guru menerangkan :

1.      Nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab Allah swt.

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah dan hikmah adanya kitab-kitab Allah swt.

7. Guru menanyangkan video pembelajaran tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Peserta didik diminta mengamati video pembelajaran tentang :

1.      Nama-nama kitab dan nama Rasul yang menerimany

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

3.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

·         Guru memberikan pertanyaan refleksi dari video pembelajaran seperti:

1.      Sebutkan nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa

90 menit


 

kitab tersebut

2.      Siapakah Rasul yang menerima kitab-kitab Allah?

3.      Jelaskan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah!

4.      Jelaskan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah

 

3.      Tahap ketiga mengorganisasikan peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar

Aktivitas :

·         Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara acak, beranggotakan 4-5 orang.

·         Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

4.      Tahap keempat, membimbing peserta didik untuk belajar kelompok

Aktivitas :

·         Guru membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Guru menngingatkan peserta didik jangan lupa menuliskan nama kelompok dan nama peserta didik.

·         Peserta didik Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 2.

 

5.      Tahap kelima melakukan evaluasi. Aktivitas :

·         Guru meminta peserta didik untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

·         Kelompok lain menanggapi hasil kerja

·         Guru melakukan evaluasi

 

6.      Tahap keenam memberikan penguatan Aktivvitas :

·         Setelah diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt...

·         Guru menjelaskan keberadaan kitab-kitab Allah selain al- qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt dengan power point. Penjeaskan power poin meliputi :

1.      Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut

2.      Nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt?

3.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!

4.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt

·         guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang telah dipelajari

 


Penutup

1.      Peserta didik yang telah berani menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat diberikan apresiasi atau hadiah

2.      Peserta didik Bersama guru melakukan refleksi dan intropeksi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

3.      Peserta didik diberikan motivasi agar selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin walaupun hanya beberapa ayat saja.

4.      Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya

5.      Peserta didik Bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa Bersama-sama.

15 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                  Mengetahui,                                                                                          Bangko,   Juli 2023

Kepala Sekolah                                                           Guru PAIBP

 

 

 


Ismalinda, S.Pd                                                       Habibah, S.Pd.I

NIP 19711002 2003122001


 

Modul Ajar Format Lengkap (Model 2)

Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Dan budi Pekerti

 

Informasi Umum

Nama Penyusun                 : Habibah, S.Pd. I

Institutsi                             : SMPN 01 Merangin

 Tahun Penyusunan            : 2023-2024

Jenjang Sekolah                 : SMP

Kelas                                  : VIII

Alokasi Waktu                   : 3 JP/3x40 menit/1xpertemuan

Kompetensi Awal              :

1.      Peserta didik beriman kepada kitab-kitab Allah dan mencintai Al-qur’an

2.      Peserta didik menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.

3.      Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an

4.      Peserta didik bisa membaca al-qur’an walau belum fasih dan kurang dalam

hukuum tajwidnya.

 

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin :

·         Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah

beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, saling menghargai dengan berkebinekaan global, menyukai demokrasi Pancasila dan bernalar kritis serta kreatif

 

·         Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah

-          Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan menyakini keberadaan kitab- kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul-Nya

-          menjunjung tinggi akhlak mulia adalah cerminan dari orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah, berkarakter Islami, lurus, tegas,

 

·       Sarana prasana             : ruang kelas, papan tulis, spidol, buku paket siswa, Al-qur’an terjemahan,

gambar pembelajaran, video pembelajaran (leptop dan invocus)dan kondisi kelas yang kondusif.

 

·      Target Peserta Didik              :

1.       peserta didik tidak kesulitan dalam mencerna materi ajar

2.       peserta didik dengan kecapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan cepat, mencapai keterampilan berfikir tinggi (Hots).

3.       Peserta didik mengetahui nama kitab-kitab Allah dan nama Rasul yang menerimanya

4.       Peserta didik mengetahui hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

5.       Peserta didik mengetahui hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

Model Pembelajaran     : Kooperative Learning

 

Kompetensi Inti

A.     Tujuan Pembelajaran

1.      Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an Rasul yang menerimanya

2.      Memahami hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.


B.     Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan nama

Rasul yang menerimanya

2.      Memahami hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt

3.      Memahami hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

C.     Pemahaman Bermakna

      Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada para Rasulnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup supaya tidak tersesat, Bahagia didunia dan selamat di akhirat

      Setiap muslim berupaya untuk berperilaku pada kebaikan sesuai dengan nilai yang terkandung dalam kitab-kitab Allah SWT sehingga terceminlah dalam perilaku kehidupan sehari-hari baik yang berhubungan dengan Allah, manusia dan lingkungan hidup.

      Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia merupakan cerminan dari beriman kepada kitab-kitab dan rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt.

 

D.     Pertanyaan Pemantik

      Ada berapa kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah swt?

      Rasul siapa saja yang merima kitab-kitab allah tersebut!

      Sebutkan salah satu hikmah beriman kepada kitab Allah swt

      Sebutkan salah satu hikmah dari adanya kitab Allah swt.

 

E.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

·         Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa spidol, gambar pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan media lain yang diperlukan pada saat pembelajaran

·         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, membaca salah satu surah pendek.

·         Peserta didik disapa dengan ramah dan penuh kasih saying

·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing.

·         Peserta didik mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi

1.      Guru bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

2.      Para peserta didik dimotivasi untuk menjawab pertanyaan guru

3.      Peserta didik diberi penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanyya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

4.      Memberikan pertanyaan pemantik

5.      Peserta didik mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab dan nama Rasul yang menerima kitab-kittab Allah yang telah disiapkan oleh guru


 

·         ntuk merangsang ingatan peserta didik dengan nama-nama Rasul Allah, guru membuat satu permainan menyambung kata bagi siapa yang lupa atau salah dalam mengurutkannya maka diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S Al-maidah ayat 16 dan surah an-nisa’ ayat 136 tentang dalil beriman kepada kitab-kitab Allah.

 

Kegiatan Inti (90 menit)

Sintak model kooperative learning

1.       Tahapan pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas :

·         Guru mengecek sarana dan prasarana dan kondisi duduk peserta didik sesuai kelompok masing-masing

·           Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik

·         Guru membangun minat dan memotivasi peserta didik belajar peserta didik melalui motivasi atau permainan (ice breaking) sederhana .

·         Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung.

 

2.       Tahap kedua menyajikan informasi Aktivitas :

·         Guru menerangkan :

1.      Nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab Allah swt.

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah dan hikmah adanya kitab-kitab Allah swt.

3.      Guru menanyangkan video pembelajaran tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Peserta didik diminta mengamati video pembelajaran tentang :

1.      Nama-nama kitab dan nama Rasul yang menerimany

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

3.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

·         Guru memberikan pertanyaan refleksi dari video pembelajaran seperti:

1.      Sebutkan nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut

2.      Siapakah Rasul yang menerima kitab-kitab Allah?

3.      Jelaskan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah!

4.      Jelaskan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah


3.  Tahap ketiga mengorganisasikan peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas :

·         Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara acak, beranggotakan 4-5 orang.

·         Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

4.      Tahap keempat, membimbing peserta didik untuk belajar kelompok Aktivitas :

·         Guru membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab Allah selain al- qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Guru menngingatkan peserta didik jangan lupa menuliskan nama kelompok dan nama peserta didik.

·         Peserta didik Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 2.

 

5.      Tahap kelima melakukan evaluasi. Aktivitas :

·         Guru meminta peserta didik untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

·         Kelompok lain menanggapi hasil kerja

·         Guru melakukan evaluasi

 

6.      Tahap keenam memberikan penguatan Aktivvitas :

·         Setelah diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt...

·         Guru menjelaskan keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt dengan power point. Penjeaskan power poin meliputi :

1.      Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut

2.      Nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt?

3.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!

4.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt

·         guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang telah dipelajari.

 

Kegiatan Penutup (10 menit)

1.      Peserta didik yang telah berani menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat diberikan apresiasi atau hadiah

2.      Peserta didik Bersama guru melakukan refleksi dan intropeksi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

3.      Peserta didik diberikan motivasi agar selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin walaupun hanya beberapa ayat saja.

4.       Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya

5.       Peserta didik Bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa Bersama-sama.


F.  Asesmen Asesmen diagnostik

No

Pernyataan

Ya/Tidak

1

Apakah kalian sudah mengetahui nama kitab-kitab Allah?

 

 

2

Apakah kalian sudah mengenal Rasul-rasul yang menerima kitab-

kitab Allah?

 

 

3

Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel

di internet, atau sumber lain untuk memahami tentang Nabi-Nabi yang menrima kitab di dunia ini?

 

 

 

Asesmen formatif

Kinerja kelompok dalam Menyusun permasalahan dan pengumpulan data mengenai Nabi yang menerima kitab-kitab Allah:

No

Aspek

Skor (0-10)

1

Kerjasama kelompok

 

2

Menyelesaikan tugas dengan baik

 

3

Hasil tugas (relevan dengan bahan)

 

4

Pembagian tugas yang adil

 

5

Jumlah skor maksimum

40

 

Petunjuk penskoran   :

Nilai = (skor perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan   :

0-10     : kurang baik 11-20 : sedang

21-30 : Baik

31-40 : sangat baik

 

Asesmen sumatif

Pengetahuan        : tes tertulis, essay

 

No

Pertanyaan

Jawaban

Skor

maksimal

1

Sebutkan nama kitab-kitab Allah dan nama Rasul yang menerimanya!

1.       Kitab taurat diturunkan kepada nabi Musa as.

2.      Kitab zabur diturunkan kepada nabi Daud as.

3.       Kitab injil diturunkan kepada nabi Isa as.

4.      Kitab Al-qur’an diturunkan kepada nabi

Muhammad saw

20

2

Tuliskan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!

1.       Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah swt

2.      Memperkuat keimanan kepada Allah swt

3.       Mengetahui bagaimana berperilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari

4.      Mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, karena dalam kitab suci dijelaskan tentang bagaimana cara berperilaku, baik sebagai makhluk sosial maupun individu

5.      Hidup manusia menjadi tertata karena adanya pedoman yang bersumber pada kitab suci al-qur’an

6.      Memupuk sikap toleransi karena kitab-kitab Allah selalu memberikan penjelasan tentang penanaman

20


 

 

sikap toleransi. Artinya kita harus selalu menghormati pemeluk agama lain

7.       Menambah ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan

8.      Memberikan pengetahuan atau informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini.

9.      Menumbuhkan sikap optimis untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dunia akhirat

10.  Mampu meningkatkan motivasi untuk beribadah dan menjalankan kawajiban-kewajiban agama

11.   Ketakwaan dapat terjaga dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya

12.  Menambah ilmu pengetahuan melalui pemahaman dalam kitab.

13.   Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya.

14.  Hati manusia jadi lebih tentram dengan membaca kkiitab Al-qur’an

15.   Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba dan makhluk-Nya serta mensyukuri segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk pemberian petunjuk yang benar melalui kitab- kitab-Nya.

 

3

Tuliskan hikmah dari adanya

kitab-kiitab Allah!

1.       Memberikan petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang salah.

2.      Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran.

3.       Memberikan informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini.

4.      Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba dan makhluk-Nya

5.      Manusia yang beriman akan mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, karena dalam kitab kitab tentang perilaku yang baik dan buruk.

6.      mensyukuri segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk pemberian petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya.

7.       Hati manusia menjadi lebih tentran dan menambah ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan.

8.      Memiliki sikap toleran yang tinggi karena kitab-

20


 

 

kitab Allah selalu memberikan penjelasan tentang penanaman sikap toleransi. Artinya kita harus saling menghormati dan menghargai orang lain bahkan pemeluk agama lain.

9. Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan,

ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya.

 

4

Dimanakah ayat al-qur’an pertama sekali turun?

Di gua hira’

20

5

Bagaimanakah cara penurunan alqur’an apakah secara sekaligus

yang berisi satu kitab?

Al-qur’an tidak diturunkan sekaligus tetapi ayat-ayat al-qur’an di turunkan secara bertahap-tahap, sedikit demi sedikit dan berangsr-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari atau lebih kurang 23 tahun.

20

 

G.     Pengayaan dan Remidial

·         Pengayaan diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

Materi pengayaan:

-          Penugasan untuk menuliskan kisah nabi Muhammad menerima wahyu pertama sekali sampai wahyu terakhir turun

 

·         Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang, terutama pada kemampuan keberadaan kitab-kitab dan nabi yang menerima kitab tersebut serta himah beriman kepada kkitab-kitab Allah

-     Bimbingan belajar dilakukan oleh guru jika tingkat kesukaran belajar peserta didik membutuhkan bimbinga khusus. Bimbingan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok

 

H.     Glosarium

-          Kitab allah adalah kumpulan wahyu allah swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup

-          Beriman kepada kitab-kitab allah Beriman kepada kitab-kitab allah swt adalah menyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para rasul-Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan diakhirat

-          Tarikh berarti sejarah

-          Model pembelajaran kooperatif learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan Kerjasama peserta didik, dimana siswa bekerja sama dalam kelompokk kecil yang mempunyai kemampuan berbeda dan saling membantu dalam belajar

-          Sintak pembelajara adalah Langkah-langkah yang harus dilalui dalam proses pembelajaran.


I.        Daftar Pustaka

·         Muhammad ahsan, S.Ag,Mkom 2018. PAI dan Budi pekerti kelas VIII. Kemendikbud RI.

·         Choeroni dkk, 2016. PAI dan budi Pekerti kelas VIII. Erlangga.

·         https://kumparan.com/berita-hari-ini/8-hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-yang- perlu-dihayati-1utX8c4gVKR/full

·         https://www.freedomnesia.id/hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-swt/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                        Bangko , 16 Juli 2023


Kepala Sekolah

 

 

 

Ismalinda, S.Pd

NIP 19711002200312 2001


Guru mata pelajaran

 

 

 

Habibah, S.Pd.I


Modul Ajar Format Lengkap (Model 2) Modul Ajar Pendidikan agama islam

 

Sekolah                : SMP N 01 Merangin

Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tema         : Menyakini kitab-kitab allah swt

Fase/Kelas            : D/VIII

Alokasi Waktu     : 6 JP/6x40 menit/2x pertemuan Tahun Pelajaran : 2022-2023

Nama Penyusun : Habibah, S.Pd.I

 

Kompetensi Awal:

1.      Peserta didik beriman kepada kitab-kitab Allah dan mencintai Al-qur’an

2.      Peserta didik menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.

3.      Peserta didik mampu membacakan Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang

dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah

4.      Peserta didik mengenal kitab-kitab Allah SWT selain al-qur’an

 

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:

Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah

beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, saling menghargai dengan berkebinekaan global, menyukai demokrasi Pancasila dan bernalar kritis serta kreatif

 

Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah

6.       Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan menyakini keberadaan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul-Nya

7.       menjunjung tinggi akhlak mulia adalah cerminan dari orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah

berkarakter Islami, lurus, tegas,

 

Sarana dan Prasarana:

ruang kelas, papan tulis, spidol, buku paket siswa, Al-qur’an terjemahan, gambar pembelajaran, video

pembelajaran (leptop dan invocus) dan kondisi kelas yang kondusif.

 

Target Peserta Didik:

1.       peserta didik tidak kesulitan dalam mencerna materi ajar

2.       peserta didik dengan kecapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan cepat, mencapai keterampilan berfikir tinggi (Hots).

3.       Peserta didik memahami tentang menyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-qur’an (kitab-kitab selain al- quran) serta menunjukkan perilaku toleran (akhlak mulia) sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.

4.       Mampu membacakan Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang

harus menyakini kitab-kitab Allah dengan hukum tajwid yang baik dan benar


Tujuan Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.      Memahami iman kepada kitab-kitab yang diturunkan allah swt serta menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.

2.      Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir.

3.      Mampu mengidentifikasi   dan   membacakan

Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat

136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dengan baik dan benar serta dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah

4.      Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan nama Rasul yang menerimanya

5.      Memahami hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

1.      Memahami iman kepada kitab-kitab yang diturunkan allah swt serta menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab allah swt.

2.      Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir.

3.      Mampu mengidentifikasi dan membacakan Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dengan baik dan benar serta dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah

4.      Mengetahui keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan nama Rasul yang menerimanya

5.      Memahami hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

1.       Pemahaman Bermakna:

      Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada para Rasulnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup supaya tidak tersesat, Bahagia didunia dan selamat di akhirat

      Setiap muslim berupaya untuk berperilaku pada kebaikan sesuai dengan nilai yang terkandung dalam kitab-kitab Allah SWT sehingga terceminlah dalam perilaku kehidupan sehari-hari baik yang berhubungan dengan Allah, manusia dan lingkungan hidup.

      Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia merupakan cerminan dari beriman kepada kitab- kitab Allah

      Membaca Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dengan hukum tajwid yang baik dan benar (nun sukun/tanuwin dan mim sukun/tanuwin

 

2.      Pertanyaan Pemantik:

      Apa itu kitab Allah?

      Apa makna beriman kepada kitab-kitab Allah?

      Bagaimana menerapkan sikap yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari?

      Sebutkan nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab tersebut yang kalian ketahuai!

 

3.       Kegiatan Pembelajaran:

 

Langkah-langkah persiapan:

Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti:

1.      Memastikan semua sarana dan prasarana, alat, dan bahan tersedia

2.      Memastikan kondisi kelas kondusif

3.       Mempersiapkan bahan yang akan ditayangkan bila ada.

4.     Mempersiapkan lembar kerja siswa

Urutan Kegiatan Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Pembelajaran ke-1

3 JP

(3x40 menit’)


Kegiatan pembukaan:

Ø  Pembelajaran dimulai dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah dan berdoa dengan khusyuk dipimpin oleh ketua kelas

Ø  Peserta didik disapa dengan ramah dan kasih saying dan didata kehadirannya.

Ø  Peserta didik mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang menyakini kitab-kitab Allah, mencintai al-qur’an

Ø  Guru menyampaikan tujuan dan melaksanakan kegiatan apersepsi:

·         Guru bertanya mengapa kita harus beriman kepada kitab-kitab Allah swt?

·         Peserta didik menjawab pertanyaan guru.

·         Peserta didik diberi penguatan tentang alasan harus menyakini kitab-kitab Allah dan diberikan motivasi untuk lebih mudah menyakini adanya kitab-kitab yang diturunkan kepada para Rasul Allah swt.

·         Memberikan pertanyaan pematik

·         Peserta didik mengamati gambar tentang orang-orang yang menyakini kitab-kitab Allah swt.

·         Peserta didik memberikan komentar gambar tersebut dalam aktivitas kelompok

 

 

 

15 menit

Kegiatan Inti

Model pembelajaran kooperatif learning Sintak model kooperatif learning:

 

1.       Tahapan pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas :

·         Guru menyiapkan sarana dan prasarana

·           Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik

·         Guru memotivasi peserta didik dengan memutar lagu rukun iman dan menyanyikan

90 menit


rukun iman.bersama-sama.

2.       Tahap kedua menyajikan informasi Aktivitas :

·    Guru menjelaskan makna dari

1.      kitab allah adalah kumpulan wahyu allah swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup

2.      Beriman kepada kitab-kitab allah swt adalah menyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para rasul-Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan diakhirat

·    Guru menanyangkan video pembelajaran tentan iman kepada kitab-kitab Allah

·    Peserta didik diminta mengamati video pembelajaran seperti

1.      Apa itu kitab Allah?

2.      Apa makna menyakini kitab Allah

3.      Bagaimana ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah

4.      Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah

·    Guru membimbing peserta didik membaca Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dengan baik dan benar

 

3.      Tahap ketiga mengorganisasikan peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas :

·         Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara acak, beranggotakan 4-5 orang.

·         Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang menyakini kitab-kitab Allah dan makna beriman kepada kitab- kitab Allah swt serta dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

 

4.      Tahap keempat, membimbing peserta didik untuk belajar kelompok Aktivitas :

·         Guru membagikan lembar kerja yang berisi tentang iman kepada kitab-kitab Allah.

·         Guru menngingatkan peserta didik jangan lupa menuliiskan nama kelompok dan nama peserta didik.

·         Peserta didiik Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 1.

 

5.      Tahap kelima melakukan evaluasi. Aktivitas :

·         Guru meminta peserta didik untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

·         Kelompok lain menanggapi hasil kerja

·         Guru melakukan evaluasi

 

6.      Tahap keenam memberikan penguatan Aktivvitas :

·         Setelah diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang tentang makna kitab Allah dan makna beriman kepada kitab-kitab Allah serta dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan

Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

·         Guru menjelaskan materi tentang makna kitab Allah, makna beriman kepada kitab

 


Allah, daliil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah dan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt denga power point. Penjeaskan power poin meliputi :

1.      Apa yang dimaksud dengan makna kitab Allah ?

2.      Apa yang dimaksud dengan hari akhir?

3.      Dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S. An-nisa’ ayat 136 tentang dalil wajibnya seseorang harus menyakini kitab-kitab Allah

4.      ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt

·         guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang telah dipelajari

 

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

1.      peserta didik menyimpulkan tentang materi menyakini kitab-kitab Allah dengan bimbingan guru

2.      peserta didik yang telah berani menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat diberi apresiasi

3.      peserta didik diberi motivasi belajar sehingga dapat memahami dan menyakini adanya kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasulnya.

4.      Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya.

5.      Peserta didik bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa Bersama.

 

Refleksi Peserta Didik:

15 menit

 

Pertanyaan refleksi

Ya

Tidak

 

Masihkah ada kesulitan dalam memahami makna beriman kepada kitab- kitab Allah swt?

 

 

Apakah materi tentang menyakini kitab-kitab sudah kalian pahami?

 

 

Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di

internet, atau sumber lain untuk memahami beriman kepada kitab-kitab Allah swt?

 

 

 

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

asesmen diagnostik

 

 

 

 

 

 

 

 

Asesmen formatif

 

No

pertanyaan

jawaban

Skor

maksimal

 

1

kumpulan wahyu allah swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman

hidup, merupakan pengertian dari…

Kitab-kitab Allah

2

2

menyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan kitab- kitab-Nya kepada para rasul-Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan

Beriman kepada kitab-kitab Allah

2

No

Pernyataan

Ya/Tidak

1

Apakah kalian sudah mengenal kitab-kitab Allah?

 

 

2

Apakah kalian sudah memahami penjelasan mengenai beriman

kepada kitab-kitab Allah?

 

 

3

Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di internet, atau sumber lain untuk memahami beriman kepada kitab-

kitab Allah swt?

 

 

 

 


 

 

kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan

diakhirat merupakan pengertian dari…

 

 

 

3

Bacaan ayat di bawah ini merupak firman Allah dalam al-qur’an surah dan ayat keberapa?

 

 

Q.S. al-maidah ayat 16

2

4

Bacaan ayat di bawah ini merupak firman Allah dalam al-qur’an surah dan ayat keberapa?

 

 

Q.S. An-nisa’ ayat 136

2

5

Sebutkan sikap orang yang beriman kepada Allah

Orang yang beriman kepada Allah akan melahirkan sikap :

1.       Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah

2.      Menyakini bahwa al-

qur’an merupakan kitab terakhhir diturunkan Allah kepada manusia

3.       Menjaga silaturrahmi dan atau ukhuwwah dengan sesame makhluk Allah

4.      Menjadikan al-qur’an

sebagai pedoman hidup.

 

 

Kinerja kelompok dalam menyusun permasalahan dan pengumpulan data mengenai beriman kepada kitab-kitab Allah swt dan dalil aqli Q.S. Al-maidah ayat 16 dan Q.S An-nisa’ ayat 136 tentang wajibnya menyakini kitab-kitab Allah swt.

 

No

Aspek

Skor (0-10)

 

1

Kerjasama kelompok

 

2

Menyelesaikan tugas dengan baik

 

3

Hasil tugas (relevan dengan bahan)

 

4

Pembagian tugas yang adil

 


 

5

Jumlah skor maksimum

40

 

Petunjuk penskoran   :

Nilai = (skor perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan   :

0-10     : kurang baik 11-20 : sedang

21-30   : Baik

31-40 : sangat baik

 

Asesmen sumatif

Pengetahuan             : tes tertulis, essay

1.       Jelaskan pengertian dari kitab- Allah SWT!

2.      Apa yang dimaksud dengan beriman kepada kitab-kitab Allah swt?

3.       Sebutkan nama-nama kitab selain al-qur’an beserta nama Rasul yang menerimanya?

4.  Jelaskan secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Al-qur’an!

 

No

Kunci jawaban

Cara penilaian

Skor

maksimal

 

1

Kitab allah adalah kumpulan wahyu allah swt yang disampaikan kepada para rasul-Nya untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian kitab Allah dengan benar dan lengkap dan menggunakan bahasa sendiri, skor 4

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian kitab Allah dengan benar dan lengkap tapi secara tekstual, skor 3

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian kitab Allah, tapi tidak lengkap, skor 2

4

2

Beriman kepada kitab-kitab allah swt adalah menyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa allah swt telah menurunkan kitab- kitab-Nya kepada para rasul- Nya yang berisi wahyu untuk disampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan di

dunia dan diakhirat

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah dengan benar dan lengkap dan menggunakan bahasa sendiri, skor 4

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah dengan benar dan lengkap tapi secara tekstual, skor 3

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah, tapi tidak lengkap, skor 2

4

3

1.       Taurat diturunkan kepada nabi musa as

2.      Zabur diturunkan kepada nabi daud as

3.       Injil diturunkan kepada nabi isa as.

-          Jika peserta didik dapat menyebutkan nama-nama kitab selain al-qur’an beserta nama Rasul yang menerimanya dengan benar dan lengkap dan berurut, skor 4

-          Jika peserta didik dapat menyebutkan nama-nama kitab selain al-qur’an beserta nama Rasul yang menerimanya dengan benar dan lengkap tapi tidak berurut, skor 3

-          Jika peserta didik dapa menyebutkan nama- nama kitab selain al-qur’an beserta nama

Rasul yang menerimanya , tapi tidak

4


 

 

 

lengkap dan tidak berurut, skor 2

 

 

4

Secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Al-qur’an adalah tentang:

1.       Aqidah (keyakinan)

2.      Akhlak (budi pekerti)

3.       Ibadah

4.      Muamalah

5.      Tarikh (sejarah)

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Al-qur’an dengan benar dan lengkap dan berurut, skor 4

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Al-qur’an dengan benar dan lengkap tapi tidak berurut, skor 3

-          Jika peserta didik dapat menjelaskan secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Al-qur’an tapi tidak lengkap dan tidak berurut, skor 2

4

Refleksi Guru

Refleksi diri berupa pertanyaan pada diri guru itu sendir

      apakah pembelajaran sudah dapat melibatkan murid dengan aktif?

      Apakah metode yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik?

      Apakah media yang digunakan dapat membanntu peserta didik mencapai kemampuan?

      Apa yang bisa dilakukan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis?


Pembelajaran ke-2

3 JP

(3x 40 menit)

Kegiatan pembuka

·         Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa spidol, gambar pembelajaran, leptop, invocus, video pembelajaran, dan media lain yang diperlukan pada saat pembelajaran

·         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, membaca salah satu surah pendek.

·         Peserta didik disapa dengan ramah dan penuh kasih saying

·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran danmengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing.

·         Peserta didik mengikuti asesmen kemampuan awal terkait materi tentang Keberadaan kitab-kitab allah selain al-qur’an

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan apersepsi

1.      Guru bertanya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

2.      Para peserta didik dimotivasi untuk menjawab pertanyaan guru

3.      Peserta didik diberi penguatan tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanyya serta apa keistimewaan al-quran serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

4.    Memberikan pertanyaan pemantik

5.    Peserta didik mengamati gambar yang memuat nama kitab-kitab dan nama Rasul yang menerima kitab-kittab Allah yang telah disiapkan oleh guru

 

 

·         Untuk merangsang ingatan peserta didik dengan nama-nama Rasul Allah, guru membuat satu permainan menyambung kata bagi siapa yang lupa atau salah dalam mengurutkannya maka diberi sanksi berupa setoran hafalan Q.S Al-maidah ayat 16 dan surah an-nisa’ ayat 136 tentang dalil beriman kepada kitab-kitab Allah.

15 menit


Kegiatan Inti:

Sintak model kooperative learning

1.      Tahapan pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik. Aktivitas :

·         Guru mengecek sarana dan prasarana dan kondisi duduk peserta didik sesuai kelompok masing-masing

·           Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik

·         Guru membangun minat dan memotivasi peserta didik belajar peserta didik melalui motivasi atau permainan (ice breaking) sederhana .

·         Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang lalu, dan pertanyaan tentang materi yang sedang berlangsung.

 

2.      Tahap kedua menyajikan informasi Aktivitas :

·         Guru menerangkan :

1.      Nama kitab-kitab Allah dan nama nabi yang menerima kitab Allah swt.

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah dan hikmah adanya kitab-kitab Allah swt.

3.      Guru menanyangkan video pembelajaran tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Peserta didik diminta mengamati video pembelajaran tentang :

1.      Nama-nama kitab dan nama Rasul yang menerimany

2.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

3.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

·         Guru memberikan pertanyaan refleksi dari video pembelajaran seperti:

1.      Sebutkan nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut

2.      Siapakah Rasul yang menerima kitab-kitab Allah?

3.      Jelaskan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah!

4.      Jelaskan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah

 

3.  Tahap ketiga mengorganisasikan peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar Aktivitas :

·         Guru membagi kelompok untuk peserta didik secara acak, beranggotakan 4-5 orang.

·         Setelah mendapatkan kelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi Bersama kelompoknya tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt.

 

4.      Tahap keempat, membimbing peserta didik untuk belajar kelompok Aktivitas :

·         Guru membagikan lembar kerja yang berisi keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt..

·         Guru menngingatkan peserta didik jangan lupa menuliskan nama kelompok dan nama peserta didik.

·         Peserta didik Bersama kelommpoknya mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran 2.

 

5.      Tahap kelima melakukan evaluasi. Aktivitas :

·         Guru meminta peserta didik untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

90 menit


·         Kelompok lain menanggapi hasil kerja

·         Guru melakukan evaluasi

 

6.      Tahap keenam memberikan penguatan Aktivvitas :

·         Setelah diskusi, guru mengonfirmasi materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt...

·         Guru menjelaskan keberadaan kitab-kitab Allah selain al-qur’an dan Rasul yang menerimanya serta hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt dengan power point. Penjeaskan power poin meliputi :

1.      Nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah beserta tempat dan bahasa kitab tersebut

2.      Nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt?

3.      Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!

4.      Hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt

5.      guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi yang telah dipelajari

 

Kegiatan Penutup:

Penyimpulan:

1.      Peserta didik yang telah berani menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat diberikan apresiasi atau hadiah

2.      Peserta didik Bersama guru melakukan refleksi dan intropeksi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

3.      Peserta didik diberikan motivasi agar selalu rajin membaca al-qur’an secara rutin walaupun hanya beberapa ayat saja.

4.      Guru mengimpokan pembelajaran selanjutnya

5.      Peserta didik Bersama guru menutup pembelajaran dengan berdoa Bersama-sama.

 

Refleksi Peserta Didik:

Peserta didik di ajak untuk melakukan refleksi terkait seluruh proses belajar yang sudah di alami

15 menit

Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Asesmen diagnostik

Pertanyaan refleksi

Ya

Tidak

Masihkah ada kesulitan dalam memahami nama kitab-kitab kepada Allah swt?

 

 

Apakah materi tentang keberadaan kitab-kitab Allah sudah kalian pahami?

 

 

Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di internet, atau sumber lain untuk memahami keberadaan kitab Allah dan

hikmah beriman dan hikmah dari adanya kitab-kitab Allah swt?

 

 

 

 

No

Pernyataan

Ya/Tidak

1

Apakah kalian sudah mengetahui nama kitab-kitab Allah?

 

 

2

Apakah kalian sudah mengenal Rasul-rasul yang menerima kitab- kitab Allah?

 

 

3

Apakah kalian sudah membaca buku atau sumber lain seperti artikel di internet, atau sumber lain untuk memahami tentang Nabi-Nabi

yang menrima kitab di dunia ini?

 

 

 

 


Asesmen formatif

Kinerja kelompok dalam Menyusun permasalahan dan pengumpulan data mengenai Nabi yang

menerima kitab-kitab Allah:

No

Aspek

Skor (0-10)

 

1

Kerjasama kelompok

 

2

Menyelesaikan tugas dengan baik

 

3

Hasil tugas (relevan dengan bahan)

 

4

Pembagian tugas yang adil

 

5

Jumlah skor maksimum

40

 

Petunjuk penskoran            :

Nilai = (skor perolehan/skor maksimum)x100 Keterangan         :

0-10 : kurang baik 11-20 : sedang

21-30 : Baik

31-40 : sangat baik

 

Asesmen sumatif

Pengetahuan             : tes tertulis, essay

 

No

Pertanyaan

Jawaban

Skor maksimal

 

1

Sebutkan nama kitab-kitab Allah dan nama Rasul yang menerimanya!

1.       Kitab taurat diturunkan kepada nabi Musa as.

2.      Kitab zabur diturunkan kepada nabi Daud as.

3.       Kitab injil diturunkan kepada nabi Isa as.

4.      Kitab Al-qur’an diturunkan kepada nabi

Muhammad saw

20

2

Tuliskan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah swt!

1.       Menyakini keberadaan kitab-kitab Allah swt

2.      Memperkuat keimanan kepada Allah swt

3.       Mengetahui bagaimana berperilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari

4.      Mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, karena dalam kitab suci dijelaskan tentang bagaimana cara berperilaku, baik sebagai makhluk sosial maupun individu

5.      Hidup manusia menjadi tertata karena adanya pedoman yang bersumber pada kitab suci al-qur’an

6.      Memupuk sikap toleransi karena kitab-kitab Allah selalu memberikan penjelasan tentang penanaman sikap toleransi. Artinya kita harus selalu menghormati pemeluk agama lain

7.       Menambah ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan

8.      Memberikan pengetahuan atau informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini.

9.      Menumbuhkan sikap optimis untuk meraih

20


 

 

 

kebahagiaan dan kesuksesan dunia akhirat

10.   Mampu meningkatkan motivasi untuk beribadah dan menjalankan kawajiban-kewajiban agama

11.   Ketakwaan dapat terjaga dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya

12.   Menambah ilmu pengetahuan melalui pemahaman dalam kitab.

13.   Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya.

14.   Hati manusia jadi lebih tentram dengan membaca kkiitab Al-qur’an

15.   Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba dan makhluk-Nya serta mensyukuri segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk pemberian petunjuk yang benar melalui kitab- kitab-Nya.

 

 

3

Tuliskan hikmah dari adanya

kitab-kiitab Allah!

1.       Memberikan petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang salah.

2.      Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran.

3.       Memberikan informasi sejarah tentang kehidupan orang-orang terdahulu agar menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini.

4.      Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah swt kepada para hamba dan makhluk-Nya

5.      Manusia yang beriman akan mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, karena dalam kitab kitab tentang perilaku yang baik dan buruk.

6.      mensyukuri segala anugerah dan nikmat allah swt termasuk pemberian petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya.

7.       Hati manusia menjadi lebih tentran dan menambah ilmu pengetahuan, karena kitab Allah selain berisi perintah dan larangan juga berisi pokok-pokok ilmu pengetahuan.

8.      Memiliki sikap toleran yang tinggi karena kitab- kitab Allah selalu memberikan penjelasan tentang penanaman sikap toleransi. Artinya kita harus saling menghormati dan menghargai orang lain bahkan pemeluk agama lain.

9.      Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya.

20

4

Dimanakah ayat al-qur’an

pertama sekali

Di gua hira’

20


 

 

turun?

 

 

 

5

Bagaimanakah cara penurunan alqur’an apakah secara sekaligus yang berisi satu kitab?

Al-qur’an tidak diturunkan sekaligus tetapi ayat-ayat al-qur’an di turunkan secara bertahap-tahap, sedikit demi sedikit dan berangsr-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari atau lebih kurang 23 tahun.

20

Kegiatan Remidial dan Pengayaan

·         Kegiatan Pengayaan diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

Materi pengayaan:

-    Penugasan untuk menuliskan kisah nabi Muhammad menerima wahyu pertama sekali sampai wahyu terakhir turun dikertas HPS, kemudian serahkan kepada guru untuk dinilai.

 

·         Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang, terutama pada kemampuan keberadaan kitab-kitab dan nabi yang menerima kitab tersebut serta himah beriman kepada kkitab-kitab Allah

 

·         Bimbingan belajar dilakukan oleh guru jika tingkat kesukaran belajar peserta didik membutuhkan bimbinga khusus. Bimbingan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok

Sumber/Referensi/Daftar Pustaka

·         Muhammad ahsan, S.Ag,Mkom 2018. PAI dan Budi pekerti kelas VIII. Kemendikbud RI.

·         Choeroni dkk, 2016. PAI dan budi Pekerti kelas VIII. Erlangga.

·         https://kumparan.com/berita-hari-ini/8-hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-yang-perlu-dihayati- 1utX8c4gVKR/full

·         https://www.freedomnesia.id/hikmah-beriman-kepada-kitab-allah-swt/

Lampiran

1. Materi


 

 


Mengetahui,

 

 

 

Suryadi Martono

NIP 196410191989011001


Labuhanhaji, 16 Juli 2022

 

 

 

Isriani, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK-2.1: Pengembangan Materi Ajar Berbasis Struktur Pengetahuan, Multiperspektif, dan Multidisiplin

Tugas Lokakarya 3 - Penyusunan Instrumen Asesmen Awal, Formatif dan Sumatif

LK 2 Eksplorasi Penyebab Masalah ( berdasarkan Literature Review)